YAYASAN PERSEKOLAHAN SUKMA PUSAT
KABUPATEN MANGGARAI
SEKOLAH DASAR KATOLIK KA
REDONG
Alamat : Jln.
Gurami, Kelurahan Wali, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Kode pos
86514, Email sdkkaredong12@gmail.com
CAPAIAN
PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR |
|||
|
Institusi |
: |
SDK KA REDONG |
|
Mata Pelajaran |
: |
PJOK |
|
Kelas |
: |
FASE C |
|
Tahun
Pelajaran |
: |
|
A. Rasional Mata Pelajaran Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)
Pendidikan jasmani, yang di Indonesia
dikenal sebagai Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, menurut William H
Freeman (2007: 27-28) adalah pendidikan yang menggunakan aktivitas jasmani
untuk meningkatkan individu peserta didik secara menyeluruh berupa aspek
jasmani, mental, dan emosional. Pendidikan jasmani memperlakukan setiap peserta
didik sebagai satu kesatuan utuh antara jiwa dan raga. Pernyataan tersebut
menjadikan pendidikan jasmani sebagai bidang kajian yang sangat luas dan
menarik dengan titik berat pada peningkatan pergerakan manusia (human
movement).
Pembelajaran pendidikan jasmani
dilaksanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan, model, strategi, metode,
gaya, dan teknik sesuai dengan karakteristik tugas gerak, peserta didik, dan
lingkungan belajar. Pembelajaran diarahkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan
seluruh ranah (psikomotor, kognitif, dan afektif) setiap peserta didik dengan
menekankan pada kualitas kebugaran jasmani dan perbendaharaan gerak. Pendidikan
jasmani, olahraga, dan kesehatan dilaksanakan di sekolah secara terencana,
bertahap, dan berkelanjutan agar dapat mengembangkan sikap positif peserta
didik yang dapat menghargai manfaat aktivitas jasmani untuk meningkatkan
kualitas hidup secara menyeluruh.
Berbagai penjelasan ini menyiratkan
bahwa pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan bukan semata-mata berurusan
dengan pembentukan raga, tetapi melibatkan seluruh aspek perkembangan manusia
sesuai dengan cita-cita terbentuknya Profil Pelajar Pancasila yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa,
kreatif, gotong royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan mandiri.
B. Tujuan Mata Pelajaran Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)
Tujuan
mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan untuk jenjang
pendidikan dasar dan menengah adalah membentuk individu yang terliterasi secara
jasmani, dengan uraian sebagai berikut:
1. Mengembangkan
kesadaran arti penting aktivitas jasmani untuk mencapai pertumbuhan dan
perkembangan individu, serta gaya hidup aktif sepanjang hayat.
2. Mengembangkan
pengetahuan dan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya meningkatkan dan
memelihara kebugaran jasmani, kesejahteraan diri, serta pola perilaku hidup
sehat.
3. Mengembangkan
pola gerak dasar (fundamental movement pattern) dan keterampilan gerak (motor
skills) yang dilandasi dengan penerapan konsep, prinsip, strategi, dan taktik
secara umum.
4. Meletakkan
landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai kepercayaan
diri, sportif, jujur, disiplin, kerja sama, pengendalian diri, kepemimpinan,
dan demokratis dalam melakukan aktivitas jasmani sebagai cerminan rasa tanggung
jawab personal dan sosial (personal and social responsibility).
5. Menciptakan
suasana rekreatif yang berisi keriangan, interaksi sosial, tantangan, dan
ekspresi diri.
6. Mengembangkan
Profil Pelajar Pancasila yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa,
kreatif, gotong royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan mandiri
melalui aktivitas jasmani.
C. Karakteristik Mata Pelajaran
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)
Pendidikan
jasmani, olahraga, dan kesehatan sebagai sebuah bidang kajian memiliki
karakteristik:
1. Diorientasikan
pada pembentukan peserta didik yang terliterasi secara jasmani dan mampu
menerapkannya dalam kehidupan nyata sepanjang hayat.
2. Melibatkan
peserta didik dalam pengalaman langsung, riil, dan otentik untuk meningkatkan
kreativitas, penalaran kritis, kolaborasi, dan keterampilan berkomunikasi,
serta berfikir ke tingkat yang lebih tinggi melalui aktivitas jasmani.
3. Mempertimbangkan
karakteristik peserta didik, tugas gerak (movement task), dan dukungan
lingkungan yang berprinsip developmentally appropriate practices (DAP).
4. Penyelenggaraan
di sekolah didasari nilai-nilai luhur bangsa untuk membentuk Profil Pelajar
Pancasila.
5. Memuat
elemen-elemen keterampilan gerak, pengetahuan gerak, pemanfaatan gerak, serta
pengembangan karakter dan internalisasi nilai-nilai gerak. Adapun elemen-elemen
tersebut dideskripsikan sebagaimana dalam tabel berikut.
Elemen-elemen Capaian Pembelajaran Mata
Pelajaran PJOK serta Deskripsinya
ELEMEN |
DESKRIPSI |
Keterampilan
Gerak |
Elemen ini berupa kekhasan pembelajaran
PJOK yang merupakan proses pendidikan tentang dan melalui aktivitas jasmani,
terdiri dari sub elemen: a)
Aktivitas Pengembangan
Pola Gerak Dasar (Fundamental Movement Pattern), dan b)
Aktivitas Pengembangan
Keterampilan Gerak (Motor Skills) berupa Aktivitas Pilihan Permainan dan
Olahraga, Aktivitas Senam, Aktivitas Gerak Berirama, serta Aktivitas
Permainan dan Olahraga Air (kondisional) |
Pengetahuan
Gerak |
Elemen ini berupa pemahaman, penerapan, analisis,
evaluasi, serta kreasi konsep, prinsip, prosedur, taktik dan strategi gerak
sebagai landasan dalam melakukan keterampilan, kinerja, serta budaya hidup
aktif pada setiap sub elemen: a)
Aktivitas Pengembangan
Pola Gerak Dasar (Fundamental Movement Pattern), dan b)
Aktivitas Pengembangan
Keterampilan Gerak (Motor Skills) berupa Aktivitas Pilihan Permainan dan
Olahraga, Aktivitas Senam, Aktivitas Gerak Berirama, serta Aktivitas
Permainan dan Olahraga Air (kondisional) |
Pemanfaatan
Gerak |
Elemen ini berupa pengetahuan dan
keterampilan gerak serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, terdiri
dari sub elemen: a)
Aktivitas Pemeliharaan dan
Peningkatan Kebugaran Jasmani Terkait Kesehatan dan Keterampilan, dan b)
Pola Perilaku Hidup Sehat |
Pengembangan
Karakter dan Internalisasi Nilai- nilai Gerak |
Elemen ini berupa pengembangan karakter dan
internalisasi nilai-nilai gerak secara gradual yang dirancang melalui
berbagai aktivitas jasmani, terdiri dari sub elemen: a)
Tanggung Jawab Personal
dan Sosial, serta b)
Nilai-nilai Keriangan,
Tantangan, Ekspresi Diri, dan Interaksi Sosial |
CAPAIAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (PJOK)
FASE C (UMUMNYA KELAS V DAN
VI SD/MI/PROGRAM PAKET A)
Pada akhir fase C, peserta didik dapat
menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan modifikasi berbagai aktivitas pola
gerak dasar dan keterampilan gerak, dilandasi dengan penerapan konsep dan
prinsip gerak yang benar, menerapkan konsep dan prinsip aktivitas untuk
pengembangan kebugaran jasmani, serta pola perilaku hidup sehat, menunjukkan
perilaku tanggung jawab personal dan sosial dalam jangka waktu yang lebih lama
secara konsisten, serta meyakini nilai-nilai aktivitas jasmani.
ELEMEN |
CAPAIAN
PEMBELAJARAN |
Elemen Keterampilan Gerak |
Pada akhir fase C peserta
didik dapat menunjukkan kemampuan
dalam mempraktikkan modifikasi berbagai aktivitas pola gerak dasar dan
keterampilan gerak berupa permainan dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas
gerak berirama, dan aktivitas permainan dan olahraga air (kondisional). |
Elemen Pengetahuan Gerak |
Pada akhir fase C peserta
didik dapat menerapkan konsep dan prinsip modifikasi berbagai aktivitas pola
gerak dasar dan keterampilan gerak berupa permainan dan
olahraga, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan
aktivitas permainan dan olahraga air (kondisional). |
Elemen Pemanfaatan Gerak |
Pada akhir fase C peserta
didik dapat menerapkan konsep dan prinsip serta mempraktikkan aktivitas untuk
pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physical fittness related
health), dan prosedur pengukurannya untuk mengetahui status kebugaran
pribadi. Pada fase ini, peserta didik juga memiliki pengetahuan pengembangan
pola perilaku hidup sehat berupa bahaya merokok, meminum minuman keras, dan
menyalahgunakan narkotika, zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya,
serta memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk menghindari cidera dan
berbagai risiko dalam aktivitas jasmani dan olahraga. |
Elemen Pengembangan Karakter dan
Internalisasi Nilai- nilai Gerak |
Pada akhir fase C peserta
didik terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran yang didasari kesadaran
personal dan tanggung jawab sosial berupa penggunaan alat dan fasilitas
pembelajaran, serta menghargai orang lain. Selain itu peserta didik juga
meyakini adanya interaksi sosial melalui aktivitas jasmani. |
Mengetahui, SDK
Ka Redong,…….2022
Kepala SDK Ka Redong Guru MAPEL PJOK
ELISABETH NDUENG, S.Pd Leonardus M.Dahur,S.Pd
NIP.197605132012122001
No comments:
Post a Comment