Saturday, June 12, 2021

RPP K-13 KELAS 6 BAB 9 KEBERSIHAN ALAT REPRODUKSI

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PJOK


 


Satuan Pendidikan                         : ......................................

Kelas / Semester                 : 6  /2

Pelajaran                               : Pemeliharaan Kebersihan Alat Reproduksi

Materi Pokok                        : Cara Menjaga Kebersihan Alat Reproduksi Laki-Laki

Pertemuan                            : ..................

Alokasi waktu                      : 140 menit

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi laki-laki dengan tepat.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi laki-laki.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.    Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.    Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi).

3.    Mengaitkan Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik.  ( Apersepsi )

4.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari ( Motivasi )

10

menit

Kegiatan

Inti

A.     Mengamati

  1. Siswa mengamati guru menjelaskan tentang cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi laki-laki. (Mandiri)

B.     Menanya

  1. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
  2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.(Communication)

C.     Menalar

1.       Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi laki-laki. (Critical Thinking)

2.       Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.

3.       Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi laki-laki. dengan bimbingan guru.

4.       Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan

5.       Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.

D.     Mencoba

1.       Sebelum memulai kegiatan tentang cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi laki-laki, guru harus mebimbing langkah- langkah di dalam mempraktekkan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi laki-laki. setahap demi setahap sampai mahir.

2.       Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian mempraktekkan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi laki-laki. secara bersama-sama.(Collaboration, Creativity)

E.      Mengkomunikasikan

  1. Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lisan kepada teman temanya. (Mandiri)
  2. Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication)

 

 

 

 

 

 

 

120

menit

Kegiatan

Penutup

1.       Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pendinginan.

2.       Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya melakukan olahraga.

3.        Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh.

4.       Salam dan do’a penutup. (Religius)

10

menit

 

C.     PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                                 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

NO

SIKAP

KRITERIA

Keterangan

Belum Terlihat

Mulai terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Kerja sama

 

 

 

 

 

3

Sportif

 

 

 

 

 

4

Tanggung jawab

 

 

 

 

 

 

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PJOK


 


Satuan Pendidikan                         : ......................................

Kelas / Semester                 : 6  /2

Pelajaran                               : Pemeliharaan Kebersihan Alat Reproduksi

Materi Pokok                        : Cara Menjaga Kebersihan Alat Reproduksi Perempuan

Pertemuan                            : ..................

Alokasi waktu                      : 140 menit

 

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan dengan tepat.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.    Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.    Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi).

3.    Mengaitkan Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik.  ( Apersepsi )

4.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari ( Motivasi )

10

menit

Kegiatan

Inti

A.   Mengamati

1.    Siswa mengamati guru menjelaskan tentang cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan. (Mandiri)

B.   Menanya

1.    Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan

2.    Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.(Communication)

C.   Menalar

1.    Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan. (Critical Thinking)

2.    Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.

3.    Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan. dengan bimbingan guru.

4.    Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan

5.    Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.

D.   Mencoba

1.    Sebelum memulai kegiatan tentang cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan, guru harus mebimbing langkah - langkah di dalam mempraktekkan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan. setahap demi setahap sampai mahir.

2.    Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian mempraktekkan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan secara bersama-sama.(Collaboration, Creativity)

E.   Mengkomunikasikan

1.    Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lisan kepada teman temanya. (Mandiri)

2.    Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

120

menit

Kegiatan

Penutup

1.    Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pendinginan.

2.    Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya melakukan olahraga.

3.    Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh.

4.    Salam dan do’a penutup. (Religius)

10

menit

 

 

C.     PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                                 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

NO

SIKAP

KRITERIA

Keterangan

Belum Terlihat

Mulai terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Kerja sama

 

 

 

 

 

3

Sportif

 

 

 

 

 

4

Tanggung jawab

 

 

 

 

 

 

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

 

 

 

 

 

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PJOK

 


Satuan Pendidikan                         : ......................................

Kelas / Semester                 : 6  /2

Pelajaran                               : Pemeliharaan Kebersihan Alat Reproduksi

Materi Pokok                        : Cara Menjaga Kebersihan Alat Reproduksi Perempuan

Pertemuan                            : ..................

Alokasi waktu                      : 140 menit

 

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan dengan tepat.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.    Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.    Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi).

3.    Mengaitkan Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik.  ( Apersepsi )

4.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari ( Motivasi )

10

menit

Kegiatan

Inti

A.   Mengamati

1.    Siswa mengamati guru menjelaskan tentang cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan. (Mandiri)

B.   Menanya

1.    Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan

2.    Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.(Communication)

C.   Menalar

1.    Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan. (Critical Thinking)

2.    Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.

3.    Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan. dengan bimbingan guru.

4.    Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan

5.    Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.

D.   Mencoba

1.    Sebelum memulai kegiatan tentang cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan, guru harus mebimbing langkah - langkah di dalam mempraktekkan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan. setahap demi setahap sampai mahir.

2.    Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian mempraktekkan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan secara bersama-sama.(Collaboration, Creativity)

E.   Mengkomunikasikan

1.    Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lisan kepada teman temanya. (Mandiri)

2.    Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

120

menit

Kegiatan

Penutup

1.    Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pendinginan.

2.    Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya melakukan olahraga.

3.    Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh.

4.    Salam dan do’a penutup. (Religius)

10

menit

 

 

C.     PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                                 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

NO

SIKAP

KRITERIA

Keterangan

Belum Terlihat

Mulai terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Kerja sama

 

 

 

 

 

3

Sportif

 

 

 

 

 

4

Tanggung jawab

 

 

 

 

 

 

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV MATERI 1.5

  MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV   Penyusun : Jenjang Sekolah : SD K KA REDONG Kelas : IV Materi : 1.5 A...