RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
Satuan Pendidikan : .................................................
Kelas / Semester : 6 /2
Pelajaran : Aktivitas
Kebugaran Jasmani
Pokok Materi : A. Menghitung Denyut Nadi
Alokasi waktu : 90 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah melakukan pengamatan,
siswa mampu menjelaskan cara menghitung denyut nadi
pada tubuh dalam kegiatan kebugaran jasmani dengan tepat.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan cara
menghitung denyut nadi pada tubuh dalam aktivitas kebugaran
jasmani dengan tepat.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Kelas
dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran
siswa 2.
Kelas
dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta
membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi). 3.
Mengaitkan Materi sebelumnya dengan materi
yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik. ( Apersepsi ) 4.
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (
Motivasi ) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A.
Mengamati 1.
Siswa mengamati guru menjelaskan tentang cara menghitung
denyut nadi. B.
Menanya 1. Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan 2. Siswa menanyakan
penjelasan guru yang belum di pahami. (Critical Thinking and Problem Formulation)
C.
Menalar 1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang cara
menghitung denyut nadi. 2. Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba
secara acak. 3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan cara menghitung denyut nadi dengan bimbingan guru. 4. Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan
dilakukan 5. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan
dilakukan.(Creativity and Innovation) D.
Mencoba 1. Sebelum memulai
kegiatan menghitung
denyut nadi, guru harus
mempelajari cara menghitung
denyut nadi setahap demi
setahap sampai mahir. 2. Dengan bimbingan
guru siswa mempraktikkan cara menghitung denyut nadi tubuh secara
bersama-sama. (Gotong Royong) E.
Mengkomunikasikan 1.
Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini
secara lesan kepada teman temanya. (Mandiri) 2.
Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang
dilakukan secara lisan di depan teman dan guru.(Communication) |
70 menit |
Kegiatan Penutup |
·
Salam dan do’a penutup.(Religius) |
10 menit |
C.
PENILAIAN
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan
penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja .
Mengetahui Kepala
Sekolah, Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP. 196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6 Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
A. Daya Tahan Tubuh
Kiteria |
Skor 4 |
Skor 3 |
Skor 2 |
Skor 1 |
Menghitung Denyut Nadi : 1. Mampu mempraktekan teknik dengan baik 2. Mampu mempraktekan teknik cukup baik. 3. Mampu mempraktekan teknik kurang baik. |
Memenuhi 4
kriteria |
Memenuhi 3
kriteria |
Memenuhi 2
kriteria |
Memenuhi 1
kriteria |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
Satuan Pendidikan : ...............................................
Kelas / Semester : 6 /2
Pelajaran : Aktivitas Kebugaran Jasmani
Materi Pokok : B. Menghitung
Kemampuan Melakukan Push Up
Alokasi waktu :
90 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah melakukan pengamatan,
siswa mampu menjelaskan cara menghitung kemampuan
melakukan push up pada tubuh dalam kegiatan kebugaran
jasmani dengan tepat.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan cara
menghitung kemampuan melakukan push up pada tubuh dalam
aktivitas kebugaran jasmani dengan tepat.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar
dan mengecek kehadiran siswa 2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini
datang paling awal. (Orientasi). 3. Mengaitkan
Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman
peserta didik. ( Apersepsi ) 4. Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari ( Motivasi ) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A.
Mengamati 1.
Siswa mengamati guru menjelaskan tentang cara menghitung
kemampuan melakukan push up. B.
Menanya 1. Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan 2. Siswa menanyakan
penjelasan guru yang belum di pahami. (Critical Thinking and Problem Formulation)
C.
Menalar 1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang cara
menghitung kemampuan melakukan push up. 2. Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba
secara acak. 3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan cara menghitung kemampuan melakukan push up dengan
bimbingan guru. 4. Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan
dilakukan 5. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan
dilakukan.(Creativity and Innovation) D.
Mencoba 1. Sebelum memulai
kegiatan menghitung
kemampuan melakukan push up, guru harus mempelajari cara menghitung
denyut nadi setahap demi
setahap sampai mahir. 2. Dengan bimbingan
guru siswa mempraktikkan cara menghitung kemampuan melakukan push up secara
bersama-sama. (Gotong Royong) E.
Mengkomunikasikan 1.
Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini
secara lesan kepada teman temanya. (Mandiri) 2.
Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang
dilakukan secara lesan di depan teman dan guru.(Communication) |
70 menit |
Kegiatan Penutup |
·
Salam dan do’a penutup.(Religius) |
10 menit |
G.
PENILAIAN
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan
penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja .
Mengetahui Kepala
Sekolah, Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP. 196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6 Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
A. Daya Tahan Tubuh
Kiteria |
Skor 4 |
Skor 3 |
Skor 2 |
Skor 1 |
Menghitung Kemampuan Melakukan Push Up 4. Mampu mempraktekan teknik dengan baik 5. Mampu mempraktekan teknik cukup baik. 6. Mampu mempraktekan teknik kurang baik. |
Memenuhi 4
kriteria |
Memenuhi 3
kriteria |
Memenuhi 2
kriteria |
Memenuhi 1
kriteria |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
Satuan Pendidikan : ..................................................
Kelas / Semester : 6 /2
Pelajaran : Aktivitas
Kebugaran Jasmani
Materi Pokok : C. Menghitung
Kelenturan Tungkai
Alokasi waktu :
90 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah melakukan pengamatan,
siswa mampu menjelaskan cara menghitung kelenturan
tungkai pada tubuh dalam kegiatan kebugaran jasmani dengan tepat.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan cara
menghitung kelenturan tungkai pada tubuh dalam aktivitas
kebugaran jasmani dengan tepat.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar
dan mengecek kehadiran siswa 2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini
datang paling awal. (Orientasi). 3. Mengaitkan
Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman
peserta didik. ( Apersepsi ) 4. Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari ( Motivasi ) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A.
Mengamati 1.
Siswa mengamati guru menjelaskan tentang cara menghitung
kelenturan tungkai. B.
Menanya 1. Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan 2. Siswa menanyakan
penjelasan guru yang belum di pahami. (Critical Thinking and Problem Formulation)
C.
Menalar 1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang cara
menghitung kelenturan tungkai. 2. Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba
secara acak. 3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan cara menghitung kelenturan tungkai dengan
bimbingan guru. 4. Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan
dilakukan 5. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan
dilakukan.(Creativity and Innovation) D.
Mencoba 1. Sebelum memulai
kegiatan menghitung
kelenturan tungkai, guru harus mempelajari cara menghitung denyut nadi setahap demi
setahap sampai mahir. 2. Dengan bimbingan
guru siswa mempraktikkan cara menghitung kelenturan tungkai secara
bersama-sama. (Gotong Royong) E.
Mengkomunikasikan 1.
Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini
secara lesan kepada teman temanya. (Mandiri) 2.
Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang
dilakukan secara lesan di depan teman dan guru.(Communication) |
70 menit |
Kegiatan Penutup |
·
Salam dan do’a penutup.(Religius) |
10 menit |
G.
PENILAIAN
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja .
Mengetahui Kepala
Sekolah, Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP. 196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6 Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
LAMPIRAN PENILAIAN ( ASESMEN )
1.
Penilaian
Sikap
-
Penilaian
Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru.
Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No |
Nama Siswa |
Aspek Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
… |
75 |
75 |
50 |
75 |
275 |
68,75 |
C |
2 |
… |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan
:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Cukup
25 =
Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria
= 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4
= 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 =
Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 =
Baik (B)
25,01 – 50,00 =
Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
5. Format di
atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
A. Daya Tahan Tubuh
Kiteria |
Skor 4 |
Skor 3 |
Skor 2 |
Skor 1 |
Menghitung Kelenturan Tungkai : 7. Mampu mempraktekan teknik dengan baik 8. Mampu mempraktekan teknik cukup baik. 9. Mampu mempraktekan teknik kurang
baik. |
Memenuhi 4 kriteria |
Memenuhi 3 kriteria |
Memenuhi 2 kriteria |
Memenuhi 1 kriteria |
Catatan Guru
1.
Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen
Spesial :………….
Mengetahui Kepala
Sekolah, Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP. 196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6 Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
No comments:
Post a Comment