Wednesday, September 11, 2019


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah            : SDK KA REDONG
Kelas/Semester          : IV/1(Satu)
Tema/Subtema/PB              :Cita-Citaku /aku dan Cita-Citaku /3
Alokasi Waktu           : 7 X 35 Menit

A.  KOMPETENSI INTI

1.  Menerima dan  menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.  Menunjukkan perilaku  jujur, disiplin, tanggung jawab,  santun, peduli,  dan  percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan  tetangga.

3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan  menanya berdasarkan rasa ingin  tahu tentang dirinya,  makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan  benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan  logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak  sehat, dan  dalam tindakan yang mencerminkan perilaku  anak  beriman dan  berakhlak mulia.
B.  KOMPTENSI DASAR DAN INDIKATOR
a.    Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia
v  KD:
3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.6 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
v  Indikator :
3.6.1 Menjelaskan ciri-ciri puisi secara tepat.
4.6.1 Membuat puisi sendiri berdasarkan ciri-ciri


b.    Muatan Pelajaran : PPKn
v  KD :
1.3 Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
4.3Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari
v  Indikator :
3.3.1 Mengidentifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di    lingkungan sekitar
4.3.1 Menuliskan hasil pengamatan, identifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dan manfaatnya secara tepat.
c. Muatan Pembelajaran : IPS
v  KD :
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumberdaya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.
v Indikator:
3.1.1 Mengidentifikasi hubungan karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya dengan benar.
4.1.1  Melaporkan hubungan antara karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya dengan tepat.
C. TUJUAN
1.   Melalui kegiatan menuliskan hasil pengamatan, siswa dapat menjelaskan hasil identifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dan manfaatnya secara tepat.
2.  Melalui kegiatan menuliskan hasil pengamatan, siswa dapat menjelaskan hasil identifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dan manfaatnya secara tepat.
3.  Melalui kegiatan mengamati, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri puisi secara tepat.
4.  Melalui kegiatan membuat puisi sendiri, siswa mampu menggunakan hasil pengamatannya tentang ciri-ciri puisi secara tepat.
5.  Melalui kegiatan melakukan pengamatan dan berdiskusi dalam kelompok, siswa dapat mengidentifikasi hubungan karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya dengan benar.
6.  Melalui kegiatan menuangkan hasil diskusi dalam bentuk laporan, siswa dapat melaporkan hubungan antara karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya dengan tepat.
D.  MATERI PEMBELAJARAN
·  Ciri-ciri puisi. 
·      Keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar
·      karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya dengan tepat.
E.  PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan                : Saintifik
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, Diskusi, Penugasan

F.  LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran Kooperatif
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Menyapa siswa
·         Presensi
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran
·         Guru bersama dengan siswa membaca dialog pembuka yang disajikan pada Buku Siswa, guru memberikan penekanan pada topik pembicaraan tentang seorang anak muda yang berhasil.
·         Siswa mencermati bacaan “Peternak Muda dari Malang”.
·         Guru mengaitkan isi bacaan tersebut dengan judul tema.
·         Guru meminta siswa untuk mencari nilai-nilai yang dapat mereka petik dari bacaan tersebut.
·         Siswa diberi kesempatan untuk memberikan komentar tentang tokoh yang diangkat pada bacaan tersebut, guru menanyakan kepada siswa upaya-upaya yang bisa dilakukan oleh siswa supaya bisa menjadi tokoh yang sukses pada bacaan.
·         Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 5 orang
15 Menit
Kegiatan
Inti
·      Siswa mengamati gambar yang disajikan di Buku Siswa, guru membimbing siswa untuk melihat perbedaan pada gambar dari segi pekerjaan yang dilakukan.
·      Guru mengaitkan diskusi ini dengan judul tema dan mendorong rasa ingin tahu siswa tentang keragaman kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat di sekitar mereka.
·      Guru meminta siswa untuk memberikan pendapat mereka tentang gambar yang mereka amati, secara individu siswa menuliskan hasil pengamatan mereka dalam kolom yang disediakan/pada buku catatan mereka.
·      Guru membimbing diskusi kelas untuk mengaitkan gambar yang siswa amati dengan keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memahamkan kepada siswa tentang keragaman kegiatan dalam masyarakat
·      Guru meneruskan kegiatan dengan memberikan beberapa pertanyaan pancingan yang berkaitan dengan lingkungan sekitar mereka, khususnya tentang sumber daya alam yang berupa buah dan sayur.
·           Guru memimpin diskusi dan memberikan penjelasan tentang  kondisi lingkungan yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh dengan subur. Dari hasildis kusi dan penjelasan guru, siswa membuat peta konsep yang menjelaskan tentang lingkungan yang sesuai agar tanaman dapat tumbuh subur.Kegiatan ini digunakan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang hubungan karakteristik ruang dengansum berday aalam yang ada di lingkungannya (IPSKD3.1)
·    Kegiatanpembelajarandilanjutkandengan diskusi yang dipimpin oleh guru tentang macam-macam sumber daya alam(dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui). Siswa mengamati beberapa gambar yang disajikan di Buku Siswa, guru memberikan beberapa pertanyaan yang terkait dengan gambardan sumber daya alam (usaha apa yang dilakukan oleh manusia untuk mengelola SDA dan memanfaatkannya)
·    Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
·    Penugasan tersebut merupakan kegiatan perpaduan PPKn dan IPS, dimana siswa diminta untuk mengidentifikasi kondisi lingkungan tempat hidupnya, potensi sumber daya dan jenisjenis pencaharian/pekerjaan penduduk.
·    Siswa mengolah hasil diskusi kelompoknya dalam bentuk laporan yang berupa table dan menuliskan kesimpulannya.
·    Siswa mencoba mencari tahuapakah perbedaan/keragaman yang mereka temukan dalam masyarakat juga dapat ditemukan dalam kelas mereka.
·    Secara berpasangan siswasaling bertanya tentang cita-citadan manfaatnya bagi kehidupan disekitarnya.
·    Secara bersama-sama dalam diskusi kelas, siswa mendata cita-cita teman sekelas dan manfaatnya bagil ingkungan tempat tinggalnya.
·    Siswa mencermati teks puisi dengan judul “Hidupku Penuh Warna”. Guru menggunakan kegiatan ini untuk mengukur pengetahuan siswa tentang isi puisi dan keterampilan siswa dalam mengidentifikasikan ciri-ciri puisi.
·      Siswa menjawab pertanyaan yang disediakan pada Buku Siswa.
215  Menit
Penutup
·         Hasil kerja kelompok diberi skor oleh guru
·         Kelompok mendapat predikat berdasarkan skor yang diperoleh
·         Kelompok mendapatkan penghargaan dari guru
15 Menit


G.  TEKNIK PENILAIAN
·      PenugasanTerpadu(LaporanHasil DiskusiKelompok)
·      Bentuk penilaian: Penugasan
·         InstrumenPenilaian: Rubrik
Tujuan Kegiatan Penilaian:
·         Mengukur pemahaman dan keterampilan siswa dalam menjelaskan keberagaman kegiatanya ditemukan dalam kehidupan masyarakat.
·         Mengukur pemahaman dan keterampilan siswa dalam melaporkan tentang hubungan karakteristik ruang dengan sumber daya alam.

Rubrikpenilaianlaporanhasildiskusikelompokdanmembuatkesimpulan

1.             PPKnKD3.3 dan4.3 dan IPSKD3.1dan4.1


Kriteria

SangatBaik

Baik

Cukup
Perlu
Pendampingan
4
3
2
1
Kemampuan melaporkan hasil diskusi dalam bentuk tabel
Siswa mengisi tabel dengan lengkap dan
Tepat sesuai hasil diskusi.
Siswa mengisi tabel dengan lengkap tetapi kurangtepat.
Dalam mengisi tabel, adakolom pada table yang tidak diisi oleh siswa atau ada jawaban yang tidaktepat.
Siswahanya mengisi satu kolom pada tabel dan jawaban tidak tepat.
Kemampuan menuliskan kesimpulan
Siswamenuliskan kesimpulan dengan mengaitkan antara kondisi lingkungan
hidup,potensi sumber daya alam, danjenis
mata pencaharian penduduknya denganbenar.
Siswamenuliskan kesimpulan dengan mengaitkan
Kondisi lingkungan hidup dengan potensi sumber daya alam dan jenis mata pencaharian penduduknya, tetapi kaitan tidak terlihat jelas.
Siswamenuliskan kesimpulan dengan mengaitkan antara kondisi lingkungan hidup dengan salah
Satu dari potensi sumber daya alam atau jenis
Mata pencaharian penduduknya.
Siswa menuliskan kesimpulan tanpa mengaitkan
Sama sekali antara kondisi lingkungan hidup dengan potensi sumber daya
alam dan jenis mata pencaharian penduduknya.





2.           Bahasa Indonesia (penilaian pengetahuan)
NO
NAMA SISWA
NILAI
KETERANGAN
1



2



3



4



5




Penilaian (skoring):      total nilai siswa         x 10
total nilai maksimal
H.   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
·           BukuTeks,
·           Gambar hewan dantum-buhan,
·           Gambar berbagai profesi di lingkungan sekitar,
·           contoh-contoh puisi, lingkungan sekitar


MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH                                         GURU KELAS IVB


SIPRIANUS DAHUR, S.Pd                         SALESTINA JERIA,S.Pd
NIP : 19621231198407 1 024                    NIP :


























LAMPIRAN
a. Soal Pengetahuan PPKn
1.      Sebutkan 4 jenis hewan ternak yang dapat memenuhi kebutuhan hidup di lingkungan sekitar tempat tinggal kalian!
Perhatikanlah gambar-gambar berikut!

        

               
 2. Keahlian apa saja yang dibutuhkan agar usaha peternakan dapat menghasilkan hewan ternak yang berkualitas?
3.     Selain beternak, kegiatan pertanian merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia .Di lingkungan seperti apakah sayuran brokoli, wortel, dan kol dapat tumbuh dengan subur?
4.     Buatlah peta konsep tentang lingkungan yang sesuai agar tanaman dapat tumbuh subur.!
5.     Kegiatan apa saja yang dilakukan untuk mendukung tanaman brokoli dan kol dapat tumbuh dengan subur?
1. Penilaian Sikap (Rubrik)








2.  Penilaian Pengetahuan PPKn (Keragaman kegiatan di lingkungan sekitar)
3. 
b.  Soal IPS

1.     Di antara lingkungan-lingkungan berikut, termasuk lingkungan apakah daerah tempat tinggalmu?
1) Pegunungan
2) Pantai
3) Lainnya (tuliskan menurut pengamatanmu)
2. Tuliskan potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu!
3. Mata pencaharian (pekerjaan) penduduk di sekitar tempat tinggalmu!
4. Buatlah kesimpulan hasil diskusimu dengan menjawab pertanyaan berikut!
a. Apakah potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu sesuai dengan lingkungannya?
b. Apakah mata pencaharian atau pekerjaan penduduk di sekitarmu sesuai dengan lingkungannya?
3. Penilaian Pengetahuan IPS (Hubungan karakteristik ruang dengan SDA yang ada di lingkungannya)



NO.
NAMA SISWA
NILAI
KETERANGAN

1
KLARITA DELVI JEMUMUT



2
MORETNO MORIS GARUT



3
MARIA GORETI ALVI J. LESING



4
MARIA SINTIA DELA DIDIK



5
MORISTIANUS ODUR



6
MARIA GRESIANI



7
MARIA VIANI JELIMAT



8
PIUS AGUSTINO KADIN



9
MARIA GRACIA MALUS



10
OKTAVIANI ELTARI SELINA



11
HENDRIKUS SUSO PANTURA



12
LORENSIUS JOINAT JEMATU



13
MARIA I. T ARIANI



14
MARIA K. Y. JANGGUR



15
MARIA N. LANTARA NONI



16
MARIA TARIANA UBA



17
MARIA YASINTA IRMA WATI



18
MATILDI AULINI EDOR



19
OKTAVIANO RADO TAMUR



20
OKTAVIANUS DEFRI RABUT



21
OKTAVIANUS RENO PARUT



22
PAULUS DELONTRIO PRANATA



23
PREMIANUS JEHAUT



24
RAFLINA ANSARI BARUK



25
RIKARDO BENEDIKTUS BENCANG



26
SALESTINUS JOINAL FAJAR



27
SISILIA TAMA P. MARDIM MAWATO



28
FRANSISKUS NELO BAGUS



29
FREDERIK REYHANTIANO



30
FITRIANUS ALDO WEGOR



31
LAURENSIA AIREN NDAGUNG




Soal Bahasa Indonesia

Hidupku Penuh Warna
Karya: D. Karitas
Bukit-bukit itu membiru dari jauh
 Laut itu pun membiru dari jauh
Mereka terlihat sama
Walaupun berbeda
      Keduanya indah
Keduanya memesona
Walaupun berbeda
Keduanya tak terpisah
 Aku, kamu, dan kalian
 Cita-cita kita mungkin berbeda
Bukan siapa yang berlebihan
Tapi kita akan bersama meraihnya
Hidupku penuh warna
Seperti pelangi di bawah langit
 Berbeda itu indah
Yang membuat kita bersyukur pada Ilahi
1.     Apakah judul puisi tersebut? Siapakah pengarangnya?
2.    Apakah yang kamu bayangkan ketika kamu membaca judul puisi tersebut?
3.    Menurutmu, apakah isi puisi tersebut?
4.     Berapakah jumlah bait dalam puisi tersebut?
5.    Berapakah jumlah baris di setiap baitnya?
6.    Tentukanlah rima setiap bait pada puisi tersebut!





3.   Penilaian Pengetahuan Bahasa Indonesia (ciri-ciri Puisi)
NO.
NAMA SISWA
NILAI
KETERANGAN
1
KLARITA DELVI JEMUMUT


2
MORETNO MORIS GARUT


3
MARIA GORETI ALVI J. LESING


4
MARIA SINTIA DELA DIDIK


5
MORISTIANUS ODUR


6
MARIA GRESIANI


7
MARIA VIANI JELIMAT


8
PIUS AGUSTINO KADIN


9
MARIA GRACIA MALUS


10
OKTAVIANI ELTARI SELINA


11
HENDRIKUS SUSO PANTURA


12
LORENSIUS JOINAT JEMATU


13
MARIA INES THERESIA ARIANI


14
MARIA KRISTIANI Y. JANGGUR


15
MARIA NOFRI LANTARA NONI


16
MARIA TARIANA UBA


17
MARIA YASINTA IRMA WATI


18
MATILDI AULINI EDOR


19
OKTAVIANO RADO TAMUR


20
OKTAVIANUS DEFRI RABUT


21
OKTAVIANUS RENO PARUT


22
PAULUS DELONTRIO PRANATA


23
PREMIANUS JEHAUT


24
RAFLINA ANSARI BARUK


25
RIKARDO BENEDIKTUS BENCANG


26
SALESTINUS JOINAL FAJAR


27
SISILIA TAMA P. MARDIM MAWATO


28
FRANSISKUS NELO BAGUS


29
FREDERIK REYHANTIANO


30
FITRIANUS ALDO WEGOR


31
LAURENSIA AIREN NDAGUNG




                                             


Soal keterampilan PPKn
Identifikasikan jenis-jenis kegiatan yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal kalian masing-masing!
1. Penilaian Keterampilan (Rubrik) PPKn
(Mengidentifikasikan keragaman kegiatan di lingkungan sekitar).




Soal keterampilan IPS
1.  Tulislah hubungan antara ruang dan SDA yag ada di Lingkungan tempat tinggalmu! Buatlah dalam bentuk tabel!
(Mengidentifikasikan hubungan karakteristik ruang dengan SDA yang ada di lingkungannya).

Soal keterampilan Bahasa Indonesia
1.     Buatlah sebuah puisi sesuai dengan cita-cita kalian masing-masing!
2. Penilaian Keterampilan (Rubrik) Bahasa Indonesia
(Membuat Puisi).

No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV MATERI 1.5

  MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV   Penyusun : Jenjang Sekolah : SD K KA REDONG Kelas : IV Materi : 1.5 A...