RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
Satuan Pendidikan : ..................................................
Kelas / Semester : 6 /2
Pelajaran : Senam Irama
Materi Pokok :
Pemanasan
Pertemuan : .............
Alokasi waktu :
125 menit
A. TUJUAN
1.
Setelah melakukan pengamatan,
siswa mampu menjelaskan variasi dan kombinasi gerakan pemanasan
di dalam senam berirama dengan tepat.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi gerakan
pemanasan di dalam senam berirama dengan lancar.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar
dan mengecek kehadiran siswa 2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini
datang paling awal. (Orientasi). 3. Mengaitkan
Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman
peserta didik. ( Apersepsi ) 4. Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari ( Motivasi ) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A.
Mengamati 1.
Siswa mengamati guru menjelaskan tentang variasi dan kombinasi gerakan pemanasan di dalam senam berirama. B.
Menanya 1. Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan 2. Siswa menanyakan
penjelasan guru yang belum di pahami.(Communication) C.
Menalar 1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang variasi dan kombinasi gerakan pemanasan di dalam senam berirama. (Critical Thinking) 2. Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba
secara acak. 3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan variasi dan kombinasi gerakan pemanasan di
dalam senam berirama dengan bimbingan guru. 4. Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan
dilakukan 5. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan
dilakukan. D.
Mencoba 1. Sebelum memulai
kegiatan variasi dan kombinasi gerakan pemanasan di dalam senam berirama, guru harus
mempelajari variasi dan kombinasi gerakan pemanasan di dalam senam berirama setahap demi
setahap sampai mahir. 2. Siswa membentuk
kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan gerakan pemanasan
secara bersama-sama.(Collaboration, Creativity) E.
Mengkomunikasikan 1.
Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini
secara lesan kepada teman temanya. (Mandiri) 2.
Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang
dilakukan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication) |
105 menit |
Kegiatan Penutup |
1.
Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk
melakukan kegiatan pendinginan. 2.
Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya
melakukan olahraga. 3.
Guru
menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh. 4.
Salam dan do’a penutup. (Religius) |
10 menit |
C. PENILAIAN
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja .
Mengetahui Kepala
Sekolah, Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP.
196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6 Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
1.
Catatan anekdot untuk mencatat sikap
(disiplin dan tanggung jawab)
NO |
SIKAP |
KRITERIA |
Keterangan |
|||
Belum Terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
|||
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Kerja sama |
|
|
|
|
|
3 |
Sportif |
|
|
|
|
|
4 |
Tanggung jawab |
|
|
|
|
|
Beri tanda centang (√) sesuai
pencapaian siswa.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku BSE
Penjas Orkes Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan
2. Internet.
3. Media Ajar
PJOK kelas 6 semester 2 SD/MI dari SCI Media.
4. Video/slide/gambar
senam irama.
Catatan Guru
1. Masalah :….........................................................................................…….
2. Ide Baru :….........................................................................................…….
3. Momen Spesial :….........................................................................................…….
Mengetahui Kepala
Sekolah, Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP.
196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6 Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
PJOK
Satuan Pendidikan : ..............................................
Kelas / Semester : 6 /2
Pelajaran : Senam Irama
Materi Pokok : Gerakan Inti
Pertemuan : ...................
Alokasi waktu :
125 menit
A.
TUJUAN
- Setelah
melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan variasi dan kombinasi
gerakan inti di dalam senam berirama dengan tepat.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi
gerakan inti di dalam senam berirama dengan lancar.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Kelas dimulai dengan dibuka dengan
salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa 2.
Kelas dilanjutkan dengan do’a
dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah
siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi). 3.
Mengaitkan
Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman
peserta didik. ( Apersepsi ) 4.
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari ( Motivasi ) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A. Mengamati
B. Menanya
C. Menalar 1. Siswa
mencoba berdiskusi dengan temanya tentang variasi dan kombinasi gerakan inti di dalam senam berirama. (Critical
Thinking) 2. Guru
menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara
acak. 3. Guru
menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan variasi dan kombinasi gerakan inti di dalam senam berirama dengan
bimbingan guru. 4. Siswa
melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan 5. Guru
menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan. D. Mencoba 1.
Sebelum memulai
kegiatan variasi dan kombinasi gerakan inti di dalam senam berirama, guru harus mempelajari variasi dan
kombinasi gerakan inti di dalam senam berirama setahap demi setahap sampai mahir. 2.
Siswa membentuk
kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan gerakan inti secara
bersama-sama.(Collaboration, Creativity) E. Mengkomunikasikan
|
105 menit |
Kegiatan Penutup |
1. Setelah kegiatan guru mengajak siswa
untuk melakukan kegiatan pendinginan. 2. Guru menjelaskan kesimpulan
pentingnya melakukan olahraga. 3. Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari
ini bagi tubuh. 4. Salam dan do’a penutup. (Religius) |
10 menit |
C.
PENILAIAN
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja .
Mengetahui Kepala
Sekolah,
Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP.
196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6
Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
- Catatan
anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)
NO |
SIKAP |
KRITERIA |
Keterangan |
|||
Belum Terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
|||
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Kerja sama |
|
|
|
|
|
3 |
Sportif |
|
|
|
|
|
4 |
Tanggung jawab |
|
|
|
|
|
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian
siswa.
D.
SUMBER DAN MEDIA
1. Buku BSE Penjas Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan
2. Internet.
3. Media Ajar PJOK kelas 6 semester 2 SD/MI dari SCI Media.
4. Video/slide/gambar Senam Berirama
Catatan Guru
1.
Masalah :……....................................................................................................….
2. Ide Baru :…...................................................................................................……..
3. Momen
Spesial :….................................................................................................……….
Mengetahui Kepala
Sekolah,
Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP.
196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6
Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
Satuan Pendidikan : ..........................................
Kelas / Semester :
6 /2
Pelajaran : Senam Irama
Materi Pokok :
Pendinginan
Pertemuan : ...................
Alokasi waktu
: 125 menit
A.
TUJUAN
- Setelah
melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan variasi dan kombinasi
gerakan pendingina di dalam senam berirama
dengan tepat.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi
gerakan pendinginan di dalam senam berirama dengan lancar.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Kelas dimulai dengan dibuka dengan
salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa 2.
Kelas dilanjutkan dengan do’a
dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah
siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi). 3.
Mengaitkan
Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman
peserta didik. ( Apersepsi ) 4.
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari ( Motivasi ) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A. Mengamati
B. Menanya
C. Menalar 1. Siswa
mencoba berdiskusi dengan temanya tentang variasi dan kombinasi gerakan pendinginan di dalam senam berirama. (Critical
Thinking) 2. Guru
menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara
acak. 3. Guru
menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan variasi dan kombinasi gerakan pendinginan di dalam senam berirama dengan
bimbingan guru. 4. Siswa
melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan 5. Guru
menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan. D. Mencoba 1.
Sebelum memulai
kegiatan variasi dan kombinasi gerakan pendinginan di dalam senam berirama, guru harus mempelajari variasi dan
kombinasi gerakan pendinginan di dalam senam berirama setahap demi setahap sampai mahir. 2.
Siswa membentuk
kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan gerakan pendinginan
secara bersama-sama.(Collaboration, Creativity) E. Mengkomunikasikan
|
105 menit |
Kegiatan Penutup |
1. Setelah kegiatan guru mengajak siswa
untuk melakukan kegiatan pendinginan. 2. Guru menjelaskan kesimpulan
pentingnya melakukan olahraga. 3. Guru menyampaikan tentang manfaat
olahraga pasa hari ini bagi tubuh. 4. Salam dan do’a penutup. (Religius) |
10 menit |
C.
PENILAIAN
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja .
Mengetahui Kepala
Sekolah,
Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP.
196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6
Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
- Catatan
anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)
NO |
SIKAP |
KRITERIA |
Keterangan |
|||
Belum Terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
|||
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Kerja sama |
|
|
|
|
|
3 |
Sportif |
|
|
|
|
|
4 |
Tanggung jawab |
|
|
|
|
|
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian
siswa.
D.
SUMBER DAN MEDIA
1. Buku BSE Penjas Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan
2. Internet.
3. Media Ajar PJOK kelas 6 semester 2 SD/MI dari SCI Media.
4. Video/slide/gambar teknik melempar
bola.
Catatan Guru
1.
Masalah :.............................................................................................................……….
2. Ide Baru :.............................................................................................................……….
3. Momen
Spesial :.............................................................................................................……….
Mengetahui Kepala
Sekolah,
Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP.
196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6
Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
No comments:
Post a Comment