KISI-KISI
SOAL
MATA PELAJARAN :
PJOK
KELAS/SEMESTER :
IV (Empat)/ I ( Satu)
No Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Aspek
|
Bentuk soal
|
No
|
Butir-butir soal
|
Kunci Jawaban
|
||||
1
|
Mempraktikan gerak dasar
permainan sederhana dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
|
1.1.Mempraktikan gerak dasar dan permainan bola
kecil sederhana dengan peratu- ran yang dimo- difikasi serta nilai kerjasama sportivitas dan kejujuran
|
Permainan
Kasti
|
·
Mengidentifikasi
jenis permainan kasti
·
Menyebutkan
alat permainan kasti
·
Menjelaskan
peraturan permainan kasti
·
Menentukan
bermain kasti dengan peraturan sederhana
|
C 1
C 1
C 2
C 3
|
P.G
P.G
P.G
P.G
|
1
2
3
4
|
Permainan
kasti termasuk salah satu permainan…
a.
Bola
besar c. Bola kecil
b.
Bola
Sedang d. Bola Pegang
Alat yang dibutuhkan dalam
permainan kasti adalah…
a.
Bola
dan alat pemukul
b.
Bola
dan raket
c.
Alat
pemukul dan net
d.
Bola
dan gawang
Tugas regu penjaga dalam
permainan kasti…
a.
Mematikan
lawan, melepas kayu pemukul
b.
Mematikan
lawan, menangkap langsung bola yang dipukul,, dan membakar ruang bebas jika
ruang
bebas kosong.
c.
Melambungkan
bola, menangkap bola, menjaga teman
d.
Memukul
bola, menangkap bola, mengejar lawan
Pada permainan kasti, apabila
pemain memukul bola dengan keras dan dapat langsung kembali keruang bebas
mendapat nilai…
a.
1 c. 3
b.
2 d 4
|
C
A
B
B
|
||||
2
|
|
1.2
Mempraktik-kan gerak dasar atletik
sederhana, serta nilai semangat, percaya diri dan disiplin
|
Aletik
|
·
Menyebutkan
cabang olahraga atletik
·
Meniru
gerakan dasar lari
·
Mengkategorikan
latihan lari
·
Menentukan
tahap-tahap lompat jauh
·
Menjelaskan
lompat tinggi
|
C 1
C 1
C 2
C 3
C 2
|
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
|
5
6
7
8
9
|
Cabang-cabang
olahraga gerakan atletik adalah…
a.
Senam,
lempar, sepak bola
b.
Bermain
kasti, lari pelan, dan lari cepat
c.
Lari
cepat, lari pelan, dan senam
d.
Gerakan
jalan, lari, lempar, dan lompat
Sikap badan pada waktu lari adalah…
a.
Tegak
lurus c. Condong kedepan
b.
Miring d. Duduk
Dari gambar dibawah ini manakah latihan lari
mengangkat paha…
a.
b.
c.
d.
Tahap-tahap
lompat jauh yang harus dikuasai adalah…
a.
Awalan,
tolakan, melayang, mendarat
b.
Lompat
yang jauh
c.
Bersiap,
siap dan ya
d.
Lompat
yang
tinggi
Disebut
lompat tinggi karena tujuanya…
a.
Melompat
diatas mistar yang tinggi
b.
Untuk
melompat setinggi-tingginya
c.
Melompat
melewati mistar
d.
Melompat
tidak tentu arah
|
D
C
B
A
B
|
||||
|
|
1.3.
Mempraktikan gerak Dasar permainan bola besar dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportifitas, dan kejujuran
|
Permainan
Sepak bola
|
·
Mengidentifikasikan
jenis permainan sepak bola
·
Menyebutkan
jumlah pemain sepak bola
·
Menerangkan
lapangan sepak bola
·
Membedakan
teknik dasar menendang bola
·
Mencontohkan
bermain bola dengan peraturan di modifikasi
|
C 1
C 1
C 2
C 2
C 2
|
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
|
10
11
12
13
14
|
Permainan
sepak bola termasuk salah satu permainan….
a.
Bola
kecil
b.
Bola
tangan
c.
Bola
besar
d.
Bola
kaki
Jumlah
pemain dalam permainan sepak bola adalah…
a.
12 c. 13
b.
15 d. 11
Dari
gambar diatas panjang lapangan sepak bola adalah…
a.
100-110
m c. 100-101 m
b.
110-200
m d. 110-120 m
Dengan memperhatikan gambar,manakah teknik dasar
menggiring bola.
a.
b.
c.
d.
.
Setelah
kamu mampu menguasai dan melakukan teknik dasar sepka bola dengan benar,
selanjutnya kamu dapat bermain sepak bola dengan peraturan sederhana,
misalnya…
a.
Mencari
lapangan yang sangat bagus untuk bermain serta perlengkapan yang memadai
b.
Mengusahakan
sepatu baru
c.
Lapangan
yang digunakan sesuai dengan keadaan setempat.jumlah pemainpun dapat
disesuaikan.
d.
Memilih
teman-teman yang bisa bermain.
|
C
D
A
B
C
|
||||
2
|
Mempraktikan
latihan untuk meningkatkan kebugaran dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
2.1 Memprak
tikan
aktivitas
permainan
sederhana
Untuk
melatih
daya tahan
dan
kekuatan
otot, serta
nilai
kerja
keras
dan disiplin
|
Latihan
daya tahan dan kekuatan
|
·
Menjelaskan
latihan daya tahan tubuh
·
Mengidentifikasi
daya tahan tubuh
·
Menyebutkan
latihan daya tahan dan kekuatan
·
Menerangkan
latihan daya tahan dan kekuatan
·
Mengemukakan
latihan kekuatan otot
·
Membedakan
latihan daya tahan dan kekuatan
·
Mengurutkan
permainan berangkai 4 pos
|
C 1
C 1
C 1
C 2
C 2
C 2
C 3
|
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
|
15
16
17
18
19
20
21
|
Latihan
mengelilingi lapangan selama 3 menit bertujuan untuk…
a.
Mengetahui
luas lapangan
b.
Mengetahu
lintasan lari
c.
Melatih
kecepatan berlari
d.
Melatih
kekuatan, ketahanan, serta meningkatkan kesegaran jasmani.
Latihan lari mengelilingi lapangan memperhatikan
kemampuan siswa juga penting memperhatikan…
a.
Keselamatan
siswa
b.
Kekompakan
lari
c.
Keseriusan
siswa berlari
d.
Kecepatan
Untuk
meningkatkan daya tahan tubuh, latihan yang harus dilakukan adalah..
a.
Berlari
dan duduk berselonjor
b.
Sit
Up dan mengangkat tubuh
c.
Senam
jongkok
d.
Permainan
timbangan
Setelah
melihat gambar diatas, bagaimanakah cara melakukannya..
a.
Posisi
badan bertumpu pada tangan dan lutut, angkat tubuh pelan-pelan, berjalan
dengan kedua tangan dan lutut
b.
Sikap
awal telentang kemudian berdiri dengan menggunakan kedua tangan dan kaki,
selanjutnya berjalan menirukan geraka kepiting berjalan kedepan
c.
Awalnya
berbaring telentang di matras dengan kaki lurus dan rapat, letakkkan tangan
dibelakang kepalamu, pergelangan kaki dipegang temanmu, angkatlah badanmu
menuju ke lutut, setelah itu kembali lagi ke awal, lakukan berulang-ulang
d.
Bergantunglah
dengan memegang palang tunggal, berusahala untuk mengangkat tubuhmu sampai
palang sejajar dengan dadamu.
Latihan
kekuatan otot dapat lebih ditingkatkan dengan latihan-latihan kekuatan
misalnya…
a.
Mengangkat,
meliukkan badan dan duduk selonjor
b.
Bermain
oper bola dari depan ke belakang
c.
Mengoper
bola beruntun
d.
Mengankat,
mendorong atau menarik suatu benda.
Perhatikan
gambar di bawah ini!
Dari
gambar di atas manakah latihan daya tahan mengangkat badan…
a.
1 b. 2 c. 3 d. 4
Urutkan
permainan berangkai 4 pos.
a.
Jongkok
berdiri→Sit Up→ menirukan gerakan anjing→ Menirukan gerakan kepiting.
b.
Gerakan
lari di tempat→ Sit Up→ menirukan gerakan anjing→ Menirukan gerakan
kepiitng→Gerakan jongkok berdiri
c.
Gerakan
jongkok berdiri→ Sit Up→ menirukan gerakan anjing→ Menirukan gerakan
kepiitng.
d.
Jongkok
berdiri→Sit Up→ gerakan lari di tempat→jongok berdiri
|
D
A
B
C
D
A
B
|
||||
|
|
2.2
Mempraktikan aktivitaspermainan untuk melatih dan koordinasi serta nilai kerja keras
|
Latihan
kelenturan
|
·
Menjelaskan
latihan kelenturan
·
Mengidentifikasi
latihan kelenturan
·
Menyebutkan
latihan kelenturan
·
Mencontohkan
latihan Koordinasi
|
C 2
C 1
C 1
C 2
|
P.G
P.G
P.G
P.G
|
22
23
24
25
|
Kelenturan
merupakan…
a.
Menciptakan
otot-otot yang indah
b.
Badan
yang lentur
c.
Gerakan
untuk melenturkan otot-otot dan persendiaan.
d.
Bisa
mengankat apa saja
Latihan
kelenturan juga berguna untuk menghindari…
a.
Terjadinya
varises
b.
Kelumpuhan
c.
Ketegangan
d.
Bahaya
cedera
Latihan
kelenturan dapat dilakukan dengan…
a.
Lomba
lari. Lompat jauh, lompat tinggi
b.
Palang
tunggal, menirukan gerakan anjing laut, jongkok berdiri
c.
Menirukan
gerakn kepiting berjalan, lari keliing lapangan, permainan 4 pos
d.
Duduk
berselonjor, permaianan timbagan, senam jongkok
Bagaimana cara melakukan
latihan mendorong bola ke dinding..
a.
Berdiri
tegak dengan kaki rapat, pegang bola dengan tangan lurus ke atas.
b.
Berdiri
tegak dengan kaki rapat, pegang bola dengan kedua tangan, kemudian operkan
bola ke belakang sampai badan terasa melenting
c.
Posisi
awal berdiri tegak dan kedua kaki dibuka selebar bahu, peganglah bola dengan
kedua tangan di depan dada, dorong bola ke dinding sampai kedua tangan lurus,
lakukan latihan ini berulang-ulang.
d.
Tiap
regu minimal berjumlah 4 siswa, sikap awal tiap regu berdiri dengan
menggunakan lutut, operlah bola kepada teman yang ada didepannya.
|
C
D
D
C
|
||||
3
4
|
Mempraktikan
berbagai bentuk senam lantai yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
Mempraktikan
ketrampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa dan menggunakan alat
dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
|
3.1 Mempraktik- an
gerak kombinasi senam lantai tanpa alat dengan memeperhatik-an faktor
keselamatan, dan nilai dissiplin dan nilai keberanian
3.2.
Mempraktikan
kombinasi gerak senam lantai dengan alat dengan memperhatian faktor keselama tan, dan nilai- nilai disiplin serta keberanian
4.1.Mempraktikan
gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara beregu
menggunakan musik serta nilai estetika
4.2.
Memprak-tikan ketrampilan gerak ritmik tersetruktur secara beregu tanpa
menggunakan alat serta nilai estetika.
|
Senam
lantai tanpa alat
Senam
lantai dengan alat
Gerak
ritmik dengan music
Gerakan
ritmik tanpa musik
|
·
Mengidentifikasi
senam lantai tanpa alat
·
Menyebutkan
senam lantai tanpa alat
·
Mengemukakan
latihan keseimbangan
·
Menentukan
latihan gerobak dorong
·
Mengidentifikasi
senam lantai dengan alat
·
Menyebutkan
senam lantai dengan alat
·
Menjelaskan
lompat kangkang melewati rintangan
·
Mencontohkan
berguling ke depan
·
Menentukan
latihan berguling kebelakang
·
Mengidentifikasi
senam ritmik dengan musik
·
Menjelaskan
senam ritmik
·
Menyebutkan
gerakan senam ritmik
·
Mengkategorikan
senam ritmik
·
Mengidentifikasi
gerakan ritmik tapa music
·
Menyebutkan
gerak ritmik terstruktur beregu
·
Menjelaskan
mengayun kedua lengan ke samping
·
Mencontohkan mengayun kedua lengan ke samping latihan 2
·
Menentukan
mengayun kedua lengan ke samping latihan 3
|
C 1
C 1
C 2
C 3
C 1
C 1
C 2
C 2
C 3
C 1
C 2
C 1
C 3
C 1
C 1
C 2
C 2
C 3
|
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
|
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
|
Factor
yang perlu diperhatikan dalam melakukan senam lantai adalah…
a.
Kegembiraan
b.
Keselamatan
c.
Keseimbangan
d.
Gerakan
Gerakan –gerakan senam lantai
tanpa alat membutuhkan…
a.
Kecepatan,
kekuatan, dan keseimbangan
b.
Kelincahan,
kerapian, dan kebugaran
c.
Kesehatan,
kesantikan, dan kebersamaan
d.
Kerapian,
kesehatan dan kekuatan
Bagaimana
cara melakukan latihan keseimbangan pada gambar diatas…
a.
Berdiri
tegak kedua tangan dipinggang, lakukan loncat-loncat ditempat,tidur telentang
b.
Kaki
dan tangan bertumpu pada lantai, angkat tubuh ke atas, tahan untuk beberapa
lama.
c.
Berdiri
tegak kedua tangan ke atas, posisi kaki selebar bahu, bergeraklah ke samping
kiri.
d.
Berdiri
tegak, tangan di samping badan, angkat salah satu kaki dan pegang dengan
tangan, tahan dalam posisi itu untuk beberapa lama, lakukan dengan kaki yang
lainnya.
Dari
latihan dibawah ini manakah yang bertujuan untuk melatih otot lengan dan
bahu…
a.
Lompat
kangkang
b.
Lompat
jongkok
c.
Gerobak
dorong
d.
Sikap
kayang
Untuk melakukan senam lantai
menggunakan alat diperlukan…
a.
Kekuatan
b.
Alat
c.
Kelincahan
d.
Keseimbangan
Alat
yang digunakan dalam latihan senam lantai dengan alat adalah…
a.
Matras,
tali, peti dan loncat,
b.
Besi,
bola, lapangan, dan net
c.
Matras,
net, bola
d.
Tali,
net, peti loncat dan raket
Untuk latihan lompat kangkang
melewati rintangan permulaan sebaiknya…
a.
Dilakukan
dengan menggunkan peti yang besar
b.
Menggunakan
punggung teman sebagai rintangan
c.
Berdiri
tegak
d.
Seimbangan
Bagaimana cara melakukan berguling
ke depan.
a.
Sikap
awal berdiri tegak , berlari kedepanperlahan, pada saat di atas peti lompat
menekuk kedua lutut ke dalam di antara kedua tangan yang digunakan untuk
tumpuan
b.
Mulailah
dengan duduk di tepi matras membelakangi, kedua tangan dilipat dan telapak
tangan terbuka sejajar dengan bahu.
c.
Berdiri
tegak di tepi matras, punggung membusur tekuk dagu ke dada, pada waktu
berguling tempatkan tengkuk pada matras, setelah berguling usahakan mendarat
dengan sikap jongkok kemdudian berdiri tegak.
d.
Lompat
secara terus-menerus
Gambar apakah diatas…
a.
Berdiri
dengan tangan
b.
Berguling
ke depan
c.
Lompat
kangkang
d.
Berguling
ke belakang
Senam
ritmik juga disebut dengan…
a.
Senam
pramuka
b.
Senam
lantai
c.
Senam
music
d.
Senam
irama
Senam
irama adalah…
a.
Senam
menggunakan musisk dugem
b.
Senam
lantai yang menggunakan music
c.
Senam
yang gerakannya diiringi dengan irama
d.
Senam
yang dilakukan setiap ada perlombaan
Irama yang dipakai untuk
mengiringi gerakan senam dapat berupa…..
a.
Perseorangan
dan kelompok
b.
Lagu
dan tepuk tangan
c.
Bersiul
d.
Berteriak
Ø Sikap awal berdiri
tegak dengan pandangan ke depan
Ø Hitungan 1
langkahkan kaki kanan ke depan satu langkah
Ø Hitungan 2
langkahkan kaki kekiri ke depan sejajar dengan kaki kanan
Ø Lakukan sampai
htungan ke-8 sampai kembali ke sikap awal
Dari peryataan diatas termasuk
kedalam gerakan…
a.
Gerakan
langkah ke depan
b.
Gerakan
langkah ke samping
c.
Gerakan
langkah kekiri dan ke kanan
d.
Gerakan
sembarangan
Senam ritmik tanpa music sama
dengan senam ritmik dengan music, hanya pada senam ritmik tanpa music tidak
ada…
a.
Pasangan c. Gerakan
b.
Music
pengiring d. Langkah
Gerak ritmik terstruktur beregu
bisa terdiri dari…
a.
6
orang
b.
5
orang
c.
4
orang
d.
3
orang
Gerakan mengayun kedua lengan
ke samping, hitungan 1 dan 3 adalah…
a.
Ayun
kedua lengan ke samping kiri, sampai rata dengan bahu
b.
Ayunkan
kedua lengan kesamping kanan, sampai rata dengan bahu.
c.
Memutar
kedua lengan ke kiri atas sampai kembali ke kekiri bawah.
d.
Ayun
kedua lengan ke samping kanan, sampai rata dengan bahu.
Cara melakukan mengayun kedua
lengan ke samping latihan 2…
a.
Hitungan
1 : Ayunkan kedua lengan ke samping
kanan, sampai rata dengan bahu
b.
Hitungan
1 : berjalan sambil jingkat ke depan, kaki diangkat sejajar paha
c.
Hitungan
3 : Berjalan sambil jingkrat ke belakang diangkat sejajar paha
d.
Hitungan
3 : langkahkan kaki kanan ke depan sambil melompat
Pada
senam irama, latihan 3 dilakukan sebanyak…
a.
Sikap
awal : berdiri tegak, kedua tangan di pinggang gerakaknya 4x4
b.
Sikap
awal : berdiri tegak, kedua tangan di pinggang gerakaknya 6 x 4
c.
Sikap
awal : berdiri tegak, kedua tangan di pinggang gerakaknya 5x 4
d.
Sikap
awal : berdiri tegak, kedua tangan di pinggang gerakaknya 3 x 3.
|
B
A
D
C
B
A
B
C
D
D
C
B
A
B
C
D
A
B
|
||||
5
|
Menerapkan
budaya hidup sehat
|
5.1.
Menjaga kebersihan rumah dan sekolah
5.2.
Membiasakan membuang sampah pada tempatnya
|
Lingkungan
dan kesehatan
Penanganan
sampah
|
·
Menjelaskan
pengertian lingkungan
·
Membedakan
lingkungan
·
Menyebutkan
ciri-ciri lingkungan bersih
·
Melaksanakan
memelihara lingkungan sekolah
·
Menjelaskan
pengertian sampah
·
Membedakan
sampah
·
Menyebutkan
tata cara pemusnahan sampah
|
C 2
C 2
C 1
C 3
C 2
C 3
C 1
|
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
P.G
|
44
45
46
47
48
49
50
|
Lingkungan
adalah…
a.
Hal
yang sangat penting bagi manusia
b.
Tempat
yang kita tinggal
c.
Sesuatu
yang ada di sekitar kita, baik yang berupa makhluk hidup maupun benda tak
hidup.
d.
Segala
yang ada disekitar rumah
Lingkungan
dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu…
a.
Lingkungan
sehat dan lingkungan tidak sehat
b.
Lingkungan
tempat tinggal dan lingkungan alam
c.
Lingkungan
rumah dan sekolah
d.
Lingkungan
biotik dan Lingkungan abiotik
Ciri-ciri
lingkungan yang bersih antara lain…
a.
Bersih
dari sampah, sanitasi atau saluran air lancar, memiliki air bersih, ruang
terbuka banyak ditumbuhi ponon yang memberikan kesejukan dan keasrian.
b.
Mendapat
sinar matahari, tertutup oleh pohon-pohon
c.
Lingkungan
yang kena banjir
d.
Banyaknya
gedung-gedung yang tinggi sehingga terlihar bagus
Bagaimana
cara memelihara lingkungan sekolah….
a.
Membagi
tugas piket
b.
Membersihkan
kalau guru menyuruh
c.
Membiarkan
sampah berserakan di lingkungan sekolah
d.
Ruang
kelas dibersihkan secara rutin
Sampah
adalah…
a.
Barang-barang
bekas yang bayak dibuang oleh orang
b.
Bahan
yang dapat diolah
c.
Bahan
yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktifitas manusia maupun alam
yang belum memiliki ekonomis.
d.
Bahan
yang mudah terbakar
Secara
umum, sampah dapat dibedakan menjadi tigas jenis, yakni..
a.
Sampah
rumah, sampah toko, sampah kator
b.
Sampah
anorganik, sampah organic, dan sampah berbahaya
c.
Sampah
yang bau, samaph bau sedang, dan sampah sangat bau busuk
d.
Sampah
sungai, sampah selokan dan sampah di laut
Pemusnahan
sampah dapat dilakukan dengan cara…
a.
Penumpukan,
pengomposan, pembakaran, dan penimbunan
b.
Daur
ulang, dijual, dan digadaikan
c.
Disimpan
dalam karung
d.
Dibuat
menjadi barang mainan anak-anak
|
C
D
A
D
C
B
A
|
No comments:
Post a Comment