Saturday, June 12, 2021

RPP K-13, KELAS 6 BAB 6 SENAM LANTAI

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PJOK


 


Satuan Pendidikan             : ..................................

Kelas / Semester                 : 6  /2

Pelajaran                               : Senam Lantai

Sub Pelajaran                      : A. Bertumpu

Materi Pokok                        : ...................

Alokasi waktu                      : 90 menit

 

A.     TUJUAN

1.      Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan pola gerak dominan

( bertumpu dalam aktivitas senam lantai  dengan tepat.

2.      Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan pola gerak dominan ( bertumpu dalam aktivitas senam lantai  dengan lancar.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.   Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi).

3.   Mengaitkan Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik.  ( Apersepsi )

4.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari ( Motifasi )

10

menit

Kegiatan

Inti

A.     Mengamati

1.      Siswa mengamati guru menjelaskan tentang pola gerak dominan ( bertumpu dalam aktivitas senam lantai  . (Mandiri)

B.     Menanya

1.      Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan

2.      Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.

(Communication)

C.     Menalar

1.      Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang pola gerak dominan ( bertumpu) dalam aktivitas senam lantai  . (Critical Thinking)

2.      Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.

3.      Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan pola gerak dominan ( bertumpu) dalam aktivitas senam lantai  dengan bimbingan guru.

4.      Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan

5.      Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.

 

 

 

 

 

 

 

D.     Mencoba

1.      Sebelum memulai kegiatan pola gerak dominan yaitu  bertumpu, guru harus mempelajari pola gerak bertumpu di dalma senam lantai setahap demi setahap sampai mahir.

2.      Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan gerakan bertumpu secara bersama-sama.

(Collaboration, Creativity)

E.     Mengkomunikasikan

1.      Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lesan kepada teman temanya. (Mandiri)

2.      Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication)

70

menit

Kegiatan

Penutup

1.      Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pendinginan.

2.      Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya melakukan olahraga.

3.      Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh.

4.      Salam dan do’a penutup. (Religius)

10

menit

 

C.     PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja .

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.      Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

NO

SIKAP

KRITERIA

Keterangan

Belum Terlihat

Mulai terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Kerja sama

 

 

 

 

 

3

Sportif

 

 

 

 

 

4

Tanggung jawab

 

 

 

 

 

 

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

 

D.     SUMBER DAN  MEDIA

1.      Buku BSE Penjas  Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

2.      Internet.

3.      Media Ajar PJOK  kelas 6 semester 2  SD/MI dari SCI Media.

4.      Video/slide/gambar teknik Bertumpu.

 

 

Catatan Guru

1. Masalah                 :……….

2. Ide Baru                 :………..

3. Momen Spesial     :………….

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PJOK

 


Satuan Pendidikan    : ........................................

Kelas / Semester        : 6  /2

Pelajaran                     : Senam Lantai

Materi Pokok             : Bergantung

Pertemuan                   : ...................

Alokasi waktu             : 90 menit

 

 

A.   TUJUAN

  1. Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan pola gerak dominan (bergantung) dalam aktivitas senam lantai  dengan tepat.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan pola gerak dominan (bergantung) dalam aktivitas senam lantai  dengan lancar.

 

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.   Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi).

3.   Mengaitkan Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik.  ( Apersepsi )

4.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari ( Motivasi )

10

menit

Kegiatan

Inti

A.   Mengamati

  1. Siswa mengamati guru menjelaskan tentang pola gerak dominan yaitu bergantung dalam aktivitas senam lantai (Mandiri)

B.   Menanya

  1. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
  2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.

(Communication)          

C.   Menalar

1.    Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang pola gerak dominan ( bergantung) dalam aktivitas senam lantai  . (Critical Thinking)

2.    Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.

3.    Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan pola gerak dominan ( bergantung) dalam aktivitas senam lantai  dengan bimbingan guru.

4.    Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan

5.    Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.

D.   Mencoba

1.    Sebelum memulai kegiatan pola gerak dominan yaitu  gerakan bergantung, guru harus mempelajari pola gerak bergantung di dalam senam lantai setahap demi setahap sampai mahir.

2.    Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan gerakan bergantung secara bersama-sama.(Collaboration, Creativity)

 

 

 

 

 

E.   Mengkomunikasikan

  1. Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lesan kepada teman temanya. (Mandiri)
  2. Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication)

70

menit

Kegiatan

Penutup

1.    Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pendinginan.

2.    Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya melakukan olahraga.

3.    Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh.

4.    Salam dan do’a penutup. (Religius)

10

menit

 

 

C.   PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.

Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

NO

SIKAP

KRITERIA

Keterangan

Belum Terlihat

Mulai terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Kerja sama

 

 

 

 

 

3

Sportif

 

 

 

 

 

4

Tanggung jawab

 

 

 

 

 

 

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

 

D.   SUMBER DAN  MEDIA

1.    Buku BSE Penjas  Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.

2.    Internet.

3.    Media Ajar PJOK  kelas 6 semester 2  SD/MI dari SCI Media.

4.    Video/slide/gambar teknik bergantung

 

 

 

Catatan Guru

1. Masalah                :…...................................................................................…….

2. Ide Baru                 :…...................................................................................……..

3. Momen Spesial    :…................................................................................……….

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PJOK


Satuan Pendidikan    : ......................................

Kelas / Semester        : 6  /2

Pelajaran                     : Senam Lantai

Materi Pokok             : Keseimbangan

Pertemuan                   : ................

Alokasi waktu             : 90 menit

 

A.   TUJUAN

  1. Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan pola gerak dominan

( keseimbangan) dalam aktivitas senam lantai  dengan tepat.

  1. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan pola gerak dominan

( keseimbangan) dalam aktivitas senam lantai  dengan lancar.

 

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.   Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi).

3.   Mengaitkan Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik.  ( Apersepsi )

4.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari ( Motifasi )

10

menit

Kegiatan

Inti

A.   Mengamati

  1. Siswa mengamati guru menjelaskan tentang pola gerak dominan yaitu gerakan keseimbangan dalam aktivitas senam lantai  . (Mandiri)

B.   Menanya

  1. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
  2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.

(Communication)

C.   Menalar

1.    Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang pola gerak dominan yaitu gerakan keseimbangan dalam aktivitas senam lantai  . (Critical Thinking)

2.    Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.

3.    Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan pola gerak dominan ( keseimbangan) dalam aktivitas senam lantai  dengan bimbingan guru.

4.    Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan

5.    Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.

D.   Mencoba

1.    Sebelum memulai kegiatan pola gerak dominan yaitu  gerakan keseimbngan, guru harus mempelajari pola gerak bergantung  di dalam senam lantai setahap demi setahap sampai mahir.

2.    Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan gerakan keseimbangan secara bersama-sama.(Collaboration, Creativity)

 

 

 

 

 

 

E.   Mengkomunikasikan

  1. Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lesan kepada teman temanya. (Mandiri)
  2. Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication)

70

menit

Kegiatan

Penutup

1.    Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pendinginan.

2.    Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya melakukan olahraga.

3.    Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh.

4.    Salam dan do’a penutup. (Religius)

15

menit

 

 

C.   PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja .

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

NO

SIKAP

KRITERIA

Keterangan

Belum Terlihat

Mulai terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Kerja sama

 

 

 

 

 

3

Sportif

 

 

 

 

 

4

Tanggung jawab

 

 

 

 

 

 

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

 

D.   SUMBER DAN  MEDIA

1.    Buku BSE Penjas  Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.

2.    Internet.

3.    Media Ajar PJOK  kelas 6 semester 2  SD/MI dari SCI Media.

4.    Video/slide/gambar teknik keseimbangan.

 

 

 

Catatan Guru

1. Masalah                :……….

2. Ide Baru                 :………..

3. Momen Spesial    :………….

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PJOK

Satuan Pendidikan    : .............................................

Kelas / Semester        : 6  /2

Pelajaran                     : Senam Lantai

Materi Pokok             : Berpindah Tempat

Pertemuan                  : ................

Alokasi waktu             : 90 menit

 

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan pola gerak dominan

( berpindah tempat) dalam aktivitas senam lantai  dengan tepat.

  1. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan pola gerak dominan (berpindah tempat) dalam aktivitas senam lantai  dengan lancar.

 

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.   Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi).

3.   Mengaitkan Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik.  ( Apersepsi )

4.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari ( Motifasi )

10

menit

Kegiatan

Inti

A.   Mengamati

  1. Siswa mengamati guru menjelaskan tentang pola gerak dominan yaitu gerakan berpindah tempat dalam aktivitas senam lantai  . (Mandiri)

B.   Menanya

  1. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
  2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.

(Communication)

C.   Menalar

1.    Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang pola gerak dominan yaitu gerakan berpindah tempat dalam aktivitas senam lantai  . (Critical Thinking)

2.    Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.

3.    Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan pola gerak dominan (berpindah tempat) dalam aktivitas senam lantai  dengan bimbingan guru.

4.    Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan

5.    Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.

D.   Mencoba

1.    Sebelum memulai kegiatan pola gerak dominan yaitu  gerakan berpindah tempat, guru harus mempelajari pola gerakan berpindah tempat di dalam senam lantai setahap demi setahap sampai mahir.

2.    Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan gerakan berpindah tempat secara bersama-sama.(Collaboration, Creativity)

 

 

 

 

 

E.   Mengkomunikasikan

  1. Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lesan kepada teman temanya. (Mandiri)
  2. Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication)

70

menit

Kegiatan

Penutup

1.    Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pendinginan.

2.    Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya melakukan olahraga.

3.     Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh.

4.    Salam dan do’a penutup. (Religius)

10

menit

 

 

C.   PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja .

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

NO

SIKAP

KRITERIA

Keterangan

Belum Terlihat

Mulai terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Kerja sama

 

 

 

 

 

3

Sportif

 

 

 

 

 

4

Tanggung jawab

 

 

 

 

 

 

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

 

D.   SUMBER DAN  MEDIA

1.    Buku BSE Penjas  Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.

2.    Internet.

3.    Media Ajar PJOK  kelas 6 semester 2  SD/MI dari SCI Media.

4.    Video/slide/gambar teknik Berpindah Tempat.

 

 

 

 

Catatan Guru

1. Masalah                :……….

2. Ide Baru                 :………..

3. Momen Spesial    :………….

 

 

 

 

 

 

                      

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

                                                                                                                                                                                                         

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PJOK


Satuan Pendidikan    : ....................................

Kelas / Semester        : 6  /2

Pelajaran                     : Senam Lantai

Materi Pokok             : Tolakan

Pertemuan                   : ...............

Alokasi waktu             : 90 menit

 

 

A.   TUJUAN

  1. Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan pola gerak dominan (tolakan) dalam aktivitas senam lantai  dengan tepat.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan pola gerak dominan (tolakan)

dalam aktivitas senam lantai  dengan lancar.

 

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.   Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi).

3.   Mengaitkan Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik.  ( Apersepsi )

4.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari ( Motivasi )

10

menit

Kegiatan

Inti

A.   Mengamati

  1. Siswa mengamati guru menjelaskan tentang pola gerak dominan yaitu gerakan tolakan dalam aktivitas senam lantai  . (Mandiri)

B.   Menanya

  1. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
  2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.

(Communication)

C.   Menalar

1.    Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang pola gerak dominan yaitu gerakan tolakan dalam aktivitas senam lantai  . (Critical Thinking)

2.    Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.

3.    Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan pola gerak dominan (tolakan) dalam aktivitas senam lantai  dengan bimbingan guru.

4.    Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan

5.    Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.

D.   Mencoba

1.    Sebelum memulai kegiatan pola gerak dominan yaitu  gerakan tolakan, guru harus mempelajari pola gerakan tolakan di dalam senam lantai setahap demi setahap sampai mahir.

2.    Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan gerakan tolakan secara bersama-sama.

(Collaboration, Creativity)

 

 

 

 

 

 

E.   Mengkomunikasikan

  1. Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lesan kepada teman temanya. (Mandiri)
  2. Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication)

70

menit

Kegiatan

Penutup

1.    Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pendinginan.

2.    Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya melakukan olahraga.

3.     Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh.

4.    Salam dan do’a penutup. (Religius)

10

menit

 

C.   PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

NO

SIKAP

KRITERIA

Keterangan

Belum Terlihat

Mulai terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Kerja sama

 

 

 

 

 

3

Sportif

 

 

 

 

 

4

Tanggung jawab

 

 

 

 

 

 

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

 

D.   SUMBER DAN  MEDIA

1.    Buku BSE Penjas  Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.

2.    Internet.

3.    Media Ajar PJOK  kelas 6 semester 2  SD/MI dari SCI Media.

4.    Video/slide/gambar teknik tolakan.

 

 

 

 

Catatan Guru

1. Masalah                :……….

2. Ide Baru                 :………..

3. Momen Spesial    :………….

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PJOK


Satuan Pendidikan    : ..............................

Kelas / Semester        : 6  /2

Pelajaran                     : Senam Lantai

Materi Pokok             : Putaran

Pertemuan                   : ................

Alokasi waktu             : 90 menit

 

A.   TUJUAN

  1. Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan pola gerak dominan (putaran) dalam aktivitas senam lantai  dengan tepat.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan pola gerak dominan (putaran)

dalam aktivitas senam lantai  dengan lancar.

 

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.   Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi).

3.   Mengaitkan Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik.  ( Apersepsi )

4.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari ( Motivasi )

10

menit

Kegiatan

Inti

A.   Mengamati

  1. Siswa mengamati guru menjelaskan tentang pola gerak dominan yaitu gerakan putaran dalam aktivitas senam lantai.(Mandiri)

B.   Menanya

  1. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
  2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.

(Communication)

C.   Menalar

1.    Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang pola gerak dominan yaitu gerakan putaran dalam aktivitas senam lantai  . (Critical Thinking)

2.    Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.

3.    Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan pola gerak dominan (putaran) dalam aktivitas senam lantai  dengan bimbingan guru.

4.    Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan

5.    Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.

D.   Mencoba

1.    Sebelum memulai kegiatan pola gerak dominan yaitu  gerakan putaran, guru harus mempelajari pola gerakan putaran di dalam senam lantai setahap demi setahap sampai mahir.

2.    Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan gerakan putaran secara bersama-sama.

(Collaboration, Creativity)

 

 

 

 

 

 

                                                                                     

E.   Mengkomunikasikan

  1. Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lesan kepada teman temanya. (Mandiri)
  2. Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication)

70

menit

Kegiatan

Penutup

1.    Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pendinginan.

2.    Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya melakukan olahraga.

3.    Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh.

4.    Salam dan do’a penutup. (Religius)

10

menit

 

 

C.   PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja .

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

NO

SIKAP

KRITERIA

Keterangan

Belum Terlihat

Mulai terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Kerja sama

 

 

 

 

 

3

Sportif

 

 

 

 

 

4

Tanggung jawab

 

 

 

 

 

 

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

 

D.   SUMBER DAN  MEDIA

1.    Buku BSE Penjas  Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.

2.    Internet.

3.    Media Ajar PJOK  kelas 6 semester 2  SD/MI dari SCI Media.

4.    Video/slide/gambar teknik Putaran.

 

 

 

Catatan Guru

1. Masalah                :……….

2. Ide Baru                 :………..

3. Momen Spesial    :………….

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

       RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PJOK


Satuan Pendidikan    : .........................................

Kelas / Semester        : 6  /2

Pelajaran                     : Senam Lantai

Materi Pokok             : Melayang

Pertemuan                   : .................

Alokasi waktu             : 90 menit

 

 

A.   TUJUAN

  1. Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan pola gerak dominan (melayang) dalam aktivitas senam lantai  dengan tepat.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan pola gerak dominan (melayang)

dalam aktivitas senam lantai  dengan lancar.

 

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.   Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi).

3.   Mengaitkan Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik.  ( Apersepsi )

4.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari ( Motivasi )

10

menit

Kegiatan

Inti

A.   Mengamati

  1. Siswa mengamati guru menjelaskan tentang pola gerak dominan yaitu gerakan melayang dalam aktivitas senam lantai.(Mandiri)

B.   Menanya

  1. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
  2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.

(Communication)                                                

C.   Menalar

1.    Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang pola gerak dominan yaitu gerakan melayang dalam aktivitas senam lantai  . (Critical Thinking)

2.    Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.

3.    Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan pola gerak dominan (melayang) dalam aktivitas senam lantai  dengan bimbingan guru.

4.    Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan

5.    Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.

D.   Mencoba

1.    Sebelum memulai kegiatan pola gerak dominan yaitu  gerakan melayang, guru harus mempelajari pola gerakan melayang di dalam senam lantai setahap demi setahap sampai mahir.

2.    Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan gerakan melayang secara bersama-sama.

(Collaboration, Creativity)

 

 

 

 

 

 

E.   Mengkomunikasikan

  1. Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lesan kepada teman temanya. (Mandiri)
  2. Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication)

70

menit

Kegiatan

Penutup

1.    Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pendinginan.

2.    Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya melakukan olahraga.

3.    Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh.

4.    Salam dan do’a penutup. (Religius)

10

menit

 

C.   PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja .

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

NO

SIKAP

KRITERIA

Keterangan

Belum Terlihat

Mulai terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Kerja sama

 

 

 

 

 

3

Sportif

 

 

 

 

 

4

Tanggung jawab

 

 

 

 

 

 

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

 

D.   SUMBER DAN  MEDIA

1.    Buku BSE Penjas  Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.

2.    Internet.

3.    Media Ajar PJOK  kelas 6 semester 2  SD/MI dari SCI Media.

4.    Video/slide/gambar teknik Melayang.

 

 

 

 

Catatan Guru

1. Masalah                :……….

2. Ide Baru                 :………..

3. Momen Spesial    :………….

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

                                                      RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PJOK


Satuan Pendidikan    : ...........................................

Kelas / Semester        : 6  /2

Pelajaran                     : Senam Lantai

Materi Pokok             : Mendarat

Pertemuan                  : .................

Alokasi waktu             : 90 menit

 

A.   TUJUAN

  1. Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan pola gerak dominan (mendarat) dalam aktivitas senam lantai  dengan tepat.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan pola gerak dominan (mendarat) dalam aktivitas senam lantai  dengan lancar.

 

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.   Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi).

3.   Mengaitkan Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik.  ( Apersepsi )

4.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari ( Motivasi )

10

menit

Kegiatan

Inti

A.   Mengamati

  1. Siswa mengamati guru menjelaskan tentang pola gerak dominan yaitu gerakan mendarat dalam aktivitas senam lantai. (Mandiri)

B.   Menanya

  1. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
  2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.

(Communication)

C.   Menalar

1.    Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang pola gerak dominan yaitu gerakan mendarat dalam aktivitas senam lantai  . (Critical Thinking)

2.    Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.

3.    Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan pola gerak dominan (mendarat) dalam aktivitas senam lantai  dengan bimbingan guru.

4.    Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan

5.    Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.

D.   Mencoba

1.    Sebelum memulai kegiatan pola gerak dominan yaitu  gerakan mendarat, guru harus mempelajari pola gerakan mendarat di dalam senam lantai setahap demi setahap sampai mahir.

2.    Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan gerakan mendarat secara bersama-sama.

(Collaboration, Creativity)

 

 

 

 

 

 

 

E.   Mengkomunikasikan

  1. Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lesan kepada teman temanya. (Mandiri)
  2. Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication)

70

menit

Kegiatan

Penutup

1.    Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pendinginan.

2.    Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya melakukan olahraga.

3.    Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh.

4.    Salam dan do’a penutup. (Religius)

10

menit

 

C.   PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja .

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

NO

SIKAP

KRITERIA

Keterangan

Belum Terlihat

Mulai terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Kerja sama

 

 

 

 

 

3

Sportif

 

 

 

 

 

4

Tanggung jawab

 

 

 

 

 

 

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

 

D.   SUMBER DAN  MEDIA

1.    Buku BSE Penjas  Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.

2.    Internet.

3.    Media Ajar PJOK  kelas 6 semester 2  SD/MI dari SCI Media.

4.    Video/slide/gambar teknik Mendarat.

 

 

 

Catatan Guru

1. Masalah                :……….

2. Ide Baru                 :………..

3. Momen Spesial    :………….

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

                                                                                                                                                                      

 


No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV MATERI 1.5

  MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV   Penyusun : Jenjang Sekolah : SD K KA REDONG Kelas : IV Materi : 1.5 A...