Saturday, June 12, 2021

RPP SATU LEMBAR K13 Kelas / Semester : 6 /1 SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan   : SDK Ka Redong

Kelas / Semester      : 6 /1

Tema                            : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                : Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu       :  Bahasa Indonesia, IPA, IPS

Pembelajaran ke      :  1

Alokasi waktu          :  1 hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Setelah membaca teks tentang perkembangbiakan jagung, siswa mampu menemukan ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.

2.     Setelah menemukan ide pokok dari bacaan, siswa mampu mengembangkannya dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci menjadi sebuah tulisan.

3.     Setelah mengamati bunga, siswa mampu mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya dengan benar.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan perkembangbiakan generatif melalui tabel dan manfaatnya dengan benar.

5.     Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kehidupan sosial budayanya, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya dengan benar.

6.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang  perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Ayo Berdiskusi

·         Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku pelajaran.  Guru memberi waktu sekitar tiga menit.

·         Setiap siswa kemudian menulis pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelah, menjawabnya, dan  mendiskusikan jawabannya.

( Mandiri, Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.

·         Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan.  Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada.

Jawaban yang diharapkan adalah sebagai berikut.

1.     Hewan dan manusia memperoleh manfaat dari tumbuhan.

2.     Manfaat tumbuhan bagi manusia, antara lain:

·         Sumber energi bagi manusia.

·         Sumber vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh.

·         Sumber oksigen untuk bernapas.

·         Pengikat air tanah.

·         Peneduh dan memperindah kehidupan di bumi.

3.     Manfaat tumbuhan bagi hewan, yaitu sebagai sumber energi bagi hewan.

4.     Tumbuhan merupakan sumber bagi kehidupan manusia dan hewan. Tumbuhan adalah produsen penghasil cadangan makanan dan sumber oksigen untuk bernapas dan melindungi bumi dari sengatan sinar matahari.

5.     Beberapa hal yang akan terjadi jika tidak ada tumbuhan adalah manusia dan hewan tidak memiliki sumber makanan dan bumi akan gersang sehingga kehidupan akan berakhir.

 

Ayo Membaca

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks tentang tanaman jagung dalam hati.

·         Setiap siswa mengisi diagram berdasarkan bacaan.

·         Siswa kemudian mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu.  Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa kemudian mengembangkan isi diagram dengan menggunakan kosakata baku.(Creativity and Innovation)

·         Guru menyampaikan daftar periksa penilaian kepada siswa.

 

 

 

 

 

 

 

Ayo Mengamati

·         Siswa mengamati gambar bagian-bagian reproduksi pada bunga dan membaca proses perkembangbiakan generatif.

·         Siswa mengamati proses perkembangbiakan generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif.

·         Siswa mengamati bagian–bagian bunga sempurna berikut.

·         Siswa mencari informasi dari berbagai sumber mengenai proses perkembangbiakan generatif tumbuhan.

1.     Perkembangbiakan generatif (secara kawin) dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan.

2.     Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.

3.     Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ke ruang bakal biji. Kemudian serbuk sari akan masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.

4.     Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan serbuk sari (sel kelamin jantan atau spermatozoid) dengan kepala putik (sel kelamin betina atau sel telur).

5.     Hasil dari pembuahan adalah zigot.

6.     Zigot berkembang menjadi lembaga, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah, kemudian bakal buah berkembang menjadi daging buah.

7.     Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.

Ayo Berdiskusi

·         Siswa mendiskusikan hasilnya dengan kelompoknya.

·         Siswa mencari bunga di lingkungan sekolah dan mengamati bagian-bagiannya. Siswa kemudian menggambar bagian-bagian bunga tersebut.

·         Siswa membandingkan hasil gambarnya dengan gambar teman yang lain untuk mencari persamaan dan perbedaannya. Jika terdapat perbedaan, siswa diminta menjelaskan perbedaan tersebut.

·         Siswa kemudian menulis manfaat dari perkembangbiakan generatif dan menyerahkannya kepada guru.

·         Guru mensosialisasikan daftar periksa kepada siswa.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Berlatih

·         Setelah siswa membaca teks tentang bunga yang hidup di negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya sebentar.  Kemudian siswa membaca fakta tentang ASEAN. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.

·         Dalam kelompoknya, setiap siswa diminta untuk menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan sosial budayanya. Siswa kemudian diminta untuk menyampaikan bunga yang menjadi bunga nasional di negara ASEAN.

·         Guru memberikan penguatan tentang kehidupan sosial budaya negara ASEAN.

·         Guru meminta siswa memilih dua negara ASEAN yang mereka minati untuk ditulis. Guru menyampaikan bahwa setelah mereka belajar tentang negara ASEAN, semua siswa harus menulis informasi tentang kedua negara tersebut secara lengkap.  Mereka akan mencari informasi secara bertahap.

·         Pada pertemuan ini siswa hanya membandingkan kehidupan sosial budaya dari dua negara.  Mereka dapat memasukkan informasi tentang bunga di dalam diagram Venn (nama bunga, nama sebutan bunga, kapan dimanfaatkan, di mana tumbuh, dll). (Creativity and Innovation)

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

                     Mengetahui

                     Kepala Sekolah,

 

 

 

 

Sumardi Yohanes,S.Pd.

     NIP. 19620511198202 1 001

 SDK Ka Redong, ……………..

          Guru Kelas

 

 

 

 

Yohanes Ahdat Satam,S.Pd.

 

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

  1. Diskusi

Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan : Centang  (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

  1. Bahasa Indonesia

Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Menyebutkan ide pokok untuk setiap paragraf dengan benar

 

 

Tulisan memuat seluruh ide pokok

 

 

Tulisan memuat fakta bukan opini

 

 

Sebagian tulisan menggunakan kosakata baku

 

 

  1. IPS

Tugas dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Diagram Venn memuat dua negara ASEAN

 

 

Diagram Venn membandingkan kondisi geografis dua negara

 

 

Diagram Venn membandingkan kehidupan sosial budaya

 

 

Diagram Venn menyebutkan bunga nasional kedua negara

 

 

  1. IPA

Tabel dan tulisan dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Gambar memuat bagian perkembangbiakan bunga

 

 

Tabel manfaat cara perkembangbiakan bunga

 

 

Manfaat perkembang biakan secara generatif ditulis dengan menyertakan contoh

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (peduli)

(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·         Siswa yang belum memahami cara perkembangbiakan tumbuhan dapat mendiskusikannya dengan guru dengan mengamati kembali tanaman yang ada di sekitar.

·         Guru membantu siswa untuk menyebutkan bagian bunga dan cara penyerbukannya.

2.     Pengayaan

Mintalah siswa untuk membawa tanaman bunga yang berbeda dan memperlihatkannya kepada temannya untuk didiskusikan cara perkembangbiakannya.Siswa dapat  membawa tanaman keesokan hari setelah mereka belajar tentang perkembangbiakan tumbuhan.

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV MATERI 1.5

  MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV   Penyusun : Jenjang Sekolah : SD K KA REDONG Kelas : IV Materi : 1.5 A...