Saturday, June 12, 2021

RPP K-13 KELAS 6 BAB 7 SENAM IRAMA

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PJOK


Satuan Pendidikan                         : ..................................................

Kelas / Semester                 : 6  /2

Pelajaran                               : Senam Irama

Materi Pokok                        : Pemanasan

Pertemuan                            : .............

Alokasi waktu                      : 125 menit

 

A.     TUJUAN

1.      Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan variasi dan kombinasi gerakan pemanasan

di dalam senam berirama dengan tepat.

2.      Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi gerakan pemanasan di dalam senam berirama dengan lancar.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.   Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi).

3.   Mengaitkan Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik.  ( Apersepsi )

4.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari ( Motivasi )

10

menit

Kegiatan

Inti

A.     Mengamati

1.      Siswa mengamati guru menjelaskan tentang variasi dan kombinasi gerakan pemanasan di dalam senam berirama.

B.     Menanya

1.      Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan

2.      Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.(Communication)

C.     Menalar

1.      Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang variasi dan kombinasi gerakan pemanasan di dalam senam berirama. (Critical Thinking)

2.      Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.

3.      Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan variasi dan kombinasi gerakan pemanasan di dalam senam berirama dengan bimbingan guru.

4.      Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan

5.      Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.

 

 

 

 

 

 

 

D.     Mencoba

1.      Sebelum memulai kegiatan variasi dan kombinasi gerakan pemanasan di dalam senam berirama, guru harus mempelajari variasi dan kombinasi gerakan pemanasan di dalam senam berirama setahap demi setahap sampai mahir.

2.      Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan gerakan pemanasan secara bersama-sama.(Collaboration, Creativity)

E.     Mengkomunikasikan

1.      Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lesan kepada teman temanya. (Mandiri)

2.      Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication)

105

menit

Kegiatan

Penutup

1.      Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pendinginan.

2.      Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya melakukan olahraga.

3.       Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh.

4.      Salam dan do’a penutup. (Religius)

10

menit

 

C.     PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.

Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja .

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.      Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

NO

SIKAP

KRITERIA

Keterangan

Belum Terlihat

Mulai terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Kerja sama

 

 

 

 

 

3

Sportif

 

 

 

 

 

4

Tanggung jawab

 

 

 

 

 

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

 

D.     SUMBER DAN  MEDIA

1.      Buku BSE Penjas  Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

2.      Internet.

3.      Media Ajar PJOK  kelas 6 semester 2  SD/MI dari SCI Media.

4.      Video/slide/gambar senam irama.

 

 

 

 

 

 

Catatan Guru

1. Masalah                             :….........................................................................................…….

2. Ide Baru                 :….........................................................................................…….

3. Momen Spesial     :….........................................................................................…….

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PJOK


Satuan Pendidikan                         : ..............................................

Kelas / Semester                 : 6  /2

Pelajaran                               : Senam Irama

Materi Pokok                        : Gerakan Inti

Pertemuan                            : ...................

Alokasi waktu                      : 125 menit

 

 

A.     TUJUAN

  1. Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan variasi dan kombinasi gerakan inti di dalam senam berirama dengan tepat.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi gerakan inti di dalam senam berirama dengan lancar.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.    Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.    Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi).

3.    Mengaitkan Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik.  ( Apersepsi )

4.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari ( Motivasi )

10

menit

Kegiatan

Inti

A.     Mengamati

  1. Siswa mengamati guru menjelaskan tentang variasi dan kombinasi gerakan inti di dalam senam berirama.

B.     Menanya

  1. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
  2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.(Communication)

C.     Menalar

1.       Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang variasi dan kombinasi gerakan inti di dalam senam berirama. (Critical Thinking)

2.       Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.

3.       Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan variasi dan kombinasi gerakan inti di dalam senam berirama dengan bimbingan guru.

4.       Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan

5.       Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.

D.     Mencoba

1.       Sebelum memulai kegiatan variasi dan kombinasi gerakan inti di dalam senam berirama, guru harus mempelajari variasi dan kombinasi gerakan inti di dalam senam berirama setahap demi setahap sampai mahir.

2.       Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan gerakan inti secara bersama-sama.(Collaboration, Creativity)

E.      Mengkomunikasikan

  1. Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lisan kepada teman temanya. (Mandiri)
  2. Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication)

 

 

 

 

 

 

 

105

menit

Kegiatan

Penutup

1.       Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pendinginan.

2.       Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya melakukan olahraga.

3.        Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh.

4.       Salam dan do’a penutup. (Religius)

10

menit

 

 

C.     PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.

Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja .

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

NO

SIKAP

KRITERIA

Keterangan

Belum Terlihat

Mulai terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Kerja sama

 

 

 

 

 

3

Sportif

 

 

 

 

 

4

Tanggung jawab

 

 

 

 

 

 

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

 

 

D.     SUMBER DAN  MEDIA

1.       Buku BSE Penjas  Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

2.       Internet.

3.       Media Ajar PJOK  kelas 6 semester 2  SD/MI dari SCI Media.

4.       Video/slide/gambar Senam Berirama

                              

 

 

 

 

Catatan Guru

1. Masalah                                :……....................................................................................................….

2. Ide Baru                    :…...................................................................................................……..

3. Momen Spesial          :….................................................................................................……….

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PJOK


Satuan Pendidikan                         : ..........................................

Kelas / Semester                 : 6  /2

Pelajaran                               : Senam Irama

Materi Pokok                        : Pendinginan

Pertemuan                            : ...................

Alokasi waktu                      : 125 menit

 

 

A.     TUJUAN

  1. Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan variasi dan kombinasi gerakan pendingina       di dalam senam berirama dengan tepat.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi gerakan pendinginan di dalam senam berirama dengan lancar.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.    Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.    Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi).

3.    Mengaitkan Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik.  ( Apersepsi )

4.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari ( Motivasi )

10

menit

Kegiatan

Inti

A.     Mengamati

  1. Siswa mengamati guru menjelaskan tentang variasi dan kombinasi gerakan pendinginan di dalam senam berirama.

B.     Menanya

  1. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
  2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.(Communication)

C.     Menalar

1.       Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang variasi dan kombinasi gerakan pendinginan di dalam senam berirama. (Critical Thinking)

2.       Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.

3.       Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan variasi dan kombinasi gerakan pendinginan di dalam senam berirama dengan bimbingan guru.

4.       Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan

5.       Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.

D.     Mencoba

1.       Sebelum memulai kegiatan variasi dan kombinasi gerakan pendinginan di dalam senam berirama, guru harus mempelajari variasi dan kombinasi gerakan pendinginan di dalam senam berirama setahap demi setahap sampai mahir.

2.       Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan gerakan pendinginan secara bersama-sama.(Collaboration, Creativity)

E.      Mengkomunikasikan

  1. Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lisan kepada teman temanya. (Mandiri)
  2. Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication)

 

 

 

 

 

 

 

105

menit

Kegiatan

Penutup

1.       Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pendinginan.

2.       Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya melakukan olahraga.

3.       Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh.

4.       Salam dan do’a penutup. (Religius)

10

menit

 

 

C.     PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.

Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

NO

SIKAP

KRITERIA

Keterangan

Belum Terlihat

Mulai terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Kerja sama

 

 

 

 

 

3

Sportif

 

 

 

 

 

4

Tanggung jawab

 

 

 

 

 

 

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

 

 

D.     SUMBER DAN  MEDIA

1.       Buku BSE Penjas  Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

2.       Internet.

3.       Media Ajar PJOK  kelas 6 semester 2  SD/MI dari SCI Media.

4.       Video/slide/gambar teknik melempar bola.

 

 

 

 

 

Catatan Guru

1. Masalah                                :.............................................................................................................……….

2. Ide Baru                    :.............................................................................................................……….

3. Momen Spesial          :.............................................................................................................……….

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                                 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                                 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                                 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV MATERI 1.5

  MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV   Penyusun : Jenjang Sekolah : SD K KA REDONG Kelas : IV Materi : 1.5 A...