SILABUS K13
(REVISI 2017)
NAMA SEKOLAH : SDK KA REDONG
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA
DAN KSEHATAN( PJOK)
KELAS/SEMESTER : V (LIMA)/ II ( Dua)
TAHUN PELAJARAN : 2018
ALOKASI WAKTU : 4 JAM / MINGGU
STANDAR
KOMPETENSI : TERCAPAINYA
KOMPETENSI PENGEMBANGAN GERAK DASAR MENUJU KESIAPAN GERAK
SPESIFIK,PENGEMBANGAN KEBUGARAN JASMANI
SERTA GAYA HIDUP SEHAT MELALUI
PERMAINAN BOLA BESAR,ATLETIK,,BELA
DIRI,SENAM,GERAK BERIRAMA,AKTIVITAS AIR,DAN
MATERI KESEHATAN.
KOMPETENSI
DASAR
|
indikator
|
MATERI
POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
3.6 Memahami kombinasi pola gerak dominan
(bertumpuh,bergantung,keseimbangan,
berpindah/lokomotor,tolakan,putaran,
ayunan,melayang,dan mendarat)
membentuk
keterampilan dasar senam menggunakan alat.
4.6. mempraktikan kombinasi pola dominana
(bertumpuh,bergantung,keseimbangan,berpindah/lokomotor
,tolakan,putaran,ayunan,melayang,dan mendarat)
membentuk keterampilan dasar senam menggunakan alat.
|
|
Melompat,menggantung, mengayun,
Meniti
mendarat
|
-siswa mendapat pasangan sesuai dengan ditentukan
guru melalui permainan
-siswa bersama pasangan menerima dan mempelajari
lembar kerja berisi perintah perintah
dan indicator tugas kombinasi pola gerak dominan senam(Melompat,menggantung,
mengayun,
Meniti,mendarat),untuk membentuk keterampilan gerak
dasar senam menggunakan alat ( melompat punggung teman dan melompat boxs
lompat, dan kuda-kuda lompat)
-siswa berbagi tugas,siapa yang pertama kali menjadi
“pelaku” dan siapa yang menjadi “pengamat”. Pelaku melakukan tugas gerak satu
persatu dan pengamat mengamati, serta meberikan masukan jika terjadi kesalahn
(tidak sesuai dengan lembar kerja)
-siswa berganti peran setelah mendapat aba-aba dari
guru.
- Siswa mencoba tugas kombinasi pola gerak dominan
senam kedalam rangkaian gerak senam dilandasi nilai disiplin,percya
diri,sungguh-sungguh, dan kerjasama.
-hasil nilai belajar siswa dinilai selama proses dan
diakhir pembelajaran.
|
3.7 Memahami penggunaan kombinasi gerak dasar
langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan)tanpa/dengan music dalam
aktivitas gerak berirama.
4.7 mempraktikan penggunaan kombinasi gerak dasar
alangkah dan ayunan lengan mengikuti irama ( ketukan) tanpa/ dengan music
dalam aktivitas gerak berirama.
|
-
Langkah kaki
-
Ayunan lengan
|
-Siswa menerima dan mempelajari kartu tugas yang
berisi perintah dan indicator tugas kombinasi rangkaian gerak melangkah kaki
dan mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuia dengan irama/ketukan yang
dipilih secara koordinatif dan menajga pelurusan persendian (BODY ALIGMENT)
- Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target
waktu yang ditentukan guru untuk mencapai ketuntasan belajar pada setiap
materi pembelajaran.
-siswa menerima umpan balik dari siswa
-siswa melakukan pengulangan pada materi
pembelajaran yang belum tercapai ketuntasannya sesuia umpan balik yang
diberikan.
-siswa mencoba tugas kombinasi gerak aktivitas gerak
berirama kedalam rangkaian sederhana dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya
diri, dan kerjasama.
-hasil belajar siswa dinilai selama proses dan akhir
pembelajaran.
|
|
3.8 memahami salah satu gaya renang dengan
koordinasi yang baik pada jarak tertentu.
4.8 mempraktikan salah satu gaya renang dengan
koordinasi yang baik pada jarak tertentu
|
Renang gaya dada :
-
Gerakan kaki
-
Gerakan lengan
-
Posisi tubuh
|
-siswa menyimaki informasi dan peragaan materi
tentang aktivitas air renang gaya dada ( gerakan kaki, lengan dan posisi
tubuh dengan jarak dekat 5-10 meter)dengan koordinasi yang baik.
-siswa mencoba aktivitas air renang gaya
dada(gerakan kaki, lengan dan posisi tubuh dengan jarak dekat 5-10 meter
dengan koordinasi yang baik)yang telah diperagakan oleh guru secara
berulang-ulang.
-siswa mempraktikan secara berulang-ulang aktivitas
air renang gaya dada(gerakan kaki, lengan dan posisi tubuh dengan jarak dekat
5-10 meter dengan koordinasi yang baik).sesuai komando dan giliran yang
diberikan oleh guru dilandasi nilai-nilai displin,percaya diri,sungguh-sungguh
dan kerjasama.
- siswa menerima umpan balik secara langsung maupun
tertunda dari guru secara klasikal.
-hasil belajar siswa dinilai selama proses dan akhir
pembelajaran.
|
|
3.9 Memahami konsep pemeliharaan diri dan orang lain
dari penyakin menular dan tidak menular
4.9 menerapkan Memahami konsep pemeliharaan diri dan
orang lain dari penyakin menular dan tidak menular
|
-arti penyakit meenular dan tidak menular
- macam-macam penyakit menular dan menular
-cara penularan dan pencegahan penyakit menular.
|
-siswa membagi diri dalam tiga kelompok/sesuai
dengan pokok pembahasaan pemeliharaan diri dna orang lain dari penyakit
menular dan tidak menular ( arti, amacam-macam,cara penularan,dan cara
pencegahan penyakit menular dan tidak menular) serta hubungannya dengan
kesehatan.
-setiap kelompok berdiskusi dan menuliskan hasil
diskusi pada kertas plano untuk ditempel di dinding dan dibaca oleh kelompok
lain
-setiap anggota kelompok membaca dan mencatat hasil
diskusi kelompok lain yang
ditempelkan,kemudian membuat pertanyaan sesuai dengan pokok bahasan tertentu(
paling sedikit satu pertnyaan setiap kelompok/emapat pertanyaan).
-setiap kelompok mengajukan pertanyaan dan dijawab
oleh kelompok lain yang membahas pokok bahasan sesuai pertanyaan tersebut.
-setiap kelompok menyusun simpulan akhir dan membacakanya
diakhir pembelajaran secara bergiliran dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya
diri dan kerjasama.
|
|
3.10 memahami bahaya merokok,minuman keras, dan
narkotika,zat-zat adiptif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya terhadap
kesehatan tubuh.
4.10 memaparkan bahaya merokok,minuman keras, dan
narkotika,zat-zat adiptif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya terhadap
kesehatan tubuh.
|
-bahaya merokok ,minuman keras,dan
narkotika,psikotropika
-zat-zat adiptif (NAPZA)
- obat berbahaya lainya terhadap lainya terhadap
kesehatan tubuh
|
-siswa membagi diri dalm tiga kelompok/sesuai pokok
bahasan perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari ( antar teman
sebaya,orang orang lebih tua,dan orang yang lebih muda)
-setiap kelompok berdiskusi dan menuliskan hasil
diskusi pada kertas plano untuk ditempelkan kedinding dan dibaca oleh kelompok
lain.
-setiap anggota kelompok membaca dan menvcatat hasil
diskusi kelompok lain yang ditempelakan,kemudian membuat pertanyaan pokok
bahasan tersebut( paling sedikit satu pertanyaan kelompok/tiga pertanyaan)
-setiap kelompok mengajukan pertanyaan dan dijawab
oleh kelompok lain yang mebahas pokok bahasan sesuia pertanyaan tersebut.
-setiap kelompok menyusun simpulan akhir dan membacanya
di akhir pembelajaran secara bergiliran dilandasi nilai-nilai
disiplin,percaya diri dan kerjasama
-hasil belahjar siswa dinilai selama proses dan
akhir pembelajaran.
|
|
|
|
RUTENG,.....2018
MENGETAHUI, GURU
MATA PELAJARAN PJOK
KEPALA SEKOLAH SDK KA REDONG KELAS
V, SDK KA REDONG
NIP. 196205111982021001 NIP.-
No comments:
Post a Comment