RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
Satuan Pendidikan : ..................................
Kelas / Semester : 6
/2
Pelajaran : Senam Lantai
Sub Pelajaran : A. Bertumpu
Materi Pokok : ...................
Alokasi waktu :
90 menit
A. TUJUAN
1.
Setelah melakukan pengamatan,
siswa mampu menjelaskan pola gerak dominan
( bertumpu dalam aktivitas senam lantai dengan tepat.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan pola gerak dominan (
bertumpu dalam aktivitas senam lantai dengan
lancar.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar
dan mengecek kehadiran siswa 2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini
datang paling awal. (Orientasi). 3. Mengaitkan
Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman
peserta didik. ( Apersepsi ) 4. Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari ( Motifasi ) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A.
Mengamati 1.
Siswa mengamati guru menjelaskan tentang pola gerak dominan ( bertumpu dalam aktivitas senam lantai .
(Mandiri) B.
Menanya 1. Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan 2. Siswa menanyakan
penjelasan guru yang belum di pahami. (Communication) C.
Menalar 1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang pola gerak dominan ( bertumpu) dalam aktivitas senam lantai .
(Critical Thinking) 2. Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba
secara acak. 3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan pola gerak dominan ( bertumpu) dalam
aktivitas senam lantai dengan bimbingan guru. 4. Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan
dilakukan 5.
Guru menyatakan
bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan. D.
Mencoba 1. Sebelum memulai
kegiatan pola gerak dominan yaitu
bertumpu, guru harus
mempelajari pola gerak bertumpu di dalma senam lantai setahap demi setahap
sampai mahir. 2. Siswa membentuk
kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan gerakan bertumpu
secara bersama-sama. (Collaboration, Creativity) E.
Mengkomunikasikan 1.
Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini
secara lesan kepada teman temanya. (Mandiri) 2.
Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang
dilakukan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication) |
70 menit |
Kegiatan Penutup |
1.
Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk
melakukan kegiatan pendinginan. 2.
Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya
melakukan olahraga. 3.
Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga
pasa hari ini bagi tubuh. 4.
Salam dan do’a penutup. (Religius) |
10 menit |
C. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja .
Mengetahui Kepala
Sekolah, Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP. 196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6 Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
1.
Catatan anekdot untuk mencatat sikap
(disiplin dan tanggung jawab)
NO |
SIKAP |
KRITERIA |
Keterangan |
|||
Belum Terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
|||
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Kerja sama |
|
|
|
|
|
3 |
Sportif |
|
|
|
|
|
4 |
Tanggung jawab |
|
|
|
|
|
Beri tanda centang (√) sesuai
pencapaian siswa.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku BSE
Penjas Orkes Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan
3. Media Ajar
PJOK kelas 6 semester 2 SD/MI dari SCI Media.
4. Video/slide/gambar
teknik Bertumpu.
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui Kepala
Sekolah, Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP. 196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6 Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
Satuan Pendidikan : ........................................
Kelas / Semester : 6 /2
Pelajaran : Senam Lantai
Materi Pokok : Bergantung
Pertemuan : ...................
Alokasi waktu :
90 menit
A. TUJUAN
- Setelah melakukan
pengamatan, siswa mampu menjelaskan pola gerak dominan (bergantung) dalam
aktivitas senam lantai dengan
tepat.
- Setelah
berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan pola gerak dominan (bergantung) dalam
aktivitas senam lantai dengan
lancar.
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar
dan mengecek kehadiran siswa 2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini
datang paling awal. (Orientasi). 3. Mengaitkan
Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman
peserta didik. ( Apersepsi ) 4. Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari ( Motivasi ) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A.
Mengamati
B.
Menanya
(Communication) C.
Menalar 1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya
tentang pola gerak dominan ( bergantung) dalam aktivitas senam lantai . (Critical Thinking) 2. Guru menunjuk kembali siswa yang telah
melakukan diskusi untuk mencoba secara acak. 3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan
memperagakan pola gerak dominan ( bergantung) dalam aktivitas senam lantai dengan bimbingan guru. 4. Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan
kegiatan yang akan dilakukan 5.
Guru menyatakan
bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan. D.
Mencoba 1. Sebelum memulai kegiatan pola gerak
dominan yaitu gerakan bergantung, guru harus mempelajari pola gerak bergantung di dalam senam lantai
setahap demi setahap sampai mahir. 2. Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan
gerakan bergantung secara bersama-sama.(Collaboration, Creativity) E.
Mengkomunikasikan
|
70 menit |
Kegiatan Penutup |
1.
Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk
melakukan kegiatan pendinginan. 2.
Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya
melakukan olahraga. 3.
Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga
pasa hari ini bagi tubuh. 4.
Salam dan do’a penutup. (Religius) |
10 menit |
C. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan
penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk
kerja .
Mengetahui Kepala
Sekolah, Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP. 196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6 Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
- Catatan anekdot untuk mencatat
sikap (disiplin dan tanggung jawab)
NO |
SIKAP |
KRITERIA |
Keterangan |
|||
Belum Terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
|||
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Kerja sama |
|
|
|
|
|
3 |
Sportif |
|
|
|
|
|
4 |
Tanggung jawab |
|
|
|
|
|
Beri
tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku BSE Penjas Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan.
2.
Internet.
3.
Media Ajar
PJOK kelas 6 semester 2 SD/MI dari SCI Media.
4.
Video/slide/gambar teknik bergantung
Catatan Guru
1. Masalah :…...................................................................................…….
2. Ide Baru :…...................................................................................……..
3. Momen Spesial :…................................................................................……….
Mengetahui Kepala
Sekolah, Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP. 196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6 Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
Satuan Pendidikan :
......................................
Kelas / Semester :
6 /2
Pelajaran : Senam Lantai
Materi Pokok
: Keseimbangan
Pertemuan : ................
Alokasi waktu
: 90 menit
A. TUJUAN
- Setelah melakukan
pengamatan, siswa mampu menjelaskan pola gerak dominan
( keseimbangan)
dalam aktivitas senam lantai dengan
tepat.
- Setelah
berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan pola gerak dominan
( keseimbangan)
dalam aktivitas senam lantai dengan
lancar.
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar
dan mengecek kehadiran siswa 2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini
datang paling awal. (Orientasi). 3. Mengaitkan
Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman
peserta didik. ( Apersepsi ) 4. Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari ( Motifasi ) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A.
Mengamati
B.
Menanya
(Communication) C.
Menalar 1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya
tentang pola gerak dominan yaitu gerakan keseimbangan dalam aktivitas senam
lantai . (Critical Thinking) 2. Guru menunjuk kembali siswa yang telah
melakukan diskusi untuk mencoba secara acak. 3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan
memperagakan pola gerak dominan ( keseimbangan) dalam aktivitas senam lantai dengan bimbingan guru. 4. Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan
kegiatan yang akan dilakukan 5.
Guru menyatakan
bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan. D.
Mencoba 1. Sebelum memulai kegiatan pola gerak
dominan yaitu gerakan keseimbngan, guru harus mempelajari pola gerak bergantung di dalam senam lantai
setahap demi setahap sampai mahir. 2. Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan
gerakan keseimbangan secara bersama-sama.(Collaboration, Creativity) E.
Mengkomunikasikan
|
70 menit |
Kegiatan Penutup |
1.
Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk
melakukan kegiatan pendinginan. 2.
Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya
melakukan olahraga. 3.
Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga
pasa hari ini bagi tubuh. 4.
Salam dan do’a penutup. (Religius) |
15 menit |
C. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk
kerja .
Mengetahui Kepala
Sekolah, Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP. 196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6 Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
- Catatan anekdot untuk mencatat
sikap (disiplin dan tanggung jawab)
NO |
SIKAP |
KRITERIA |
Keterangan |
|||
Belum Terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
|||
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Kerja sama |
|
|
|
|
|
3 |
Sportif |
|
|
|
|
|
4 |
Tanggung jawab |
|
|
|
|
|
Beri
tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku BSE Penjas Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan.
2.
Internet.
3.
Media Ajar
PJOK kelas 6 semester 2 SD/MI dari SCI Media.
4.
Video/slide/gambar teknik keseimbangan.
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui Kepala
Sekolah, Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP. 196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6 Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
Satuan Pendidikan :
.............................................
Kelas / Semester :
6 /2
Pelajaran : Senam Lantai
Materi Pokok
: Berpindah Tempat
Pertemuan : ................
Alokasi waktu
: 90 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah melakukan
pengamatan, siswa mampu menjelaskan pola gerak dominan
( berpindah tempat)
dalam aktivitas senam lantai dengan
tepat.
- Setelah
berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan pola gerak dominan (berpindah tempat)
dalam aktivitas senam lantai dengan
lancar.
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar
dan mengecek kehadiran siswa 2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini
datang paling awal. (Orientasi). 3. Mengaitkan
Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman
peserta didik. ( Apersepsi ) 4. Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari ( Motifasi ) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A.
Mengamati
B.
Menanya
(Communication) C.
Menalar 1.
Siswa mencoba
berdiskusi dengan temanya tentang pola gerak dominan yaitu gerakan berpindah
tempat dalam aktivitas senam lantai . (Critical Thinking) 2.
Guru menunjuk
kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak. 3.
Guru menunjuk
beberapa siswa untuk maju dan memperagakan pola gerak dominan (berpindah
tempat) dalam aktivitas senam lantai dengan bimbingan guru. 4.
Siswa melakukan
pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan 5. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham
tentang kegiatan yang akan dilakukan. D.
Mencoba 1. Sebelum memulai kegiatan pola gerak
dominan yaitu gerakan berpindah tempat, guru harus mempelajari pola gerakan berpindah tempat di dalam senam
lantai setahap demi setahap sampai mahir. 2. Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan
gerakan berpindah tempat secara bersama-sama.(Collaboration, Creativity) E.
Mengkomunikasikan
|
70 menit |
Kegiatan Penutup |
1.
Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk
melakukan kegiatan pendinginan. 2.
Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya
melakukan olahraga. 3.
Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh. 4.
Salam dan do’a penutup. (Religius) |
10 menit |
C. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk
kerja .
Mengetahui Kepala
Sekolah, Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP. 196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6 Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
- Catatan anekdot untuk mencatat
sikap (disiplin dan tanggung jawab)
NO |
SIKAP |
KRITERIA |
Keterangan |
|||
Belum Terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
|||
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Kerja sama |
|
|
|
|
|
3 |
Sportif |
|
|
|
|
|
4 |
Tanggung jawab |
|
|
|
|
|
Beri
tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku BSE Penjas Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan.
2.
Internet.
3.
Media Ajar PJOK kelas 6 semester 2 SD/MI dari SCI Media.
4.
Video/slide/gambar teknik Berpindah Tempat.
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui Kepala
Sekolah, Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP. 196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6 Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
Satuan Pendidikan :
....................................
Kelas / Semester :
6 /2
Pelajaran : Senam Lantai
Materi Pokok
: Tolakan
Pertemuan : ...............
Alokasi waktu
: 90 menit
A. TUJUAN
- Setelah melakukan
pengamatan, siswa mampu menjelaskan pola gerak dominan (tolakan) dalam
aktivitas senam lantai dengan
tepat.
- Setelah
berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan pola gerak dominan (tolakan)
dalam aktivitas senam
lantai dengan lancar.
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar
dan mengecek kehadiran siswa 2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini
datang paling awal. (Orientasi). 3. Mengaitkan
Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman
peserta didik. ( Apersepsi ) 4. Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari ( Motivasi ) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A.
Mengamati
B.
Menanya
(Communication) C.
Menalar 1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya
tentang pola gerak dominan yaitu gerakan tolakan dalam aktivitas senam
lantai . (Critical Thinking) 2. Guru menunjuk kembali siswa yang telah
melakukan diskusi untuk mencoba secara acak. 3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan
memperagakan pola gerak dominan (tolakan) dalam aktivitas senam lantai dengan bimbingan guru. 4. Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan
kegiatan yang akan dilakukan 5.
Guru menyatakan
bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan. D.
Mencoba 1. Sebelum memulai kegiatan pola gerak
dominan yaitu gerakan tolakan, guru harus mempelajari pola gerakan tolakan di dalam senam lantai
setahap demi setahap sampai mahir. 2. Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan
gerakan tolakan secara bersama-sama. (Collaboration, Creativity) E.
Mengkomunikasikan
|
70 menit |
Kegiatan Penutup |
1.
Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk
melakukan kegiatan pendinginan. 2.
Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya
melakukan olahraga. 3.
Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh. 4.
Salam dan do’a penutup. (Religius) |
10 menit |
C. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk
kerja .
Mengetahui Kepala
Sekolah, Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP. 196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6 Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
- Catatan anekdot untuk mencatat
sikap (disiplin dan tanggung jawab)
NO |
SIKAP |
KRITERIA |
Keterangan |
|||
Belum
Terlihat |
Mulai
terlihat |
Mulai
Berkembang |
Membudaya |
|||
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Kerja sama |
|
|
|
|
|
3 |
Sportif |
|
|
|
|
|
4 |
Tanggung jawab |
|
|
|
|
|
Beri
tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku BSE Penjas Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan.
2.
Internet.
3.
Media Ajar PJOK kelas 6 semester 2 SD/MI dari SCI Media.
4.
Video/slide/gambar teknik tolakan.
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui Kepala
Sekolah, Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP. 196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6 Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
PJOK
Satuan Pendidikan :
..............................
Kelas / Semester :
6 /2
Pelajaran : Senam Lantai
Materi Pokok
: Putaran
Pertemuan : ................
Alokasi waktu :
90 menit
A. TUJUAN
- Setelah melakukan
pengamatan, siswa mampu menjelaskan pola gerak dominan (putaran) dalam
aktivitas senam lantai dengan
tepat.
- Setelah
berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan pola gerak dominan (putaran)
dalam aktivitas
senam lantai dengan lancar.
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar
dan mengecek kehadiran siswa 2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini
datang paling awal. (Orientasi). 3. Mengaitkan
Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman
peserta didik. ( Apersepsi ) 4. Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari ( Motivasi ) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A.
Mengamati
B.
Menanya
(Communication) C.
Menalar 1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya
tentang pola gerak dominan yaitu gerakan putaran dalam aktivitas senam
lantai . (Critical Thinking) 2. Guru menunjuk kembali siswa yang telah
melakukan diskusi untuk mencoba secara acak. 3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan
memperagakan pola gerak dominan (putaran) dalam aktivitas senam lantai dengan bimbingan guru. 4. Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan
kegiatan yang akan dilakukan 5.
Guru menyatakan
bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan. D.
Mencoba 1. Sebelum memulai kegiatan pola gerak
dominan yaitu gerakan putaran, guru harus mempelajari pola gerakan putaran di dalam senam lantai
setahap demi setahap sampai mahir. 2. Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan
gerakan putaran secara bersama-sama. (Collaboration, Creativity)
E.
Mengkomunikasikan
|
70 menit |
Kegiatan Penutup |
1.
Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk
melakukan kegiatan pendinginan. 2.
Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya
melakukan olahraga. 3.
Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga
pasa hari ini bagi tubuh. 4.
Salam dan do’a penutup. (Religius) |
10 menit |
C. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk
kerja .
Mengetahui Kepala
Sekolah,
Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP. 196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6
Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
- Catatan anekdot untuk mencatat
sikap (disiplin dan tanggung jawab)
NO |
SIKAP |
KRITERIA |
Keterangan |
|||
Belum Terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
|||
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Kerja sama |
|
|
|
|
|
3 |
Sportif |
|
|
|
|
|
4 |
Tanggung jawab |
|
|
|
|
|
Beri
tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku BSE Penjas Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan.
2.
Internet.
3.
Media Ajar PJOK kelas 6 semester 2 SD/MI dari SCI Media.
4.
Video/slide/gambar teknik Putaran.
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui Kepala
Sekolah,
Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP. 196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6
Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
Satuan Pendidikan :
.........................................
Kelas / Semester :
6 /2
Pelajaran : Senam Lantai
Materi Pokok
: Melayang
Pertemuan : .................
Alokasi waktu
: 90 menit
A. TUJUAN
- Setelah melakukan
pengamatan, siswa mampu menjelaskan pola gerak dominan (melayang) dalam
aktivitas senam lantai dengan
tepat.
- Setelah
berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan pola gerak dominan (melayang)
dalam aktivitas
senam lantai dengan lancar.
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar
dan mengecek kehadiran siswa 2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini
datang paling awal. (Orientasi). 3. Mengaitkan
Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman
peserta didik. ( Apersepsi ) 4. Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari ( Motivasi ) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A.
Mengamati
B.
Menanya
(Communication) C.
Menalar 1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya
tentang pola gerak dominan yaitu gerakan melayang dalam aktivitas senam
lantai . (Critical Thinking) 2. Guru menunjuk kembali siswa yang telah
melakukan diskusi untuk mencoba secara acak. 3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan
memperagakan pola gerak dominan (melayang) dalam aktivitas senam lantai dengan bimbingan guru. 4. Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan
kegiatan yang akan dilakukan 5.
Guru menyatakan
bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan. D.
Mencoba 1. Sebelum memulai kegiatan pola gerak
dominan yaitu gerakan melayang, guru harus mempelajari pola gerakan melayang di dalam senam lantai
setahap demi setahap sampai mahir. 2. Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan
gerakan melayang secara bersama-sama. (Collaboration, Creativity)
E.
Mengkomunikasikan
|
70 menit |
Kegiatan Penutup |
1.
Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk
melakukan kegiatan pendinginan. 2.
Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya
melakukan olahraga. 3.
Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga
pasa hari ini bagi tubuh. 4.
Salam dan do’a penutup. (Religius) |
10 menit |
C. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk
kerja .
Mengetahui Kepala
Sekolah,
Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP. 196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6
Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
- Catatan anekdot untuk mencatat
sikap (disiplin dan tanggung jawab)
NO |
SIKAP |
KRITERIA |
Keterangan |
|||
Belum
Terlihat |
Mulai
terlihat |
Mulai
Berkembang |
Membudaya |
|||
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Kerja sama |
|
|
|
|
|
3 |
Sportif |
|
|
|
|
|
4 |
Tanggung jawab |
|
|
|
|
|
Beri
tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku BSE Penjas Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan.
2.
Internet.
3.
Media Ajar PJOK kelas 6 semester 2 SD/MI dari SCI Media.
4.
Video/slide/gambar teknik Melayang.
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui Kepala
Sekolah,
Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP. 196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6
Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
Satuan Pendidikan :
...........................................
Kelas / Semester :
6 /2
Pelajaran : Senam Lantai
Materi Pokok
: Mendarat
Pertemuan : .................
Alokasi waktu
: 90 menit
A. TUJUAN
- Setelah melakukan
pengamatan, siswa mampu menjelaskan pola gerak dominan (mendarat) dalam
aktivitas senam lantai dengan
tepat.
- Setelah
berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan pola gerak dominan (mendarat) dalam
aktivitas senam lantai dengan
lancar.
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar
dan mengecek kehadiran siswa 2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini
datang paling awal. (Orientasi). 3. Mengaitkan
Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman
peserta didik. ( Apersepsi ) 4. Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari ( Motivasi ) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A.
Mengamati
B.
Menanya
(Communication) C.
Menalar 1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya
tentang pola gerak dominan yaitu gerakan mendarat dalam aktivitas senam
lantai . (Critical Thinking) 2. Guru menunjuk kembali siswa yang telah
melakukan diskusi untuk mencoba secara acak. 3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan
memperagakan pola gerak dominan (mendarat) dalam aktivitas senam lantai dengan bimbingan guru. 4. Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan
kegiatan yang akan dilakukan 5.
Guru menyatakan
bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan. D.
Mencoba 1. Sebelum memulai kegiatan pola gerak
dominan yaitu gerakan mendarat, guru harus mempelajari pola gerakan mendarat di dalam senam lantai
setahap demi setahap sampai mahir. 2. Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan
gerakan mendarat secara bersama-sama. (Collaboration, Creativity)
E.
Mengkomunikasikan
|
70 menit |
Kegiatan Penutup |
1.
Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk
melakukan kegiatan pendinginan. 2.
Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya
melakukan olahraga. 3.
Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga
pasa hari ini bagi tubuh. 4.
Salam dan do’a penutup. (Religius) |
10 menit |
C. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk
kerja .
Mengetahui Kepala
Sekolah,
Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP. 196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6
Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
- Catatan anekdot untuk mencatat
sikap (disiplin dan tanggung jawab)
NO |
SIKAP |
KRITERIA |
Keterangan |
|||
Belum Terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
|||
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Kerja sama |
|
|
|
|
|
3 |
Sportif |
|
|
|
|
|
4 |
Tanggung jawab |
|
|
|
|
|
Beri
tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku BSE Penjas Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan.
2.
Internet.
3.
Media Ajar PJOK kelas 6 semester 2 SD/MI dari SCI Media.
4.
Video/slide/gambar teknik Mendarat.
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui Kepala
Sekolah,
Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP. 196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6
Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
No comments:
Post a Comment