Monday, November 18, 2019

analisis SOAL ppg


Soal-soal analisis ppg


1.Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .  
A. Heterofil
B. Homofil
C. Holomofil
D. Homogen

2. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A. Santosa S. Hamidjaja
B. Mattew B. Milers
C. Sumantri Mulyani
D. Rabbin

3. Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .
A. Bujukan (persuasion)
B. Konfirmasi (confirmation)
C. Implementasi (implementation)
D. Pengembalian keputusan (decision making)
 
4. Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .  
A. Addition
B. Restructuring
C. Alternation
D. Substitution
 
5. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan ................
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap implementasi (implementation)
 
6. Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik, kecuali ....
A. Menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
B. Memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permaina
C. Penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
D. Memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat

7. Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan untuk ….  
A. Memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain
B. Penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan
C. Berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan
D. Mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang
 
8. Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah....
A. Mulai menyukai teman sebaya sesama jenis
B. Berperan serta dalam permainan logika
C. Menyukai teman sebaya lawan jenis
D. Dapat bekerja dalam durasi waktu yang lama
 
9. Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek emosional, kecuali ....  
A. Kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan sampai akhir
B. Menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
C. Mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
D. Mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa

10. Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali ….
A. Coba-ralat (trial and error)
B. Pendidikan langsung,
C. Identifikasi
D. Observasi


11. Pada anak usia sekolah dasar sering disebut ‘usia berkelompok’. Pernyataan tersebut menunjukkan karakteristik perkembangan anak dalam aspek ….
A. Sosial
B. Moral
C. Intelektual
D. Emosional

12. Pada mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia sekolah dasar yang dapat teridentifikasi dalam proses pembelajaran adalah minat terhadap ….  
A. Masalah sosial
B. Bidang olahraga
C. Tubuh manusia
D. Kesehatan manusia

13. Dalam proses pembelajaraan Matematika, khususnya ketika guru mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap …
A. Kesehatan
B. Status
C. Penampilan
D. Pekerjaan

14. Ketika dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, ketika ada siswa yang sangat antusias memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik, dengan demikian guru dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap….
A. Penampilan
B. Pekerjaan
C. Sekolah
D. Status

15. Dalam proses pembelajaran tentang kompetensi dasar: ‘mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru tampak dapat mengidentifikasi siswa yang selalu bertanya dan mampu membuat laporan tentang apa saja yang diminatinya dengan sangat baik. Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap …
A. Seks
B. Penampilan
C. Kesehatan
D. Pekerjaan

16. Minat siswa yang dapat teridentifikasi melalui mata pelajaran IPS adalah ‘minat terhadap lambang status’. Salah satunya adalah ….
A. Nama-nama keluarga
B. Penampilan diri
C. Ikatan kekerabatan
D. Jenis pekerjaan orang tua

17. Dalam proses pembelajaran PKn, guru kelas I SD mengajarkan tentang kompetensi dasar: ‘Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat’, maka kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah …
A. Mengenal pentingnya tata tertib di mayarakat
B. Melaksanakan hidup rukun di masyarakat
C. Mengenal lingkungan rumah dan sekolah
D. Mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah

18. Untuk membelajarkan kompetensi dasar:’Perkalian bilangan’, kemampuan awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan
A. Membagi
B. Menjumlah
C. Mengurang
D. Menghitung

19. Untuk membelajarkan kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan bendabenda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
A. Membuat karangan deskriptif
B. Melengkapi kalimat belum selesai
C. Menyusun kalimat sederhana
D. Membaca kalimat sederhana

20. Kemampuan awal/prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi negara tetangga’, adalah ….
A. Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
B. Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
C. Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia
D. Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika


21. Pemahaman simbol merupakan salah satu kesulitan belajar yang sering muncul pada siswa. Hal tersebut dapat teridentifikasi melalui pengerjaan soal ….  
A. 4 + 3 = …..
B. 9 - 6 = …..
C. 8 - … = ….
D. 5 + 4 = ….

22. Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar Matematika yang sering dialami siswa usia sekolah dasar, kecuali ….
A. Adanya gangguan hubungan keruangan
B. Kesulitan dalam bahasa dan membaca
C. Gangguan mengenal dan memahami simbol
D. Performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ

23. Perhatikan soal-soal di bawah ini. 75              68 27              13 _____ _ _____ + 58              71 Jawaban soal di atas menunjukkan salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan oleh anak usia SD yang berkesulitan belajar Matematika dalam hal ….  
A. Proses penghitungan
B. Memahami simbol
C. Nilai tempat
D. Bahasa dan membaca

24. Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada siswa SD disebabkan adanya kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali ….  
A. Suara
B. Kosakata
C. Artikulasi
D. Kelancaran

25. Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa ang termasuk dalam kekurangan kemampuan kognitif adalah ….
A. Menangkap makna secara penuh
B. Mengingat kembali kata-kata
C. Membandingkan informasi yang diterima
D. Merumuskan alternatif pemecahan masalah

26. Pembelajaran Kontekstual dianggap pembelajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah ….
A. Membangkitkan minat siswa.
B. Merangsang siswa lebih aktif belajar.
C. Memberi kesempatan siswa berkreasi.
D. Membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan.

27. Kompetensi yang harus dimiliki guru (pendidik) berdasarkan Permendiknas Nomor 16  tahun 2007 adalah kompetensi …..
A. Kepribadian, pedagogik, professional, dan manajerial.
B. Kepribadian, pedagogik, professional, dan social.
C. Kepribadian, pedagogik, professional, dan kewirausahaan.
D. Pedagogik, professional, manajeria, dan sosial.

28. Setiap guru wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pernyataan ini merupakan amanah dari Permendiknas …..
A. Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
B. Nomor 23 tahun 2006 tentang SKL
C. Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses
D. Nomor 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan

29. Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisien dan efektivitas  penyelenggaraan pendidikan disebut ….
A. Standar Proses.
B. Standar Kompetensi Lulusan.
C. Standar Sarana dan Prasarana.
D. Standar Pengelolaan.

30. Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah :
A. Standar Kompetensi
B. Kompetensi Dasar
C. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
D. Standar Kompetensi Lulusan

31. Dengan telah diberlakukannya Undang-Undang No. 32 Tahun 2004, maka berbagai program pelaksanaan UKS di setiap daerah pada dasarnya diserahkan sepenuhnya kepada  ………………………….. untuk menentukan prioritas programnya  
A. Tim Pembina UKS di daerahnya masing-masing
B. Kepala Sekolah
C. Dinas Pendidikan Tingkat Kecamatan
D. Dinas Pendidikan Tingkat Kabupaten

32. UKS merupakan salah satu wahana untuk ………….  
A. Memupuk kerjasama dan toleransi diantara para siswa sedini mungkin
B. Meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin.
C. Meningkatkan tingkat kecerdasan dan keahlian siswa sedini mungkin
D. Memupuk jiwa kepemimpinan siswa sedini mungkin

33. Tujuan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah seperti tersebut dibawah ini, kecuali :
A. Meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik melalui peningkatan kualitas derajad kesehatan
B. Meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta derajat kesehatan peserta didik maupun warga belajar
C. Menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya.
D. Menciptakan tim olahraga yang solid yang siap berprestasi baik di tingkat local maupun internasional

34. Usaha Kesehatan Sekolah adalah wahana untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin. UKS merupakan perpaduan dua upaya dasar yaitu …………
A. Upaya pendidikan dan upaya kesehatan.
B. Upaya pendidikan dan pelatihan
C. Upaya olah raga dan kesehatan
D. Upaya olah raga dan Pramuka

35. Usaha Kesehatan Sekolah dijadikan sebagai usaha meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap jalur, jenis dan jenjang pendidikan, KECUALI :
A. TK/RA
B. Pendidikan Dasar SD/MI
C. Pendidikan menengah SMP/MTs dan SMA/SMK/MA.
D. Mahasiswa Perguruan Tinggi

36. Sasaran Pembinaan UKS adalah seperti dibawah ini, kecuali :
A. Peserta didik dan Pembina UKS
B. RPP dan Silabus di sekolah termasuk metodologi mengajar
C. Sarana dan prasarana pendidikan kesehatan dan pelayanan kesehatan
D. Lingkungan

37. Ruang Lingkup UKS meliputi pernyataan dibawah ini, kecuali :
A. Penyelenggaraan pendidikan kesehatan
B. Penyelenggaraan pelayanan kesehatan
C. Pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat
D. Pembinaan Tim Olah Raga yang solid
 
38. Organisasi Tim Pembina UKS pada tingkatan pemerintahan secara berjenjang diatur sebagai berikut, KECUALI :
A. Tim Pembina UKS Pusat, dibentuk di tingkat Pusat dan ditetapkan oleh Mendiknas, Menkes, Menag, dan Mendagri (SKB 4 Menteri);
B. Tim Pembina UKS tingkat sekolah dibentuk di tingkat sekolah dan ditetapkan oleh Kepala Sekolah
C. Tim Pembina UKS Provinsi, dibentuk di tingkat Provinsi dan ditetapkan oleh Gubernur;
D. Tim Pembina UKS Kabupaten/Kota, dibentuk di tingkat Kabupaten/Kota dan ditetapkan oleh Bupati/Walikota;

39. 
Tim UKS  di Sekolah/Madrasah dan Perguruan Agama memiliki tugas dan wewenang selaku :
A. Tim Pembina
B. Tim Pelaksana
C. Tim Pengawas
D. Tim Pemantau

40. Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan diberikan melalui :  
A. Kegiatan kurikuler
B. Kegiatan ekstrakurikuler
C. Kegiatan kurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler
D. Melalui Perkemahan Sabtu Malam Minggu

41. Pelaksanaan pendidikan kesehatan pada jam pelajaran sesuai dengan Garis-garis Besar Program Pengajaran mata pelajaran sains dan ilmu pengetahuan social adalah pelaksanaan pendidikan melalui …………..  
A. Kegiatan kurikuler
B. Kegiatan ekstrakurikuler
C. Palang Merah Remaja
D. Muatan Lokal

42. Materi Pendidikan Kesehatan di SD yang masuk dalam SAINS pada KBK adalah sebagai berikut, KECUALI :
A. Kebersihan dan kesehatan pribadi
B. Makanan bergizi.
C. Pendidikan kesehatan reproduksi.
D. Sistem pernapasan

  43. Tujuan Pendidikan Kebersihan Pribadi adalah seperti dibawah ini, kecuali :
A. Meningkatkan pengetahuan peserta didik mengenai masalah kebersihan dan hubungannya dengan kesehatan perseorangan, kesehatan keluarga, dan kesehatan masyarakat.
B. Mengubah sikap mental peserta didik kearah positif yang akan mendorong mereka agar secara sadar mencintai kebersihan, berbuat dan berperilaku sesuai dengan prinsip hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.
C. Meningkatkan keterampilan peserta didik yang akan memungkinkan mereka memiliki kemampuan untuk hidup bersih, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk kepentingan keluarga dan lingkungannya.
D. Meningkatkan pengetahuan peserta didik mengenai teknik bermain satu cabang olahraga sehingga memungkinkan siswa berprestasi secara professional.

44. Dalam usaha peningkatan kesehatan, masalah kebiasaan hidup bersih, menyenangi kebersihan dan keserasian harus ditanamkan sejak dini, yaitu :
A. Sejak bayi masih berada dalam kandungan
B. Dari kelas satu sekolah dasar, bahkan sejak ditaman kanakkanak (pra sekolah).
C. Sejak kelas 3 SD
D. Sejak kelas 5 SD

45. Upaya pertama dan yang paling utama agar seseorang dapat tetap dalam keadaan sehat adalah dengan ………..
A. Menjaga kesehatan di lingkungan keluarga
B. Menjaga kesehatan di lingkungan sekolah
C. Menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri
D. Menjaga kesehatan di lingkungan sekitar

46. Berikut ini adalah pernyataan yang benar mengenai Memelihara Kebersihan Pribadi, kecuali :
A. Upaya memelihara kebersihan pribadi peserta didik tidak terlepas dari upaya pendidikan secara keseluruhan dan pendidikan kesehatan pada khususnya, karena menjaga kebersihan pribadi secara optimal, tidak mungkin dapat terwujud tanpa adanya penanaman sikap hidup bersih dan contoh teladan dari orangtua dan masyarakat sekitarnya.
B. Pendidikan kebersihan adalah salah satu upaya pendidikan yang diberikan di sekolah dan di lingkungan rumah tinggal.
C. Memelihara kebersihan pribadi perlu dukungan peralatan yang memadai karena tubuh kita senantiasa bergerak dan berkeringat sehingga kuman mudah masuk atau menempel di tubuh kita.
D. Yang diharapkan dari kebersihan pribadi adalah agar peserta didik mengetahui akan manfaat dan pentingnya kebersihan pribadi an mampu membersihkan bagian-bagian tubuh, serta mampu menerapkan perawatan kebersihan pribadi dalam upaya peningkatan kesehatan pribadi.

47. Mencegah selalu lebih baik dan murah daripada mengobati. Oleh karena itu, penting sekali mengusahakan agar setiap orang dapat berbuat dan melakukan usaha pencegahan, antara lain seperti dibawah ini, KECUALI
A. Memelihara dan meningkatkan kebersihan, serta menjauhkan diri dari sumber penyakit sehingga terhindar dari penularan.
B. Memeriksakan kesehatan diri pribadi secara teratur dalam jangka waktu tertentu,sekurang-kurangnya dua kali dalam setahun.
C. Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, misalnya dengan jalan pengebalan (vaksinasi) dan selalu makan makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhan.
D. Hanya makan makanan yang memiliki standar kesehatan dari Kementerian Kesehatan sehingga asupan gizi yang masuk ke tubuh kita memenuhi standar minimal.

48. Kuku jari tangan maupun jari kaki harus selalu dipelihara kebersihannya. Ciri-ciri kuku yang sehat adalah seperti dibawah ini kecuali :
A. Kuku tumbuh dengan baik
B. Kuat
C. Bersih
D. Permukaan agak kasar sebagai pertanda kuku yang sehat

49. Frekuensi pencucian rambut sangat tergantung kepada hal-hal berikut, kecuali :
A. Keadaan cuaca apakah dalam keadaan lembab atau kering
B. Tebal atau tipisnya rambut, semakin tebal harus pula semakin sering dicuci.
C. Lingkungan atau tempat berada seseorang, misalnya pada lingkungan yang berdebu orang tersebut harus sering mencuci rambutnya.
D. Seseorang yang sering memakai minyak rambut harus pula sering mencuci rambutnya.

50. Berikut ini adalah karakteristik sikat gigi yang baik, kecuali :
A. Bulu sikatnya keras sehingga mampu menjangjau seluruh lapisan gigi.
B. Bulu sikatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu lunak
C. Permukaan bulu sikat gigi rata, kepala sikat gigi kecil,
D. Tangkai sikat gigi lurus.

51. Pengukuran pertumbuhan perlu dilakukan untuk menentukan apakah tumbuh kembang seseorang berjalan normal atau tidak. Anak yang sehat akan menunjukan pertumbuhan yang optimal. Manfaat pengukuran pertumbuhan adalah sebagai berikut KECUALI :
A. Sebagai bahan informasi untuk menilai keadaan kekurangan gizi baik yang akut maupun yang kronis.
B. Basis data fisik dan pribadi anak sebagai dasar pengiriman ke cabang olahraga yang relevan
C. Memonitor keadaan kesehatan, misalnya pada pengobatan penyakit.
D. Dasar perhitungan dosis obat dan makanan yang perlu diberikan.

52. Dibawah Ini yang tidak termasuk menu makanan empat sehat lima sempurna adalah :
A. Sepiring nasi sebagai sumber zat tenaga
B. Sepotong daging atau ikan atau sepotong tempe sebagai sumber zat pembangun
C. Semangkuk sayur
D. Segelas es kelapa muda untuk menggantikan ion tubuh yang hilang

53. Zat pengatur adalah zat gizi yang berfungsi mengatur metabolism (proses kerja tubuh). Yang bukan termasuk kelompok zat pengatur adalah A. Air
B. Karbohidrat
C. Vitamin
D. Mineral.

54. Zat pembangun adalah zat gizi yang diperlukan tubuh untuk membangun atau untuk melakukan pertumbuhan. Yang bukan termasuk  Zat Pembangun adalah
A. Protein
B. Mineral
C. Air
D. Karbohidrat

55. Berikut ini adalah pernyataan yang benar mengenai Pertumbuhan, kecuali..................
A. Pertumbuhan berkaitan dengan berkembangnya kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diperkirakan
B. Pertumbuhan berkaitan dengan masalah perubahan dalam besar, jumlah, ukuran atau dimensi tingkat sel
C. Pertumbuhan berkaitan dengan masalah perubahan organ maupun individu, yang biasanya diukur dengan ukuran berat (kilogram), ukuran panjang ( cm, meter), umur tulang dan keseimbangan
D. Pertumbuhan mempunyai dampak terhadap aspek fisik.

56. Dalam  lari kemenangan ditentukan oleh….
A. Jarak lari
B. Timer
C. Waktu tempuh
D. Starter

57. Lari termasuk cabang olahraga…..  
A. Atletik
B. Senam
C. Binaraga
D. Beladiri

58. Induk organisasi sepak bola dunia adalah….
A. FIFA
B. FINA
C. FIBA
D. IAAF

59. Jika terjadi hands ball di daerah lapangan tengah hukumannya adalah….  
A. Trow in
B. Kick of
C. Free kick
D. Goal kick

60. Posisi di depan penjaga gawang adalah…
A. Back
B. Playmaker
C. Striker
D. Keeper

61. Apabila terjadi pelanggaran di depan goal area oleh pemain bertahan maka hukumannya adalah….
A. Goal kick
B. Penalty
C. Free kick
D. Corner Kick

 62. Sumber makanan yang banyak B mengandung vitamin C adalah …  
A. Kangkung, daun singkong, bayam
B. Jeruk, tomat, jambu
C. Wortel, pepaya, nanas
D. Semangka, salak, bayam


63. Zat makanan yang berfungsi sebagai sumber tenaga adalah …
A. Protein, mineral, air
B. Vitamin, mineral, air
C. Karbohidrat, lemak, protein
D. Lemak, vitamin, air

64. Gerakan  renang yang menyerupai hewan adalah …
A. Gaya bebas
B. Gaya dada
C. Gaya punggung
D. Gaya kupu-kupu

65. Induk organisasi renang Indonesia adalah…
A. PRSI
B. PSII
C. ISSI
D. IPSI

66. Berat peluru yang dilombakan untuk putra senior adalah …
A. 4 kg
B. 4,26 kg
C. 7 kg
D. 7,26 kg

67. Handspring termasuk gerakan …
A. Atletik
B. Renang
C. Senam
D. Silat

68. Lari estafet disebut juga….
A. Suttle run
B. Steaplecease
C. Sprint
D. Berantai

69. Jumlah pelari tiap regu lari estafet adalah…
A. 1 orang
B. 2 orang
C. 3 orang
D. 4 orang

70. Jarak yang ditempuh dalam lari estafet adalah….
A. 4 x 300 m
B. 4 x 400 m
C. 1.600 m
D. 4 x 500 m

71. Gaya gunting adalah gaya dalam….
A. Lompat jauh
B. Lompat tinggi
C. Lompat indah
D. Lompat jangkit

72. Pengoreksi sikap dan bentuk tubuh yang salah adalah tujuan dari….  
A. Senam artistic
B. Senam ritmik
C. Senam irama
D. General gymnastic

73. Alat pengukur suhu tubuh adalah….  
A. Barometer
B. Thermometer
C. Stopwatch
D. Speedometer

74. Suhu badan normal manusia adalah….  
A. 40°C                  B. 39°C
C. 38°c                   D. 37°C

 75. Tempra adalah salah satu obat….
A. Diare
B. Dehidrasi
C. Turun panas
D. Cacingan

76. Permainan bola basket berasal dari….  
A. Inggris
B. Belanda
C. Amerika
D. Norwegia

77. Induk organisasi bola basket di Indonesia adalah….
A. Persani
B. Perbasi
C. PSSI
D. Persetasi

78. Salah satu kegiatan social yang dilakukan dalam posyandu adalah antaralain…
A. Penyuluhan gizi
B. Operasi kelahiran
C. Perawatan penyakit kronis
D. Pemberian obat

79. Puskesmas adalah salah satu bentuk pelayanan kesehatan pemerintah yang dilaksanakan pada tingkat….
A. RW
B. Desa
C. Kecamatan
D. Kotamadya

80. Imunisasi mempunyai sifat….
A. Preventif
B. Kuratif
C. Rehabilitative
D. Presentatif

81. Imunisasi ulang diberikan khusus wanita kelas VI SD sebanyak 2 kali berturut-turut dengan tenggang waktu 4 minggu adalah….  
A. Depteri tetanus
B. Tetanus texoid
C. Bacillus calmette quiren
D. Defteri pertusis tetanus

82. Selain anjing, binatang lain yang dapat menyebabkan rabies adalah…..
A. Kera
B. Kodok
C. Nyamuk
D. Ikan

83. Pada usia remaja putra, pertumbuhan fisik akan terus bertambah hingga usia….  
A. 21 tahun
B. 20 tahun
C. 18 tahun
D. 19 tahun

84. Usia remaja yang sudah dapat mengendalikan emosi adalah….  
A. Remaja pemuda
B. Remaja yunior
C. Remaja senior
D. Remaja usia puber

85. Salah satu jenis permainan tradisional yang kita pelajari adalah….
A. Rounders
B. Kasti
C. Kippers
D. Gobag sodor

86. Start yang digunakan pelari 100 meter adalah….
A. Standing start
B. Flying start
C. Start melayang
D. Buch start

87. Orang bertugas mengukur kecepatan lari disebut….
A. Starter
B. Timer
C. Sprinter
D. Juri

88. Induk organisasi atletik tingkat dunia adalah….
A. FIFA
B. IAAF
C. FIBA
D. FINA

89. Alat yang dipergunakan untuk senam lantai adalah….
A. Papan
B. Ubin
C. Matras
D. Bale

90. Satu regu dalam permainan sepak bola adalah….
A. 10 orang
B. 11 orang
C. 12 orang
D. 13orang

91. Agar penyakit tidak mudah menular / menyebar di sekitar kita, maka kita harus…  
A. Membiarkan sampah menumpuk
B. Membuang sampah dimana saja
C. Selalu menjaga kebersihan lingkungan
D. Membiarkan saluran air kumuh

92. Kick off dilakukan di….
A. Tengah lapangan
B. Pinggir lapangan
C. Depan gawang
D. Penjuru lapangan

93. Apabila terjadi pelanggaran handsball di titik A maka hukumannya….  
A. Kick off
B. Free kick
C. Corner kick
D. Corner kick

94. Ciri-ciri air yang dapat dikonsumsi kita adalah….
A. Terasa manis
B. Tidak berwarna dan tidak berbau
C. Berbau dan berwarna
D. Pahit kadang manis

95. Kaporit dalam system penjernihan air berfungsi sebagai….
A. Menghilangkan bau
B. Menghilangkan warna
C. Mengharumkan air
D. Membunuh kuman.

96. Ventilasi udara dalam rumah berguna untuk….
A. Pergantian cahay matahari
B. Pergantian suasana
C. Pergantian udara
D. Ke luar masuknya masuk

97.Tangki septic adalah tempat menampung….
A. Sampah
B. Limbah
C. Air buangan dapur
D. Tinja



98. Tujuan pemanasan sebelum melakukan latihan, kecuali…  
A. Menghindari tejadinya cedera
B. Meningkatkan suhu badan
C. Menyiapkan fisik dan mental
D. Untuk memenangkan pertandingan

99. Perut terasa mual, nafsu makan berkurang, tidak bergairah, wajah pucat, lesu, perut buncit, dan gatal-gatal di sekitar dubur adalh tand-tanda penyakit….
A. Kurang gizi
B. TBC
C. Cacingan
D. Diare

100. Urutan latihan untuk mencapai kebugaran jasmani adalah….
A. Latihan inti, latiahan pemanasan, latihan pendinginan
B. Latihan pemanasan, latihan pendinginan, latihan inti
C. Latihan pemanasan, latihan inti, latihan pendinginan
D. Latihan pendinginan, latihan pemanasan, latihan inti


No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV MATERI 1.5

  MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV   Penyusun : Jenjang Sekolah : SD K KA REDONG Kelas : IV Materi : 1.5 A...