RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
: SDK Ka Redong
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema :
Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca teks tentang perkembangbiakan jagung,
siswa mampu menemukan ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya dalam
bentuk diagram.
2. Setelah menemukan ide pokok dari bacaan, siswa mampu
mengembangkannya dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci menjadi
sebuah tulisan.
3. Setelah mengamati bunga, siswa mampu mengidentifikasi
perkembangbiakan generatif melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya dengan
benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan
perkembangbiakan generatif melalui tabel dan manfaatnya dengan benar.
5. Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kehidupan sosial
budayanya, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara
ASEAN terkait kondisi geografisnya dengan benar.
6. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan
tentang perbedaan sosial budaya dari dua
negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Ayo Berdiskusi ·
Siswa diminta untuk
mengamati gambar yang ada pada buku pelajaran. Guru memberi waktu sekitar tiga menit. ·
Setiap siswa kemudian
menulis pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelah, menjawabnya,
dan mendiskusikan jawabannya. ( Mandiri, Critical Thinking and
Problem Formulation) ·
Guru membimbing
diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk
memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif. ·
Guru mengajak satu
atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan
kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi kesempatan kepada
seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Guru tidak
menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba
menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan
jawaban-jawaban yang ada. Jawaban yang diharapkan adalah sebagai berikut. 1.
Hewan dan manusia
memperoleh manfaat dari tumbuhan. 2.
Manfaat tumbuhan bagi
manusia, antara lain: ·
Sumber energi bagi
manusia. ·
Sumber vitamin untuk
menjaga kesehatan tubuh. ·
Sumber oksigen untuk
bernapas. ·
Pengikat air tanah. ·
Peneduh dan
memperindah kehidupan di bumi. 3.
Manfaat tumbuhan bagi
hewan, yaitu sebagai sumber energi bagi hewan. 4.
Tumbuhan merupakan
sumber bagi kehidupan manusia dan hewan. Tumbuhan adalah produsen penghasil
cadangan makanan dan sumber oksigen untuk bernapas dan melindungi bumi dari
sengatan sinar matahari. 5.
Beberapa hal yang akan
terjadi jika tidak ada tumbuhan adalah manusia dan hewan tidak memiliki
sumber makanan dan bumi akan gersang sehingga kehidupan akan berakhir. Ayo Membaca ·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan membaca teks tentang tanaman jagung dalam hati. ·
Setiap siswa mengisi
diagram berdasarkan bacaan. ·
Siswa kemudian
mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya
apabila perlu. Berdasarkan jawaban
tersebut, setiap siswa kemudian mengembangkan isi diagram dengan menggunakan
kosakata baku.(Creativity and Innovation) ·
Guru menyampaikan
daftar periksa penilaian kepada siswa. Ayo Mengamati ·
Siswa mengamati gambar
bagian-bagian reproduksi pada bunga dan membaca proses perkembangbiakan
generatif. ·
Siswa mengamati proses
perkembangbiakan generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif. ·
Siswa mengamati
bagian–bagian bunga sempurna berikut. ·
Siswa mencari
informasi dari berbagai sumber mengenai proses perkembangbiakan generatif tumbuhan. 1.
Perkembangbiakan
generatif (secara kawin) dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan. 2.
Perkembangbiakan
generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau
jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. 3.
Setelah terjadi
penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ke ruang
bakal biji. Kemudian serbuk sari akan masuk ke ruang bakal biji melalui buluh
serbuk sari. 4.
Di dalam ruang bakal
biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan serbuk sari (sel kelamin jantan atau
spermatozoid) dengan kepala putik (sel kelamin betina atau sel telur). 5.
Hasil dari pembuahan
adalah zigot. 6.
Zigot berkembang
menjadi lembaga, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah, kemudian
bakal buah berkembang menjadi daging buah. 7.
Lembaga yang berada di
dalam biji merupakan calon tumbuhan baru. Ayo Berdiskusi ·
Siswa mendiskusikan
hasilnya dengan kelompoknya. ·
Siswa mencari bunga di
lingkungan sekolah dan mengamati bagian-bagiannya. Siswa kemudian menggambar
bagian-bagian bunga tersebut. ·
Siswa membandingkan
hasil gambarnya dengan gambar teman yang lain untuk mencari persamaan dan
perbedaannya. Jika terdapat perbedaan, siswa diminta menjelaskan perbedaan
tersebut. ·
Siswa kemudian menulis
manfaat dari perkembangbiakan generatif dan menyerahkannya kepada guru. ·
Guru mensosialisasikan
daftar periksa kepada siswa. (Critical Thinking and
Problem Formulation) Ayo Berlatih ·
Setelah siswa membaca
teks tentang bunga yang hidup di negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya
sebentar. Kemudian siswa membaca fakta
tentang ASEAN. Guru memberi waktu sekitar tiga menit. ·
Dalam kelompoknya,
setiap siswa diminta untuk menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan
kehidupan sosial budayanya. Siswa kemudian diminta untuk menyampaikan bunga
yang menjadi bunga nasional di negara ASEAN. ·
Guru memberikan
penguatan tentang kehidupan sosial budaya negara ASEAN. ·
Guru meminta siswa
memilih dua negara ASEAN yang mereka minati untuk ditulis. Guru menyampaikan
bahwa setelah mereka belajar tentang negara ASEAN, semua siswa harus menulis
informasi tentang kedua negara tersebut secara lengkap. Mereka akan mencari informasi secara
bertahap. ·
Pada pertemuan ini
siswa hanya membandingkan kehidupan sosial budaya dari dua negara. Mereka dapat memasukkan informasi tentang
bunga di dalam diagram Venn (nama bunga, nama sebutan bunga, kapan
dimanfaatkan, di mana tumbuh, dll). (Creativity and Innovation) |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian
keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, Sumardi Yohanes,S.Pd. NIP. 19620511198202 1
001 |
SDK Ka Redong, …………….. Guru Kelas Yohanes Ahdat Satam,S.Pd. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian
sebagai berikut.
- Diskusi
Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh,
postur,ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan : Centang
(v) pada bagian yang memenuhi kriteria.
- Bahasa Indonesia
Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
Indikator Penilaian |
Ada dan Benar |
Tidak Benar |
Menyebutkan
ide pokok untuk setiap paragraf dengan benar |
|
|
Tulisan
memuat seluruh ide pokok |
|
|
Tulisan
memuat fakta bukan opini |
|
|
Sebagian
tulisan menggunakan kosakata baku |
|
|
- IPS
Tugas dinilai dengan daftar periksa.
Indikator Penilaian |
Ada dan Benar |
Tidak Benar |
Diagram
Venn memuat dua negara ASEAN |
|
|
Diagram
Venn membandingkan kondisi geografis dua negara |
|
|
Diagram Venn membandingkan kehidupan
sosial budaya |
|
|
Diagram
Venn menyebutkan bunga nasional kedua negara |
|
|
- IPA
Tabel dan tulisan dinilai dengan daftar periksa.
Indikator Penilaian |
Ada dan Benar |
Tidak Benar |
Gambar
memuat bagian perkembangbiakan bunga |
|
|
Tabel
manfaat cara perkembangbiakan bunga |
|
|
Manfaat
perkembang biakan secara generatif ditulis dengan menyertakan contoh |
|
|
- Catatan
Anekdot untuk mencatat sikap (peduli)
(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Siswa yang belum memahami cara perkembangbiakan
tumbuhan dapat mendiskusikannya dengan guru dengan mengamati kembali tanaman
yang ada di sekitar.
·
Guru membantu siswa untuk menyebutkan bagian
bunga dan cara penyerbukannya.
2. Pengayaan
Mintalah siswa untuk membawa
tanaman bunga yang berbeda dan memperlihatkannya kepada temannya untuk
didiskusikan cara perkembangbiakannya.Siswa dapat membawa tanaman keesokan hari setelah mereka
belajar tentang perkembangbiakan tumbuhan.
No comments:
Post a Comment