MODUL
AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV
Penyusun : Jenjang Sekolah : SDK KA REDONG Kelas : IV Materi : 1.3 Alokasi Waktu : 3 x 35 Menit (4 Kali Pertemuan). Materi Pokok : Gerak Berirama Jumlah PD : 28 orang Moda : Luring/TM |
Kompetensi Awal: Peserta didik
dapat menunjukkan kemampuan
dalam mempraktikkan dan memahami variasi dan kombinasi pola gerak dasar
langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama. |
Profil Pelajar
Pancasila: Profil pelajar pancasila yang dikembangkan pada Fase B adalah mandiri dan gotong royong yang di
tunjukkan melalui proses aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama. |
|||||
Sarana Prasarana |
|||||||
|
|||||||
Target Peserta Didik |
|||||||
·
Peserta didik regular/tipikal. ·
·
Peserta didik cerdas istimewa berbakat (CIBI). ·
·
*guru
dapat memilih target peserta didik disesuaikan dengan kondisi sekolah
masing-masing. |
|||||||
Jumlah Peserta Didik |
|||||||
·
Maksimal 28 peserta didik. |
|||||||
Ketersediaan Materi |
|||||||
·
Pengayaan untuk peserta didik CIBI atau yang berpencapaian tinggi : ·
Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas, untuk peserta didik yang
sulit memahami konsep: *Jika memilih Ya, maka di dalam pembelajaran disediakan alternatif
aktivitas sesuai kebutuhan peserta didik. *guru dapat memilih, disesuaikan dengan kondisi sekolah
masing-masing. Pada modul ini tidak tersedia pengayaan untuk peserta didik
CIBI dan tidak tersedia alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas untuk
peserta didik yang sulit memahami materi. |
|||||||
Materi Ajar, Alat, dan Bahan yang
Diperlukan |
|||||||
1.
Materi Pokok Pembelajaran a.
Materi Pembelajaran Reguler Aktivitas
pembelajaran berbagai variasi dan
kombinasi pola gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama, melalui: 1) Aktivitas Pembelajaran 1 : Fakta ,
konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan pola gerak dasar langkah kaki sambil berjalan dalam aktivitas gerak
berirama secara perorangan, berpasangan, atau berkelompok : ·
Aktivitas pembelajaran berjalan ke depan dengan langkah biasa (loopaas). ·
Aktivitas pembelajaran berjalan di tempat secara berkelompok. ·
Aktivitas pembelajaran bergeser ke kanan dan kiri secara berpasangan. ·
Aktivitas pembelajaran berjalan ke depan dengan langkap tegap. ·
Aktivitas pembelajaran berjalan ke belakang dengan langkah biasa. · Aktivitas pembelajaran berjalan maju dan mundur sesuai
irama secara berpasangan pada aktivitas gerak berirama. 2) Aktivitas Pembelajaran 2 : Fakta ,
konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan pola gerak dasar ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama secara
perorangan, berpasangan, atau berkelompok : ·
Aktivitas pembelajaran ayunan satu lengan ke depan dan ke belakang. ·
Aktivitas pembelajaran ayunan satu lengan dari depan ke samping. ·
Aktivitas pembelajaran ayunan satu lengan ke samping bersamaan dengan
memindahkan berat badan. ·
Aktivitas pembelajaran ayunan kedua lengan ke belakang dan ke depan. ·
Aktivitas pembelajaran ayunan lengan silang dan
rentang di muka badan. ·
Aktivitas pembelajaran ayunan satu lengan melingkar di atas kepala. 3) Aktivitas Pembelajaran 3 : Fakta ,
konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan variasi dan kombinasi pola gerak
dasar langkah kaki dan ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama (Senam
Ritmik) dengan hitungan/tanpa iringan musik secara perorangan, berpasangan,
atau berkelompok : Aktivitas pembelajaran latihan Senam Ayo Bersatu dengan hitungan/tanpa iringan musik. 4) Aktivitas Pembelajaran 4 : Fakta ,
konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan variasi dan kombinasi pola gerak
dasar langkah kaki dan ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama (Senam
Ritmik) dengan iringan musik secara perorangan, berpasangan, atau berkelompok
: Aktivitas
pembelajaran latihan Senam Ayo Bersatu dengan iringan musik. b.
Materi Pembelajaran Remidial Materi dapat dimodifikasi dengan mengubah jarak, pengulangan,
intensitas, dan kesempatan/frekuensi melakukan bagi peserta didik atau
kelompok peserta didik yang memperlihatkan kemampuan yang belum baik dalam
penguasaan aktivitas variasi dan
kombinasi pola gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama. Materi pembelajaran gerak yang lain dapat diberikan setelah dilakukan
identifikasi kesulitan sebelumnya. Peserta didik yang mengalami kesulitan
dapat dipasangkan dengan peserta didik yang lebih terampil sehingga dapat
dibantu dalam penguasaan keterampilan tersebut. 2.
Materi Pembelajaran Pengayaan Materi dapat dikembangkan dengan meningkatkan kompleksssitas, mengubah
lingkungan gerak di dalam aktivitas yang sederhana. Pada saat
pembelajaran, peserta didik atau kelompok peserta didik yang telah melebihi
batas ketercapaian pembelajaran diberikan kesempatan untuk melakukan aktivitas variasi dan kombinasi pola gerak dasar
langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas
gerak berirama yang lebih kompleksss. Guru juga dapat meminta peserta
didik atau kelompok peserta didik berbagi dengan teman-temannya tentang
pembelajaran yang dilakukan agar penguasaan kompetensi lebih baik (capaian
pembelajaran terpenuhi). 2.
Media Pembelajaran a.
Peserta didik
sebagai model atau guru yang memperagakan aktivitas variasi dan kombinasi pola gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti
irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama. b.
Gambar aktivitas variasi
dan kombinasi pola gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama. c.
Video pembelajaran
aktivitas variasi dan kombinasi pola gerak dasar
langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama. 3.
Bahan Pembelajaran ·
Buku Ajar ·
Link Video (jika diperlukan) ·
Lembar Kerja (student work sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas gerak. |
|||||||
Moda Pembelajaran |
|||||||
·
·
Luring. ·
*guru dapat memilih moda pembelajaran yang diinginkan
sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar yang ada. Pada modul ini
menggunakan moda luring. |
|||||||
Pengaturan Pembelajaran |
|||||||
Pengaturan Peserta didik: ·
Individu. ·
Berpasangan. ·
Berkelompok (3 s.d 7 orang). ·
Klasikal. *guru dapat mengatur sesuai dengan jumlah siswa di setiap kelasnya serta
formasi yang diinginkan. |
Metode: ·
Diskusi
·
Demonstrasi
·
Eksplorasi ·
Permainan ·
Ceramah ·
Simulasi ·
Resiprokal *guru dapat memilih salah satu metode atau
menggabungkan beberapa metode yang akan digunakan. |
||||||
Asesmen Pembelajaran |
|||||||
Menilai Ketercapaian Tujuan Pembelajaran: o Asesmen Individu
o Asesmen Kelompok *guru dapat memilih lebih dari satu sesuai kebutuhan dan keinginan |
Jenis Asesmen: o
Pengetahuan (lisan, tertulis) o
Keterampilan (praktik, kinerja) o
Sikap
(mandiri dan gotong royong). o
Portopolio. *Guru dapat memilih salah satu atau menggabungkan beberapa penilaian
yang sesuai. |
||||||
Tujuan Pembelajaran |
|||||||
Peserta didik melalui pembelajaran demonstrasi dan penugasan dapat
menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan dan memahami fakta,
konsep, dan prosedural dari variasi dan kombinasi pola gerak
dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
dalam aktivitas gerak berirama, sesuai potensi dan kreativitas yang
dimiliki. Yakni pola gerak dasar langkah kaki
sambil berjalan dalam aktivitas gerak berirama, pola gerak dasar ayunan
lengan dalam aktivitas gerak berirama, variasi dan kombinasi pola gerak dasar langkah kaki dan
ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama (Senam Ritmik) dengan
hitungan/tanpa iringan musik, variasi dan kombinasi pola gerak dasar langkah
kaki dan ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama (Senam Ritmik) dengan
iringan musik. Dan peserta didik dapat mengembangkan
nilai-nilai Profil Pelajar
Pancasila pada elemen Gotong Royong dan Mandiri dengan meregulasi dan
menginternalisasi nilai-nilai gerak seperti: berkolaborasi, kepedulian, berbagi, pemahaman diri dan situasi yang dihadapi,
dan meregulasi diri, dengan cara individu berpasangan dan berkelompok. Serta
dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. |
|||||||
Pemahaman Bermakna |
|||||||
Peserta didik dapat memanfaatkan variasi dan kombinasi pola gerak
dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
dalam aktivitas gerak berirama dalam kehidupan nyata sehari-hari. Contohnya: ketika di suatu daerah
tempat tinggal peserta didik ada kegiatan senam irama atau semacamnya, maka
peserta didik dapat memanfaatkan materi pembelajaran ini sebagai suatu gerak
dasar yang dapat membantu memudahkan peserta didik, dan ketika peserta didik
melakukan atau menciptakan suatu tari, maka peserta didik dapat memanfaatkan
materi pembelajaran ini untk membantu memudahkan proses gerak dalam tari yang
akan dilakukan, seperti pola langkahnya dan ayunan lengan. |
|||||||
Pertanyaan Pemantik |
|||||||
1.
Mengapa peserta didik perlu memahami dan menguasai pola gerak dasar langkah dan ayunan lengan dalam aktivitas gerak
berirama? 2.
Jika peserta didik dapat memahami dan menguasai pola gerak dasar langkah dan ayunan lengan dalam aktivitas gerak
berirama, manfaat apa
saja yang dapat diperoleh? |
|||||||
Prosedur Kegiatan Pembelajaran |
|||||||
1.
Persiapan Mengajar Hal-hal yang harus dipersiapkan guru sebelum melakukan kegiatan pembelajaran antara lain sebagai berikut: a.
Membaca kembali Modul Ajar yang telah dipersiapkan guru sebelumnya. b.
Membaca kembali buku-buku sumber yang berkaitan dengan pola gerak dasar langkah dan ayunan lengan dalam aktivitas gerak
berirama. c.
Menyiapkan alat pembelajaran, diantaranya: · Lapangan rumput atau lapangan sejenisnya (halaman sekolah), atau
ruangan kelas. · Tipe recorder/dvd player/laptop · Kaset/dvd/flashdisk senam ritmik/aktivitas gerak berirama. · Speaker atau pengeras
suara. ·
Peluit dan stopwatch. ·
Lembar Kerja (student work sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas gerak. 2.
Kegiatan Pengajaran Langkah-langkah
kegiatan pengajaran antara lain sebagai berikut: a.
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) 1)
Guru menyapa dan memberi salam kepada peserta didik, mengecek kehadiran,
kebersihan dan kerapian peserta didik. 2)
Guru meminta salah
seorang peserta didik untuk memimpin menyiapkan barisan di lapangan sekolah. 3)
Guru meminta salah
seorang peserta didik untuk memimpin doa, dan peserta
didik berdoa sesuai dengan agamanya masing-masing. 4)
Guru
memastikan bahwa semua peserta didik dalam
keadaan sehat, bila ada peserta didik yang kurang sehat (sakit), maka guru meminta
peserta didik tersebut untuk berisitirahat di kelas. 5)
Guru
memotivasi peserta didik untuk mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan dengan mengajukan pertanyaan tentang manfaat
olahraga bagi kesehatan dan kebugaran. 6)
Guru mengecek
penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, dengan cara tanya
jawab. Guru menjelaskan kompetensi yang harus dikuasai peserta
didik setelah proses pembelajaran (seperti yang tercantum dalam indikator
ketercapaian kompetensi). 7)
Guru
menyampaikan cakupan materi yang akan dipelajari yaitu: aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola
gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan
musik dalam aktivitas gerak berirama. 8)
Guru
menjelaskan teknik asesmen untuk kompetensi aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola
gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan
musik dalam aktivitas gerak berirama, baik kompetensi sikap (Profil Pelajar Pancasila) dengan observasi dalam bentuk jurnal, yaitu pengembangan nilai-nilai karakter gotong royong dan mandiri, kompetensi pengetahuan: memahami aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola
gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan
musik dalam aktivitas gerak berirama menggunakan
tes tertulis, dan kompetensi terkait keterampilan yaitu: mempraktikkan aktivitas pembelajaran
variasi dan kombinasi pola
gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan
musik dalam aktivitas gerak berirama, dengan menekankan pada pengembangan nilai-nilai karakter antara lain: gotong royong dan
mandiri. 9)
Dilanjutkan dengan pemanasan agar peserta
didik terkondisikan dalam materi yang akan diajarkan dengan perasaan yang menyenangkan.
Pemanasan dalam bentuk game, bermain bergerak dan bereaksi mengikuti perintah guru. Dengan ketentuan
sebagai berikut: a)
Permainan dapat dilakukan di lapangan permainan bola voli, bola basket,
atau halaman sekolah yang cukup luas. Semua peserta didik berbaris berbanjar,
dengan posisi kedua tangan memegang kedua bahu peserta didik lainnya yang
berada di depannya. b)
Cara bermain: (1) guru akan membunyikan peluit panjang
satu kali tanda permainan dimulai (2) peserta didik dalam posisi berbaris
berbanjar dan kedua tangan memegang di bahu teman yang berada di depannya
tadi, akan bergerak berjalan berputar membentuk lingkaran (3) peserta didik
berjalan bergerak dan berputar sambil menyanyikan lagu “Naik Kereta Api” atau juga dapat digunakan lagu “Naik-naik ke Puncak Gunung” untuk
menambah semangat peserta didik. (4) Sambil bergerak berputar dan bernyanyi,
peserta didik harus memperhatikan guru yang berdiri di tengah-tengah
lingkaran. (5) sesekali waktu guru akan meniup peluit dengan cepat dibarengi
dengan pemberian kode “Mengangkat Jari”,
misalnya jika guru mengacungkan sebanyak 4 jari maka itu berarti peserta
didik diminta untuk berkumpul segera membentuk kelompok sebanyak 4 orang di
tengah lingkaran dengan posisi tangan saling bergandengan. (6) jumlah
kelompok yang akan diinstruksikan guru beragam, mulai dari 3 orang hingga 10
orang. (7) peserta didik yang tidak mendapatkan kelompok berkumpul, maka akan
kalah. (8) setelah peserta didik berkumpul dan membentuk kelompok, maka
permainan dilanjutkan kembali seperti semula, lakukan hal ini lebih kurang selama
7 menit. 10)
Pembelajaran ini selain dapat mengembangkan elemen keterampilan gerak dan
pengetahuan gerak, juga mengembangkan elemen gotong royong dan mandiri
nilai-nilai Profil Pancasila dengan indikator meregulasi dan
menginternalisasi nilai-nilai gerak seperti: berkolaborasi, kepedulian, berbagai pemahaman diri dan situasi yang
dihadapi, dan meregulasi diri, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup
sehat dalam kehidupan sehari-hari. b.
Kegiatan Inti (75 Menit) Langkah-langkah kegiatan pembelajaran inti dengan
menggunakan model komando dan penugasan, dengan prosedur sebagai berikut: 1)
Peserta didik menyimak informasi dan peragaan materi
tentang variasi dan
kombinasi pola gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama, baik melalui
video pembelajaran, gambar, maupun peragaan guru atau peserta
didik. 2)
Peserta didik menerima dan mempelajari kartu tugas (task sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas aktivitas variasi dan kombinasi pola
gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan
musik dalam aktivitas gerak berirama. 3)
Peserta didik melaksanakan
tugas ajar sesuai target waktu yang ditentukan guru, untuk mencapai
ketuntasan belajar pada setiap materi pembelajaran, yaitu: aktivitas pola gerak dasar langkah kaki sambil berjalan dalam aktivitas gerak
berirama, pola gerak dasar ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama, variasi
dan kombinasi pola gerak dasar langkah kaki dan ayunan lengan dalam aktivitas
gerak berirama (Senam Ritmik) dengan hitungan/tanpa iringan musik, variasi
dan kombinasi pola gerak dasar langkah kaki dan ayunan lengan dalam aktivitas
gerak berirama (Senam Ritmik) dengan iringan musik. Secara rinci bentuk-bentuk
pembelajaran variasi dan kombinasi
pola gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama adalah sebagai
berikut: Aktivitas
1 Aktivitas pembelajaran pola gerak
dasar langkah kaki sambil berjalan dalam aktivitas gerak berirama, melalui: Fakta , konsep, dan prosedur,
serta praktik/latihan pola gerak
dasar langkah kaki sambil berjalan dalam aktivitas gerak berirama. Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur pola gerak dasar langkah kaki sambil berjalan dalam aktivitas gerak
berirama, dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar
kerja yang diberikan oleh guru. A.
Aktivitas
pembelajaran berjalan ke depan dengan langkah biasa (loopaas). Cara melakukannya: 1)
Peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok besar,
yang berbaris secara berbanjar, saling berhadapan, atur jarak diantara
peserta didik dengan merentangkan kedua tangan ke depan belakang, dan ke
kanan kiri. 2)
Kelompok satu berdiri di sebelah kanan guru, dan
kelompok dua berdiri di sebelah kiri guru, diantara kedua kelompok ini
berdiri saling berhadapan. Guru berada diantara kedua kelompok besar ini,
atau tepatnya berada di tengah-tengah dari ke seluruhan peserta didik. 3)
Guru meminta peserta didik untuk melakukan
aktivitas gerak secara bergantian, jika suatu kelompok sedang melakukan
aktivitas gerak maka kelompok lainnya akan duduk berselonjor untuk
memperhatikan dan mengamati aktivitas gerak dari kelompok lainnya. 4)
Guru akan memandu seluruh aktivitas gerak peserta
didik. 5)
Sikap awal berdiri tegak dengan rileks, kedua
tangan berada di pinggang, kedua kaki rapat, pandangan ke depan. 6)
Pada hitungan pertama, kaki kanan dilangkahkan
dari mulai tumit, telapak dan disusul dengan ujung jari. 7)
Pada hitungan kedua, kaki kiri dilangkahkan sama
seperti ketika melangkahkah kaki kanan. 8)
Kedua tangan bergerak mengayun seirama dengan
langkah kaki. 9)
Aktivitas pembelajaran ini dilakukan dalam waktu kurang lebih 10 menit, dengan
di awali dan di akhiri bunyi peluit dari guru. B. Aktivitas pembelajaran berjalan di tempat secara berkelompok. Cara melakukannya: 1)
Peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok besar,
yang berbaris secara berbanjar, saling berhadapan, atur jarak diantara
peserta didik dengan merentangkan kedua tangan ke depan belakang, dan ke
kanan kiri. 2)
Kelompok satu berdiri di sebelah kanan guru, dan
kelompok dua berdiri di sebelah kiri guru, diantara kedua kelompok ini berdiri
saling berhadapan. Guru berada diantara kedua kelompok besar ini, atau
tepatnya berada di tengah-tengah dari ke seluruhan peserta didik. 3)
Guru meminta peserta didik untuk melakukan
aktivitas gerak secara bergantian, jika suatu kelompok sedang melakukan
aktivitas gerak maka kelompok lainnya akan duduk berselonjor untuk
memperhatikan dan mengamati aktivitas gerak dari kelompok lainnya. 4)
Guru akan memandu seluruh aktivitas gerak peserta
didik. 5)
Sikap awal berdiri tegak dengan kedua tangan
berada di pinggang, kedua kaki rapat dan pandangan lurus ke depan. 6)
Kemudian angkat kaki setinggi-tingginya hingga
paha datar, kedua tangan tetap berada di pinggang, dan pandangan tetap lurus
ke depan, gerakan kaki rapat. 7)
Hitungan satu angkat kaki kiri hingga paha datar,
kemudian tumpukan lagi di samping kaki kanan, hitungan dua angkat kaki kanan. 8)
Aktivitas pembelajaran ini dilakukan dalam waktu kurang lebih 10 menit,
dengan di awali dan di akhiri bunyi peluit dari guru. C. Aktivitas pembelajaran bergeser ke kanan dan kiri secara berpasangan Cara melakukannya: 1)
Peserta didik dibagi menjadi berpasangan. 2)
Guru akan memandu aktivitas peserta didik. 3)
Lakukan gerakan bergeser ke kanan dan kiri,
dengan sikap awal berdiri saling berhadapan, kedua tangan saling
bergandengan. Hitungan 1 : kaki kanan
bergeser satu langkah ke kanan dan mintalah pasanganmu untuk mengikuti
gerakanmu. Hitungan 2 : kaki kirimu satu langkah ke kiri dan
mintalah pasanganmu untuk mengikuti
gerakanmu. Hitungan 3-4 : mengulang hitungan 1-2 Hitungan 5-8 : gerakannya seperti pada hitungan 1-4 Dilakukan 2 x 8 hitungan. 4)
Guru meminta peserta didik untuk saling mengamati
gerakan dari teman yang menjadi pasangannya, dan juga dapat memberikan
masukan atau koreksi terhadap aktivitas geak teman yang menjadi pasangannya. 5)
Aktivitas pembelajaran ini dilakukan dalam waktu kurang lebih 10 menit,
dengan di awali dan di akhiri bunyi peluit dari guru. Setelah aktivitas kegiatan ini selesai, guru menginstruksikan peserta
didik untuk dapat beristirahat, duduk dan minum kurang lebih sekitar 3-5 menit. D.
Aktivitas pembelajaran berjalan ke depan dengan langkap tegap. Cara melakukannya: 1)
Peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok besar,
yang berbaris secara berbanjar, saling berhadapan, atur jarak diantara
peserta didik dengan merentangkan kedua tangan ke depan belakang, dan ke
kanan kiri. 2)
Kelompok satu berdiri di sebelah kanan guru, dan
kelompok dua berdiri di sebelah kiri guru, diantara kedua kelompok ini
berdiri saling berhadapan. Guru berada diantara kedua kelompok besar ini,
atau tepatnya berada di tengah-tengah dari ke seluruhan peserta didik. 3)
Guru meminta peserta didik untuk melakukan
aktivitas gerak secara bergantian, jika suatu kelompok sedang melakukan
aktivitas gerak maka kelompok lainnya akan duduk berselonjor untuk
memperhatikan dan mengamati aktivitas gerak dari kelompok lainnya. 4)
Guru akan memandu seluruh aktivitas gerak peserta
didik. 5)
Berbaris dengan sikap tegak, kedua kaki rapat, pandangan lurus ke depan, kedua lengan di
samping badan lurus. 6)
Hitungan satu, langkahkan kaki kiri, hitungan dua, langkahkan
kaki kiri, lakukan sambil berjalan. 7)
Aktivitas pembelajaran ini dilakukan dalam waktu kurang lebih 15 menit,
dengan di awali dan di akhiri bunyi peluit dari guru. E.
Aktivitas
pembelajaran berjalan ke belakang dengan langkah biasa. Cara melakukannya: 1)
Peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok besar,
yang berbaris secara berbanjar, saling berhadapan, atur jarak diantara
peserta didik dengan merentangkan kedua tangan ke depan belakang, dan ke
kanan kiri. 2)
Kelompok satu berdiri di sebelah kanan guru, dan
kelompok dua berdiri di sebelah kiri guru, diantara kedua kelompok ini
berdiri saling berhadapan. Guru berada diantara kedua kelompok besar ini,
atau tepatnya berada di tengah-tengah dari ke seluruhan peserta didik. 3)
Guru meminta peserta didik untuk melakukan
aktivitas gerak secara bergantian, jika suatu kelompok sedang melakukan
aktivitas gerak maka kelompok lainnya akan duduk berselonjor untuk
memperhatikan dan mengamati aktivitas gerak dari kelompok lainnya. 4)
Guru akan memandu seluruh aktivitas gerak peserta
didik. 5)
Berjalan ke belakang dilakukan berkelompok dengan membentuk baris. 6)
Sikap permulaan berbaris tegak, kedua kaki rapat, lengan di samping badan lurus, pandangan ke depan. 7)
Hitungan satu langkahkan kaki kiri ke belakang, hitungan dua langkahkan kaki kanan ke belakang. 8)
Aktivitas pembelajaran ini dilakukan dalam waktu kurang lebih 10 menit,
dengan di awali dan di akhiri bunyi peluit dari guru. F. Aktivitas pembelajaran berjalan maju dan mundur sesuai irama secara
berpasangan pada aktivitas gerak berirama. Cara melakukannya: 1)
Peserta didik dibagi menjadi berpasangan. 2)
Guru akan memandu aktivitas peserta didik. 3)
Sikap awal berdiri tegak saling berhadapan,
kedua tangan saling berpegangan. Hitungan 1 : langkahkan kaki
kananmu satu langkah ke depan.dan mintalah pasanganmu untuk
melakukan gerakan sebaliknya. Hitungan 2 : langkahkan kaki
kananmu satu langkah ke belakang dan mintalah pasanganmu untuk
melakukan gerakan sebaliknya. Hitungan 3-4 : mengulang
hitungan 1-2 Hitungan 5-8 : gerakannya
seperti pada hitungan 1-4 Lakukan gerakan denagn serasi agar tidak bertabrakan. Dilakukan 2 x8 hitungan. 4)
Guru meminta peserta didik untuk saling mengamati
gerakan dari teman yang menjadi pasangannya, dan juga dapat memberikan
masukan atau koreksi terhadap aktivitas gerak teman yang menjadi pasangannya. 5)
Aktivitas pembelajaran ini dilakukan dalam waktu kurang lebih 15 menit,
dengan di awali dan di akhiri bunyi peluit dari guru. Aktivitas
2 Setelah peserta
didik
melakukan aktivitas 1 pembelajaran pola gerak
dasar langkah kaki sambil berjalan dalam aktivitas gerak berirama,
dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas 2 yaitu pola gerak
dasar ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama. Bentuk-bentuk aktivitas
pembelajaran pola gerak dasar ayunan lengan dalam
aktivitas gerak berirama, dapat dilakukan dengan
berbagai cara antara lain sebagai berikut: Fakta , konsep, dan prosedur,
serta praktik/ pola gerak dasar ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama. Pengetahuan
mengenai fakta, konsep, dan prosedur pola gerak dasar ayunan
lengan dalam aktivitas gerak berirama, dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai
lembar tugas yang diberikan oleh guru. A.
Aktivitas
pembelajaran ayunan satu lengan ke depan dan ke belakang. Cara melakukannya: 1)
Peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok besar,
yang berbaris secara berbanjar, saling berhadapan, atur jarak diantara
peserta didik dengan merentangkan kedua tangan ke depan belakang, dan ke
kanan kiri. 2)
Kelompok satu berdiri di sebelah kanan guru, dan
kelompok dua berdiri di sebelah kiri guru, diantara kedua kelompok ini
berdiri saling berhadapan. Guru berada diantara kedua kelompok besar ini,
atau tepatnya berada di tengah-tengah dari ke seluruhan peserta didik. 3)
Guru meminta peserta didik untuk melakukan
aktivitas gerak secara bergantian, jika suatu kelompok sedang melakukan
aktivitas gerak maka kelompok lainnya akan duduk berselonjor untuk
memperhatikan dan mengamati aktivitas gerak dari kelompok lainnya. 4)
Guru akan memandu seluruh aktivitas gerak peserta
didik. 5)
Berdiri tegak melangkah ke kiri, kedua lengan lurus ke depan, pandangan ke
depan. 6)
Ayunkan tangan satu persatu ke belakang dan depan. 7)
Saat mengayun diikuti kedua lutut mengeper. 8)
Gerakan dilakukan 6x 4 hitungan dengan irama 4/4 ketukan. 9)
Sikap akhir: berdiri tegak, langkah kiri, kedua lengan
lurus ke depan, dan pandangan ke depan. 10)
Aktivitas pembelajaran ini dilakukan dalam waktu kurang lebih 10 menit,
dengan di awali dan di akhiri bunyi peluit dari guru. B.
Aktivitas
pembelajaran ayunan satu lengan dari depan ke samping. Cara melakukannya: 1)
Peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok besar,
yang berbaris secara berbanjar, saling berhadapan, atur jarak diantara
peserta didik dengan merentangkan kedua tangan ke depan belakang, dan ke
kanan kiri. 2)
Kelompok satu berdiri di sebelah kanan guru, dan
kelompok dua berdiri di sebelah kiri guru, diantara kedua kelompok ini
berdiri saling berhadapan. Guru berada diantara kedua kelompok besar ini,
atau tepatnya berada di tengah-tengah dari ke seluruhan peserta didik. 3)
Guru meminta peserta didik untuk melakukan
aktivitas gerak secara bergantian, jika suatu kelompok sedang melakukan
aktivitas gerak maka kelompok lainnya akan duduk berselonjor untuk
memperhatikan dan mengamati aktivitas gerak dari kelompok lainnya. 4)
Guru akan memandu seluruh aktivitas gerak peserta
didik. 5)
Berdiri tegak, langkah ke kiri, kedua lengan
lurus ke depan, pandangan mata ke depan. 6)
Ayunkan tangan satu persatu ke samping. 7)
Saat mengayun diikuti kedua lutut mengeper. 8)
Gerakan dilakukan bergantian arah kiri kanan 6 x 8 hitungan dengan
irama 4/4 ketukan. 9)
Sikap akhir: berdiri tegak, kedua lengan lurus ke depan, dan pandangan ke
depan. 10)
Aktivitas pembelajaran ini dilakukan dalam waktu kurang lebih 15 menit,
dengan di awali dan di akhiri bunyi peluit dari guru. C.
Aktivitas
pembelajaran ayunan satu lengan ke samping bersamaan dengan memindahkan berat
badan. Cara melakukannya: 1)
Peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok besar,
yang berbaris secara berbanjar, saling berhadapan, atur jarak diantara
peserta didik dengan merentangkan kedua tangan ke depan belakang, dan ke
kanan kiri. 2)
Kelompok satu berdiri di sebelah kanan guru, dan
kelompok dua berdiri di sebelah kiri guru, diantara kedua kelompok ini
berdiri saling berhadapan. Guru berada diantara kedua kelompok besar ini,
atau tepatnya berada di tengah-tengah dari ke seluruhan peserta didik. 3)
Guru meminta peserta didik untuk melakukan
aktivitas gerak secara bergantian, jika suatu kelompok sedang melakukan
aktivitas gerak maka kelompok lainnya akan duduk berselonjor untuk memperhatikan
dan mengamati aktivitas gerak dari kelompok lainnya. 4)
Guru akan memandu seluruh aktivitas gerak peserta
didik. 5)
Berdiri tegak kedua kaki dibuka, kedua lengan terentang, pandangan mata ke depan. 6)
Mengayun kedua lengan ke arah kiri dan kanan. 7)
Saat mengayun diikuti kedua lutut mengeper dan berat badan dipindahkan
ke kanan dan kiri. 8)
Gerakan dilakukan 6 x 8 hitungan dengan irama 4/4 ketukan. 9)
Gerakan akhir: berdiri tegak, kedua lengan terentang, dan pandangan ke depan. 10)
Aktivitas pembelajaran ini dilakukan dalam waktu kurang lebih 10 menit,
dengan di awali dan di akhiri bunyi peluit dari guru. Setelah aktivitas kegiatan ini selesai, guru menginstruksikan peserta
didik untuk dapat beristirahat, duduk dan minum kurang lebih sekitar 3-5
menit. D.
Aktivitas pembelajaran ayunan kedua lengan ke belakang dan ke depan. Cara melakukannya: 1)
Peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok besar,
yang berbaris secara berbanjar, saling berhadapan, atur jarak diantara
peserta didik dengan merentangkan kedua tangan ke depan belakang, dan ke
kanan kiri. 2)
Kelompok satu berdiri di sebelah kanan guru, dan
kelompok dua berdiri di sebelah kiri guru, diantara kedua kelompok ini
berdiri saling berhadapan. Guru berada diantara kedua kelompok besar ini,
atau tepatnya berada di tengah-tengah dari ke seluruhan peserta didik. 3)
Guru meminta peserta didik untuk melakukan
aktivitas gerak secara bergantian, jika suatu kelompok sedang melakukan
aktivitas gerak maka kelompok lainnya akan duduk berselonjor untuk
memperhatikan dan mengamati aktivitas gerak dari kelompok lainnya. 4)
Guru akan memandu seluruh aktivitas gerak peserta
didik. 5)
Sikap
awal berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, kedua lengan
lurus ke depan. 6)
Gerakan
pertama; kedua lengan diayun ke
belakang samping kiri. 7)
Gerakan
kedua; kedua lengan diayun kembali
ke depan. 8)
Gerakan
ketiga; kedua lengan diayun ke belakang samping kanan. 9)
Gerakan
keempat; kedua lengan diayun
kembali ke depan, pandangan selalu
mengikuti ayunan lengan. 10)
Aktivitas pembelajaran ini dilakukan dalam waktu kurang lebih 10 menit,
dengan di awali dan di akhiri bunyi peluit dari guru. E.
Aktivitas pembelajaran ayunan lengan silang dan
rentang di muka badan. Cara melakukannya: 1)
Peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok besar,
yang berbaris secara berbanjar, saling berhadapan, atur jarak diantara
peserta didik dengan merentangkan kedua tangan ke depan belakang, dan ke
kanan kiri. 2)
Kelompok satu berdiri di sebelah kanan guru, dan
kelompok dua berdiri di sebelah kiri guru, diantara kedua kelompok ini
berdiri saling berhadapan. Guru berada diantara kedua kelompok besar ini,
atau tepatnya berada di tengah-tengah dari ke seluruhan peserta didik. 3)
Guru meminta peserta didik untuk melakukan
aktivitas gerak secara bergantian, jika suatu kelompok sedang melakukan
aktivitas gerak maka kelompok lainnya akan duduk berselonjor untuk
memperhatikan dan mengamati aktivitas gerak dari kelompok lainnya. 4)
Guru akan memandu seluruh aktivitas gerak peserta
didik. 5)
Sikap
awal berdiri tegak, langkahkan kaki
kiri, kedua lengan terentang. 6)
Gerakan
pertama; kedua lengan disilangkan
di muka dada. 7)
Gerakan
kedua; kedua lengan direntangkan
kembali setinggi bahu. 8)
Aktivitas pembelajaran ini dilakukan dalam waktu kurang lebih 10 menit,
dengan di awali dan di akhiri bunyi peluit dari guru. F.
Aktivitas pembelajaran ayunan satu lengan melingkar di atas kepala. Cara melakukannya: 1)
Peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok besar,
yang berbaris secara berbanjar, saling berhadapan, atur jarak diantara
peserta didik dengan merentangkan kedua tangan ke depan belakang, dan ke kanan
kiri. 2)
Kelompok satu berdiri di sebelah kanan guru, dan
kelompok dua berdiri di sebelah kiri guru, diantara kedua kelompok ini
berdiri saling berhadapan. Guru berada diantara kedua kelompok besar ini,
atau tepatnya berada di tengah-tengah dari ke seluruhan peserta didik. 3)
Guru meminta peserta didik untuk melakukan
aktivitas gerak secara bergantian, jika suatu kelompok sedang melakukan
aktivitas gerak maka kelompok lainnya akan duduk berselonjor untuk
memperhatikan dan mengamati aktivitas gerak dari kelompok lainnya. 4)
Guru akan memandu seluruh aktivitas gerak peserta
didik. 5)
Sikap
awal berdiri tegak, langkahkan kaki kiri dan kedua
lengan lurus ke depan. 6)
Gerakan
pertama; lengan kanan diayunkan melingkar ke dalam satu lingkaran di atas kepala, badan meliuk ke belakang. 7)
Gerakan
kedua; tegak langkah kaki kanan, kedua lengan lurus ke depan. 8)
Gerakan
ketiga; lengan kiri diayun melingkar ke dalam satu lingkaran di atas kepala, badan meliuk ke belakang. 9)
Gerakan
keempat; tegak langkah kaki kiri
kedua lengan lurus ke depan. 10)
Aktivitas pembelajaran ini dilakukan dalam waktu kurang lebih 10 menit,
dengan di awali dan di akhiri bunyi peluit dari guru. Aktivitas
3 Setelah peserta
didik
melakukan aktivitas 2
pembelajaran gerak dasar ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama,
dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas 3 yaitu variasi dan kombinasi pola gerak
dasar langkah kaki dan ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama (Senam
Ritmik) dengan hitungan/tanpa iringan musik. Bentuk-bentuk
aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar langkah kaki dan ayunan lengan
dalam aktivitas gerak berirama (Senam Ritmik) dengan hitungan/tanpa iringan musik,
dapat
dilakukan dengan berbagai cara antara lain sebagai berikut: Fakta , konsep, dan prosedur,
serta praktik/latihan variasi dan kombinasi pola gerak dasar langkah kaki dan
ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama (Senam Ritmik) dengan
hitungan/tanpa iringan musik. Pengetahuan
mengenai fakta, konsep, dan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar langkah kaki
dan ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama (Senam Ritmik) dengan
hitungan/tanpa iringan musik, dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai
lembar tugas yang diberikan oleh guru. Aktivitas pembelajaran latihan Senam Ayo Bersatu dengan hitungan/tanpa iringan
musik. Cara
melakukannya: 1)
Guru meminta seluruh peserta didik untuk berbaris
berbanjar di lapangan. Kemudian mengatur jarak dengan merentangkan kedua
tangan ke depan dan ke belakang dan ke kanan kiri. 2)
Guru akan memandu seluruh aktivitas gerak peserta
didik. 3)
Guru meminta peserta didik untuk dapat mengikuti
rangkaian aktivitas gerak yang akan dicontohkan oleh guru dengan baik dan
bersemangat. 4)
Guru dan peserta didik melakukan latihan Senam
Ayo Bersatu secara bersama-sama. 5)
Latihan Pemanasan : Ø Latihan
1 : Jalan di tempat (2 X 8
hitungan) Ø Latihan
2 : Gerakan kepala dan leher (4 X
8 hitungan) Ø
Latihan 3 : Gerakan bahu (4 X
8 hitungan) Ø
Latihan 4 : Gerakan dada I (4
X 8 hitungan) Ø
Latihan 5 : Gerakan dada II
(4 X 8 hitungan) Ø
Latihan 6 : Gerakan pinggang
I (4 X 8 hitungan) Ø
Latihan 7 : Gerakan pinggang
II (4 X 8 hitungan) Ø
Latihan 8 : Gerakan kombinasi
I (4 X 8 hitungan) Ø
Latihan 9 : Gerakan kombinasi
II (4 X 8 hitungan) Ø
Latihan 10 : Gerakan kombinasi
III (4 X 8 hitungan) Ø Latihan
11 : Gerakan peregangan dinamis dan
statis (6 X 8 hitungan) Ø
Latihan 12 : Gerakan peregangan
statis (4 X 8 hitungan) Ø Latihan 13 :
Gerakan peregangan statis (6 X 8 hitungan) 6)
Latihan Inti Ø Latihan
1 : Ayun siku
bergantian ke atas
kepala-depan perut dan
lurus tekuk lengan setinggi
bahu (6 X 8 hitungan). Ø Latihan
2 : Ayun kepalan
tangan ke arah bahu, dorong ke bawah dan ke muka
setinggi bahu (4 X 8 hitungan). Ø Latihan
3 : Angkat siku setinggi bahu dan ayun
lurus lengan ke atas (6 X 8 hitungan) Ø Latihan
4 : Dorong lengan ke depan-atas dan
serong setinggi bahu (6 X 8 hitungan). Ø Latihan
5 : Ayun silang
di depan-tekuk siku-siku setinggi
bahu dan ayun siku di depan dada (6 X 8 hitungan). Ø
Latihan 6 : Dorong telapak
tangan ke kanan-kiri dan
ke atas serta putar lengan lurus ke atas-bawah (6 X 8 hitungan). Ø Latihan
7 : Jalan di tempat dan “single step” zig-zag (2 X 8 hitungan). 7)
Latihan Pendinginan Ø Latihan
1 : Gerakan peregangan
dinamis dan statis (4 X 8 hitungan). Ø Latihan
2 : Gerakan peregangan
dinamis dan statis (4 X 8 hitungan). Ø
Latihan 3 : Gerakan
peregangan statis (4 X 8 hitungan). Ø
Latihan 4 : Gerakan
peregangan statis (4 X 8 hitungan). Ø
Latihan 5 : Gerakan
peregangan statis (3 X 8 hitungan). Ø
Latihan 6 : Gerakan
peregangan statis (3 X 8 hitungan). Ø
Latihan 7 : Gerakan
mengambil napas (4 X 8 hitungan). 8)
Aktivitas pembelajaran ini dilakukan hingga 2-3 kali pengulangan, dengan
waktu istirahat kurang lebih 5 menit di setiap akhir aktivitas. Aktivitas
4 Setelah peserta
didik
melakukan aktivitas 3 pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak
dasar langkah kaki dan ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama (Senam
Ritmik) dengan hitungan/tanpa iringan musik, dilanjutkan dengan
mempelajari aktivitas 4 yaitu variasi dan kombinasi pola gerak
dasar langkah kaki dan ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama (Senam
Ritmik) dengan iringan musik. Bentuk-bentuk
aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar langkah kaki dan ayunan lengan
dalam aktivitas gerak berirama (Senam Ritmik) dengan iringan musik, dapat
dilakukan dengan berbagai cara antara lain sebagai berikut: Fakta , konsep, dan prosedur,
serta praktik/latihan variasi dan kombinasi pola gerak dasar langkah kaki dan
ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama (Senam Ritmik) dengan iringan
musik. Pengetahuan
mengenai fakta, konsep, dan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar langkah kaki
dan ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama (Senam Ritmik) dengan
iringan musik, dipelajari
melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru. Aktivitas pembelajaran latihan Senam Ayo Bersatu dengan iringan musik. Cara
melakukannya: Ø
Guru meminta seluruh peserta didik untuk membentuk
kelompok, dengan jumlah anggota kelompok kurang lebih 7 orang, setiap
kelompok mengambil tempatnya masing-masing. Ø
Guru memberikan kartu tugas pada setiap kelompok
peserta didik. Ø
Guru meminta peserta didik untuk dapat mengatur
posisi/formasi dari kelompoknya masing-masing, contohnya berbentuk lingkaran,
segitiga, berbanjar, dll. Ø
Guru meminta peserta didik untuk melakukan
latihan Senam Ayo Bersatu, fokus pada kelompoknya masing-masing, dengan
gerakan-gerakan yang sudah dipelajari sebelumnya. Ø
Guru meminta peserta didik, untuk dapat bereksplorasi
merancang dan menciptakan kreativitas pada latihan Senam Ayo Bersatu, seperti
modifikasi posisi/formasi pada setiap
fase latihan. Ø
Rangkaian aktivitas pembelajaran pada pertemuan
kali ini sama dengan aktivitas pembelajaran sebelumnya. Namun pada aktivitas
pembelajaran latihan Senam Ayo Bersatu kali ini akan di iringi dengan irama
musik. Ø
Aktivitas pembelajaran ini dilakukan hingga 2-3 kali pengulangan, dengan
waktu istirahat kurang lebih 5 menit di setiap akhir aktivitas. 4)
Guru mengamati seluruh gerakan peserta didik secara individu berpasangan maupun
kelompok. 5)
Seluruh aktivitas gerak variasi dan kombinasi pola
gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan
musik dalam aktivitas gerak berirama, peserta didik diawasi dan diberikan koreksi oleh guru apabila ada
kesalahan gerakan. 6)
Peserta didik secara individu dan kelompok melakukan aktivitas variasi dan kombinasi pola gerak dasar
langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama sesuai dengan koreksi oleh guru. 7) Seluruh aktivitas gerak variasi dan kombinasi pola gerak dasar
langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama peserta didik setelah diberikan umpan balik
diamati oleh guru secara individu maupun kelompok. 8) Peserta didik secara individu,
berpasangan, dan atau kelompok melakukan aktivitas gerak variasi dan kombinasi pola gerak dasar
langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama, sesuai dengan koreksi yang diberikan oleh
guru. 9) Guru mengamati seluruh aktivitas peserta
didik dalam melakukan aktivitas variasi
dan kombinasi pola gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama secara
seksama. Hasil belajar peserta didik dinilai selama proses dan di akhir
pembelajaran. c.
Kegiatan
Penutup (15
menit) 1)
Salah seorang peserta didik di bawah bimbingan
guru melakukan gerak pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya. 2)
Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan
belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan
secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan aktivitas pembelajaran. 3)
Guru menginformasikan kepada peserta didik, kelompok dan peserta didik
yang paling baik penampilannya selama mengikuti aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama. 4)
Guru menugaskan peserta didik yang terkait dengan pembelajaran yang telah dilakukan untuk
membaca dan membuat kesimpulan tentang
aktivitas variasi dan kombinasi pola gerak dasar
langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama, hasilnya dijadikan
sebagai tugas penilaian
penugasan. 5)
Berdoa dipimpin oleh salah satu
peserta didik dan menyampaikan salam. 6)
Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib. Dan bagi peserta didik yang bertugas, mengembalikan peralatan ke tempat semula. |
|||||||
Asesmen |
|||||||
1.
Asesmen Sikap
Penilaian Pengembangan
Karakter (Dimensi Mandiri dan Gotong Royong)
a.
Petunjuk
Penilaian
(Lembar Penilaian Sikap Diri)
1)
Isikan identitas kalian.
2)
Berikan tanda cek (√) pada kolom “Ya” jika
sikap yang ada dalam pernyataan sesuai dengan sikap Kalian, dan “Tidak” jika
belum sesuai.
3)
Isilah pernyataan tersebut dengan jujur.
4)
Hitunglah jumlah jawaban “Ya”.
5)
Lingkari kriteria Sangat Baik, Baik, atau Baik sesuai
jumlah “Ya” yang terisi.
b.
Rubrik Asesmen Sikap
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
||
1. |
Saya membuat target penilaian yang nyata sesuai dengan kemampuan dan minat
belajar yang say dilakukan. |
|
|
||
2. |
Saya memantau kemajuan belajar yang saya capai serta memperkirakan tantangan yang
dihadapi. |
|
|
||
3. |
Saya menyusun langkah-langkah
dan strategi untuk mengelola perasaan dan sikap dalam pelaksanaan belajar. |
|
|
||
4. |
Saya merancang strategi dalam mencapai tujuan belajar. |
|
|
||
5. |
Saya mengkritik kemampuan diri sendiri dalam bekerja secara mandiri untuk
mencapai tujuan. |
|
|
||
6. |
Saya berupaya secara maksimal dalam mencapai tujuan
yang telah direncanakannya. |
|
|
||
7. |
Saya membuat tugas baru dan keyakinan/semangat baru dalam melaksanakannya. |
|
|
||
8. |
Saya menyamakan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan
tujuan kelompok. |
|
|
||
9. |
Saya memahami hal-hal yang diungkapkan oleh orang lain
secara baik. |
|
|
||
10. |
Saya melakukan kegiatan kelompok dengan kelebihan dan kekurangan, dan dapat
saling membantu. |
|
|
||
11. |
Saya membagi peran dan menyesuaikan tindakan dalam kelompok untuk mencapai
tujuan bersama. |
|
|
||
12. |
Saya peduli terhadap lingkungan sosial. |
|
|
||
13. |
Saya menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan orang lain menampilkan
reaksi tertentu. |
|
|
||
14. |
Saya mengupayakan memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada lingkungan
sosial. |
|
|
||
Sangat Baik |
Baik |
Perlu Perbaikan |
|||
Jika
lebih dari 10
pernyataan terisi “Ya” |
Jika
lebih dari 8
pernyataan terisi “Ya” |
Jika
lebih dari 6
pernyataan terisi “Ya” |
|||
2.
Asesmen Pengetahuan
Teknik |
Bentuk |
Contoh
Instrumen |
Kriteria
Penilaian |
Tes Tulis |
Pilihan Ganda |
1.
Yang bukan termasuk pola gerak dasar dalam aktivitas gerak berirama adalah
.... A. Pola gerak
langkah kaki B. Pola gerak
ayunan lengan C. Pola gerak kepala D. Pola gerak
jari-jari Kunci: D 1.
Berdiri dengan sikap tegak rileks, langkahkan kaki
kiri ke depan dan kedua lengan di samping badan, langkahkan kaki
kanan ke depan dan jatuhkan pada tumit, dan lanjutkan melangkah dengan kaki kiri secara bergantian. Gerakan
tersebut merupakan gerakan langkah . . . . A. biasa B. rapat C. samping D. ganti Kunci: A 2.
Yang termasuk contoh
pola gerak dasar ayunan lengan senam adalah .... A. Ayunan kepala
ke atas dan ke bawah. B. Ayunan lengan
ke depan dan ke belakang. C. Berjalan
langkah kaki biasa. D. Berjalan
langkah kaki rapat. Kunci : B 3.
Alat yang biasa
digunakan dalam aktivitas gerak berirama adalah .... A. Matras B. Palang
Tunggal C. Tape Recorder D. Stopwatch Kunci: C 4.
Salah satu manfaat yang
paling tepat dari melakukan aktivitas gerak berirama adalah .... A.
Dapat meningkatkan kebugaran. B.
Dapat meningkatkan kekuatan. C.
Dapat meningkatkan kemandirian. D.
Dapat meningkatkan kecepatan. Kunci:
A |
Jawaban benar
mendapatkan skor 1 dan salah 0. |
3.
Penilaian
Keterampilan
a. Tes
Kinerja Aktivitas Pola Gerak Dasar
Langkah Kaki Sambil Berjalan Dalam Aktivitas Gerak Berirama.
1)
Butir
Tes
Lakukan aktivitas
“berjalan
ke depan dengan langkah biasa (loopaas)”.
Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerak (penilaian proses)
dan ketepatan melakukan gerak (penilaian produk).
2) Petunjuk
Penilaian
Berikan (angka) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta
didik menunjukkan atau menampilkan gerak yang diharapkan.
3)
Rubrik
Penilaian Keterampilan Gerak
Contoh
lembar penilaian proses gerak untuk perorangan (setiap peserta didik satu
lembar penilaian).
Nama
:__________________________ Kelas: __________
No |
Indikator
Esensial |
Uraian
Gerak |
Ya (1) |
Tidak (0) |
1. |
Posisi
dan Sikap Awal |
a. Kaki |
|
|
b. Badan |
|
|
||
c. Lengan
dan tangan |
|
|
||
d. Pandangan
mata |
|
|
||
e. Koordinasi gerakan |
|
|
||
2. |
Pelaksanaan
Gerak |
a. Kaki dilangkahkan dari mulai tumit, telapak
dan disusul dengan ujung jari. |
|
|
b.
Badan berdiri tegak dan rileks. |
|
|
||
c.
Lengan bergerak mengayun seirama dengan langkah kaki. |
|
|
||
d.
Koordinasi gerakan kaki, lengan dan badan yang
baik. |
|
|
||
e.
Koordinasi gerakan kaki, lengan dan badan yang
baik. |
|
|
||
3. |
Posisi
dan Sikap Akhir |
a. Kaki |
|
|
b. Badan |
|
|
||
c. Lengan
dan tangan |
|
|
||
d. Pandangan
mata |
|
|
||
e. Koordinasi gerakan |
|
|
||
Perolehan/Skor
maksimum X 100% = Skor Akhir |
4)
Pedoman penskoran
a)
Penskoran
o
Skor 1 jika: Peserta didik dapat melakukan 80% dari
komponen gerakan sikap awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir dengan benar.
o
Skor 0 jika: Peserta didik kurang dari 80% melakukan
komponen gerakan sikap awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir dengan benar.
(1)
Sikap Awalan Melakukan Gerakan.
Ø
Kaki rapat.
Ø
Badan berdiri tegak dan rileks.
Ø
Lengan di samping badan.
Ø
Pandangan mata lurus ke depan.
Ø
Koordinasi gerakan kaki, lengan dan badan yang baik.
(2)
Sikap Pelaksanaan Melakukan Gerakan.
Ø Kaki dilangkahkan dari mulai
tumit, telapak dan disusul dengan ujung jari.
Ø Badan berdiri tegak
dan rileks.
Ø Lengan bergerak mengayun seirama dengan
langkah kaki.
Ø Pandangan mata
lurus ke depan.
Ø Koordinasi gerakan kaki, lengan
dan badan yang baik.
(3)
Sikap Akhir
Melakukan Gerakan.
Ø Kaki rapat.
Ø Badan berdiri tegak
dan rileks.
Ø Lengan di samping
badan.
Ø Pandangan mata
lurus ke depan.
Ø Koordinasi gerakan kaki, lengan
dan badan yang baik.
b)
Pengolahan skor
Skor Maksimum: 15
Skor Perolehan peserta didik: SP
Nilai keterampilan yang
diperoleh peserta didik: SP/S. Maksimum x 100
5)
Lembar pengamatan penilaian
hasil pola
gerak dasar langkah kaki sambil berjalan dalam aktivitas gerak berirama.
Penilaian hasil berjalan ke depan
dengan langkah biasa (loopaas.)
a)
Tahap pelaksanaan pengukuran.
Penilaian hasil/produk pola gerak dasar langkah kaki
sambil berjalan dalam aktivitas gerak berirama dengan cara:
Ø Peserta didik dengan cara berpasangan melakukan
pengamatan terhadap teman yang sedang melakukan berjalan ke depan dengan
langkah biasa (loopaas).
Ø Peserta didik mencatat dalam lembar pengamatan.
Ø Pengamatan dilakukan secara bergantian dengan pasanganya.
b)
Konversi Nilai Produk
No |
Kriteria Penilaian |
Kriteria Penskoran |
1 |
Keserasian gerak |
1-4 |
2 |
Ketepatan dengan
irama |
1-4 |
3 |
Keluwesan |
1-4 |
|
Jumlah Skor
Maksimal |
12 |
Nilai Akhir = SP/S. Maksimum x 100
1.
= Kurang
2.
= Cukup
3.
= Baik
4.
= Sangat Baik
b.
Tes Kinerja Aktivitas Pola Gerak Dasar Ayunan Lengan Dalam Aktivitas Gerak Berirama.
1)
Butir
Tes
Lakukan aktivitas
“ayunan
satu lengan ke depan dan ke belakang”. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan
gerak (penilaian proses) dan ketepatan melakukan gerak (penilaian produk).
2)
Petunjuk Penilaian
Berikan
(angka) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau
menampilkan gerak yang diharapkan.
3)
Rubrik
Penilaian Keterampilan Gerak
Contoh lembar penilaian proses gerak
untuk perorangan (setiap peserta didik satu lembar penilaian).
Nama
:__________________________ Kelas: __________
No |
Indikator
Esensial |
Uraian
Gerak |
Ya (1) |
Tidak (0) |
1. |
Posisi
dan Sikap Awal |
a. Kaki |
|
|
b. Badan |
|
|
||
c. Lengan
dan tangan |
|
|
||
d. Pandangan
mata |
|
|
||
e. Koordinasi gerakan |
|
|
||
2. |
Pelaksanaan
Gerak |
a. Melangkah ke kiri, kedua lutut mengeper. |
|
|
b.
Berdiri tegak. |
|
|
||
c.
Kedua lengan
lurus ke depan. |
|
|
||
d.
Pandangan mata ke depan. |
|
|
||
e.
Koordinasi gerakan kaki, lengan dan badan yang
baik. |
|
|
||
3. |
Posisi
dan Sikap Akhir |
a. Kaki |
|
|
b. Badan |
|
|
||
c. Lengan
dan tangan |
|
|
||
d. Pandangan
mata |
|
|
||
e. Koordinasi gerakan |
|
|
||
Perolehan/Skor
maksimum X 100% = Skor Akhir |
4)
Pedoman penskoran
a)
Penskoran
o
Skor 1 jika: Peserta didik dapat melakukan 80% dari
komponen gerakan sikap awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir dengan benar.
o
Skor 0 jika: Peserta didik kurang dari 80% melakukan
komponen gerakan sikap awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir dengan benar.
(1)
Sikap Awalan Melakukan Gerakan.
Ø
Kaki rapat.
Ø
Sikap berdiri tegak.
Ø
Kedua lengan
lurus ke depan
Ø
Pandangan mata ke depan.
Ø
Koordinasi gerakan kaki, lengan dan badan yang baik.
(2)
Sikap Pelaksanaan Melakukan Gerakan.
Ø Melangkah ke kiri, kedua lutut mengeper.
Ø Berdiri tegak.
Ø Ayunkan tangan satu
persatu ke belakang dan depan.
Ø Pandangan mata ke depan.
Ø Koordinasi gerakan kaki, lengan
dan badan yang baik.
(3)
Sikap Akhir
Melakukan Gerakan.
Ø Langkah kiri
Ø Berdiri tegak.
Ø Kedua lengan lurus ke depan.
Ø Pandangan ke depan.
Ø Koordinasi gerakan kaki, lengan
dan badan yang baik.
b)
Pengolahan skor
Skor maksimum: 15
Skor perolehan
peserta didik: SP
Nilai keterampilan
yang diperoleh peserta didik: SP/S. Maksimum x 100
5)
Lembar pengamatan penilaian
hasil pola
gerak dasar ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama.
Penilaian hasil ayunan satu lengan ke depan dan
ke belakang.
a)
Tahap pelaksanaan pengukuran.
Penilaian hasil/produk pola gerak dasar ayunan lengan
dalam aktivitas gerak berirama dengan cara:
Ø Peserta didik dengan cara berpasangan melakukan
pengamatan terhadap teman yang sedang melakukan ayunan satu lengan ke depan dan ke
belakang.
Ø Peserta didik mencatat dalam lembar pengamatan.
Ø Pengamatan dilakukan secara bergantian dengan pasanganya.
b)
Konversi Nilai Produk
No |
Kriteria Penilaian |
Kriteria Penskoran |
1 |
Keserasian gerak |
1-4 |
2 |
Ketepatan dengan
irama |
1-4 |
3 |
Keluwesan |
1-4 |
|
Jumlah skor |
12 |
Nilai Akhir = SP/S. Maksimum x 100
1.
= Kurang
2.
= Cukup
3.
= Baik
4.
= Sangat Baik
Pengayaan dan Remidial |
1.
Pengayaan
Pengayaan diberikan oleh guru terhadap proses
pembelajaran yang dilakukan pada setiap aktivitas pembelajaran. Pengayaan
dilakukan apabila setelah diadakan penilaian pada kompetensi yang telah
diajarkan pada peserta didik pada
setiap aktivitas pembelajaran, nilai yang dicapai melampaui kompetensi yang telah ditetapkan oleh guru. Pengayaan
dilakukan dengan cara menaikkan tingkat kesulitan permainan dengan cara
mengubah jumlah pemain, memperketat peraturan, menambah alat yang digunakan,
serta menambah tingkat kesulitan tugas keterampilan yang diberikan.
2.
Remidial
Remidial dilakukan oleh guru terintegrasi dalam
pembelajaran yaitu dengan memberikan intervensi yang sesuai dengan level kompetensi peserta didik dari mana guru mengetahui level kompetensi peserta didik. Level kompetensi diketahui dari
refleksi yang dilakukan setiap kali pembelajaran. Remidial dilakukan dengan cara menetapkan
atau menurunkan tingkat kesulitan dalam materi pembelajaran.
Refleksi Peserta Didik dan Guru |
1.
Refleksi Peserta Didik
Pada setiap akhir topik dan di akhir pembelajaran peserta
didik ditanya tentang:
a.
Apa
yang sudah dipelajari.
b.
Dari
apa yang sudah dipelajari, apa yang sudah dikuasai.
c. Kesulitan-kesulitan apa saja yang peserta didik alami/temukan dalam
melakukan aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
d. Kesalahan-kesalahan apa saja yang peserta didik alami/temukan dalam
melakukan aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
e. Bagaimana cara memperbaiki
kesalahan-kesalahan yang peserta
didik alami/ temukan dalam melakukan aktivitas pembelajaran
variasi dan kombinasi pola gerak dasar langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
Contoh Format Refleksi:
Setelah peserta didik melakukan aktivitas
pembelajaran
gerak dasar
ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama,
peserta didik diminta untuk merasakan bagian tubuh mana saja yang digunakan
untuk melakukan gerak tersebut, atau otot apa saja yang terasa berkontraksi.
Peserta didik diminta untuk memberikan tanda (√) pada kolom yang disediakan
oleh guru. Peserta didik diminta menuliskan kesulitan-kesulitan,
kesalahan-kesalahan, dan bagaimana cara memperbaikinya dalam melakukan aktivitas pembelajaran gerak dasar ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama. Kemudian laporkan hasil capaian belajar yang diperoleh dalam buku catatan atau
buku tugas kepada guru.
No |
Aktivitas Pembelajaran |
Pengamatan Pembelajaran |
|
Tercapai |
Belum Tercapai |
||
1. |
Aktivitas pembelajaran gerak dasar ayunan
lengan dalam aktivitas gerak berirama secara individu, berpasangan, atau berkelompok.*) |
|
|
2. |
Menunjukkan nilai-nilai karakter Profil Pelajar
Pancasila pada elemen Mandiri dan Gotong Royong dalam proses gerak dasar ayunan lengan dalam
aktivitas gerak berirama. *) |
|
|
*)
Materi disesuaikan dengan pokok bahasan.
Catatan: ·
Bagi peserta didik yang belum mampu mencapai batas
kompetensi dalam melakukan aktivitas
pembelajaran pola gerak dasar ayunan lengan
dalam aktivitas gerak berirama
yang ditentukan oleh guru, maka akan diberikan remidial. · Bagi
peserta didik
yang mampu mencapai atau melebihi batas kompetensi dalam melakukan aktivitas pembelajaran gerak dasar ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama yang
ditentukan oleh guru, maka dilanjutkan dengan
pembelajaran pada materi yang lebih komplekss, bervariasi dan kombinasi dalam bentuk pengayaan.
2.
Refleksi Guru
Refleksi yang dilakukan oleh guru terhadap proses
pembelajaran yang dilakukan pada setiap aktivitas pembelajaran. Hasil
refleksi bisa digunakan untuk menentukan perlakuan kepada peserta didik, apakah remidial atau
pengayaan. Remidial dan pengayaannya di dalam pembelajaran, tidak terpisah
setelah pembelajaran. Hal-hal yang
perlu mendapat perhatian dalam refleksi guru antara lain:
a.
Apakah
kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik?
b.
Kesulitan-kesulitan
apa saja yang dialami/temukan dalam
proses aktivitas pembelajaran
variasi dan kombinasi pola
gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan
musik dalam aktivitas gerak berirama?
c.
Apa yang harus diperbaiki
dan bagaimana cara memperbaiki proses aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama?
d.
Bagaimana
keterlibatan peserta didik dalam proses aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar langkah dan
ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas
gerak berirama?
Lembar Kerja Peserta Didik |
Tanggal :
.................................................................
Lingkup/materi pembelajaran :
.................................................................
Nama Peserta didik :
.................................................................
Fase/Kelas : B / IV
1.
Panduan Umum
a.
Pastikan
kalian dalam keadaan sehat dan siap untuk mengikuti aktivitas pembelajaran.
b.
Ikuti
gerak pemanasan dengan baik, sesuai dengan instruksi yang diberikan guru untuk
menghindari cidera.
c.
Mulailah
kegiatan dengan berdo’a.
d. Selama kegiatan pembelajaran, perhatikan selalu keselamatan
diri dan keselamatan bersama.
e.
Selama
kegiatan pembelajaran didampingi oleh guru.
2.
Panduan Aktivitas Pembelajaran
a.
Bersama
dengan teman, buatlah kelompok sejumlah maksimal 7 orang, untuk melakukan
aktivitas pembelajaran.
Lakukan aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar
langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama, dalam satu kelompok sesuai dengan perintah
guru.
b.
Perhatikan
penjelasan berikut ini:
Lakukanlah variasi dan kombinasi pola gerak dasar langkah
kaki dan ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama (Senam Ritmik) dengan
iringan musik, dalam aktivitas pembelajaran latihan Senam Ayo
Bersatu dengan iringan musik.
Isilah lembar kerja resiprokal berikut ini !
Nama
Pelaku I :
……………………..
Nama
Pelaku II : ……………………..
Materi : Variasi dan kombinasi pola gerak dasar langkah kaki dan
ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama (Senam Ritmik) dengan iringan
musik.
Pelaku : Lakukanlah latihan
Senam Ayo Bersatu dengan iringan musik.
Aktivitas dilakukan dalam waktu 15 menit.
Pengamat : Gunakan
kriteria, berikan tanggapan kepada temanmu,
dan catat aktivitas latihan
Senam Ayo Bersatu dengan iringan musik, yang telah dilakukan temanmu.
Setelah 15 menit, dan bergantilah peran.
Catat bagaimana
gerakan dari variasi dan kombinasi pola gerak dasar langkah kaki
dan ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama (Senam Ritmik) dengan iringan
musik, dalam aktivitas latihan Senam Ayo Bersatu yang
telah dilakukan temanmu!
Aspek Yang Harus Diamati |
Dilakukan Dengan Benar (Ya/Tidak) |
Rincian Kesalahan (Jika Terjadi Kesalahan) |
Dilakukan Dengan Benar (Ya/Tidak) |
Rincian Kesalahan (Jika Terjadi Kesalahan) |
Pelaku 1 |
Pelaku 2 |
|||
1.
Latihan Pemanasan. |
|
|
|
|
2.
Latihan Inti. |
|
|
|
|
3.
Latihan Pendinginan. |
|
|
|
|
4.
Keserasian gerak dan irama. |
|
|
|
|
5.
Koordinasi gerakan. |
|
|
|
|
3.
Bahan Bacaan Peserta Didik
Gerak dasar dalam gerak
berirama pendidikan jasmani. Untuk membantu dalam mencari sumber bacaan tersebut, dapat diperoleh melalui: buku, majalah, koran, internet, atau
sumber lainnya.
4.
Bahan Bacaan Guru
a.
Pengertian
pola gerak dasar dalam aktivitas gerak berirama.
b.
Bentuk-bentuk
pola gerak dasar dalam aktivitas gerak berirama.
c.
Bentuk-bentuk
contoh dari pola gerak dasar dalam aktivitas gerak berirama.
d.
Manfaat
dari melakukan pola gerak dasar dalam aktivitas gerak berirama.
bagi tubuh.
e.
Cara
melakukan pola gerak dasar dalam aktivitas gerak berirama.
Glosarium |
·
Gerak dasar adalah Suatu pola gerakan yang mendasari suatu gerakan mulai
dari kemampuan gerak yang sederhana hingga kemampuan gerak yang komplekss. ·
Aktivitas gerak berirama adalah setiap bentuk aktivitas gerak atau
bentuk latihan
bebas yang dilakukan secara berirama dengan menggunakan musik atau tanpa musik. ·
Langkah kaki adalah bentuk-bentuk dari pergerakan langkah kaki dalam
aktivitas gerak berirama. ·
Ayunan lengan adalah bentuk-bentuk dari pergerakan lengan dalam aktivitas
gerak berirama. ·
Irama adalah ritme yang digunakan untuk melakukan gerakan dapat berupa
ketukan, hitungan, musik atau lagu. ·
Variasi gerak adalah satu jenis gerak dilakukan dengan berbagai cara. ·
Kombinasi gerak adalah beberapa jenis gerakan dijadikan satu
kesatuan/rangkaian gerak. ·
Profil Pelajar Pancasila adalah tujuan besar (atau bahkan misi) yang ingin
diwujudkan melalui sistem pendidikan. Profil
lulusan, dalam konteks ini adalah Profil Pelajar Pancasila, merupakan jawaban
dari pertanyaan penting: “Karakter serta kemampuan esensial apa yang perlu dipelajari dan
dikembangkan terus-menerus oleh setiap individu warga negara Indonesia, sejak
pendidikan anak usia dini hingga mereka menamatkan sekolah dasar?” ·
Keterampilan gerak adalah gerakan-gerakan dasar dalam olahraga yang
dilakukan dengan satu teknik, kemudian gerakan yang dilakukan secara efektif
dan efisien untuk dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Untuk menjadi
seorang olahragawan diperlukan keterampilan gerak yang baik agar dapat mencapai
prestasi. |
Referensi |
Muhajir. 2010. Buku Peserta didik Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, untuk SD/M.Ts Kelas IV. Bogor : Penerbit
Yudhistira. Muhajir. 2019. Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan, untuk SD/MI Kelas IV. Bandung : Sahara Multi Trading. Tim
Penyusunan Bahan Ajar. 2010. Buku Bahan
Ajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Bogor: PPPPTKPenjas& BK. Tim Direktorat SD. 2017. Panduan Penilaian
untuk Sekolah Dasar (SD). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
Mengetahui, SDK Ka Redong,…….2022
Kepala SDK Ka Redong Guru MAPEL PJOK
ELISABETH NDUENG, S.Pd
Leonardus M.Dahur,S.Pd
NIP.197605132012122001
No comments:
Post a Comment