KISI – KISI SOAL PAS 1
NAMA
SEKOLAH :
KELAS : V/ I
MUATAN :
PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA
DAN< KESEHATAN
ALOKASI
WAKTU : 90 MENIT
JUMLAH
SOAL : 40 NOMOR
NO
|
MUATAN/
KD
|
IPK
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
TAKSONOMI
|
BENTUK
SOAL
|
NO SOAL
|
BUTIR SOAL
|
K.J
|
1.
|
3.1
4.1
|
3.1.1.
Menjelaskan kombinasi gerak lokomotor pada permainan bola besar dengan benar.
3.1.2.
Mengidentifikasi kombinasi gerak non lokomotor pada permainan bola besar
dengan benar
3.1.3. Meganalisis kombinasi
gerak manipulatif pada permainan bola besar dengan tepat
4.1.1.
Menunjukkan
kombinasi gerak lokomotor pada permainan bola besar dengan terampil.
4.1.2.
Memberi contoh
kombinasi gerakan non lokomotor pada permainan bola besar dengan cekatan.
4.1.3.
Memperagakan kombinasi gerak manipulatif pada permainan bola besar dengan
terampil.
|
Permainan bola besar
|
Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat
menjelaskan kombinasi gerak dengan benar.
Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat menjelaskan gerak
lokomotor dalam sepak bola dengan benar
Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat menentukan salah
satu gerakan manipulatif dalam permainan sepak bola dengan
tepat.
Melalui tampilan gambar siswa dapat menunjukkan gerakkan
lokomotor pada permainan sepak bola dengan terampil
Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat menyebutkan contoh kombinasi gerak non
lokomotor pada permainan bola kaki dengan cekatan
Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat menentukan gerakan
mengayun tangan dalam permainan sepak bola dengan benar.
Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat
menjelaskan tujuan
mengontrol bola dalam permainan sepak bola dengan terampil..
Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat menyebutkan
pemain yang boleh menggunakan tangan
dalam permainan sepak bola dengan benar.
Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat Menjelaskan tujuan
gerakkan mengumpan bola pada posisi yang tepat.
|
C1
C2
C3
C3
C2
C3
C3
C3
C1
|
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
Gabungan
dari beberapa gerakan menjadi suatu rangkaian gerak disebut ….
a.
Kombinasi
gerak
b.
Gerak
dasar
c.
Gerak
lokomotor
d.
Gerak
manipulasi
Gerak
berjalan dan berlari dalam permainan sepak bola termasuk gerak ….
a.
Lokomotor
b.
Non lokomotor
c.
Manipulatif
d.
Lokomotor dan manipulatif
Manakah gerakan manipulatif dalam permainan sepak
bola dibawah ini?
A.
Gerakan melempar bola
B.
Menangkap bola posisi kaki ditempat
C.
Menahan bola ditempat
D.
Menggiring bola
Tampilan gambar dibawah ini menunjukkan gerakan …
dalam permaainan sepak bola.
a.
Manipulatif
b.
Lokomotor
c.
Non lokomotor
d.
Kombinasi gerak
Contoh kombinasi gerak non lokomotor pada permainan
bola kaki adalah ….
a.
Membungkuk
saat menangkap bola
b.
Menggiring bola
c.
Menendang bola
d.
Mengontrol bola
Gerakan
mengayun tangan pada permainan sepak bola dilakukan oleh pemain pada saat….
a.
Memukul
bola
b.
Menyentuh
bola
c.
Lemparan
ke dalam
d.
Menangkap
bola
Mengontrol
bola dalam permainan sepak bola bertujuan untuk….
a.
Mudah
menendang bola
b.
Mengatur
pergerakan bola
c.
Supaya
tidak mudah direbut lawan
d.
Memudahkan
mengumpan bola
Pemain
yang boleh menggunakan tangan saat
bermain sepak bola yaitu….
a.
Penjaga
gawang
b.
Penyerang
c.
Gelandang
d.
Pemain
belakang
Saat
mengumpan bola tidak hanya kekuatan yang diperhatikan tetapi juga posisi
teman, hal ini bertujuan untuk….
a.
Bola
cepat sampais
b.
Bola
bergerak cepat
c.
Sesuai
keinginan pemain
d.
Bola
dapat terarah ke teman
|
A
A
D
B
A
C
B
A
D
|
2.
|
3.2
4.2
|
3.2.1.
Menjelaskan langkah – langkah
kombinasi gerak lokomotor pada
permainan bola kecil.
3.2.2.
Menganalisis bentuk – bentuk kombinasi
gerak gerak non lokomootor permainan bola kecil dengan
benar.
3.2.3.
Mendeskripsikan cara melakukan kombinasi gerak manipulatif permainan bola
kecil.
4.2.1.
Melakukan kombinasi gerak lokomotor permaianan bola kecil dengan tramil.
4.2.2.
Mempragakan kombinasi gerak nonlokomotor permainan bola kecil dengan cekatan.
4.2.3.
Mempraktikkan
kombinasi gerak manipulasi permainan bola kecil.
|
Permainan
bola kecil
|
Disajikan
gambar siswa dapat menentukan
gerak nonlokomotor permainan bola kasti dengan tepat.
Dengan
mengamati gambar siswa dapat menyebutkan
contoh gerak lokomotor pada permainan bola kasti dengan benar.
Melalui
pernyataan yang disajikan siswa dapat
menguraikan gerak lokomotor pada permainan bola kasti dengan tepat.
Melaui
bernyataan yang disajikan siswa dapat menjelaskan manfaat dalam menguasai
gerak melompat dan meloncat pada permainan bola kasti dengan tepat.
Melaului
pernyataan yang disajikan siswa dapat menentukan hal-hal yang perlu
diperhatikan pada saat melempar dalam permainan bola kasti dengan benar.
Melalui pernyataan yang disajikan
siswa dapat menentukan akibat memukul tanpa ayunan dalam permainan bola kasti
dengan benar.
Melalui pernyataan yang
disajikan siswa dapat mengurutkan latihan kombinasi gerak nonlokomotor dalam
permainan bola kasti dengan tepat.
Melalui pernyataan yang
disajikan siswa dapat menentukan kemahiran melempar dan menangkap bola
permainan kasti dengan benar.
Melalui pernyataan yang
disajukan siswa dapat menjelaskan tehnik melempar bola pada permainan kasti
secara tepat.
|
C3
C3
C2
C2
C3
C3
C3
C1
|
|
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
|
Gambar di atas merupakan latihan kombinasi nonlokomotor … dalam
permainan bola kasti.
a.
Mengelak
dan memutar.
b.
Membungkuk
dan mengayun.
c.
Melempar
dan memukul.
d.
Melempar
dan menangkap.
Perhatikan gambar!
Gambar di atas adalah contoh kombinasi gerak lokomotor … dalam
permainan bola kasti.
a.
Berjalan
dan berlari
b.
Berlari
dan meloncat
c.
Berlari
dan menangkap
d.
Berlari
dan meluncur
Berikut ini yang termasuk dalam gerak
lokomotor permainan bola kasti yaitu ….
a.
melempar.
b.
mengayun.
c.
menangkap.
d.
meloncat.
Menguasai gerak melompat dan meloncat dengan baik dalam permainan bola
kasti bermanfaat untuk ….
a.
menangkap
bola dengan benar
b.
supaya
bola tidak direbut lawan
c.
mengumpan
bola dengan tepat.
d.
melempar
bola ke teman dengan tepat.
Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat melempar dalam permainan
bola kasti, kecuali ….
a.
Harus
mengarahkan bola ke sasaran.
b.
melempar
ke arah bagian dada ke atas
c.
memperkirakan
kecepatan bola
d.
tidak
boleh melempar ke arah bagian dada ke atas.
Akibat memukul tanpa ayunan dalam permainan bola kasti, adalah ….
a.
bola
melambung jauh.
b.
lawan
kesulitan menangkap bola.
c.
bola
jatuhnya dekat.
d.
Bola
mudah dipukul.
Urutan latihan kombinasi gerak nonlokomotor dalam permainan bola kasti
yang benar adalah ….
a.
mengayun,
membungkuk, memutar.
b.
memutar,
mengelak, membungkuk, dan mengayun.
c.
membungkuk,
mengayun, dan mengelak.
d.
mengelak,
memutar, membungkuk, dan mengayun.
Supaya mahir melempar dan menangkap bola, pemain harus….
a.
Membaca
buku permainan kasti
b.
Berlatih
secara rutin
c.
Makan
yang banyak
d.
Melihat
pertandingan
Bola
kasti dilempar secara mendatar apabila posisi teman ….
a.
Sangat
dekat
b.
Sangat
jauh
c.
Cukup
jauh
d.
Tidak
terlalu jauh
|
B
C
D
A
D
C
C
B
D
|
3.
|
3.3
4.3
|
3.3.1.
Menjelaskan kombinasi gerak dasar jalan dan lari dalam permainan kejar - kejaran
3.3.2.
Menganalisis kombinasi gerak dasar jalan, lempar dan lompat dalam permainan engklek.
3.3.3.
Mengidentifikasikombinasi gerak dasar jalan dan lempar dalam permainan pande.
4.3.1.
Memperagakan kombinasi gerak dasar
jalan dan lari dalam permainan kejar -
kejaran dengan semangat.
4.3.2.
Mempraktikan kombinasi gerak dasar jalan, lempar dan lompat dalam permainan engklek dengan
sportif.
3.3.3.Melakukan
kombinasi gerak dasar jalan dan lempar dalam permainan pande dengan terampil
|
Kombinasi
gerak dasar jalan, lari, lompat dan lempar dalam permainan tradisional.
|
Melalui
pernyataan siswa dapat Menyebutkan gerak lari dalam permainan dengan benar
Disajikan
gambar Menentukan gerakan lompat pada permainan dengan benar
Disajikan menyebutkan gerakan
melempar pada permainan tradisional dengan
tepat
Melalui pernyataan siswa
Mengidentifikasi lari jarak pendek
dengan baik
Melalui pernyataan siswa
Menjelaskan aba-aba yang digunakan dalam lari dengan benar
Melalui pernyataan siswa dapat
Menerapkan sikap memasuki garis finis dengan benar
Melalui pernyataan siswa Mengemukakan tujuan dari pemanasan dengan
baik dan benar
Sajikan gambar siswa dapat
Memodifikasi gerak jalan langkah empat dengan baik dan tepat
Melalui pernytaan siswa dapat
Menilai gerak jalan dan berlari dengan
bena
|
|
|
19.
20.
21.
22.
23.
24
25
26
27
|
Aktivitas
yang menggunakan gerak berlari yaitu….
a.
Bermain
kejar-kejaran
b. Berenang
c. Bermain bulu tangkis
d.
bersepeda
Gerakan
apa yang dilakukan pada gambar..
a.
Gerakan
melompat
b. Gerakan Permainan tali
c. Gerakan naik turun tali
d. Gerakan lompat tali
Perhatikan
permainan tradisional berikut ini!
Gambar;
Apakah
nama dari permainan tradisional pada gambar diatas?
a.
Angklek
b. Pande (BOIS)
c. Terompah
d. kasti
Star
yang digunakan untuk lari jarak pendek adalah…
a.
Star
berdiri
b.
Star
jongkok
c.
Star
melayang
d.
Star
sembarangan
Aba
yang didengarkan dalam lari…
a.
“Bersdia”,
“siap”, “jalan”
b.
“Bersedia,
“jalan”, “lari”
c.
“Bersedia”,
“siap”, “ya”
d.
Ya
langsung siap berlari
Untuk
memasuki garis finis, ada beberapa teknik yang harus diperhatikan, yaitu.....
a. Bergembira karna menang
b. Mendapat piala kemenangan
c. Menyuruh orang supaya membantu
d. Kecepatan lari sedikit ditambah dan dada
diputar dengan ayunan tangan ke
depan sehingga bahu sebelah maju ke depan
Tujuan
pemanasan sebelum melakukan latihan adalah sebagai berikut.
a.
Supaya
tubuh menjadi indah dilihat
b. Mempunyai badan yang
kekar
c. Menghindari cedera,
meningkatkan suhu badan, dan menyiapkan fisik dan mental
d.
Menyiapkan
senam yang lebih baik untuk memasuki gerakn inti
Perhatikan
gambar !
a. Sikap pertama berdiri tegak, kemudian
melangkah ke depan 4 kali dan 4 kali belakang, melangkah serong 4 kali ke
depan dan ke belakang 4 kali, dilakukan sesuai dengan iringan music.
b. Berdiri tegak kedua tangan dipinggang,
berdiri di atas kaki kanan ujung kaki kiri diletakkan di samping tumit kanan,
lutut kanan ditekuk sedikit, lakukan dengan menggunakan kaki yang lainnya
c. Berdiri tegak langkah kiri kedua tangan
di pinggang, lagkahkan kaki ke depan diikuti pemindahan berat badan ke depan.
d. Bermain bersama dengan memilih 4 orang
untuk melakukannya
Supaya
kombinasi gerak berjalan dan berlari teratur sebaiknya langkah kaki….
a. Panjang-panjang
b. Pendek-pendek
c. Panjang pendek
d. Teratur
|
A
B
B
B
C
D
C
A
D
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4
Menerapkan variasi dasar lokomotor dan nonlokomotor untuk membentuk gerak
dasar seni bela diri
4.4
Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor untuk membentuk
gerak dasar seni bela diri
|
1. Peserta
didik dapat menjelaskan variasi gerak lokomotor pencak silat
2. Peserta
didik dapat melakukan variasi gerak nonlokomotor pencak silat
|
Pencak Silat
|
Melalui pernyataan yan,g
disajikan siswa dapat menyebutkan contoh gerak non lokomotor dalam pencaksilat
dengan benar
Melalui pernyataan yang
disajikan siswa dapat menyebutkan salah satu jenis olah raga beladiri dengan
benar.
Dengan memperhatikan gambar pada
pernyataan siswa dapat membedakan
ketangkasan dalam pencaksilat dan ketangkasan gerak pada senam dasar dengan benar.
|
C1
C1
C3
|
PG
|
28.
29
30.
|
Dalam latihan dasar pencat silat terdapat gerak non lokomotor
contohnya ….
a. menangkis
b. Gerakan
menendang
c. Memukul
d. sikap
kuda-kuda ditempat
Manakah dari jenis olahraga dibawah ini yang termasuk olah raga bela diri
a. Pencak silat
b. Lari dan
lompat
c. Renang dan
menyelam
d. Baling-baling
Diantara gerakan gerakan ketangkasan pada gambar dibawah
ini,
manakah gambar yang menunjukkan seni bela diri pencak silat?.
A
B
D
|
D
A
A
|
3.5 Memahami aktivitas latihan daya tahan jantung
untuk pengembangan kebugaran jasmani
4.5 Mempraktikkan aktivitas latihan daya tahan jantung untuk
pengembangan kebugaran jasmani
|
1. Peserta didik dapat menjelaskan cara melakukan olahraga yang baik
dan benar supaya memperoleh faatnya
2.Peserta didik dapat merasakan manfaat olahraga lari bagi jantung
setelah rutin melakukannya
3.peserta didik dapat melakukan olahraga lari sesuai dengan gerak
dasar yang baik dan benar
|
Latihan daya tahan jantung
|
Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat
mengidentifikasikan jenis gerakkan yang bermanfaat bagi daya
tahan jantung dengan benar.
melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat
menentukan waktu yang tepat untuk berolahraga demi
meningkatkan daya tahan jantung
dengan benar.
Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat
menjelaskan manfaat olahraga dilakukan pada
pagi hari dengan benar.
Melalui gambar yang ditampilkan siswa dapat menentukan jenis
gerakan yang bermanfaat
bagi kebugaran dan daya tahan
jantung dengan benar
Dengan menyimak pernyataan yang
disajikansiswa dapatmembandingkan kemampuan gerak yang dimiliki setiap anak dengan benar
Dengan memperhatikan tampilan gerak pada
gambar siswa dapat menyebutkan manfaat latihan tarik
tambang dengan benar
Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat
membentuk formasi melingkar dalam permainan tikus- kucing dengan benar.
Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat
menyebutkan cara mempraktekkan gerakan sit up yang benar.
Melalui gambar yang ditampilkan siswa dapat menjelaskan manfaat gerakan sit up
dengan benar.
Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat
menyebutkan peran anak sebagai pendorong dalam mempraktekkan gerakan gerobak dorong dengan benar.
|
C2
C3
C1
C3
C6
C5
C5
C1
C1
C3
|
|
31
32
33
34
35
36.
37.
38
39.
40.
|
Untuk mempertahankan kebugaran tubuh dan daya tahan jantung
diperlukan latihan sebagai berikut ….
a. Lari sebulan
sekali
b. joging
setahun sekali
c. joging rutin
dan teratur
d. Renang
sekali sebulan
Olahraga paling baik untuk meningkatkan daya tahan jantung dilakukan
pada ….
a. Pagi hari
b. Siang hari
c. Sore hari
d. Malam hari
Manfaat bagi tubuh bila kita melakukan olahraga dipagi hari untuk
mendapatkan ….
a. Udara dingin
b. zat asam
arang
c. Udara segar
d. Zat asam
Amatilah gambar dibawah ini!
Gambar nomor berapakah yang paling bermanfaat bagi kebugaran tubuh ….
a.
b.
c.
d.
Kemampuan gerak yang dilakukan :
Rosa :
Joging 500 m, sit up 20 kali, lari bolak- balik 10 kali.
Lisa :
Lari 50 m, sit up 10 kali, lari bolak-balik 2 kali.
Agust :
Lari 100 m, sit up 5 kali, lari bolak-balik 2 kali
Rolan :
lari 80 m, sit up 5 kali, lari bolak-balik 1 kali.
Siapakah anak yang tingkat kebugaran yang paling tinggi ….
A. Rolan
B. Rosa
C. Agust
D. Lisa
Gerakan yang ada pada gambar disamping bermanfaat untuk melatih ….
a. Keseimbangan
b. Kecepatan
c. Kekuatan
d. Kelentukan
Bila kelas mu ditugaskan untuk bermain tikus dan kucing maka formasi
berdiri akan diatur membentuk
….
a.Lingkaran
b.Berbanjar
c.Bersaf
d.Lurus
Posisi punggung yang tepat pada saat melakukan gerakkan sit up adalah
….
a. Keatas
b. Kesamping
c. Menyentuh
teman
d. Menyentuh
matras
Gambar diatas bertujuan untuk melatih kekuatan ….
a.otot Punggung
b.Otot dada
c.Otot perut
d.Otot kaki
Peran anak sebagai pendorong dalam gerakkan gerobak berjalan adalah
….
a. Menolak
punggung teman
b. Memegang
kaki teman
c. Mendorong
tangan
d. Mengendong
temans
|
C
A
D
B
C
A
D
C
B
|
|
|
|
|
uraian
|
41.
42.
43.
44
45
46
|
UNTUK SOAL NOMOR 41 – 50.
JAWABLAH PERTANYAAN DIBAWAH INI DENGAN BENAR
DAN JELAS
Termasuk permainan apakah permainan sepak
bola?
Apakah istilah bila bola
menyentuh tangan dalam permainan sepak bola?s
Sebutkan alat yang digunakan dalam permainan
kasti?
Sebutkan tiga tekhnik dasar dalam beladiri
pencak silat!
Sebutkan tiga macam cara start dalam nomor lari
!
Sebutkan start yang digunakan dalam lari
jarak pendek!
|
|
|
|
|
|
|
|
|
47
48
49
50
|
Sebutkanlah tiga jenis latihan yang dilakukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani!
Dari Negara manakah asal seni bela diri pencak silat?
Sebutkan latihan yang bertujuan melatih
kekuatan otot lengan
Tuislah dua macam gerakkan untuk melatih
keseimbangan!
|
|
No comments:
Post a Comment