Saturday, June 12, 2021

RPP K-13 KELAS 6 BAB 8 RENANG

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PJOK


 


Satuan Pendidikan                         : ................................................

Kelas / Semester                 : 6  /2

Pelajaran                               : Renang Gaya Punggung

Pokok Materi                        : Gerak Dasar Pada Renang Gaya Punggung

Pertemuan                            : .................

Alokasi waktu                      : 140 menit

 

 

A.     TUJUAN

  1. Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan dasar- dasar penyelamatan diri dan gerak dasar renang gaya Punggung dengan tepat.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan dasar- dasar penyelamatan diri dan gerak dasar renang gaya Punggung dengan lancar.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.    Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.    Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi).

3.    Mengaitkan Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik.  ( Apersepsi )

4.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari ( Motivasi )

10

menit

Kegiatan

Inti

A.     Mengamati

  1. Siswa mengamati guru menjelaskan tentang dasar- dasar penyelamatan diri dan gerak dasar renang gaya Punggung.

B.     Menanya

  1. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
  2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.(Communication)

C.     Menalar

1.       Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang dasar- dasar penyelamatan diri dan gerak dasar renang gaya Punggung. (Critical Thinking)

2.       Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.

3.       Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan dasar- dasar penyelamatan diri dan gerak dasar renang gaya Punggung dengan bimbingan guru.

4.       Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan

5.       Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.

D.     Mencoba

1.       Sebelum memulai kegiatan tentang dasar- dasar penyelamatan diri dan gerak dasar renang gaya Punggung, guru harus mebimbing dasar- dasar penyelamatan diri dan gerak dasar renang gaya Punggung setahap demi setahap sampai mahir.

2.       Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan dasar- dasar penyelamatan diri dan gerak dasar renang gaya Punggung secara bersama-sama.(Collaboration, Creativity)

E.      Mengkomunikasikan

  1. Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lisan kepada teman temanya. (Mandiri)
  2. Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication)

 

 

 

 

 

 

 

120

menit

Kegiatan

Penutup

1.       Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pendinginan.

2.       Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya melakukan olahraga.

3.        Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh.

4.       Salam dan do’a penutup. (Religius)

10

menit

 

C.     PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

NO

SIKAP

KRITERIA

Keterangan

Belum Terlihat

Mulai terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Kerja sama

 

 

 

 

 

3

Sportif

 

 

 

 

 

4

Tanggung jawab

 

 

 

 

 

 

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

                        

 

 

D.     SUMBER DAN  MEDIA

1.       Buku BSE Penjas  Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

2.       Internet.

3.       Media Ajar PJOK  kelas 6 semester 2  SD/MI dari SCI Media.

4.       Video/slide/gambar teknik melempar bola.

 

 

 

 

 

Catatan Guru

1. Masalah                                :.................................................................................................……….

2. Ide Baru                    :.................................................................................................……….

3. Momen Spesial          :.................................................................................................……….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

             RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PJOK


 


Satuan Pendidikan                         : ................................................

Kelas / Semester                 : 6  /2

Pelajaran                               : Renang Gaya Punggung

Pokok Materi                        : Dasar Penyelamatan diri

Pertemuan                            : ...................

Alokasi waktu                      : 140 menit

 

A.     TUJUAN

  1. Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan langkah- langkah di dalam dasar-dasar penyelamatan diri dengan tepat.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan dasar-dasar penyelamatan diri dengan lancar.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.    Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.    Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi).

3.    Mengaitkan Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik.  ( Apersepsi )

4.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari ( Motivasi )

10

menit

Kegiatan

Inti

A.     Mengamati

  1. Siswa mengamati guru menjelaskan tentang dasar-dasar penyelamatan diri

B.     Menanya

  1. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
  2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.(Communication)

C.     Menalar

1.       Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang dasar-dasar penyelamatan diri. (Critical Thinking)

2.       Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.

3.       Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan dasar-dasar penyelamatan diri  dengan bimbingan guru.

4.       Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan

5.       Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.

D.     Mencoba

1.       Sebelum memulai kegiatan tentang langkah- langkah di dalam mempraktekkan renang gaya dada, guru harus mebimbing langkah- langkah di dalam dasar-dasar penyelamatan diri setahap demi setahap sampai mahir.

2.       Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian mempraktekkan dasar-dasar penyelamatan diri secara bersama-sama.

(Collaboration, Creativity)       

E.      Mengkomunikasikan

  1. Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lisan kepada teman temanya. (Mandiri)
  2. Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication)

120

menit

Kegiatan

Penutup

1.       Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pendinginan.

2.       Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya melakukan olahraga.

3.        Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh.

4.       Salam dan do’a penutup. (Religius)

10

menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.     PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

NO

SIKAP

KRITERIA

Keterangan

Belum Terlihat

Mulai terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Kerja sama

 

 

 

 

 

3

Sportif

 

 

 

 

 

4

Tanggung jawab

 

 

 

 

 

 

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

 

 

D.     SUMBER DAN  MEDIA

1.       Buku BSE Penjas  Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

2.       Internet.

3.       Media Ajar PJOK  kelas 6 semester 2  SD/MI dari SCI Media.

4.       Video/slide/gambar teknik gaya renang.

 

                                            

 

 

 

 

 

Catatan Guru

1. Masalah                                :…..............................................................................................................…….

2. Ide Baru                    :…..............................................................................................................…….

3. Momen Spesial          :…..............................................................................................................…….         

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Sumardi Yohanes, S.Pd

NIP. 196205111982021001

Ruteng.....Januari 2020

Guru PJOK Kelas 6

 

 

 

Leonardus Martin Dahur, S.Pd

NIP………………..................................………….

 

 

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                                 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                     

 

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV MATERI 1.5

  MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV   Penyusun : Jenjang Sekolah : SD K KA REDONG Kelas : IV Materi : 1.5 A...