Wednesday, September 11, 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS VI SEMESTER 1


RENCANA PELAKSNANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN ...
Kelas / Semester          :  VI (Enam) / 1
Tema 1                            :  Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 1                   :  Tumbuhan Sumber Kehidupan
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
PJOK
3.2     Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
3.2.1     Menjelaskan teknik memukul, melempar, dan menangkap bola dengan teknik yang benar melalui permainan Rounders.
3.2.2     Memukul, melempar, dan menangkap bola dengan teknik yang benar melalui permainan Rounders.

4.2     Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
4.2.1     Memukul, melempar, dan menangkap bola dengan teknik yang benar melalui permainan tradisional Boyboyan dan Rounders.
4.2.2     Mengembangkan sikap jujur dan sportif melalui permainan Lempar Bola ke dalam keranjang.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan tanya jawab, siswa mampu menjelaskan teknik memukul, melempar, dan menangkap bola dengan teknik yang benar melalui permainan Rounders dengan percaya diri.
¡  Dengan kegiatan permainan tradisional Boy-boyan dan Rounders, siswa mampu memukul, melempar, dan menangkap bola menggunakan teknik yang benar dengan jujur dan sportif.
¡  Dengan bermain rounders, siswa mampu memukul, melempar, dan menangkap bola dengan teknik yang benar.
¡  Dengan bermain melempar bola ke dalam keranjang dan bermain rounders, siswa mampu mengembangkan sikap disiplin, bertanggung jawab, menghargai perbedaan, jujur, dan sportif.

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Tumbuhan Sumber Kehidupan”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
¡  Sebelum melakukan kegiatan olahraga, ingatkan siswa bahwa beragam jenis tumbuhan seperti padi, palawija, sayuran, dan buah-buahan akan membuat tubuh sehat dan memiliki cukup energi untuk melakukan aktivitas. Tetapi makanan saja tidak cukup, tubuh juga memerlukan olahraga untuk sehat dan kuat.
¡  Siswa akan melakukan permainan olahraga bola kecil, minta seorang siswa untuk memimpin doa sebelum melakukan permainan. (Mengekplorasi)
¡  Siswa melakukan pemanasan dengan melakukan permainan tradisional Boy-Boyan.
¡  Siswa akan mengenal jenis permainan bola kecil yang baru, yaitu Rounders yang mirip dengan Kasti.
¡  Diskusi tanya jawab seputar teknik memukul, melempar, dan menangkap bola, serta peraturan bermain kasti sebelum menginformasikan tentang Rounders. (Mengasosiasi) dan (Mengkomunikasikan)
¡  Bagi siswa dalam beberapa tim, sesuaikan dengan peraturan dalam permainan Rounders dan jumlah siswa yang ada.
¡  Ingatkan siswa untuk bermain Rounders sesuai aturan dengan menerapkan sikap jujur dan sportif.
¡  Siswa melakukan permainan lempar bola kedalam keranjang/ kardus.
¡  Siswa berlatih memukul dan menagkap bola dengan tekhnik yangan benar, kemudian bermain rounders. (Mengekplorasi)
¡  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan diskusi dan tanya jawab.
¡  Siswa melakukan diskusi untuk mengingat kembali tekhnik memukul bola pada permainan kasti sebagai persiapan rounders.
35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
10 menit

E.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : ”Selamatkan Makhluk Hidup” Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Perlengkapan bermain Rounders: bola dan tongkat pemukul.
¡  Peralatan permainan lempar bola dan rounders/kasti seperti keranjang, tongkat pemukul, dan bola.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



(                                         )
NIP.

..........,...........20....
Guru PJOK



(                                         )
NIP.

Lampiran 1
MATERI PEMBELAJARAN
¡  Permainan tradisional Boy-boyan dan Rounders
¡  Teknik memukul dalam permainan Rounders


METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah






























Lampiran 2
PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Teknik Penilaian
a.  Penilaian Sikap: tanggung jawab, teliti, dan disiplin.
b. Penilaian Pengetahuan: pilihan ganda dan jawaban singkat.
c. Penilaian Keterampilan: unjuk kerja

2.   Bentuk Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Percaya diri
Teliti
Displin
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
..................












2
..................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

3.    Daftar Periksa Penilaian Sikap PJOK.
Sikap
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kejujuran
Jujur sejak awal hingga akhir permainan.
Cukup jujur sejak awal hingga akhir permainan.
Jujur hanya di setengah permainan.
Tidak jujur sejak awal hingga akhir permainan.
Bertanggung jawab
Bermain dengan hati-hati dan menjaga keselamatan diri dan teman.
Bermain cukup hati-hati dan menjaga keselamatan diri dan teman.
Bermain kurang hatihati.
Bermain dengan ceroboh sehingga membahayakan keselamatan diri dan teman.
Menghargai perbedaan.
Menghargai teman yang kurang terampil bermain, dan memuji teman yang terampil.
Menghargai teman yang kurang terampil bermain, tetapi enggan memuji teman yang terampil.
Kurang menghargai teman yang kurang terampil bermain.
Tidak menghargai teman yang kurang terampil bermain.
Kerjasama dalam kelompok
Mampu bekerjasama dalam permainan secara konsisten.
Kurang bekerjasama dalam permainan.
Sulit bekerjasama dalam permainan.
Sulit dan perlu mptivasi untuk dapat bekerjasama dalam permainan.
Berbagi dalam penggunaan peralatan.
Mampu berbagi peralatan dengan semua teman secara konsisten.
Terkadang mau berbagi peralatan hanya dengan beberapa teman saja.
Sering kali tidak mau berbagi peralatan dengan semua teman.
Tidak mau berbagi peralatan dengan semua teman.
Disiplin
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik secara konsisten.
Cukup disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
Kurang disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
Tidak disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
Menerima kekalahan dan kemenangan
Tetap tenang saat kalah dan memberi selamat kepada teman yang menang.
Tetap tenang saat kalah meski tidak memberi selamat kepada teman yang menang.
Kecewa dan sedih saat kalah.
Marah saat kalah dan menyalahkan teman lain.

4.    Penilaian latihan Evaluasi diperiksa dan diberi skor.
5.    Penilaian sikap: contoh terlampir pada lampiran di halaman akhir.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :  SDN ...
Kelas / Semester          :  VI (Enam) / 1
Tema 1                            :  Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 2                   :  Hewan Sahabatku
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
PJOK
3.2     Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dengan control yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
3.2.1     Membedakan konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor.
4.2     Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dengan control yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
4.2.1     Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor dalam permainan tradisional Boy-boyan dan Rounders.
4.2.2     Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor dalam permainan bola kecil.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Setelah mendengar instruksi guru, siswa mampu memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulative dalam permainan rounders dengan penuh perhatian.
¡  Setelah mengamati peragaan oleh guru, siswa mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan rounders dengan disiplin dan penuh tanggung jawab.
¡  Dengan berdiskusi secara berkelompok, siswa mampu menjelaskan strategi untuk memenangkan permainan rounders dengan bertanggung jawab.
¡  Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan berbagai strategi dalam permainan rounders dengan sportif dan bertanggung jawab.

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
¡  Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa.
¡  Guru melakukan apersepsi dengan menyanyi lagu “4 sehat 5 sempurna” versi “satu-satu” sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
¡  Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
¡  Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.

10 menit
Inti
Mengamati
¡  Guru mengajukan kepada siswa pertanyaan dan instruksi berikut.
¡  Pernahkah kamu memperhatikan hewan bergerak? Ternyata, hewan juga melakukan gerakan lokomotor dan nonlokomotor. Apakah kamu masih ingat apa yang dimaksud gerakan lokomotor dan apa yang dimaksud gerakan nonlokomotor?
¡  Sekarang coba kamu peragakan contoh-contoh gerakan lokomotor dan non lokomotor di hadapan teman-temanmu secara bergantian.
¡  Gerakan lokomotor dan nonlokomotor juga sering dipraktikkan dalam permainan, salah satunya dalam permainan rounders yang sebentar lagi akan dipraktikkan.

Eksplorasi
¡  Siswa memberikan komentar dan masukan tentang peragaan yang telah dilakukan oleh beberapa siswa tersebut.
¡  Guru menjelaskan gerakan lokomotor dan nonlokomotor dalam permainan dan tata cara dalam permainan rounders.
¡  Ternyata gerakan lokomotor dan nonlokomotor tersebut juga terdapat dalam permainan tradisional Boy-boyan dan rounders yang akan dipraktikkan. »» Siswa melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan mempraktikkan permainan tradisional Boy-boyan yang telah dipelajari di minggu pertama.
¡  Sebelum bermain, siswa membuat pertanyaan seputar permainan rounders yang ingin mereka ketahui lebih lanjut.

Mengamati
¡  Siswa memperhatikan penjelasan dan demonstrasi guru tentang permainan rounders, dan siswa dapat mengajukan pertanyaan yang sudah mereka siapkan.
¡  Sebelum bermain rounders, siswa terlebih dahulu berlatih lempar tangkap bola secara berpasangan dengan mengikuti instruksi guru. Siswa diberikan kertas 14 lembar HVS. Dalam kertas tersebut, siswa menuliskan semua hal yang diketahui tentang perkembangbiakan hewan.
¡  Siswa menukar jawaban dengan temannya. Guru membahas secara klasikal.
Mengamati
¡  Guru meminta siswa mengamati gambar yang terdapat dalam buku siswa tentang ketangkasan dalam bermain rounders.
¡  Siswa dipandu guru menuju lapangan/ halaman sekolah.
¡  Siswa mengamati guru memperagakan ketangkasan dalam bermain rounders.

Mengasosiasikan
¡  Siswa mempraktikkan ketangkasan tersebut secara berpasangan.
¡  Siswa mendiskusikan strategi untuk memenangkan pertandingan dalam permainan rounders secara berkelompok.
¡  Siswa mempraktikkan berbagai strategi dalam permainan rounders melalui pertandingan.
¡  Siswa diingatkan untuk berdoa sebelum bertanding.

Eksplorasi
¡  Siswa melakukan pemanasan melalui permainan tradisional Boy-boyan.
¡  Siswa melakukan pendinginan setelah pertandingan. (Penilaian 1)
¡  Siswa mengamati rantai makanan yang terdapat di buku siswa.

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit
E.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : ”Selamatkan Makhluk Hidup” Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Peralatan rounders dan Rounders

                                                                                                 
Mengetahui
Kepala Sekolah,



(                                         )
NIP.

..........,...........20....
Guru PJOK



(                                         )
NIP.














Lampiran 1
MATERI PEMBELAJARAN
¡  Permainan tradisional bola kecil Boy-boyan dan Rounders.


METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah































Lampiran 2
PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Teknik Penilaian
a.  Penilaian Sikap: tanggung jawab, teliti, dan disiplin.
b. Penilaian Pengetahuan: pilihan ganda dan jawaban singkat.
c. Penilaian Keterampilan: unjuk kerja

2.   Bentuk Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Percaya diri
Teliti
Displin
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
..................












2
..................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
b.                Penilaian
1.   PJOK dinilai dengan gerakan lokomotor dan nonlokomotor.
Kriteria
Bagus
(3)
Cukup
(2)
Berlatih  Lagi
(1)
Gerakan lokomotor
Siswa dapat melakukan gerakan lokomotor dengan teknik yang  baik.
Siswa dapat melakukan gerakan lokomotor dengan teknik yang cukup baik.  (√)
Siswa dapat melakukan gerakan lokomotor dengan teknik yang  kurang baik.
Teknik melempar
Siswa dapat melempar bola  dengan teknik yang  sangat baik.  (√)
Siswa dapat melempar bola  dengan teknik yang  cukup baik.
Siswa dapat melempar bola  dengan teknik yang  kurang baik.
Kerja sama
Siswa menunjukkan sikap kerja sama yang  baik  dalam permainan.
Siswa menunjukkan sikap kerja sama yang cukup baik  dalam permainan. (√)
Siswa menunjukkan sikap kerja sama yang kurang baik  dalam permainan.
Catatan: Centang (√) pada bagian yang  memenuhi kriteria.

Penilaian : Total nilai x 10
                                    Total kolom (9)

c.    Penilaian
1.   Penilaian PJOK
A.  Teknik melempar dan menangkap bola.
Kriteria
Skor 4
Skor 3
Skor 2
Skor 1
Ketepatan melempar dan menangkap bola.
  Bola yang  dilempar masuk ke dalam sasaran.
• Bola yang  dilempar dapat ditangkap kembali.
• Posisi kaki tidak boleh melebihi batas yang telah ditentukan.
Memenuhi
2 dari  poin di kolom  1.
Memenuhi
1 dari  poin di kolom  1.
Tidak memenuhi poin  di kolom  1.

B.  Nilai ketepatan yang  diperoleh saat melempar dan menangkap bola. Siswa diberi waktu 30 detik untuk melakukan lempar tangkap  bola sebanyak mungkin.
Putra
Putri
Nilai
>15
>13
4
12-14
8-10
3
9-11
5-7
2
6-8
2-4
1




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :  SDN ...
Kelas / Semester          :  VI (Enam) / 1
Tema 1                            :  Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 3                   :  Lestarikan Hewan Dan Tumbuhan
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
PJOK
3.2     Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dengan control yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
3.2.1     Melempar dan menangkap bola dengan teknik yang benar.
3.2.2     Memukul, melempar, dan menangkap bola dengan teknik yang benar melalui permainan Kasti.

4.2     Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dengan control yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
4.2.1     Melakukan permainan kasti sesuai aturan permainan.
4.2.2     Menunjukan sikap jujur dan sportif.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan bermain kasti, siswa mampu melempar dan menangkap bola dengan teknik yang benar.
¡  Dengan bermain kasti, siswa mampu menampilan sikap tertib dan disiplin mengikuti aturan permainan, jujur, serta sportif.
¡  Dengan bermain kasti, siswa mampu memukul, melempar, dan menangkap bola dengan teknik yang benar dengan penuh semangat.
¡  Dengan bermain kasti, siswa mampu menunjukan sikap jujur dan sportif.

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
¡  Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa.
¡  Guru melakukan apersepsi dengan menyanyi lagu “4 sehat 5 sempurna” versi “satu-satu” sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
¡  Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
¡  Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
10 menit
Inti
Menanya
¡  Ingatkan siswa untuk berdoa dahulu sebelum memulai permainan.
¡  Siswa melakukan tanya jawab bersama teman untuk mengingat kembali peraturan dalam bermain Kasti.
¡  Siswa melakukan pemanasan dengan melakukan permainan tradisional

Eksplorasi
¡  “Lempar Bola dalam Lingkaran”, dengan memperhatikan aturan main sebagai berikut.
1)    Buatlah dua kelompok besar, yaitu kelompok A dan B.
2)    Kelompok A membuat lingkaran dan kelompok B berada di dalam lingkaran.
3)    Siapkan sebanyak mungkin bola plastik untuk kelompok lingkaran. Lempari kelompok B yang berada di dalam lingkaran, sampai semua kelompok B terkena lemparan bola.
4)    Kelompok B berusaha menghindar supaya tidak terkena lemparan bola dari kelompok A.
5)    Jika semua anggota kelompok B sudah terkena lemparan bola, maka setiap kelompok berganti posisi.
»» Sis wa melakukan permainan Kasti dipandu oleh guru.
»» Ingatkan kepada siswa untuk bermain dengan sikap tertib, sportif, dan jujur.
Eksplorasi
¡  Siswa akan bermain kasti.
¡  Satu orang siswa akan memimpin doa sebelum bermain.
¡  Ingatkan siswa untuk bermain dengan jujur dan sportif.

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
10 menit
E.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : ”Selamatkan Makhluk Hidup” Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Tongkat pemukul dan bola kasti.
Mengetahui
Kepala Sekolah,



(                                         )
NIP.

..........,...........20....
Guru PJOK



(                                         )
NIP.







Lampiran 1
MATERI PEMBELAJARAN
¡  Permainan kasti.
¡  Mempraktikkan permainan kasti.

METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah































Lampiran 2
PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Teknik Penilaian
a.  Penilaian Sikap: tanggung jawab, teliti, dan disiplin.
b. Penilaian Pengetahuan: pilihan ganda dan jawaban singkat.
c. Penilaian Keterampilan: unjuk kerja

2.   Bentuk Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Percaya diri
Teliti
Displin
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
..................












2
..................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
3. Penilaian
1.  Daftar Periksa Penilaian Sikap PJOK: bermain Lempar Bola dalam Lingkaran dan Kasti.
Sikap
Sangat
Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sportif dalam bermain.




Bertanggung jawab terhadap keselamatan
diri sendiri, orang lain,  dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.




Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.




Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.




Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.




Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.




Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.





2.   Penilaian PJOK: memukul, melempar, dan menangkap bola. A.1 Nilai teknik melempar dan menangkap bola  kasti.
Kriteria
Skor 4
Skor 3
Skor 2
Skor 1
Melempar dan menangkap bola  pada tembok
  Bola yang dilempar masuk ke dalam sasaran.
  Bola yang dilempar dapat ditangkap kembali.
  Posisi kaki tidak boleh melebihi batas yang  telah ditentukan.
Memenuhi 2 dari  poin di kolom  A
Memenuhi 1 dari  poin di kolom  A
Tidak memenuhi poin  di kolom  A

3.    Nilai ketepatan yang  diperoleh saat melempar dan  menangkap bola. Siswa diberi waktu 30 detik untuk melakukan lempar tangkap bola sebanyak mungkin.
Putra
Putri
Nilai
>15
>13
4
12-14
8-10
3
9-11
5-7
2
6-8
2-4
1

b.  Daftar Periksa Penilaian Sikap  PJOK
Sikap
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
Sportif dalam bermain.




Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain,  dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.




Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.




Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.




Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain  dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.




Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.




Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.





2.   Tugas evaluasi diperiksa dan diberi skor.




No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV MATERI 1.5

  MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV   Penyusun : Jenjang Sekolah : SD K KA REDONG Kelas : IV Materi : 1.5 A...