Wednesday, September 11, 2019

KISI-KISI SOAL PJOK KELAS 4 SEM.1


KISI-KISI SOAL
MATA PELAJARAN             : PJOK
KELAS/SEMESTER              : IV (Empat)/ I ( Satu)
TAHUN PELAJARAN          :
No Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Aspek
Bentuk soal
No
Butir-butir soal
Kunci Jawaban
1
Mempraktikan gerak dasar permainan sederhana dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
1.1.Mempraktikan       gerak dasar       dan permainan  bola  kecil         sederhana       dengan peratu-      ran yang dimo-      difikasi serta      nilai kerjasama sportivitas dan  kejujuran
Permainan Kasti




























·         Mengidentifikasi jenis permainan kasti

·         Menyebutkan alat permainan kasti




·         Menjelaskan peraturan permainan  kasti









·         Menentukan bermain kasti dengan peraturan sederhana

C 1




C 1





C 2











C 3




P.G




P.G





P.G











P.G





1




2





3











4
Permainan kasti termasuk salah satu permainan…
a.       Bola besar      c. Bola kecil
b.      Bola Sedang  d. Bola Pegang

Alat yang dibutuhkan dalam permainan kasti adalah…
a.       Bola dan alat pemukul
b.      Bola dan raket
c.       Alat pemukul dan  net
d.      Bola dan gawang
Tugas regu penjaga dalam permainan kasti…
a.       Mematikan lawan, melepas kayu pemukul
b.      Mematikan lawan, menangkap langsung bola yang dipukul,, dan membakar ruang bebas jika ruang bebas kosong.
c.       Melambungkan bola, menangkap bola, menjaga teman
d.      Memukul bola, menangkap bola, mengejar lawan
Pada permainan kasti, apabila pemain memukul bola dengan keras dan dapat langsung kembali keruang bebas mendapat nilai…
a.       1               c. 3
b.      2               d 4


C





A








B










B
2

1.2  Mempraktik-kan gerak dasar atletik  sederhana, serta nilai semangat, percaya diri dan disiplin
Aletik
·         Menyebutkan cabang olahraga atletik





·         Meniru gerakan dasar lari

·         Mengkategorikan latihan lari


























·         Menentukan tahap-tahap lompat jauh




·         Menjelaskan lompat tinggi

C 1







C 1


C 2



























C 3






C 2


P.G







P.G


P.G



























P.G






P.G



5







6


7



























8






9





Cabang-cabang olahraga gerakan atletik adalah…
a.       Senam, lempar, sepak bola
b.      Bermain kasti, lari pelan, dan lari cepat
c.       Lari cepat, lari pelan, dan senam
d.      Gerakan jalan, lari, lempar, dan lompat
Sikap badan pada waktu lari adalah…
a.       Tegak lurus        c. Condong kedepan
b.      Miring                d. Duduk
Dari gambar dibawah ini manakah latihan lari mengangkat paha…
a.        





b.       




c.        








d.       






Tahap-tahap lompat jauh yang harus dikuasai adalah…
a.       Awalan, tolakan, melayang, mendarat
b.      Lompat yang jauh
c.       Bersiap, siap dan ya
d.      Lompat yang tinggi
Disebut lompat tinggi karena tujuanya…
a.       Melompat diatas mistar yang tinggi
b.      Untuk melompat setinggi-tingginya
c.       Melompat melewati mistar
d.      Melompat tidak tentu arah




D





C











B




















A





B


1.3. Mempraktikan  gerak Dasar     permainan      bola besar      dengan       peraturan yang      dimodifikasi,      serta nilai      kerjasama,      sportifitas, dan      kejujuran














































Permainan Sepak bola
·         Mengidentifikasikan jenis permainan sepak bola


·         Menyebutkan jumlah pemain sepak bola


·         Menerangkan lapangan sepak bola






·         Membedakan teknik dasar menendang bola


























·         Mencontohkan bermain bola dengan peraturan di modifikasi
C 1





C 1




C 2








C 2




























C 2



P.G





P.G




P.G








P.G




























P.G


















10





11




12








13




























14
Permainan sepak bola termasuk salah satu permainan….
a.       Bola kecil
b.      Bola tangan
c.       Bola besar
d.      Bola kaki
Jumlah pemain dalam permainan sepak bola adalah…
a.       12                   c.  13
b.      15                   d.  11

 






Dari gambar diatas panjang lapangan sepak bola adalah…
a.       100-110 m         c. 100-101 m
b.      110-200 m        d. 110-120 m
Dengan memperhatikan gambar,manakah teknik dasar menggiring bola.
a.        





b.       






c.       .




 

d.      .








Setelah kamu mampu menguasai dan melakukan teknik dasar sepka bola dengan benar, selanjutnya kamu dapat bermain sepak bola dengan peraturan sederhana, misalnya…
a.       Mencari lapangan yang sangat bagus untuk bermain serta perlengkapan yang memadai
b.      Mengusahakan sepatu baru
c.       Lapangan yang digunakan sesuai dengan keadaan setempat.jumlah pemainpun dapat disesuaikan.
d.      Memilih teman-teman yang bisa bermain.





C




D










A












B

























C




2
Mempraktikan latihan untuk meningkatkan kebugaran dan nilai yang terkandung di dalamnya
2.1 Memprak
     tikan aktivitas 
     permainan 
     sederhana 
     Untuk melatih 
     daya tahan 
     dan kekuatan 
     otot, serta nilai 
     kerja keras 
     dan disiplin



Latihan daya tahan dan kekuatan
·         Menjelaskan latihan daya tahan tubuh




·         Mengidentifikasi daya tahan tubuh





·         Menyebutkan latihan daya tahan dan kekuatan



·         Menerangkan latihan daya tahan dan kekuatan

























·         Mengemukakan latihan kekuatan otot








·         Membedakan latihan daya tahan dan kekuatan














·         Mengurutkan permainan berangkai 4 pos
C 1






C 1






C 1






C 2




























C 2










C 2

















C 3

P.G






P.G






P.G






P.G




























P.G










P.G

















P.G

15






16






17






18




























19










20

















21
Latihan mengelilingi lapangan selama 3 menit bertujuan untuk…
a.       Mengetahui luas lapangan
b.      Mengetahu lintasan lari
c.       Melatih kecepatan berlari
d.      Melatih kekuatan, ketahanan, serta meningkatkan kesegaran jasmani.
Latihan lari mengelilingi lapangan memperhatikan kemampuan siswa juga penting memperhatikan…
a.       Keselamatan siswa
b.      Kekompakan lari
c.       Keseriusan siswa berlari
d.      Kecepatan
Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, latihan yang harus dilakukan adalah..
a.       Berlari dan duduk berselonjor
b.      Sit Up dan mengangkat tubuh
c.       Senam jongkok
d.      Permainan timbangan

 





Setelah melihat gambar diatas, bagaimanakah cara melakukannya..
a.       Posisi badan bertumpu pada tangan dan lutut, angkat tubuh pelan-pelan, berjalan dengan kedua tangan dan lutut
b.      Sikap awal telentang kemudian berdiri dengan menggunakan kedua tangan dan kaki, selanjutnya berjalan menirukan geraka kepiting berjalan kedepan
c.       Awalnya berbaring telentang di matras dengan kaki lurus dan rapat, letakkkan tangan dibelakang kepalamu, pergelangan kaki dipegang temanmu, angkatlah badanmu menuju ke lutut, setelah itu kembali lagi ke awal, lakukan berulang-ulang
d.      Bergantunglah dengan memegang palang tunggal, berusahala untuk mengangkat tubuhmu sampai palang sejajar dengan dadamu.

Latihan kekuatan otot dapat lebih ditingkatkan dengan latihan-latihan kekuatan misalnya…
a.       Mengangkat, meliukkan badan dan duduk selonjor
b.      Bermain oper bola dari depan ke belakang
c.       Mengoper bola beruntun
d.      Mengankat, mendorong atau menarik suatu benda.

Perhatikan gambar di bawah ini!
2
4
1
3
 













Dari gambar di atas manakah latihan daya tahan mengangkat badan…
a.       1        b. 2        c. 3       d. 4

Urutkan permainan berangkai 4 pos.
a.       Jongkok berdiri→Sit Up→ menirukan gerakan anjing→ Menirukan gerakan kepiting.
b.      Gerakan lari di tempat→ Sit Up→ menirukan gerakan anjing→ Menirukan gerakan kepiitng→Gerakan jongkok berdiri
c.       Gerakan jongkok berdiri→ Sit Up→ menirukan gerakan anjing→ Menirukan gerakan kepiitng.
d.      Jongkok berdiri→Sit Up→ gerakan lari di tempat→jongok berdiri



D







A





B





















C
















D












A














B










2.2 Mempraktikan  aktivitaspermainan   untuk melatih  dan koordinasi  serta nilai   kerja keras
Latihan kelenturan
·         Menjelaskan latihan kelenturan



·         Mengidentifikasi latihan kelenturan




·         Menyebutkan latihan kelenturan









·         Mencontohkan latihan Koordinasi


C 2





C 1






C 1











C 2
P.G





P.G






P.G











P.G
22





23






24











25
Kelenturan merupakan…
a.       Menciptakan otot-otot yang indah
b.      Badan yang lentur
c.       Gerakan untuk melenturkan otot-otot dan persendiaan.
d.      Bisa mengankat apa saja
Latihan kelenturan juga berguna untuk menghindari…
a.       Terjadinya varises
b.      Kelumpuhan
c.       Ketegangan
d.      Bahaya cedera

Latihan kelenturan dapat dilakukan dengan…
a.       Lomba lari. Lompat jauh, lompat tinggi
b.      Palang tunggal, menirukan gerakan anjing laut, jongkok berdiri
c.       Menirukan gerakn kepiting berjalan, lari keliing lapangan, permainan 4 pos
d.      Duduk berselonjor, permaianan timbagan, senam jongkok

Bagaimana cara melakukan latihan mendorong bola ke dinding..
a.       Berdiri tegak dengan kaki rapat, pegang bola dengan tangan lurus ke atas.
b.      Berdiri tegak dengan kaki rapat, pegang bola dengan kedua tangan, kemudian operkan bola ke belakang sampai badan terasa melenting
c.       Posisi awal berdiri tegak dan kedua kaki dibuka selebar bahu, peganglah bola dengan kedua tangan di depan dada, dorong bola ke dinding sampai kedua tangan lurus, lakukan latihan ini berulang-ulang.
d.      Tiap regu minimal berjumlah 4 siswa, sikap awal tiap regu berdiri dengan menggunakan lutut, operlah bola kepada teman yang ada didepannya.





C




D







D













C








3



































































































4









Mempraktikan berbagai bentuk senam lantai yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya































































































Mempraktikan ketrampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa dan menggunakan alat dan nilai-nilai yang           terkandung di dalamnya




3.1 Mempraktik-      an gerak        kombinasi        senam       lantai tanpa alat dengan     memeperhatik-an  faktor       keselamatan,      dan   nilai dissiplin dan       nilai keberanian






























3.2. Mempraktikan
       kombinasi         gerak senam         lantai dengan  alat dengan      memperhatian  faktor keselama       tan, dan nilai-      nilai disiplin serta  keberanian











































4.1.Mempraktikan gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara beregu menggunakan musik serta nilai estetika





















4.2. Memprak-tikan ketrampilan gerak ritmik tersetruktur secara beregu tanpa menggunakan alat serta nilai estetika.
Senam lantai tanpa alat










































Senam lantai dengan  alat






















































Gerak ritmik dengan music

































Gerakan ritmik  tanpa musik

















·         Mengidentifikasi senam lantai tanpa alat




·         Menyebutkan  senam lantai tanpa alat




·         Mengemukakan latihan keseimbangan




















·         Menentukan latihan gerobak dorong




·         Mengidentifikasi senam lantai dengan alat




·         Menyebutkan senam lantai dengan alat




·         Menjelaskan lompat kangkang melewati rintangan






·         Mencontohkan berguling ke depan















·         Menentukan latihan berguling kebelakang











·         Mengidentifikasi senam ritmik dengan musik


·         Menjelaskan senam ritmik






·         Menyebutkan gerakan senam  ritmik




·         Mengkategorikan senam ritmik













·         Mengidentifikasi gerakan ritmik tapa music



·         Menyebutkan gerak ritmik terstruktur beregu



·         Menjelaskan mengayun kedua lengan ke samping







·         Mencontohkan  mengayun kedua lengan ke samping latihan 2






·         Menentukan mengayun kedua lengan ke samping latihan 3









C 1






C 1






C 2






















C 3






C 1






C 1






C 2









C 2

















C 3













C 1




C 2







C 1






C 3














C 1





C 1






C 2










C 2











C 3


P.G






P.G






P.G






















P.G






P.G






P.G






P.G









P.G

















P.G













P.G




P.G







P.G






P.G














P.G





P.G






P.G










P.G











P.G

26






27






28






















29






30






31






32









33

















34













35




36







37






38














39





40






41










42











43










Factor yang perlu diperhatikan dalam melakukan senam lantai adalah…
a.       Kegembiraan
b.      Keselamatan
c.       Keseimbangan
d.      Gerakan

Gerakan –gerakan senam lantai tanpa alat membutuhkan…
a.       Kecepatan, kekuatan, dan keseimbangan
b.      Kelincahan, kerapian, dan kebugaran
c.       Kesehatan, kesantikan, dan kebersamaan
d.      Kerapian, kesehatan dan kekuatan

 







Bagaimana cara melakukan latihan keseimbangan pada gambar diatas…
a.       Berdiri tegak kedua tangan dipinggang, lakukan loncat-loncat ditempat,tidur telentang
b.      Kaki dan tangan bertumpu pada lantai, angkat tubuh ke atas, tahan untuk beberapa lama.
c.       Berdiri tegak kedua tangan ke atas, posisi kaki selebar bahu, bergeraklah ke samping kiri.
d.      Berdiri tegak, tangan di samping badan, angkat salah satu kaki dan pegang dengan tangan, tahan dalam posisi itu untuk beberapa lama, lakukan dengan kaki yang lainnya.
Dari latihan dibawah ini manakah yang bertujuan untuk melatih otot lengan dan bahu…
a.       Lompat kangkang
b.      Lompat jongkok
c.       Gerobak dorong
d.      Sikap kayang
Untuk melakukan senam lantai menggunakan alat diperlukan…
a.       Kekuatan
b.      Alat
c.       Kelincahan
d.      Keseimbangan

Alat yang digunakan dalam latihan senam lantai dengan alat adalah…
a.       Matras, tali, peti dan loncat,
b.      Besi, bola, lapangan, dan net
c.       Matras, net, bola
d.      Tali, net, peti loncat dan raket

Untuk latihan lompat kangkang melewati rintangan  permulaan  sebaiknya…
a.       Dilakukan dengan menggunkan peti yang besar
b.      Menggunakan punggung teman sebagai rintangan
c.       Berdiri tegak
d.      Seimbangan


Bagaimana cara melakukan berguling ke depan.
a.       Sikap awal berdiri tegak , berlari kedepanperlahan, pada saat di atas peti lompat menekuk kedua lutut ke dalam di antara kedua tangan yang digunakan untuk tumpuan
b.      Mulailah dengan duduk di tepi matras membelakangi, kedua tangan dilipat dan telapak tangan terbuka sejajar dengan bahu.
c.       Berdiri tegak di tepi matras, punggung membusur tekuk dagu ke dada, pada waktu berguling tempatkan tengkuk pada matras, setelah berguling usahakan mendarat dengan sikap jongkok kemdudian berdiri tegak.
d.      Lompat secara terus-menerus
 








Gambar apakah diatas…
a.       Berdiri dengan tangan
b.      Berguling ke depan
c.       Lompat kangkang
d.      Berguling ke belakang

Senam ritmik juga disebut dengan…
a.       Senam pramuka
b.      Senam lantai
c.       Senam music
d.      Senam irama
Senam irama adalah…
a.       Senam menggunakan musisk dugem
b.      Senam lantai yang menggunakan music
c.       Senam yang gerakannya diiringi dengan irama
d.      Senam yang dilakukan setiap ada perlombaan
Irama yang dipakai untuk mengiringi gerakan senam dapat berupa…..
a.       Perseorangan dan kelompok
b.      Lagu dan tepuk tangan
c.       Bersiul
d.      Berteriak

Ø  Sikap awal berdiri tegak dengan pandangan ke depan
Ø  Hitungan 1 langkahkan kaki kanan ke depan satu langkah
Ø  Hitungan 2 langkahkan kaki kekiri ke depan sejajar dengan kaki kanan
Ø  Lakukan sampai htungan ke-8 sampai kembali ke sikap awal
Dari peryataan diatas termasuk kedalam gerakan…
a.       Gerakan langkah ke depan
b.      Gerakan langkah ke samping
c.       Gerakan langkah kekiri dan ke kanan
d.      Gerakan sembarangan 

Senam ritmik tanpa music sama dengan senam ritmik dengan music, hanya pada senam ritmik tanpa music tidak ada…
a.       Pasangan                c. Gerakan
b.      Music pengiring      d. Langkah

Gerak ritmik terstruktur beregu bisa terdiri dari…
a.       6 orang
b.      5 orang
c.       4 orang
d.      3 orang

Gerakan mengayun kedua lengan ke samping, hitungan 1 dan 3 adalah…
a.       Ayun kedua lengan ke samping kiri, sampai rata dengan bahu
b.      Ayunkan kedua lengan kesamping kanan, sampai rata dengan bahu.
c.       Memutar kedua lengan ke kiri atas sampai kembali ke kekiri bawah.
d.      Ayun kedua lengan ke samping kanan, sampai rata dengan bahu.

Cara melakukan mengayun kedua lengan ke samping latihan 2…
a.       Hitungan 1 :  Ayunkan kedua lengan ke samping kanan, sampai rata dengan bahu
b.      Hitungan 1 : berjalan sambil jingkat ke depan, kaki diangkat sejajar paha
c.       Hitungan 3 : Berjalan sambil jingkrat ke belakang diangkat sejajar paha
d.      Hitungan 3 : langkahkan kaki kanan ke depan sambil melompat

Pada senam irama, latihan 3 dilakukan sebanyak…
a.       Sikap awal : berdiri tegak, kedua tangan di pinggang gerakaknya 4x4
b.      Sikap awal : berdiri tegak, kedua tangan di pinggang gerakaknya 6 x 4
c.       Sikap awal : berdiri tegak, kedua tangan di pinggang gerakaknya 5x 4
d.      Sikap awal : berdiri tegak, kedua tangan di pinggang gerakaknya 3 x 3.


B








A


















D










C





B






A







B













C















D









D





C







B









A










B






C








D










A













B
5
Menerapkan budaya hidup sehat
5.1. Menjaga kebersihan rumah dan sekolah


































5.2. Membiasakan membuang sampah pada tempatnya


Lingkungan dan kesehatan




































Penanganan sampah

·         Menjelaskan pengertian lingkungan





·         Membedakan lingkungan








·         Menyebutkan ciri-ciri lingkungan bersih








·         Melaksanakan memelihara lingkungan sekolah




·         Menjelaskan pengertian sampah





·         Membedakan sampah








·         Menyebutkan tata cara pemusnahan sampah
C 2







C 2









C 1











C 3







C 2







C 3









C 1
P.G







P.G









P.G











P.G







P.G







P.G









P.G
44







45









46











47







48







49









50
Lingkungan adalah…
a.       Hal yang sangat penting bagi manusia
b.      Tempat yang kita tinggal
c.       Sesuatu yang ada di sekitar kita, baik yang berupa makhluk hidup maupun benda tak hidup.
d.      Segala yang ada disekitar rumah
Lingkungan dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu…
a.       Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
b.      Lingkungan tempat tinggal dan lingkungan alam
c.       Lingkungan rumah dan sekolah
d.      Lingkungan biotik dan Lingkungan abiotik

Ciri-ciri lingkungan yang bersih antara lain…
a.       Bersih dari sampah, sanitasi atau saluran air lancar, memiliki air bersih, ruang terbuka banyak ditumbuhi ponon yang memberikan kesejukan dan keasrian.
b.      Mendapat sinar matahari, tertutup oleh pohon-pohon
c.       Lingkungan yang kena banjir
d.      Banyaknya gedung-gedung yang tinggi sehingga terlihar bagus
Bagaimana cara memelihara lingkungan sekolah….
a.       Membagi tugas piket
b.      Membersihkan kalau guru menyuruh
c.       Membiarkan sampah berserakan di lingkungan sekolah
d.      Ruang kelas dibersihkan secara rutin

Sampah adalah…
a.       Barang-barang bekas yang bayak dibuang oleh orang
b.      Bahan yang dapat diolah
c.       Bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktifitas manusia maupun alam yang belum memiliki ekonomis.
d.      Bahan yang mudah terbakar
Secara umum, sampah dapat dibedakan menjadi tigas jenis, yakni..
a.       Sampah rumah, sampah toko, sampah kator
b.      Sampah anorganik, sampah organic, dan sampah berbahaya
c.       Sampah yang bau, samaph bau sedang, dan sampah sangat bau busuk
d.      Sampah sungai, sampah selokan dan sampah di laut
Pemusnahan sampah dapat dilakukan dengan cara…
a.       Penumpukan, pengomposan, pembakaran, dan penimbunan
b.      Daur ulang, dijual, dan digadaikan
c.       Disimpan dalam karung
d.      Dibuat menjadi barang mainan anak-anak





C







D











A









D






C











B






A








No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV MATERI 1.5

  MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV   Penyusun : Jenjang Sekolah : SD K KA REDONG Kelas : IV Materi : 1.5 A...