RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
Satuan Pendidikan : ......................................
Kelas / Semester : 6 /2
Pelajaran : Pemeliharaan Kebersihan Alat Reproduksi
Materi Pokok :
Cara Menjaga Kebersihan Alat Reproduksi Laki-Laki
Pertemuan :
..................
Alokasi waktu :
140 menit
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah
melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan cara pemeliharaan
kebersihan alat reproduksi laki-laki dengan tepat.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan cara pemeliharaan kebersihan
alat reproduksi laki-laki.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Kelas dimulai dengan dibuka dengan
salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa 2.
Kelas dilanjutkan dengan do’a
dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah
siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi). 3.
Mengaitkan
Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman
peserta didik. ( Apersepsi ) 4.
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari ( Motivasi ) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A. Mengamati
B. Menanya
C. Menalar 1. Siswa
mencoba berdiskusi dengan temanya tentang cara pemeliharaan kebersihan alat
reproduksi
laki-laki. (Critical Thinking) 2. Guru
menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara
acak. 3. Guru
menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan cara pemeliharaan kebersihan alat
reproduksi
laki-laki. dengan bimbingan guru. 4. Siswa
melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan 5. Guru
menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan. D. Mencoba 1.
Sebelum memulai
kegiatan tentang cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi
laki-laki, guru harus
mebimbing langkah- langkah di dalam mempraktekkan cara pemeliharaan kebersihan alat
reproduksi laki-laki. setahap demi setahap sampai mahir. 2.
Siswa membentuk
kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian mempraktekkan cara pemeliharaan kebersihan alat
reproduksi laki-laki. secara bersama-sama.(Collaboration, Creativity) E. Mengkomunikasikan
|
120 menit |
Kegiatan Penutup |
1. Setelah kegiatan guru mengajak siswa
untuk melakukan kegiatan pendinginan. 2. Guru menjelaskan kesimpulan
pentingnya melakukan olahraga. 3. Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari
ini bagi tubuh. 4. Salam dan do’a penutup. (Religius) |
10 menit |
C.
PENILAIAN
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan
penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan
praktek/unjuk kerja .
Mengetahui Kepala
Sekolah, Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP.
196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6 Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
- Catatan anekdot
untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)
NO |
SIKAP |
KRITERIA |
Keterangan |
|||
Belum Terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
|||
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Kerja sama |
|
|
|
|
|
3 |
Sportif |
|
|
|
|
|
4 |
Tanggung jawab |
|
|
|
|
|
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian
siswa.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
Satuan Pendidikan : ......................................
Kelas / Semester : 6 /2
Pelajaran : Pemeliharaan Kebersihan Alat Reproduksi
Materi Pokok :
Cara Menjaga Kebersihan Alat Reproduksi Perempuan
Pertemuan :
..................
Alokasi waktu :
140 menit
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah
melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan cara pemeliharaan
kebersihan alat reproduksi perempuan
dengan tepat.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan cara pemeliharaan kebersihan
alat reproduksi perempuan.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Kelas dimulai dengan dibuka dengan
salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa 2.
Kelas dilanjutkan dengan do’a
dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah
siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi). 3.
Mengaitkan
Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman
peserta didik. ( Apersepsi ) 4.
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari ( Motivasi ) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A. Mengamati 1.
Siswa mengamati
guru menjelaskan tentang cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan. (Mandiri) B. Menanya 1.
Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan 2.
Siswa menanyakan
penjelasan guru yang belum di pahami.(Communication) C. Menalar 1. Siswa
mencoba berdiskusi dengan temanya tentang cara pemeliharaan kebersihan alat
reproduksi
perempuan. (Critical Thinking) 2. Guru
menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara
acak. 3. Guru
menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan cara pemeliharaan kebersihan alat
reproduksi
perempuan. dengan bimbingan guru. 4. Siswa
melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan 5. Guru
menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan. D. Mencoba 1.
Sebelum memulai
kegiatan tentang cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan, guru harus mebimbing langkah - langkah
di dalam mempraktekkan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan. setahap demi setahap sampai mahir. 2.
Siswa membentuk
kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian mempraktekkan cara pemeliharaan kebersihan alat
reproduksi perempuan secara bersama-sama.(Collaboration, Creativity) E. Mengkomunikasikan 1.
Siswa
menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lisan kepada teman temanya. (Mandiri) 2.
Siswa
menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan
guru. (Communication) |
120 menit |
Kegiatan Penutup |
1. Setelah kegiatan guru mengajak siswa
untuk melakukan kegiatan pendinginan. 2. Guru menjelaskan kesimpulan
pentingnya melakukan olahraga. 3. Guru menyampaikan tentang manfaat
olahraga pasa hari ini bagi tubuh. 4. Salam dan do’a penutup. (Religius) |
10 menit |
C.
PENILAIAN
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan
penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja .
Mengetahui Kepala
Sekolah, Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP.
196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6 Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
- Catatan anekdot
untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)
NO |
SIKAP |
KRITERIA |
Keterangan |
|||
Belum Terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
|||
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Kerja sama |
|
|
|
|
|
3 |
Sportif |
|
|
|
|
|
4 |
Tanggung jawab |
|
|
|
|
|
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian
siswa.
PJOK
Satuan Pendidikan : ......................................
Kelas / Semester : 6 /2
Pelajaran : Pemeliharaan Kebersihan Alat Reproduksi
Materi Pokok :
Cara Menjaga Kebersihan Alat Reproduksi Perempuan
Pertemuan :
..................
Alokasi waktu :
140 menit
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah
melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan cara pemeliharaan
kebersihan alat reproduksi perempuan
dengan tepat.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan cara pemeliharaan kebersihan
alat reproduksi perempuan.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Kelas dimulai dengan dibuka dengan
salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa 2.
Kelas dilanjutkan dengan do’a
dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah
siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi). 3.
Mengaitkan
Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman
peserta didik. ( Apersepsi ) 4.
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari ( Motivasi ) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A. Mengamati 1.
Siswa mengamati
guru menjelaskan tentang cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan. (Mandiri) B. Menanya 1.
Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan 2.
Siswa menanyakan
penjelasan guru yang belum di pahami.(Communication) C. Menalar 1. Siswa
mencoba berdiskusi dengan temanya tentang cara pemeliharaan kebersihan alat
reproduksi
perempuan. (Critical Thinking) 2. Guru
menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara
acak. 3. Guru
menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan cara pemeliharaan kebersihan alat
reproduksi
perempuan. dengan bimbingan guru. 4. Siswa
melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan 5. Guru
menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan. D. Mencoba 1.
Sebelum memulai
kegiatan tentang cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan, guru harus mebimbing langkah - langkah
di dalam mempraktekkan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi perempuan. setahap demi setahap sampai mahir. 2.
Siswa membentuk
kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian mempraktekkan cara pemeliharaan kebersihan alat
reproduksi perempuan secara bersama-sama.(Collaboration, Creativity) E. Mengkomunikasikan 1.
Siswa
menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lisan kepada teman temanya. (Mandiri) 2.
Siswa
menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan
guru. (Communication)
|
120 menit |
Kegiatan Penutup |
1. Setelah kegiatan guru mengajak siswa
untuk melakukan kegiatan pendinginan. 2. Guru menjelaskan kesimpulan
pentingnya melakukan olahraga. 3. Guru menyampaikan tentang manfaat
olahraga pasa hari ini bagi tubuh. 4. Salam dan do’a penutup. (Religius) |
10 menit |
C.
PENILAIAN
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan
penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja .
Mengetahui Kepala
Sekolah,
Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP.
196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6
Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
- Catatan anekdot
untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)
NO |
SIKAP |
KRITERIA |
Keterangan |
|||
Belum Terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
|||
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Kerja sama |
|
|
|
|
|
3 |
Sportif |
|
|
|
|
|
4 |
Tanggung jawab |
|
|
|
|
|
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian
siswa.
No comments:
Post a Comment