Monday, March 26, 2018

MODEL SILABUS PJOK K13 SD KELAS 5


SILABUS K13
(REVISI 2017)
NAMA SEKOLAH                  : SDK KA REDONG
MATA PELAJARAN               : PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KSEHATAN( PJOK)
KELAS/SEMESTER                : V (LIMA)/ II ( Dua)
TAHUN PELAJARAN                        : 2018
ALOKASI WAKTU                 : 4 JAM / MINGGU
STANDAR KOMPETENSI        : TERCAPAINYA KOMPETENSI PENGEMBANGAN GERAK DASAR MENUJU KESIAPAN GERAK
   SPESIFIK,PENGEMBANGAN KEBUGARAN JASMANI SERTA GAYA HIDUP SEHAT MELALUI
   PERMAINAN BOLA BESAR,ATLETIK,,BELA DIRI,SENAM,GERAK BERIRAMA,AKTIVITAS AIR,DAN
   MATERI KESEHATAN.

KOMPETENSI DASAR
indikator
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
3.6 Memahami kombinasi pola gerak dominan
 (bertumpuh,bergantung,keseimbangan,
berpindah/lokomotor,tolakan,putaran,
ayunan,melayang,dan mendarat)
 membentuk keterampilan dasar senam menggunakan alat.

4.6. mempraktikan kombinasi pola dominana (bertumpuh,bergantung,keseimbangan,berpindah/lokomotor
,tolakan,putaran,ayunan,melayang,dan mendarat) membentuk keterampilan dasar senam menggunakan alat.



Melompat,menggantung, mengayun,
Meniti
mendarat
-siswa mendapat pasangan sesuai dengan ditentukan guru melalui permainan
-siswa bersama pasangan menerima dan mempelajari lembar kerja berisi perintah  perintah dan indicator tugas kombinasi pola gerak dominan senam(Melompat,menggantung, mengayun,
Meniti,mendarat),untuk membentuk keterampilan gerak dasar senam menggunakan alat ( melompat punggung teman dan melompat boxs lompat, dan kuda-kuda lompat)
-siswa berbagi tugas,siapa yang pertama kali menjadi “pelaku” dan siapa yang menjadi “pengamat”. Pelaku melakukan tugas gerak satu persatu dan pengamat mengamati, serta meberikan masukan jika terjadi kesalahn (tidak sesuai dengan lembar kerja)
-siswa berganti peran setelah mendapat aba-aba dari guru.
- Siswa mencoba tugas kombinasi pola gerak dominan senam kedalam rangkaian gerak senam dilandasi nilai disiplin,percya diri,sungguh-sungguh, dan kerjasama.
-hasil nilai belajar siswa dinilai selama proses dan diakhir pembelajaran.
3.7 Memahami penggunaan kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan)tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak berirama.

4.7 mempraktikan penggunaan kombinasi gerak dasar alangkah dan ayunan lengan mengikuti irama ( ketukan) tanpa/ dengan music dalam aktivitas gerak berirama.

-          Langkah kaki
-          Ayunan lengan

-Siswa menerima dan mempelajari kartu tugas yang berisi perintah dan indicator tugas kombinasi rangkaian gerak melangkah kaki dan mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuia dengan irama/ketukan yang dipilih secara koordinatif dan menajga pelurusan persendian (BODY ALIGMENT)
- Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang ditentukan guru untuk mencapai ketuntasan belajar pada setiap materi pembelajaran.
-siswa menerima umpan balik dari siswa
-siswa melakukan pengulangan pada materi pembelajaran yang belum tercapai ketuntasannya sesuia umpan balik yang diberikan.
-siswa mencoba tugas kombinasi gerak aktivitas gerak berirama kedalam rangkaian sederhana dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, dan kerjasama.
-hasil belajar siswa dinilai selama proses dan akhir pembelajaran.


3.8 memahami salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik pada jarak tertentu.

4.8 mempraktikan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik pada jarak tertentu
Renang gaya dada :
-          Gerakan kaki
-          Gerakan lengan
-          Posisi tubuh
-siswa menyimaki informasi dan peragaan materi tentang aktivitas air renang gaya dada ( gerakan kaki, lengan dan posisi tubuh dengan jarak dekat 5-10 meter)dengan koordinasi yang baik.
-siswa mencoba aktivitas air renang gaya dada(gerakan kaki, lengan dan posisi tubuh dengan jarak dekat 5-10 meter dengan koordinasi yang baik)yang telah diperagakan oleh guru secara berulang-ulang.
-siswa mempraktikan secara berulang-ulang aktivitas air renang gaya dada(gerakan kaki, lengan dan posisi tubuh dengan jarak dekat 5-10 meter dengan koordinasi yang baik).sesuai komando dan giliran yang diberikan oleh guru dilandasi nilai-nilai displin,percaya diri,sungguh-sungguh dan kerjasama.
- siswa menerima umpan balik secara langsung maupun tertunda dari guru secara klasikal.
-hasil belajar siswa dinilai selama proses dan akhir pembelajaran.
3.9 Memahami konsep pemeliharaan diri dan orang lain dari penyakin menular dan tidak menular

4.9 menerapkan Memahami konsep pemeliharaan diri dan orang lain dari penyakin menular dan tidak menular
-arti penyakit meenular dan tidak menular
- macam-macam penyakit menular dan menular
-cara penularan dan pencegahan penyakit menular.
-siswa membagi diri dalam tiga kelompok/sesuai dengan pokok pembahasaan pemeliharaan diri dna orang lain dari penyakit menular dan tidak menular ( arti, amacam-macam,cara penularan,dan cara pencegahan penyakit menular dan tidak menular) serta hubungannya dengan kesehatan.
-setiap kelompok berdiskusi dan menuliskan hasil diskusi pada kertas plano untuk ditempel di dinding dan dibaca oleh kelompok lain
-setiap anggota kelompok membaca dan mencatat hasil diskusi kelompok  lain yang ditempelkan,kemudian membuat pertanyaan sesuai dengan pokok bahasan tertentu( paling sedikit satu pertnyaan setiap kelompok/emapat pertanyaan).
-setiap kelompok mengajukan pertanyaan dan dijawab oleh kelompok lain yang membahas pokok bahasan sesuai pertanyaan tersebut.
-setiap kelompok menyusun simpulan akhir dan membacakanya diakhir pembelajaran secara bergiliran dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri dan kerjasama.
3.10 memahami bahaya merokok,minuman keras, dan narkotika,zat-zat adiptif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya terhadap kesehatan tubuh.

4.10 memaparkan bahaya merokok,minuman keras, dan narkotika,zat-zat adiptif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya terhadap kesehatan tubuh.



-bahaya merokok ,minuman keras,dan narkotika,psikotropika
-zat-zat adiptif (NAPZA)
- obat berbahaya lainya terhadap lainya terhadap kesehatan tubuh
-siswa membagi diri dalm tiga kelompok/sesuai pokok bahasan perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari ( antar teman sebaya,orang orang lebih tua,dan orang yang lebih muda)
-setiap kelompok berdiskusi dan menuliskan hasil diskusi pada kertas plano untuk ditempelkan kedinding dan dibaca oleh kelompok lain.
-setiap anggota kelompok membaca dan menvcatat hasil diskusi kelompok lain yang ditempelakan,kemudian membuat pertanyaan pokok bahasan tersebut( paling sedikit satu pertanyaan kelompok/tiga pertanyaan)
-setiap kelompok mengajukan pertanyaan dan dijawab oleh kelompok lain yang mebahas pokok bahasan sesuia pertanyaan tersebut.
-setiap kelompok menyusun simpulan akhir dan membacanya di akhir pembelajaran secara bergiliran dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri dan kerjasama
-hasil belahjar siswa dinilai selama proses dan akhir pembelajaran.



                                                                                                                                                            RUTENG,.....2018
MENGETAHUI,                                                                                                                                GURU MATA PELAJARAN PJOK
KEPALA SEKOLAH SDK KA REDONG                                                                                       KELAS V, SDK KA REDONG
                                                                                                                    



SUMARDI YOHANES,S.PD                                                                                                             LEONARDUS M.DAHUR,S.PD
NIP. 196205111982021001                                                                                                                NIP.-

No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV MATERI 1.5

  MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV   Penyusun : Jenjang Sekolah : SD K KA REDONG Kelas : IV Materi : 1.5 A...