RENCANA PELAKSNANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN ...
Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Tumbuhan Sumber Kehidupan
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
PJOK
3.2 Memahami konsep
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif
dengan kontrol yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola kecil.
3.2.1 Menjelaskan teknik memukul, melempar, dan
menangkap bola dengan teknik yang benar melalui permainan Rounders.
3.2.2 Memukul,
melempar, dan menangkap bola dengan teknik yang benar melalui permainan
Rounders.
4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor,
nonlokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam berbagai permainan
dan atau olahraga tradisional bola kecil.
4.2.1 Memukul,
melempar, dan menangkap bola dengan teknik yang benar melalui
permainan tradisional Boyboyan dan Rounders.
4.2.2 Mengembangkan
sikap jujur dan sportif melalui permainan Lempar Bola ke dalam keranjang.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡
Dengan tanya jawab, siswa mampu menjelaskan teknik memukul, melempar, dan menangkap bola dengan teknik yang benar melalui permainan Rounders dengan percaya diri.
¡
Dengan kegiatan permainan tradisional Boy-boyan dan Rounders,
siswa mampu memukul, melempar, dan
menangkap bola menggunakan teknik yang
benar dengan jujur dan sportif.
¡
Dengan
bermain rounders, siswa mampu memukul, melempar, dan menangkap bola dengan
teknik yang benar.
¡
Dengan
bermain melempar bola ke dalam keranjang dan bermain rounders, siswa mampu
mengembangkan sikap disiplin, bertanggung jawab, menghargai perbedaan, jujur,
dan sportif.
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang ” Tumbuhan Sumber Kehidupan”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang
meliputi kegiatan mengamati,
menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Sebelum melakukan kegiatan
olahraga, ingatkan siswa bahwa beragam jenis tumbuhan seperti padi, palawija,
sayuran, dan buah-buahan akan membuat tubuh sehat dan memiliki cukup energi
untuk melakukan aktivitas. Tetapi makanan saja tidak cukup, tubuh juga
memerlukan olahraga untuk sehat dan kuat.
¡
Siswa akan melakukan permainan olahraga bola kecil, minta
seorang siswa untuk memimpin doa sebelum melakukan permainan. (Mengekplorasi)
¡
Siswa melakukan pemanasan dengan melakukan
permainan tradisional Boy-Boyan.
¡
Siswa akan mengenal jenis
permainan bola kecil yang baru, yaitu Rounders yang mirip dengan
Kasti.
¡
Diskusi tanya jawab seputar teknik
memukul, melempar, dan menangkap bola, serta peraturan bermain kasti sebelum
menginformasikan tentang Rounders. (Mengasosiasi) dan
(Mengkomunikasikan)
¡
Bagi siswa dalam beberapa tim,
sesuaikan dengan peraturan dalam permainan Rounders dan jumlah siswa
yang ada.
¡
Ingatkan siswa untuk bermain Rounders
sesuai aturan dengan menerapkan sikap jujur dan sportif.
¡
Siswa melakukan permainan lempar bola kedalam
keranjang/ kardus.
¡
Siswa berlatih memukul dan menagkap bola dengan
tekhnik yangan benar, kemudian bermain rounders. (Mengekplorasi)
¡
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan
diskusi dan tanya jawab.
¡
Siswa melakukan diskusi untuk mengingat kembali
tekhnik memukul bola pada permainan kasti sebagai persiapan rounders.
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡
Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing
guru.
¡
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan
tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
¡
Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
E. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku
Siswa Tema : ”Selamatkan Makhluk Hidup” Kelas
VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2015).
¡
Perlengkapan
bermain Rounders: bola dan tongkat pemukul.
¡
Peralatan
permainan lempar bola dan rounders/kasti seperti keranjang, tongkat pemukul,
dan bola.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( )
NIP.
|
|
..........,...........20....
Guru PJOK
( )
NIP.
|
Lampiran 1
MATERI PEMBELAJARAN
¡
Permainan
tradisional Boy-boyan dan Rounders
¡
Teknik
memukul dalam permainan Rounders
METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba,
mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Lampiran 2
PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: tanggung jawab,
teliti, dan disiplin.
b. Penilaian Pengetahuan: pilihan ganda dan
jawaban singkat.
c. Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
|
|||||||||||
Percaya diri
|
Teliti
|
Displin
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
..................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
..................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
3. Daftar Periksa Penilaian Sikap PJOK.
Sikap
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kejujuran
|
Jujur sejak awal hingga akhir permainan.
|
Cukup jujur sejak awal hingga akhir permainan.
|
Jujur hanya di setengah permainan.
|
Tidak jujur sejak awal hingga akhir permainan.
|
Bertanggung jawab
|
Bermain dengan hati-hati dan menjaga keselamatan diri dan
teman.
|
Bermain cukup hati-hati dan menjaga keselamatan diri dan
teman.
|
Bermain kurang hatihati.
|
Bermain dengan ceroboh sehingga membahayakan keselamatan
diri dan teman.
|
Menghargai perbedaan.
|
Menghargai teman yang kurang terampil bermain, dan memuji
teman yang terampil.
|
Menghargai teman yang kurang terampil bermain, tetapi enggan
memuji teman yang terampil.
|
Kurang menghargai teman yang kurang terampil bermain.
|
Tidak menghargai teman yang kurang terampil bermain.
|
Kerjasama dalam kelompok
|
Mampu bekerjasama dalam permainan secara konsisten.
|
Kurang bekerjasama dalam permainan.
|
Sulit bekerjasama dalam permainan.
|
Sulit dan perlu mptivasi untuk dapat bekerjasama dalam permainan.
|
Berbagi dalam penggunaan peralatan.
|
Mampu berbagi peralatan dengan semua teman secara konsisten.
|
Terkadang mau berbagi peralatan hanya dengan beberapa teman
saja.
|
Sering kali tidak mau berbagi peralatan dengan semua teman.
|
Tidak mau berbagi peralatan dengan semua teman.
|
Disiplin
|
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik secara
konsisten.
|
Cukup disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
|
Kurang disiplin selama melakukan berbagai aktivitas
fisik.
|
Tidak disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
|
Menerima kekalahan dan kemenangan
|
Tetap tenang saat kalah dan memberi selamat kepada teman
yang menang.
|
Tetap tenang saat kalah meski tidak memberi selamat
kepada teman yang menang.
|
Kecewa dan sedih saat kalah.
|
Marah saat kalah dan menyalahkan teman lain.
|
4. Penilaian latihan Evaluasi diperiksa dan diberi skor.
5. Penilaian sikap: contoh terlampir pada lampiran di halaman akhir.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN ...
Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Hewan Sahabatku
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
PJOK
3.2 Memahami konsep
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif
dengan control yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola kecil.
3.2.1 Membedakan konsep variasi dan kombinasi pola
gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor.
4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dengan control yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
4.2.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola
gerak dasar lokomotor dan non lokomotor dalam permainan tradisional Boy-boyan
dan Rounders.
4.2.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola
gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor dalam permainan bola kecil.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡
Setelah mendengar instruksi guru, siswa mampu memahami konsep
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulative
dalam permainan rounders dengan penuh perhatian.
¡
Setelah mengamati peragaan oleh guru, siswa mampu
mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor,
dan manipulatif dalam permainan rounders dengan disiplin dan penuh tanggung
jawab.
¡
Dengan berdiskusi secara berkelompok, siswa mampu menjelaskan
strategi untuk memenangkan permainan rounders dengan bertanggung jawab.
¡
Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan berbagai
strategi dalam permainan rounders dengan sportif dan bertanggung jawab.
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan
menanyakan kabar mereka.
¡
Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa.
¡
Guru melakukan apersepsi dengan menyanyi lagu “4 sehat
5 sempurna” versi “satu-satu” sebagai awal komunikasi guru sebelum
melaksanakan pembelajaran inti.
¡
Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam
mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
¡
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang
kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari
kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
¡
Guru mengajukan kepada siswa pertanyaan dan instruksi
berikut.
¡
Pernahkah kamu memperhatikan hewan bergerak? Ternyata,
hewan juga melakukan gerakan lokomotor dan nonlokomotor. Apakah kamu masih ingat
apa yang dimaksud gerakan lokomotor dan apa yang dimaksud gerakan
nonlokomotor?
¡
Sekarang coba kamu peragakan contoh-contoh gerakan
lokomotor dan non lokomotor di hadapan teman-temanmu secara bergantian.
¡
Gerakan lokomotor dan nonlokomotor juga sering
dipraktikkan dalam permainan, salah satunya dalam permainan rounders yang
sebentar lagi akan dipraktikkan.
Eksplorasi
¡
Siswa memberikan komentar dan masukan tentang peragaan
yang telah dilakukan oleh beberapa siswa tersebut.
¡
Guru menjelaskan gerakan lokomotor dan nonlokomotor
dalam permainan dan tata cara dalam permainan rounders.
¡
Ternyata gerakan lokomotor dan nonlokomotor tersebut
juga terdapat dalam permainan tradisional Boy-boyan dan rounders yang
akan dipraktikkan. »» Siswa melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan
mempraktikkan permainan tradisional Boy-boyan yang telah dipelajari di minggu
pertama.
¡
Sebelum bermain, siswa membuat pertanyaan seputar
permainan rounders yang ingin mereka ketahui lebih lanjut.
Mengamati
¡
Siswa memperhatikan penjelasan dan demonstrasi guru
tentang permainan rounders, dan siswa dapat mengajukan pertanyaan yang
sudah mereka siapkan.
¡
Sebelum bermain rounders, siswa terlebih dahulu
berlatih lempar tangkap bola secara berpasangan dengan mengikuti instruksi
guru. Siswa diberikan kertas 14 lembar HVS. Dalam kertas tersebut, siswa
menuliskan semua hal yang diketahui tentang perkembangbiakan hewan.
¡
Siswa menukar jawaban dengan temannya. Guru membahas
secara klasikal.
Mengamati
¡
Guru meminta siswa mengamati gambar yang terdapat
dalam buku siswa tentang ketangkasan dalam bermain rounders.
¡
Siswa dipandu guru menuju lapangan/ halaman sekolah.
¡
Siswa mengamati guru memperagakan ketangkasan dalam
bermain rounders.
Mengasosiasikan
¡
Siswa mempraktikkan ketangkasan tersebut secara
berpasangan.
¡
Siswa mendiskusikan strategi untuk memenangkan
pertandingan dalam permainan rounders secara berkelompok.
¡
Siswa mempraktikkan berbagai strategi dalam permainan rounders
melalui pertandingan.
¡
Siswa diingatkan untuk berdoa sebelum bertanding.
Eksplorasi
¡
Siswa melakukan pemanasan melalui permainan
tradisional Boy-boyan.
¡
Siswa melakukan pendinginan setelah pertandingan. (Penilaian
1)
¡
Siswa mengamati rantai makanan yang terdapat di buku
siswa.
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡
Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing
guru.
¡
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan
tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
¡
Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
E. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku
Siswa Tema : ”Selamatkan Makhluk Hidup” Kelas
VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2015).
¡
Peralatan rounders dan Rounders
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( )
NIP.
|
|
..........,...........20....
Guru PJOK
( )
NIP.
|
Lampiran 1
MATERI PEMBELAJARAN
¡
Permainan
tradisional bola kecil Boy-boyan dan
Rounders.
METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba,
mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Lampiran 2
PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: tanggung jawab,
teliti, dan disiplin.
b. Penilaian Pengetahuan: pilihan ganda dan
jawaban singkat.
c. Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
|
|||||||||||
Percaya diri
|
Teliti
|
Displin
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
..................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
..................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
b. Penilaian
1.
PJOK dinilai dengan gerakan lokomotor dan nonlokomotor.
Kriteria
|
Bagus
(3)
|
Cukup
(2)
|
Berlatih Lagi
(1)
|
Gerakan lokomotor
|
Siswa dapat melakukan gerakan lokomotor dengan teknik
yang baik.
|
Siswa dapat melakukan gerakan lokomotor dengan teknik
yang cukup baik. (√)
|
Siswa dapat melakukan gerakan lokomotor dengan teknik
yang kurang baik.
|
Teknik melempar
|
Siswa dapat melempar bola
dengan teknik yang sangat
baik. (√)
|
Siswa dapat melempar bola
dengan teknik yang cukup baik.
|
Siswa dapat melempar bola
dengan teknik yang kurang baik.
|
Kerja sama
|
Siswa menunjukkan sikap kerja sama yang baik
dalam permainan.
|
Siswa menunjukkan sikap kerja sama yang cukup baik dalam permainan. (√)
|
Siswa menunjukkan sikap kerja sama yang kurang baik dalam permainan.
|
Catatan: Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : Total nilai x 10
Total kolom (9)
c. Penilaian
1.
Penilaian PJOK
A. Teknik melempar dan menangkap bola.
Kriteria
|
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
Ketepatan melempar dan menangkap bola.
|
• Bola yang dilempar masuk ke dalam sasaran.
• Bola yang dilempar dapat ditangkap kembali.
• Posisi kaki tidak boleh melebihi batas yang telah ditentukan.
|
Memenuhi
2 dari poin di
kolom 1.
|
Memenuhi
1 dari poin di
kolom 1.
|
Tidak memenuhi poin
di kolom 1.
|
B. Nilai ketepatan yang diperoleh saat melempar dan menangkap bola. Siswa diberi waktu 30 detik untuk melakukan
lempar tangkap bola sebanyak mungkin.
Putra
|
Putri
|
Nilai
|
>15
|
>13
|
4
|
12-14
|
8-10
|
3
|
9-11
|
5-7
|
2
|
6-8
|
2-4
|
1
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN ...
Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 3 : Lestarikan Hewan Dan Tumbuhan
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
PJOK
3.2 Memahami konsep
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif
dengan control yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola kecil.
3.2.1 Melempar dan menangkap bola dengan teknik
yang benar.
3.2.2 Memukul, melempar, dan menangkap bola dengan
teknik yang benar melalui permainan Kasti.
4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dengan control yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
4.2.1 Melakukan permainan kasti sesuai aturan
permainan.
4.2.2 Menunjukan sikap jujur dan sportif.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡
Dengan bermain kasti, siswa mampu melempar dan menangkap bola dengan
teknik yang benar.
¡
Dengan bermain kasti, siswa mampu menampilan sikap tertib dan
disiplin mengikuti aturan permainan, jujur, serta sportif.
¡
Dengan bermain kasti, siswa mampu memukul, melempar, dan
menangkap bola dengan teknik yang benar dengan penuh semangat.
¡
Dengan bermain kasti, siswa mampu menunjukan sikap jujur dan
sportif.
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan
menanyakan kabar mereka.
¡
Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa.
¡
Guru melakukan apersepsi dengan menyanyi lagu “4 sehat
5 sempurna” versi “satu-satu” sebagai awal komunikasi guru sebelum
melaksanakan pembelajaran inti.
¡
Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam
mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
¡
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang
kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari
kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
|
10 menit
|
Inti
|
Menanya
¡
Ingatkan siswa untuk berdoa dahulu sebelum memulai
permainan.
¡
Siswa melakukan tanya jawab bersama teman untuk
mengingat kembali peraturan dalam bermain Kasti.
¡
Siswa melakukan pemanasan dengan melakukan permainan
tradisional
Eksplorasi
¡
“Lempar Bola dalam Lingkaran”, dengan memperhatikan
aturan main sebagai berikut.
1) Buatlah dua
kelompok besar, yaitu kelompok A dan B.
2) Kelompok A
membuat lingkaran dan kelompok B berada di dalam lingkaran.
3) Siapkan
sebanyak mungkin bola plastik untuk kelompok lingkaran. Lempari kelompok B
yang berada di dalam lingkaran, sampai semua kelompok B terkena lemparan bola.
4) Kelompok B
berusaha menghindar supaya tidak terkena lemparan bola dari kelompok A.
5) Jika semua
anggota kelompok B sudah terkena lemparan bola, maka setiap kelompok berganti
posisi.
»»
Sis wa melakukan permainan Kasti dipandu oleh guru.
»»
Ingatkan kepada siswa untuk bermain dengan sikap tertib, sportif, dan jujur.
Eksplorasi
¡
Siswa akan bermain kasti.
¡
Satu orang siswa akan memimpin doa sebelum bermain.
¡
Ingatkan siswa untuk bermain dengan jujur dan sportif.
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡
Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing
guru.
¡
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan
tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
¡
Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
E. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku
Siswa Tema : ”Selamatkan Makhluk Hidup” Kelas
VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2015).
¡
Tongkat pemukul dan bola kasti.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( )
NIP.
|
|
..........,...........20....
Guru PJOK
( )
NIP.
|
Lampiran 1
MATERI PEMBELAJARAN
¡
Permainan
kasti.
¡
Mempraktikkan permainan kasti.
METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba,
mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Lampiran 2
PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: tanggung jawab,
teliti, dan disiplin.
b. Penilaian Pengetahuan: pilihan ganda dan
jawaban singkat.
c. Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
|
|||||||||||
Percaya diri
|
Teliti
|
Displin
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
..................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
..................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
3. Penilaian
1. Daftar Periksa
Penilaian Sikap PJOK: bermain Lempar Bola dalam Lingkaran dan Kasti.
Sikap
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
Sportif dalam bermain.
|
|
|
|
|
Bertanggung jawab terhadap keselamatan
diri sendiri, orang lain,
dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana
pembelajaran.
|
|
|
|
|
Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik.
|
|
|
|
|
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai
aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
|
|
|
|
|
Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam
penggunaan peralatan dan kesempatan.
|
|
|
|
|
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
|
|
|
|
|
Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
|
|
|
|
|
2. Penilaian
PJOK: memukul, melempar, dan menangkap bola. A.1 Nilai teknik melempar dan
menangkap bola kasti.
Kriteria
|
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
Melempar dan menangkap bola pada tembok
|
• Bola
yang dilempar masuk ke dalam sasaran.
• Bola
yang dilempar dapat ditangkap kembali.
• Posisi
kaki tidak boleh melebihi batas yang
telah ditentukan.
|
Memenuhi 2 dari
poin di kolom A
|
Memenuhi 1 dari
poin di kolom A
|
Tidak memenuhi poin
di kolom A
|
3. Nilai
ketepatan yang diperoleh saat melempar
dan menangkap bola. Siswa diberi waktu
30 detik untuk melakukan lempar tangkap bola sebanyak mungkin.
Putra
|
Putri
|
Nilai
|
>15
|
>13
|
4
|
12-14
|
8-10
|
3
|
9-11
|
5-7
|
2
|
6-8
|
2-4
|
1
|
b. Daftar Periksa Penilaian Sikap PJOK
Sikap
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
Sportif dalam bermain.
|
|
|
|
|
Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri,
orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
|
|
|
|
|
Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan
berbagai aktivitas fisik.
|
|
|
|
|
Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai
aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
|
|
|
|
|
Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
|
|
|
|
|
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
|
|
|
|
|
Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
|
|
|
|
|
2. Tugas evaluasi diperiksa dan
diberi skor.
No comments:
Post a Comment