Monday, November 18, 2019

KISI – KISI SOAL PAS 1 KELAS V



KISI – KISI SOAL PAS 1
NAMA SEKOLAH                 : 
KELAS                                  :   V/ I
MUATAN                              :   PENDIDIKAN  JASMANI OLAHRAGA DAN< KESEHATAN
ALOKASI WAKTU               :   90 MENIT
JUMLAH SOAL                    :   40 NOMOR

NO
MUATAN/ KD
IPK
MATERI
INDIKATOR
TAKSONOMI
BENTUK SOAL
NO SOAL
BUTIR SOAL
K.J
1.
3.1








4.1
3.1.1. Menjelaskan kombinasi gerak lokomotor pada permainan bola besar dengan benar.
3.1.2. Mengidentifikasi kombinasi gerak non lokomotor pada permainan bola besar dengan benar

3.1.3. Meganalisis kombinasi gerak manipulatif pada permainan bola besar dengan tepat
4.1.1. Menunjukkan kombinasi gerak lokomotor pada permainan bola besar dengan terampil.

4.1.2. Memberi contoh kombinasi gerakan non lokomotor pada permainan bola besar dengan cekatan.
4.1.3. Memperagakan kombinasi gerak manipulatif pada permainan bola besar dengan terampil.
Permainan  bola besar
Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat menjelaskan kombinasi gerak dengan benar.



Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat menjelaskan gerak lokomotor dalam sepak bola dengan benar


Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat menentukan salah satu  gerakan manipulatif dalam permainan sepak bola dengan tepat.


Melalui tampilan gambar siswa dapat menunjukkan gerakkan lokomotor pada permainan sepak bola dengan terampil











Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat menyebutkan contoh kombinasi gerak non lokomotor pada permainan bola kaki dengan cekatan


Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat menentukan gerakan mengayun tangan dalam permainan sepak bola dengan benar.


Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat menjelaskan tujuan mengontrol bola dalam permainan sepak bola dengan terampil..

Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat menyebutkan pemain  yang boleh menggunakan tangan dalam permainan sepak bola dengan benar.

Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat Menjelaskan tujuan gerakkan mengumpan bola pada posisi yang tepat.


C1





C2





C3





C3














C2





C3





C3




C3





C1





1.





2.





3.





4. 














5.





6.





7.




8.





9.
Gabungan dari beberapa gerakan menjadi suatu rangkaian gerak disebut ….
a.       Kombinasi gerak
b.      Gerak dasar
c.       Gerak lokomotor
d.      Gerak manipulasi
Gerak berjalan dan berlari dalam permainan sepak bola termasuk gerak ….
a.       Lokomotor
b.      Non lokomotor
c.       Manipulatif
d.      Lokomotor dan manipulatif
Manakah gerakan manipulatif dalam permainan sepak bola dibawah ini?
A.     Gerakan melempar bola
B.     Menangkap bola posisi kaki ditempat
C.     Menahan bola ditempat
D.     Menggiring bola

Tampilan gambar dibawah ini menunjukkan gerakan … dalam permaainan sepak bola.



a.       Manipulatif
b.      Lokomotor
c.       Non lokomotor
d.      Kombinasi gerak
Contoh kombinasi gerak non lokomotor pada permainan bola kaki adalah ….
a.       Membungkuk saat menangkap bola
b.      Menggiring bola
c.       Menendang bola
d.      Mengontrol bola
Gerakan mengayun tangan pada permainan sepak bola dilakukan oleh pemain pada saat….
a.       Memukul bola
b.      Menyentuh bola
c.       Lemparan ke dalam
d.      Menangkap bola
Mengontrol bola dalam permainan sepak bola bertujuan untuk….
a.       Mudah menendang bola
b.      Mengatur pergerakan bola
c.       Supaya tidak mudah direbut lawan
d.      Memudahkan mengumpan bola
Pemain yang boleh menggunakan  tangan saat bermain sepak bola yaitu….
a.       Penjaga gawang
b.      Penyerang
c.       Gelandang
d.      Pemain belakang
Saat mengumpan bola tidak hanya kekuatan yang diperhatikan tetapi juga posisi teman, hal ini bertujuan untuk….
a.       Bola cepat sampais
b.      Bola bergerak cepat
c.       Sesuai keinginan pemain
d.      Bola dapat terarah ke teman
A





A




D




B
















A





C





B


A



D
2.
3.2
















4.2
3.2.1. Menjelaskan langkah – langkah  kombinasi gerak  lokomotor pada permainan bola kecil.
3.2.2. Menganalisis  bentuk – bentuk kombinasi gerak  gerak  non lokomootor permainan bola kecil dengan benar.
3.2.3. Mendeskripsikan cara melakukan kombinasi gerak manipulatif permainan bola kecil.
4.2.1. Melakukan kombinasi gerak lokomotor permaianan bola kecil dengan tramil.
4.2.2. Mempragakan kombinasi gerak nonlokomotor permainan bola kecil dengan cekatan.
4.2.3. Mempraktikkan kombinasi gerak manipulasi permainan bola kecil.
Permainan bola kecil
Disajikan gambar siswa dapat menentukan gerak nonlokomotor permainan bola kasti dengan tepat.












Dengan mengamati  gambar siswa dapat menyebutkan contoh gerak lokomotor pada permainan bola kasti dengan benar.








Melalui pernyataan yang disajikan  siswa dapat menguraikan gerak lokomotor pada permainan bola kasti dengan tepat.



Melaui bernyataan yang disajikan siswa dapat menjelaskan manfaat dalam menguasai gerak melompat dan meloncat pada permainan bola kasti dengan tepat.



Melaului pernyataan yang disajikan siswa dapat menentukan hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat melempar dalam permainan bola kasti dengan benar.


Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat menentukan akibat memukul tanpa ayunan dalam permainan bola kasti dengan benar.




Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat mengurutkan latihan kombinasi gerak nonlokomotor dalam permainan bola kasti dengan tepat.

Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat menentukan kemahiran melempar dan menangkap bola permainan kasti dengan benar.



Melalui pernyataan yang disajukan siswa dapat menjelaskan tehnik melempar bola pada permainan kasti secara tepat.




 C3














C3












C2





C2






C3






C3






C3







C1






10.














11.













12.






13.






14.






15.






16.






17.






18.
Perhatikan gambar!







Gambar di atas merupakan latihan kombinasi nonlokomotor … dalam permainan bola kasti.
a.    Mengelak dan memutar.
b.    Membungkuk dan mengayun.
c.    Melempar dan memukul.
d.    Melempar dan menangkap.

Perhatikan gambar!
 






Gambar di atas adalah contoh kombinasi gerak lokomotor … dalam permainan bola kasti.
a.    Berjalan dan berlari
b.   Berlari dan meloncat
c.    Berlari dan menangkap
d.   Berlari dan meluncur

Berikut ini yang termasuk dalam gerak   lokomotor permainan bola kasti yaitu ….
a.    melempar.
b.   mengayun.
c.   menangkap.
d.   meloncat.

Menguasai gerak melompat dan meloncat dengan baik dalam permainan bola kasti bermanfaat untuk ….
a.    menangkap bola dengan benar
b.   supaya bola tidak direbut lawan
c.   mengumpan bola dengan tepat.
d.   melempar bola ke teman dengan tepat.

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat melempar dalam permainan bola kasti, kecuali ….
a.    Harus mengarahkan bola ke sasaran.
b.   melempar ke arah bagian dada ke atas
c.   memperkirakan kecepatan bola
d.   tidak boleh melempar ke arah bagian dada ke atas.

Akibat memukul tanpa ayunan dalam permainan bola kasti, adalah ….
a.    bola melambung jauh.
b.   lawan kesulitan menangkap bola.
c.    bola jatuhnya dekat.
d.   Bola mudah dipukul.


Urutan latihan kombinasi gerak nonlokomotor dalam permainan bola kasti yang benar adalah ….
a.       mengayun, membungkuk, memutar.
b.   memutar, mengelak, membungkuk, dan mengayun.
c.    membungkuk, mengayun, dan mengelak.
d.   mengelak, memutar, membungkuk, dan mengayun.

Supaya mahir melempar dan menangkap bola, pemain harus….
a.    Membaca buku permainan kasti
b.   Berlatih secara rutin
c.    Makan yang banyak
d.   Melihat pertandingan


Bola kasti dilempar secara mendatar apabila posisi teman ….
a.       Sangat dekat
b.      Sangat jauh
c.       Cukup jauh
d.      Tidak terlalu jauh


B







C






D


A



D


C



C


B



D

3.
3.3














4.3
3.3.1. Menjelaskan kombinasi gerak dasar jalan dan lari dalam permainan kejar -  kejaran
3.3.2. Menganalisis kombinasi gerak dasar jalan, lempar  dan lompat dalam permainan engklek.
3.3.3. Mengidentifikasikombinasi gerak dasar jalan dan lempar dalam permainan pande.
4.3.1. Memperagakan  kombinasi gerak dasar jalan dan lari dalam permainan kejar -  kejaran dengan semangat.
4.3.2. Mempraktikan kombinasi gerak dasar jalan, lempar  dan lompat dalam permainan engklek dengan sportif.
3.3.3.Melakukan kombinasi gerak dasar jalan dan lempar dalam permainan pande dengan terampil
Kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat dan lempar dalam permainan tradisional.
Melalui pernyataan siswa dapat Menyebutkan gerak lari dalam permainan dengan benar







Disajikan gambar Menentukan gerakan lompat pada permainan dengan benar



Disajikan menyebutkan gerakan melempar pada permainan tradisional  dengan tepat










Melalui pernyataan siswa Mengidentifikasi  lari jarak pendek dengan baik



Melalui pernyataan siswa Menjelaskan aba-aba yang digunakan dalam lari dengan benar


Melalui pernyataan siswa dapat Menerapkan sikap memasuki garis finis dengan benar



Melalui pernyataan siswa  Mengemukakan tujuan dari pemanasan dengan baik dan benar 




Sajikan gambar siswa dapat Memodifikasi gerak jalan langkah empat dengan baik dan tepat











Melalui pernytaan siswa dapat Menilai gerak jalan dan berlari  dengan bena


19.










20.






21.














22.





23.





24







25












26









27
Aktivitas yang menggunakan gerak berlari yaitu….
a.       Bermain kejar-kejaran
b.      Berenang
c.       Bermain bulu tangkis
d.      bersepeda
 






Gerakan apa yang dilakukan pada gambar..
a.       Gerakan melompat
b.      Gerakan Permainan tali
c.       Gerakan naik turun tali
d.      Gerakan lompat tali


Perhatikan permainan tradisional berikut ini!
Gambar;


Apakah nama dari permainan tradisional pada gambar diatas?
a.       Angklek
b.      Pande (BOIS)
c.       Terompah
d.      kasti
Star yang digunakan untuk lari jarak pendek adalah…
a.       Star berdiri
b.      Star jongkok
c.       Star melayang
d.      Star sembarangan

Aba yang didengarkan dalam  lari…
a.       “Bersdia”, “siap”, “jalan”
b.      “Bersedia, “jalan”, “lari”
c.       “Bersedia”, “siap”, “ya”
d.      Ya langsung siap berlari

Untuk memasuki garis finis, ada beberapa teknik yang harus diperhatikan, yaitu.....
a.   Bergembira karna menang
b.   Mendapat piala kemenangan
c.   Menyuruh orang supaya membantu
d.  Kecepatan lari sedikit ditambah dan dada diputar dengan ayunan     tangan ke depan sehingga bahu sebelah maju ke depan

Tujuan pemanasan sebelum melakukan latihan adalah sebagai berikut.
a.       Supaya tubuh menjadi indah dilihat
b.      Mempunyai badan yang kekar
c.       Menghindari cedera, meningkatkan suhu badan, dan menyiapkan fisik dan mental
d.      Menyiapkan senam yang lebih baik untuk memasuki gerakn inti
 







Perhatikan gambar !
a.     Sikap pertama berdiri tegak, kemudian melangkah ke depan 4 kali dan 4 kali belakang, melangkah serong 4 kali ke depan dan ke belakang 4 kali, dilakukan sesuai dengan iringan music.
b.     Berdiri tegak kedua tangan dipinggang, berdiri di atas kaki kanan ujung kaki kiri diletakkan di samping tumit kanan, lutut kanan ditekuk sedikit, lakukan dengan menggunakan kaki yang lainnya
c.     Berdiri tegak langkah kiri kedua tangan di pinggang, lagkahkan kaki ke depan diikuti pemindahan berat badan ke depan.
d.     Bermain bersama dengan memilih 4 orang untuk melakukannya

Supaya kombinasi gerak berjalan dan berlari teratur sebaiknya langkah kaki….
a.  Panjang-panjang
b.  Pendek-pendek
c.  Panjang pendek
d.  Teratur

 A










  B






  B













B







 C






  D








  C















A















D















3.4 Menerapkan variasi dasar lokomotor dan nonlokomotor untuk membentuk gerak dasar seni bela diri
4.4 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor untuk membentuk gerak dasar seni bela diri
1. Peserta didik dapat menjelaskan variasi gerak lokomotor pencak silat


2. Peserta didik dapat melakukan variasi gerak nonlokomotor pencak silat
Pencak Silat
Melalui pernyataan yan,g disajikan siswa dapat menyebutkan contoh gerak non lokomotor dalam pencaksilat dengan benar


Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat menyebutkan salah satu jenis olah raga beladiri dengan benar.




Dengan memperhatikan gambar pada pernyataan  siswa dapat membedakan ketangkasan dalam pencaksilat dan ketangkasan gerak pada senam dasar  dengan benar.





  




C1




C1






C3
PG
28.




29






30.








Dalam latihan dasar pencat silat terdapat gerak non lokomotor contohnya ….
a. menangkis
b. Gerakan menendang
c. Memukul
d. sikap kuda-kuda ditempat
Manakah dari jenis olahraga dibawah ini yang termasuk olah raga bela diri
a. Pencak silat
b. Lari dan lompat
c. Renang dan menyelam
d. Baling-baling
Diantara gerakan gerakan ketangkasan  pada gambar dibawah ini, manakah gambar yang menunjukkan seni bela diri pencak silat?.
A              
 


B

C




 




D
D




A






A
                                                         3.5 Memahami aktivitas latihan daya tahan jantung untuk pengembangan kebugaran jasmani
4.5 Mempraktikkan aktivitas latihan daya tahan jantung untuk pengembangan kebugaran jasmani
1. Peserta didik dapat menjelaskan cara melakukan olahraga yang baik dan benar supaya memperoleh faatnya
2.Peserta didik dapat merasakan manfaat olahraga lari bagi jantung setelah rutin melakukannya
3.peserta didik dapat melakukan olahraga lari sesuai dengan gerak dasar yang baik dan benar
Latihan daya tahan jantung
Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat mengidentifikasikan jenis gerakkan yang bermanfaat bagi daya tahan jantung dengan benar.



melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat menentukan waktu yang tepat untuk berolahraga demi meningkatkan daya tahan jantung dengan benar.



Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat menjelaskan manfaat olahraga dilakukan pada  pagi hari dengan benar.



Melalui gambar yang ditampilkan siswa dapat menentukan jenis  gerakan yang bermanfaat bagi kebugaran dan daya tahan jantung dengan benar





















Dengan menyimak pernyataan yang disajikansiswa dapatmembandingkan kemampuan gerak yang dimiliki setiap anak dengan benar









Dengan memperhatikan tampilan gerak pada gambar siswa dapat menyebutkan manfaat latihan tarik tambang dengan benar






Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat membentuk formasi melingkar dalam permainan tikus- kucing dengan benar.



Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat menyebutkan cara mempraktekkan gerakan sit up yang benar.






Melalui gambar yang ditampilkan siswa dapat menjelaskan manfaat gerakan sit up dengan benar.








Melalui pernyataan yang disajikan siswa dapat menyebutkan peran anak sebagai pendorong dalam mempraktekkan gerakan gerobak dorong dengan benar.





C2





C3





C1





C3























C6










C5








C5




C1










C1





C3

31          



               

32





33





34























35










36.








37.




38











39.




40.
Untuk mempertahankan kebugaran tubuh dan daya tahan jantung diperlukan latihan sebagai berikut ….
a. Lari sebulan sekali
b. joging setahun sekali
c. joging rutin dan teratur
d. Renang sekali sebulan
Olahraga paling baik untuk meningkatkan daya tahan jantung dilakukan pada ….
a. Pagi hari
b. Siang hari
c. Sore hari
d. Malam hari

Manfaat bagi tubuh bila kita melakukan olahraga dipagi hari untuk mendapatkan ….
a. Udara dingin
b. zat asam arang
c. Udara segar
d. Zat asam
Amatilah gambar dibawah ini!
Gambar nomor berapakah yang paling bermanfaat bagi kebugaran tubuh ….
a.

b.

c.

d.


Kemampuan gerak yang dilakukan :
Rosa : Joging 500 m, sit up 20 kali, lari bolak- balik 10 kali.
Lisa : Lari 50 m, sit up 10 kali, lari bolak-balik 2 kali.
Agust : Lari 100 m, sit up 5 kali, lari bolak-balik 2 kali
Rolan : lari 80 m, sit up 5 kali, lari bolak-balik 1 kali.
Siapakah anak yang tingkat kebugaran yang paling tinggi ….
A. Rolan
B. Rosa
C.    Agust
D. Lisa

Perhatikan gambar dibawah ini!
                                             Gerakan yang ada pada gambar disamping bermanfaat untuk    melatih ….


a. Keseimbangan
b. Kecepatan
c. Kekuatan
d. Kelentukan
Bila kelas mu ditugaskan untuk bermain tikus dan kucing maka formasi berdiri  akan diatur membentuk ….
a.Lingkaran
b.Berbanjar
c.Bersaf
d.Lurus 
Posisi punggung yang tepat pada saat melakukan gerakkan sit up adalah ….
a. Keatas
b. Kesamping
c. Menyentuh teman
d. Menyentuh matras

 

Gambar diatas bertujuan untuk melatih kekuatan ….
a.otot Punggung
b.Otot dada
c.Otot perut
d.Otot kaki

Peran anak sebagai pendorong dalam gerakkan gerobak berjalan adalah ….
a. Menolak punggung teman
b. Memegang kaki teman
c. Mendorong tangan
d. Mengendong temans
C





A





D





























B













C




A





D





C









B











C1
uraian


41.

42.
43.
44
45
46
UNTUK SOAL NOMOR 41 – 50.
JAWABLAH PERTANYAAN DIBAWAH INI DENGAN BENAR DAN JELAS
Termasuk permainan apakah permainan sepak bola?
Apakah istilah bila  bola  menyentuh tangan dalam permainan sepak bola?s
Sebutkan alat yang digunakan dalam permainan kasti?
Sebutkan tiga tekhnik dasar dalam beladiri pencak silat!
Sebutkan tiga macam cara start dalam nomor lari !
Sebutkan start yang digunakan dalam lari jarak pendek!







47
48
49
50
Sebutkanlah tiga jenis latihan yang dilakukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani!
Dari Negara manakah asal  seni bela diri pencak silat?
Sebutkan latihan yang bertujuan melatih kekuatan otot lengan
Tuislah dua macam gerakkan untuk melatih keseimbangan!



No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV MATERI 1.5

  MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV   Penyusun : Jenjang Sekolah : SD K KA REDONG Kelas : IV Materi : 1.5 A...