RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
Satuan Pendidikan : ................................................
Kelas / Semester : 6 /2
Pelajaran : Renang Gaya Punggung
Pokok Materi : Gerak Dasar Pada Renang Gaya Punggung
Pertemuan :
.................
Alokasi waktu :
140 menit
A.
TUJUAN
- Setelah
melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan dasar- dasar penyelamatan
diri dan gerak dasar renang gaya Punggung dengan tepat.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan dasar- dasar
penyelamatan diri dan gerak dasar renang gaya Punggung dengan lancar.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Kelas dimulai dengan dibuka dengan
salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa 2.
Kelas dilanjutkan dengan do’a
dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah
siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi). 3.
Mengaitkan
Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman
peserta didik. ( Apersepsi ) 4.
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari ( Motivasi ) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A. Mengamati
B. Menanya
C. Menalar 1. Siswa
mencoba berdiskusi dengan temanya tentang dasar- dasar penyelamatan diri dan gerak dasar renang gaya Punggung. (Critical
Thinking) 2. Guru
menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara
acak. 3. Guru
menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan dasar- dasar penyelamatan diri dan gerak dasar renang gaya Punggung dengan
bimbingan guru. 4. Siswa
melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan 5. Guru
menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan. D. Mencoba 1.
Sebelum memulai
kegiatan tentang dasar- dasar penyelamatan diri dan gerak dasar renang gaya Punggung, guru harus mebimbing dasar-
dasar penyelamatan diri dan gerak dasar renang gaya Punggung setahap demi setahap sampai mahir. 2.
Siswa membentuk
kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan dasar-
dasar penyelamatan diri dan gerak dasar renang gaya Punggung secara bersama-sama.(Collaboration,
Creativity) E. Mengkomunikasikan
|
120 menit |
Kegiatan Penutup |
1. Setelah kegiatan guru mengajak siswa
untuk melakukan kegiatan pendinginan. 2. Guru menjelaskan kesimpulan
pentingnya melakukan olahraga. 3. Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari
ini bagi tubuh. 4. Salam dan do’a penutup. (Religius) |
10 menit |
C.
PENILAIAN
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan
penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja .
Mengetahui Kepala
Sekolah, Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP.
196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6 Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
- Catatan
anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)
NO |
SIKAP |
KRITERIA |
Keterangan |
|||
Belum Terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
|||
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Kerja sama |
|
|
|
|
|
3 |
Sportif |
|
|
|
|
|
4 |
Tanggung jawab |
|
|
|
|
|
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian
siswa.
D.
SUMBER DAN MEDIA
1. Buku BSE Penjas Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan
2. Internet.
3. Media Ajar PJOK kelas 6 semester 2 SD/MI dari SCI Media.
4. Video/slide/gambar teknik melempar
bola.
Catatan Guru
1. Masalah :.................................................................................................……….
2. Ide Baru :.................................................................................................……….
3. Momen
Spesial :.................................................................................................……….
Mengetahui Kepala
Sekolah, Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP.
196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6 Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
Satuan Pendidikan : ................................................
Kelas / Semester : 6 /2
Pelajaran : Renang Gaya Punggung
Pokok Materi : Dasar Penyelamatan diri
Pertemuan :
...................
Alokasi waktu :
140 menit
A.
TUJUAN
- Setelah
melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan langkah- langkah di dalam dasar-dasar penyelamatan diri dengan tepat.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan dasar-dasar
penyelamatan diri dengan lancar.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Kelas dimulai dengan dibuka dengan
salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa 2.
Kelas dilanjutkan dengan do’a
dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah
siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Orientasi). 3.
Mengaitkan
Materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman
peserta didik. ( Apersepsi ) 4.
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari ( Motivasi ) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
A. Mengamati
B. Menanya
C. Menalar 1. Siswa
mencoba berdiskusi dengan temanya tentang dasar-dasar
penyelamatan diri. (Critical Thinking) 2. Guru
menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara
acak. 3. Guru
menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan dasar-dasar
penyelamatan diri dengan
bimbingan guru. 4. Siswa
melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan 5. Guru
menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan. D. Mencoba 1.
Sebelum memulai
kegiatan tentang langkah- langkah di dalam mempraktekkan renang gaya dada, guru harus mebimbing langkah-
langkah di dalam dasar-dasar penyelamatan diri setahap demi setahap sampai mahir. 2.
Siswa membentuk
kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian mempraktekkan dasar-dasar
penyelamatan diri secara
bersama-sama. (Collaboration,
Creativity) E. Mengkomunikasikan
|
120 menit |
Kegiatan Penutup |
1. Setelah kegiatan guru mengajak siswa
untuk melakukan kegiatan pendinginan. 2. Guru menjelaskan kesimpulan
pentingnya melakukan olahraga. 3. Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari
ini bagi tubuh. 4. Salam dan do’a penutup. (Religius) |
10 menit |
C.
PENILAIAN
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan
penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja .
Mengetahui Kepala
Sekolah,
Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP.
196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6
Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
- Catatan
anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)
NO |
SIKAP |
KRITERIA |
Keterangan |
|||
Belum Terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
|||
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Kerja sama |
|
|
|
|
|
3 |
Sportif |
|
|
|
|
|
4 |
Tanggung jawab |
|
|
|
|
|
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian
siswa.
D.
SUMBER DAN MEDIA
1. Buku BSE Penjas Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan
2. Internet.
3. Media Ajar PJOK kelas 6 semester 2 SD/MI dari SCI Media.
4. Video/slide/gambar teknik gaya renang.
Catatan Guru
1.
Masalah :…..............................................................................................................…….
2. Ide Baru :…..............................................................................................................…….
3. Momen
Spesial :…..............................................................................................................…….
Mengetahui Kepala
Sekolah,
Sumardi
Yohanes, S.Pd NIP.
196205111982021001 |
Ruteng.....Januari 2020 Guru
PJOK Kelas 6
Leonardus
Martin Dahur, S.Pd NIP………………..................................…………. |
No comments:
Post a Comment