Saturday, June 12, 2021

RPP K-13, KELAS 6 BAB 5 KEBUGARAN JASMANI

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PJOK


Satuan Pendidikan                         : .................................................

Kelas / Semester                 : 6 /2

Pelajaran                               : Aktivitas Kebugaran Jasmani

Pokok Materi                        : A. Menghitung Denyut Nadi

Alokasi waktu                     : 90 menit

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan cara menghitung denyut nadi pada tubuh dalam kegiatan kebugaran jasmani dengan tepat.

2.      Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan cara menghitung denyut nadi pada tubuh dalam aktivitas kebugaran jasmani dengan tepat.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.      Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.      Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi).

3.      Mengaitkan Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik.  ( Apersepsi )

4.      Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari ( Motivasi )

10

menit

Kegiatan

Inti

A.     Mengamati

1.      Siswa mengamati guru menjelaskan tentang cara menghitung denyut nadi.

B.     Menanya

1.      Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan

2.      Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

C.     Menalar

1.      Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang cara menghitung denyut nadi.

2.      Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.

3.      Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan cara menghitung denyut nadi dengan bimbingan guru.

4.      Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan

5.      Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.(Creativity and Innovation)

D.     Mencoba

1.      Sebelum memulai kegiatan menghitung denyut nadi, guru harus mempelajari cara menghitung denyut nadi setahap demi setahap sampai mahir.

2.      Dengan bimbingan guru siswa mempraktikkan cara menghitung denyut nadi tubuh secara bersama-sama. (Gotong Royong)

 

 

 

 

 

E.     Mengkomunikasikan

1.      Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lesan kepada teman temanya. (Mandiri)

2.      Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru.(Communication)

70

menit

Kegiatan

Penutup

·        Salam dan do’a penutup.(Religius)

10

menit

                         

C.     PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja .

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A. Daya Tahan Tubuh

Kiteria

Skor 4

Skor 3

Skor 2

Skor 1

Menghitung Denyut Nadi :

1.   Mampu mempraktekan  teknik dengan baik

2.   Mampu mempraktekan teknik cukup baik.

3.   Mampu mempraktekan  teknik kurang baik.

Memenuhi  4 kriteria

Memenuhi  3 kriteria

Memenuhi  2 kriteria

Memenuhi  1 kriteria

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PJOK


 


Satuan Pendidikan                         : ...............................................

Kelas / Semester                 :  6 /2

Pelajaran                               : Aktivitas Kebugaran Jasmani

Materi Pokok                        : B. Menghitung Kemampuan Melakukan Push Up

Alokasi waktu                      : 90 menit

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan cara menghitung kemampuan melakukan push up pada tubuh dalam kegiatan kebugaran jasmani dengan tepat.

2.      Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan cara menghitung kemampuan melakukan push up pada tubuh dalam aktivitas kebugaran jasmani dengan tepat.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.   Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi).

3.   Mengaitkan Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik.  ( Apersepsi )

4.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari ( Motivasi )

10

menit

Kegiatan

Inti

A.     Mengamati

1.      Siswa mengamati guru menjelaskan tentang cara menghitung kemampuan melakukan push up.

B.     Menanya

1.      Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan

2.      Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

C.     Menalar

1.      Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang cara menghitung kemampuan melakukan push up.

2.      Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.

3.      Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan cara menghitung kemampuan melakukan push up dengan bimbingan guru.

4.      Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan

5.      Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.(Creativity and Innovation)

D.     Mencoba

1.      Sebelum memulai kegiatan menghitung kemampuan melakukan push up, guru harus mempelajari cara menghitung denyut nadi setahap demi setahap sampai mahir.

 

 

 

 

 

 

 

2.      Dengan bimbingan guru siswa mempraktikkan cara menghitung kemampuan melakukan push up secara bersama-sama. (Gotong Royong)

E.     Mengkomunikasikan

1.      Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lesan kepada teman temanya. (Mandiri)

2.      Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lesan di depan teman dan guru.(Communication)

70

menit

Kegiatan

Penutup

·        Salam dan do’a penutup.(Religius)

10

menit

 

G.    PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja .

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

 

 

 

A. Daya Tahan Tubuh

Kiteria

Skor 4

Skor 3

Skor 2

Skor 1

Menghitung Kemampuan Melakukan Push Up

4.      Mampu mempraktekan teknik dengan baik

5.      Mampu mempraktekan teknik cukup baik.

6.      Mampu mempraktekan  teknik kurang baik.

Memenuhi  4 kriteria

Memenuhi  3 kriteria

Memenuhi  2 kriteria

Memenuhi  1 kriteria

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PJOK

 


Satuan Pendidikan                         : ..................................................

Kelas / Semester                 :  6 /2

Pelajaran                               :  Aktivitas Kebugaran Jasmani

Materi Pokok                        :  C. Menghitung Kelenturan Tungkai

Alokasi waktu                      :  90 menit

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan cara menghitung kelenturan tungkai pada tubuh dalam kegiatan kebugaran jasmani dengan tepat.

2.      Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan cara menghitung kelenturan tungkai pada tubuh dalam aktivitas kebugaran jasmani dengan tepat.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.   Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi).

3.   Mengaitkan Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik.  ( Apersepsi )

4.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari ( Motivasi )

10

menit

Kegiatan

Inti

A.     Mengamati

1.      Siswa mengamati guru menjelaskan tentang cara menghitung kelenturan tungkai.

B.     Menanya

1.      Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan

2.      Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

C.     Menalar

1.      Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang cara menghitung kelenturan tungkai.

2.      Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.

3.      Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan cara menghitung kelenturan tungkai dengan bimbingan guru.

4.      Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan

5.      Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.(Creativity and Innovation)

D.     Mencoba

1.      Sebelum memulai kegiatan menghitung kelenturan tungkai, guru harus mempelajari cara menghitung denyut nadi setahap demi setahap sampai mahir.

2.      Dengan bimbingan guru siswa mempraktikkan cara menghitung kelenturan tungkai secara bersama-sama. (Gotong Royong)

 

 

 

 

 

E.     Mengkomunikasikan

1.      Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lesan kepada teman temanya. (Mandiri)

2.      Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lesan di depan teman dan guru.(Communication)

70

menit

Kegiatan

Penutup

·        Salam dan do’a penutup.(Religius)

10

menit

 

 

G.    PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.

Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja .

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN PENILAIAN ( ASESMEN )

 

1.       Penilaian Sikap

-        Penilaian Observasi

Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru.

Berikut contoh instrumen penilaian sikap

No

Nama Siswa

Aspek Perilaku yang Dinilai

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

BS

JJ

TJ

DS

1

75

75

50

75

275

68,75

C

2

...

...

...

...

...

...

...

3

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

   BS : Bekerja Sama

   JJ : Jujur

   TJ : Tanggun Jawab

   DS : Disiplin

 

Catatan :

1.  Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:

100         = Sangat Baik

75           = Baik

50           = Cukup

25           = Kurang

2.  Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3.  Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75

4.  Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00         = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00           = Baik (B)

25,01 – 50,00           = Cukup (C)

00,00 –  25,00          = Kurang (K)

5.  Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

 

 

 

A. Daya Tahan Tubuh

Kiteria

Skor 4

Skor 3

Skor 2

Skor 1

Menghitung Kelenturan Tungkai :

7.       Mampu mempraktekan teknik dengan baik

8.       Mampu mempraktekan teknik cukup baik.

9.       Mampu mempraktekan  teknik kurang baik.

Memenuhi  4 kriteria

Memenuhi  3 kriteria

Memenuhi  2 kriteria

Memenuhi  1 kriteria

 

 

 

 

Catatan Guru

1. Masalah                    :……….

2. Ide Baru                    :………..

3. Momen Spesial          :………….

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV MATERI 1.5

  MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV   Penyusun : Jenjang Sekolah : SD K KA REDONG Kelas : IV Materi : 1.5 A...