SOAL UJIAN
SEMESTER I
MATA PELAJARAN :
PJOK
KELAS :
IV (Empat)
TAHUN
PELAJARAN :
Pililah jawaban dibawah ini yang paling benar a, b, c
atau d !
1.
Permainan kasti termasuk salah satu
permainan…
a.
Bola besar
b. Bola Sedang c. Bola kecil d.
Bola Pegang
2.
Alat yang dibutuhkan dalam permainan kasti adalah…
a.
Bola dan alat pemukul b.
Bola dan raket c. Alat pemukul dan net
d. Bola dan gawang
3.
Tugas regu penjaga dalam permainan kasti…
a.
Mematikan lawan, melepas kayu pemukul
b.
Mematikan lawan, menangkap langsung bola yang dipukul,,
dan membakar ruang bebas jika ruag bebas kosong
c.
Melambungkan bola, menangkap bola, menjaga teman
d.
Memukul bola, menangkap bola, mengejar lawan
4.
Pada permainan kasti, apabila pemain memukul bola dengan
keras dan dapat langsung kembali keruang bebas mendapat nilai…
a. 1
b. 2 c. 3 d. 4
5.
Cabang-cabang olahraga gerakan atletik adalah…
a.
Senam, lempar, sepak bola c. Lari cepat, lari pelan, dan senam
b.
Bermain kasti, lari pelan, dan lari cepat d. Gerakan jalan, lari, lempar, dan lompat
6.
Sikap badan pada waktu
lari adalah…
a.
Tegak lurus
b. miring c. Condong
kedepan d. duduk
7.
Dari gambar dibawah
ini manakah latihan lari mengangkat paha…
a.
c.
b.
d.
8.
Tahap-tahap lompat jauh yang harus dikuasai adalah…
a.
Awalan, tolakan, melayang, mendarat c. Bersiap, siap dan ya
b.
Lompat yang jauh
d. Lompat yag tinggi
9.
Disebut lompat tinggi karena tujuanya…
a.
Melompat diatas mistar yang tinggi c. Melompat melewati mistar
Untuk melompat setinggi-tingginya d. Melompat tidak tentu arah
10.
Permainan sepak bola termasuk salah satu permainan….
a.
Bola kecil
b. bola tangan c. bola
besar d. bola kaki
11.
Jumlah pemain dalam permainan sepak bola adalah…
a.
12 b.
15 c. 13 d. 11
12.
Dari gambar diatas panjang lapangan sepak bola adalah…
a.
100-110 m
b. 110 – 200m c. 100-101 m d. 110 – 120m
13.
Dengan memperhatikan gambar,manakah teknik dasar
menggiring bola.
a.
c.
b.
d.
14.
Setelah kamu mampu menguasai dan melakukan teknik dasar
sepka bola dengan benar, selanjutnya kamu dapat bermain sepak bola dengan
peraturan sederhana, misalnya…
a.
Mencari lapangan yang sangat bagus untuk bermain serta
perlengkapan yang memadai
b.
Mengusahakan sepatu baru
c.
Lapangan yang digunakan sesuai dengan keadaan
setempat.jumlah pemainpun dapat disesuaikan.
d.
Memilih teman-teman yang bisa bermain.
15.
Latihan mengelilingi lapangan selama 3 menit bertujuan
untuk…
a.
Mengetahui luas lapangan c. Melatih kecepatan berlari
b.
Mengetahu lintasan lari d.Melatih kekuatan,
ketahanan, serta meningkatkan kesegaran jasmani.
16.
Latihan lari mengelilingi lapangan memperhatikan
kemampuan siswa juga penting memperhatikan…
a.
Keselamatan siswa c. Keseriusan siswa berlari
b.
Kekompakan lari
d. Kecepatan
17.
Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, latihan yang harus
dilakukan adalah..
a.
Berlari dan duduk berselonjor c. Senam jongkok
b.
Sit Up dan mengangkat tubuh d. Permainan
timbangan
18.
Setelah melihat gambar diatas, bagaimanakah cara
melakukannya...
a.
Posisi badan bertumpu pada tangan dan lutut, angkat tubuh
pelan-pelan, berjalan dengan kedua tangan dan lutut
b.
Sikap awal telentang kemudian berdiri dengan menggunakan
kedua tangan dan kaki, selanjutnya berjalan menirukan geraka kepiting berjalan
kedepan
c.
Awalnya berbaring telentang di matras dengan kaki lurus
dan rapat, letakkkan tangan dibelakang kepalamu, pergelangan kaki dipegang
temanmu, angkatlah badanmu menuju ke lutut, setelah itu kembali lagi ke awal,
lakukan berulang-ulang
d.
Bergantunglah dengan memegang palang tunggal, berusahala
untuk mengangkat tubuhmu sampai palang sejajar dengan dadamu
19.
Latihan kekuatan otot dapat lebih ditingkatkan dengan
latihan-latihan kekuatan misalnya…
a.
Mengangkat, meliukkan badan dan duduk selonjor
b.
Bermain oper bola dari depan ke belakang
c.
Mengoper bola beruntun
d.
Mengankat, mendorong atau menarik suatu benda.
Perhatikan gambar di bawah ini!
20.
Dari gambar di atas manakah latihan daya tahan mengangkat
badan…
a.
1 b. 2 c. 3 d. 4
21.
Urutkan permainan berangkai 4 pos.
a.
Jongkok berdiri→Sit Up→ menirukan gerakan anjing→
Menirukan gerakan kepiting.
b.
Gerakan lari di tempat→ Sit Up→ menirukan gerakan anjing→
Menirukan gerakan kepiitng→Gerakan jongkok berdiri
c.
Gerakan jongkok berdiri→ Sit Up→ menirukan gerakan
anjing→ Menirukan gerakan kepiitng.
d.
Jongkok berdiri→Sit Up→ gerakan lari di tempat→jongok
berdiri
22.
Kelenturan merupakan…
a.
Menciptakan otot-otot yang indah c. Gerakan untuk
melenturkan otot-otot dan persendiaan.
b.
Badan yang lentur
d. Bisa mengankat apa saja
23.
Latihan kelenturan juga berguna untuk menghindari…
a.
Terjadinya varises b. kelumpuhan c. ketegangan d.
bahaya cedera
24.
Latihan kelenturan dapat dilakukan dengan…
a.
Lomba lari. Lompat jauh, lompat tinggi
b.
Palang tunggal, menirukan gerakan anjing laut, jongkok
berdiri
c.
Menirukan gerakn kepiting berjalan, lari keliing
lapangan, permainan 4 pos
d.
Duduk berselonjor, permaianan timbagan, senam jongkok
25.
Bagaimana cara melakukan latihan mendorong bola ke
dinding..
a.
Berdiri tegak dengan kaki rapat, pegang bola dengan
tangan lurus ke atas.
b.
Berdiri tegak dengan kaki rapat, pegang bola dengan kedua
tangan, kemudian operkan bola ke belakang sampai badan terasa melenting
c.
Posisi awal berdiri tegak dan kedua kaki dibuka selebar
bahu, peganglah bola dengan kedua tangan di depan dada, dorong bola ke dinding
sampai kedua tangan lurus, lakukan latihan ini berulang-ulang
d.
Tiap regu minimal berjumlah 4 siswa, sikap awal tiap regu
berdiri dengan menggunakan lutut, operlah bola kepada teman yang ada
didepannya.
26.
Factor yang perlu diperhatikan dalam melakukan senam
lantai adalah…
a.
Kegembiraan
b. keselamatan c.
keseimbangan d. gerakan
27.
Gerakan –gerakan senam lantai tanpa alat membutuhkan…
a.
Kecepatan, kekuatan, dan keseimbangan c. Kesehatan, kesantikan, dan kebersamaan
b.
Kelincahan, kerapian, dan kebugaran d. Kerapian, kesehatan dan kekuatan
28.
Bagaimana cara melakukan latihan keseimbangan pada gambar
diatas…
a.
Berdiri tegak kedua tangan dipinggang, lakukan
loncat-loncat ditempat,tidur telentang
b.
Kaki dan tangan bertumpu pada lantai, angkat tubuh ke
atas, tahan untuk beberapa lama.
c.
Berdiri tegak kedua tangan ke atas, posisi kaki selebar
bahu, bergeraklah ke samping kiri.
d.
Berdiri tegak, tangan di samping badan, angkat salah satu
kaki dan pegang dengan tangan, tahan dalam posisi itu untuk beberapa lama,
lakukan dengan kaki yang lainnya.
29.
Dari latihan dibawah ini manakah yang bertujuan untuk
melatih otot lengan dan bahu…
a.
Lompat kangkang c. gerobak dorong
b.
Lompat jongkok d. sikap kayang
30.
Untuk melakukan senam lantai menggunakan alat diperlukan…
a.
Kekuatan
b. alat c.
kelincahan d. keseimbangan
31.
Alat yang digunakan dalam latihan senam lantai dengan
alat adalah…
a.
Matras, tali, peti dan loncat, c. Matras, net, bola
b.
Besi, bola, lapangan, dan net d. Tali, net, peti loncat dan raket
32.
Untuk latihan lompat kangkang melewati rintangan permulaan
sebaiknya…
a.
Dilakukan dengan menggunkan peti yang besar c. berdiri tegak
b.
Menggunakan punggung teman sebagai rintangan d. keseimbangan
33.
Bagaimana cara melakukan berguling ke depan.
a.
Sikap awal berdiri tegak , berlari kedepanperlahan, pada
saat di atas peti lompat menekuk kedua lutut ke dalam di antara kedua tangan
yang digunakan untuk tumpuan
b.
Mulailah dengan duduk di tepi matras membelakangi, kedua
tangan dilipat dan telapak tangan terbuka sejajar dengan bahu.
c.
Berdiri tegak di tepi matras, punggung membusur tekuk
dagu ke dada, pada waktu berguling tempatkan tengkuk pada matras, setelah
berguling usahakan mendarat dengan sikap jongkok kemdudian berdiri tegak.
d.
Lompat secara terus-menerus
34.
Gambar apakah diatas…
a.
Berdiri dengan tangan c. lompat kangkang
b.
Berguling ke depan d. berguling
kebelakang
35.
Senam ritmik juga disebut dengan…
a.
Senam pramuka b. senam lantai c. senam musik d. senam irama
36.
Senam irama adalah…
a.
Senam menggunakan musisk dugem
b.
Senam lantai yang menggunakan musik
c.
Senam yang gerakannya diiringi dengan irama
d.
Senam yang dilakukan setiap ada perlombaan
37.
Irama yang dipakai untuk mengiringi gerakan senam dapat
berupa…..
a.
Perseorangan dan kelompok c. bersiul
b.
Lagu dan tepuk tangan d. Berteriak
Ø Sikap awal
berdiri tegak dengan pandangan ke depan
Ø Hitungan 1
langkahkan kaki kanan ke depan satu langkah
Ø Hitungan 2
langkahkan kaki kekiri ke depan sejajar dengan kaki kanan
Ø Lakukan
sampai htungan ke-8 sampai kembali ke sikap awal
38.
Dari peryataan diatas termasuk kedalam gerakan…
a.
Gerakan langkah ke depan
b.
Gerakan langkah ke samping
c.
Gerakan langkah kekiri dan ke kanan
d.
Gerakan sembarangan
39.
Senam ritmik tanpa music sama dengan senam ritmik dengan
music, hanya pada senam ritmik tanpa music tidak ada…
a.
Pasangan
b. musik pengiring c. Gerakan d. langkah
40.
Gerak ritmik terstruktur beregu bisa terdiri dari…
a.
6 orang
b. 5 orang c. 4 orang d. 3 orang
41.
Gerakan mengayun kedua lengan ke samping, hitungan 1 dan
3 adalah…
a.
Ayun kedua lengan ke samping kiri, sampai rata dengan
bahu
b.
Ayunkan kedua lengan kesamping kanan, sampai rata dengan
bahu.
c.
Memutar kedua lengan ke kiri atas sampai kembali ke
kekiri bawah.
d.
Ayun kedua lengan ke samping kanan, sampai rata dengan
bahu.
42.
Cara melakukan mengayun kedua lengan ke samping latihan
2…
a.
Hitungan 1 :
Ayunkan kedua lengan ke samping kanan, sampai rata dengan bahu
b.
Hitungan 1 : berjalan sambil jingkat ke depan, kaki
diangkat sejajar paha
c.
Hitungan 3 : Berjalan sambil jingkrat ke belakang
diangkat sejajar paha
d.
Hitungan 3 : langkahkan kaki kanan ke depan sambil
melompat
43.
Pada senam irama, latihan 3 dilakukan sebanyak…
a.
Sikap awal : berdiri tegak, kedua tangan di pinggang
gerakaknya 4x4
b.
Sikap awal : berdiri tegak, kedua tangan di pinggang
gerakaknya 6 x 4
c.
Sikap awal : berdiri tegak, kedua tangan di pinggang
gerakaknya 5x 4
d.
Sikap awal : berdiri tegak, kedua tangan di pinggang
gerakaknya 3 x 3
44.
Lingkungan adalah…
a.
Hal yang sangat penting bagi manusia
b.
Tempat yang kita tinggal
c.
Sesuatu yang ada di sekitar kita, baik yang berupa
makhluk hidup maupun benda tak hidup.
d.
Segala yang ada disekitar rumah
45.
Lingkungan dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu…
a.
Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
b.
Lingkungan tempat tinggal dan lingkungan alam
c.
Lingkungan rumah dan sekolah
d.
Lingkungan biotik dan Lingkungan abiotik
46.
Ciri-ciri lingkungan yang bersih antara lain…
a.
Bersih dari sampah, sanitasi atau saluran air lancar, memiliki
air bersih, ruang terbuka banyak ditumbuhi ponon yang memberikan kesejukan dan
keasrian.
b.
Mendapat sinar matahari, tertutup oleh pohon-pohon
c.
Lingkungan yang kena banjir
d.
Banyaknya gedung-gedung yang tinggi sehingga terlihar
bagus
47.
Bagaimana cara memelihara lingkungan sekolah….
a.
Membagi tugas piket
b.
Membersihkan kalau guru menyuruh
c.
Membiarkan sampah berserakan di lingkungan sekolah
d.
Ruang kelas dibersihkan secara rutin
48.
Sampah adalah…
a.
Barang-barang bekas yang bayak dibuang oleh orang
b.
Bahan yang dapat diolah
c.
Bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil
aktifitas manusia maupun alam yang belum memiliki ekonomis.
d.
Bahan yang mudah terbakar
49.
Secara umum, sampah dapat dibedakan menjadi tigas jenis,
yakni..
a.
Sampah rumah, sampah toko, sampah kator
b.
Sampah anorganik, sampah organic, dan sampah berbahaya
c.
Sampah yang bau, samaph bau sedang, dan sampah sangat bau
busuk
d.
Sampah sungai, sampah selokan dan sampah di laut
50.
Pemusnahan sampah dapat dilakukan dengan cara…
a.
Penumpukan, pengomposan, pembakaran, dan penimbunan
b.
Daur ulang, dijual, dan digadaikan
c.
Disimpan dalam karung
d.
Dibuat menjadi barang mainan anak-anak
No comments:
Post a Comment