KISI – KISI SOAL PAS 1
NAMA
SEKOLAH : SDK KA REDONG
KELAS : V/ I
MUATAN : PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
ALOKASI
WAKTU : …….. MENIT
JUMLAH
SOAL : 40 NOMOR
NO
|
MUATAN/
KD
|
IPK
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
TAKSONOMI
|
BENTUK
SOAL
|
NO SOAL
|
BUTIR SOAL
|
KUNCI
JWBN
|
1.
|
3.1
4.1
|
3.1.1.
Menjelaskan kombinasi gerak lokomotor pada permainan bola besar dengan benar.
3.1.2.
Mengidentifikasi kombinasi gerak non lokomotor pada permainan bola besar
dengan benar
3.1.3. Meganalisis kombinasi
gerak manipulatif pada permainan bola besar dengan tepat
4.1.1.
Menunjukkan
kombinasi gerak lokomotor pada permainan bola besar dengan terampil.
4.1.2.
Memberi contoh
kombinasi gerakan non lokomotor pada permainan bola besar dengan cekatan.
4.1.3.
Memperagakan kombinasi gerak manipulatif pada permainan bola besar dengan
terampil.
|
Permainan bola besar
|
Melaluipernyataan yang disajikansiswadapatmenjelaskankombinasigerakdenganbenar.
Melaluipernyataan yang disajikansiswadapat menjelaskan gerak
lokomotordalamsepak bola denganbenar
Melaluipernyataan yang disajikansiswadapat menentukansalahsatu gerakanmanipulatifdalampermainansepak
bola dengantepat.
Melaluitampilangambarsiswadapatmenunjukkangerakkanlokomotorpadapermainansepak
boladenganterampil
Melaluipernyataan yang disajikansiswadapat menyebutkancontoh kombinasi gerak non
lokomotorpadapermainan bola kaki dengancekatan
Melaluipernyataan yang disajikansiswadapat menentukan gerakan
mengayun tangandalampermainansepak bola denganbenar.
Melaluipernyataan yang disajikansiswadapatmenjelaskantujuanmengontrol
bola dalampermainansepak bola denganterampil..
Melaluipernyataan yang
disajikansiswadapatmenyebutkanpemain
yangbolehmenggunakantangandalampermainansepak bola denganbenar.
Melaluipernyataan yang disajikansiswadapatMenjelaskantujuangerakkanmengumpan
bola padaposisi yang tepat.
|
C1
C2
C3
C3
C2
C3
C3
C3
C1
|
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
Gabungan
dari beberapa gerakan menjadi suatu rangkaian gerak disebut ….
a.
Kombinasi
gerak
b.
Gerak
dasar
c.
Gerak
lokomotor
d.
Gerak
manipulasi
Gerak
berjalan dan berlari dalampermainansepak bola termasukgerak ….
a.
Lokomotor
b.
Non lokomotor
c.
Manipulatif
d.
Lokomotordanmanipulatif
Manakah gerakan manipulatif dalam permainan sepak
bola dibawah ini?
a.
Gerakanmelempar bola
b.
Menangkap bola posisi kaki ditempat
c.
Menahan bola ditempat
d.
Menggiring bola
Tampilangambardibawahinimenunjukkangerakan …
dalampermaainansepak bola.
a.
Manipulatif
b.
Lokomotor
c.
Non lokomotor
d.
Kombinasigerak
Contohkombinasigerak non lokomotorpadapermainan bola
kaki adalah….
a.
Membungkuk
saat menangkap bola
b.
Menggiring bola
c.
Menendang bola
d.
Mengontrol bola
Gerakan
mengayun tangan pada permainan sepak bola dilakukan oleh pemain pada saat….
a.
Memukul
bola
b.
Menyentuh
bola
c.
Lemparan
ke dalam
d.
Menangkap
bola
Mengontrol
bola dalampermainansepak bola bertujuan
untuk….
a.
Mudah
menendang bola
b.
Mengatur
pergerakan bola
c.
Supaya
tidak mudah direbut lawan
d.
Memudahkan
mengumpan bola
Pemain
yang boleh menggunakan tangan saat
bermain sepak bola yaitu….
a.
Penjaga
gawang
b.
Penyerang
c.
Gelandang
d.
Pemain
belakang
Saat
mengumpan bola tidak hanya kekuatan yang diperhatikan tetapi juga posisi
teman, hal ini bertujuan untuk….
a.
Bola
cepat sampais
b.
Bola
bergerak cepat
c.
Sesuai
keinginan pemain
d.
Bola
dapat terarah ke teman
|
A
A
D
B
A
C
B
A
D
|
2.
|
3.2
4.2
|
3.2.1.
Menjelaskan langkah – langkah
kombinasi gerak lokomotor pada
permainan bola kecil.
3.2.2.
Menganalisis bentuk – bentuk kombinasi
gerak gerak non lokomootor permainan bola kecil dengan
benar.
3.2.3.
Mendeskripsikan cara melakukan kombinasi gerak manipulatif permainan bola
kecil.
4.2.1.
Melakukan kombinasi gerak lokomotor permaianan bola kecil dengan tramil.
4.2.2.
Mempragakan kombinasi gerak nonlokomotor permainan bola kecil dengan cekatan.
4.2.3.
Mempraktikkan
kombinasi gerak manipulasi permainan bola kecil.
|
Permainan
bola kecil
|
Disajikan
gambar siswa dapat menentukan
gerak nonlokomotor permainan bola kasti dengan tepat.
Dengan
mengamati gambar siswa dapat menyebutkan
contoh gerak lokomotor pada permainan bola kasti dengan benar.
Melalui
pernyataan yang disajikan siswa dapat
menguraikan gerak lokomotor pada permainan bola kasti dengan tepat.
Melaui
bernyataan yang disajikan siswa dapat menjelaskan manfaat dalam menguasai
gerak melompat dan meloncat pada permainan bola kasti dengan tepat.
Melaului
pernyataan yang disajikan siswa dapat menentukan hal-hal yang perlu
diperhatikan pada saat melempar dalam permainan bola kasti dengan benar.
Melaluipernyataan yang
disajikansiswadapatmenentukanakibatmemukultanpaayunandalampermainan bola
kastidenganbenar.
Melaluipernyataan yang
disajikansiswadapatmengurutkanlatihankombinasigeraknonlokomotordalampermainan
bola kastidengantepat.
Melaluipernyataan yang
disajikansiswadapatmenentukankemahiranmelempardanmenangkap bola
permainankastidenganbenar.
Melaluipernyataan yang
disajukansiswadapatmenjelaskantehnikmelempar bola
padapermainankastisecaratepat.
|
C3
C3
C2
C2
C3
C3
C3
C1
|
|
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
|
Gambar di atasmerupakanlatihankombinasinonlokomotor … dalampermainan
bola kasti.
a.
Mengelak
dan memutar.
b.
Membungkuk
dan mengayun.
c.
Melempar
dan memukul.
d.
Melempar
dan menangkap.
Perhatikangambar!
Gambar di atasadalahcontohkombinasigeraklokomotor … dalampermainan
bola kasti.
a.
Berjalan
dan berlari
b.
Berlari
dan meloncat
c.
Berlari
dan menangkap
d.
Berlari
dan meluncur
Berikutini yang termasukdalamgeraklokomotorpermainan bola kastiyaitu
….
a.
melempar.
b.
mengayun.
c.
menangkap.
Menguasaigerakmelompatdanmeloncatdenganbaikdalampermainan bola
kastibermanfaatuntuk ….
a.
menangkap
bola dengan benar
b.
supaya
bola tidak direbut lawan
c.
mengumpan
bola dengan tepat.
d.
melempar
bola ke teman dengan tepat.
Hal-hal yang perludiperhatikanpadasaatmelempardalampermainan bola
kasti, kecuali ….
a.
Harus
mengarahkan bola ke sasaran.
b.
melempar
ke arah bagian dada ke atas
c.
memperkirakan
kecepatan bola
d.
tidak
boleh melempar ke arah bagian dada ke atas.
Akibatmemukultanpaayunandalampermainan bola kasti, adalah ….
a.
bola
melambung jauh.
b.
lawan
kesulitan menangkap bola.
c.
bola
jatuhnya dekat.
d.
Bola
mudah dipukul.
Urutanlatihankombinasigeraknonlokomotordalampermainan bola kasti yang
benaradalah ….
a.
mengayun,
membungkuk, memutar.
b.
memutar,
mengelak, membungkuk, dan mengayun.
c.
membungkuk,
mengayun, dan mengelak.
d.
mengelak,
memutar, membungkuk, dan mengayun.
Supayamahirmelempardanmenangkap bola, pemainharus….
a.
Membaca
buku permainan kasti
b.
Berlatih
secara rutin
c.
Makan
yang banyak
d.
Melihat
pertandingan
Bola
kastidilemparsecaramendatarapabilaposisiteman ….
a.
Sangat
dekat
b.
Sangat
jauh
c.
Cukup
jauh
d.
Tidak
terlalu jauh
|
B
C
D
A
D
C
C
B
D
|
3.
|
3.3
4.3
|
3.3.1.
Menjelaskan kombinasi gerak dasar jalan dan lari dalam permainan kejar - kejaran
3.3.2.
Menganalisis kombinasi gerak dasar jalan, lempar dan lompat dalam permainan engklek.
3.3.3.
Mengidentifikasikombinasi gerak dasar jalan dan lempar dalam permainan pande.
4.3.1.
Memperagakan kombinasi gerak dasar
jalan dan lari dalam permainan kejar -
kejaran dengan semangat.
4.3.2.
Mempraktikan kombinasi gerak dasar jalan, lempar dan lompat dalam permainan engklek dengan
sportif.
3.3.3.Melakukan
kombinasi gerak dasar jalan dan lempar dalam permainan pande dengan terampil
|
Kombinasi
gerak dasar jalan, lari, lompat dan lempar dalam permainan tradisional.
|
Melalui
pernyataan siswa dapat Menyebutkan gerak lari dalam permainan dengan benar
Disajikan
gambar Menentukan gerakan lompat pada permainan dengan benar
Disajikan menyebutkan gerakan
melempar pada permainan tradisional
dengan tepat
Melalui pernyataan siswa
Mengidentifikasi lari jarak pendek
dengan baik
Melalui pernyataan siswa
Menjelaskan aba-aba yang digunakan dalam lari dengan benar
Melalui pernyataan siswa dapat
Menerapkan sikap memasuki garis finis dengan benar
Melalui pernyataan siswa Mengemukakan tujuan dari pemanasan dengan
baik dan benar
Sajikan gambar siswa dapat
Memodifikasi gerak jalan langkah empat dengan baik dan tepat
Melalui pernytaan siswa dapat
Menilai gerak jalan dan berlari dengan
bena
|
|
|
19.
20.
21.
22.
23.
24
25
26
27
|
Aktivitas
yang menggunakan gerak berlari yaitu….
a.
Bermain
kejar-kejaran
b. Berenang
c. Bermain bulu tangkis
d.
bersepeda
Gerakan
apa yang dilakukan pada gambar..
a.
Gerakan
melompat
b. Gerakan Permainan tali
c. Gerakan naik turun tali
d. Gerakan lompat tali
Perhatikan
permainan tradisional berikut ini!
Gambar;
Apakah nama
dari permainan tradisional pada gambar diatas?
a.
Angklek
b. Pande (BOIS)
c. Terompah
d. kasti
Star
yang digunakan untuk lari jarak pendek adalah…
a.
Star
berdiri
b.
Star
jongkok
c.
Star
melayang
d.
Star
sembarangan
Aba
yang didengarkan dalam lari…
a.
“Bersdia”,
“siap”, “jalan”
b.
“Bersedia,
“jalan”, “lari”
c.
“Bersedia”,
“siap”, “ya”
d.
Ya
langsung siap berlari
Untuk
memasuki garis finis, ada beberapa teknik yang harus diperhatikan, yaitu.....
a. Bergembira karna menang
b. Mendapat piala kemenangan
c. Menyuruh orang supaya membantu
d. Kecepatan lari sedikit ditambah dan dada
diputar dengan ayunan tangan ke
depan sehingga bahu sebelah maju ke depan
Tujuan
pemanasan sebelum melakukan latihan adalah sebagai berikut.
a.
Supaya
tubuh menjadi indah dilihat
b. Mempunyai badan yang
kekar
c. Menghindari cedera,
meningkatkan suhu badan, dan menyiapkan fisik dan mental
d.
Menyiapkan
senam yang lebih baik untuk memasuki gerakn inti
Perhatikan
gambar !
a. Sikap pertama berdiri tegak, kemudian
melangkah ke depan 4 kali dan 4 kali belakang, melangkah serong 4 kali ke
depan dan ke belakang 4 kali, dilakukan sesuai dengan iringan music.
b. Berdiri tegak kedua tangan dipinggang,
berdiri di atas kaki kanan ujung kaki kiri diletakkan di samping tumit kanan,
lutut kanan ditekuk sedikit, lakukan dengan menggunakan kaki yang lainnya
c. Berdiri tegak langkah kiri kedua tangan
di pinggang, lagkahkan kaki ke depan diikuti pemindahan berat badan ke depan.
d. Bermain bersama dengan memilih 4 orang
untuk melakukannya
Supaya
kombinasi gerak berjalan dan berlari teratur sebaiknya langkah kaki….
a. Panjang-panjang
b. Pendek-pendek
c. Panjang pendek
d. Teratur
|
A
B
B
B
C
D
C
A
D
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4
Menerapkan variasi dasar lokomotor dan nonlokomotor untuk membentuk gerak
dasar seni bela diri
4.4
Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor untuk membentuk
gerak dasar seni bela diri
|
1. Peserta
didik dapat menjelaskan variasi gerak lokomotor pencak silat
2. Peserta
didik dapat melakukan variasi gerak nonlokomotor pencak silat
|
Pencak Silat
|
Melaluipernyataanyan,gdisajikansiswadapatmenyebutkancontohgerak
non lokomotordalampencaksilatdenganbenar
Melaluipernyataan yang
disajikansiswadapatmenyebutkansalahsatujenisolah raga beladiridenganbenar.
Denganmemperhatikangambarpadapernyataansiswadapatmembedakanketangkasandalampencaksilatdanketangkasangerakpadasenamdasardenganbenar.
|
C1
C1
C3
|
PG
|
28.
29
30.
|
Dalam latihan dasar pencat silat terdapat gerak nonlokomotor
contohnya ….
a. menangkis
b. Gerakan
menendang
c. Memukul
d. sikap
kuda-kuda ditempat
Manakah dari jenis olahraga dibawah ini yang termasukolah raga bela diri
a. Pencak silat
b. Lari dan
lompat
c. Renang dan
menyelam
d. Baling-baling
Diantaragerakangerakanketangkasanpada gambar dibawah ini, manakah gambar yang menunjukkan seni bela diri pencak silat?.
A
B
D
|
D
A
A
|
3.5
Memahami aktivitas latihan daya tahan jantung untuk pengembangan kebugaran
jasmani
4.5 Mempraktikkan aktivitas latihan daya tahan jantung untuk
pengembangan kebugaran jasmani
|
1. Peserta didik dapat menjelaskan cara melakukan olahraga yang baik
dan benar supaya memperoleh faatnya
2.Peserta didik dapat merasakan manfaat olahraga lari bagi jantung
setelah rutin melakukannya
3.peserta didik dapat melakukan olahraga lari sesuai dengan gerak
dasar yang baik dan benar
|
Latihan daya tahan jantung
|
Melaluipernyataan yang disajikansiswadapat mengidentifikasikan jenis gerakkan yang bermanfaat bagi daya tahan
jantungdenganbenar.
melaluipernyataan yang disajikansiswadapat menentukan waktu yang tepat untuk berolahraga demi meningkatkan daya
tahan jantungdenganbenar.
Melaluipernyataan yang disajikansiswadapat menjelaskan manfaat olahraga dilakukanpadapagi haridenganbenar.
Melaluigambar yang ditampilkansiswadapatmenentukan jenisgerakanyang bermanfaat bagi kebugaran dandayatahanjantungdenganbenar
Denganmenyimakpernyataan yang
disajikansiswadapatmembandingkan kemampuan gerak yang dimilikisetiapanakdenganbenar
Denganmemperhatikantampilangerakpadagambarsiswadapat
menyebutkan manfaat latihan tarik tambangdenganbenar
Melaluipernyataan yang disajikansiswadapat membentuk formasi melingkardalampermainantikus-
kucingdenganbenar.
Melaluipernyataan yang
disajikansiswadapatmenyebutkancara mempraktekkan gerakan
sit up yang benar.
Melaluigambar yang ditampilkansiswadapat menjelaskan manfaat gerakan sit updenganbenar.
Melaluipernyataan yang
disajikansiswadapatmenyebutkanperananaksebagaipendorongdalammempraktekkan gerakan gerobak dorongdenganbenar.
|
C2
C3
C1
C3
C6
C5
C5
C1
C1
C3
|
|
31
32
33
34
35
36.
37.
38
39.
40.
|
Untuk mempertahankan kebugaran tubuh dan daya tahan jantung
diperlukan latihan sebagai berikut ….
a. Lari sebulan
sekali
b. joging
setahun sekali
c. joging rutin
dan teratur
d. Renang
sekali sebulan
Olahraga paling baik untuk meningkatkan daya tahan jantung dilakukan
pada ….
a. Pagi hari
b. Siang hari
c. Sore hari
d. Malam hari
Manfaat bagi tubuh bila kita melakukan olahraga dipagi hari untuk mendapatkan
….
a. Udaradingin
b. zat asam
arang
c. Udarasegar
d. Zata sam
Amatilah gambar dibawah ini!
Gambar nomor berapakah yang paling bermanfaat bagi kebugaran tubuh ….
a.
b.
c.
d.
Kemampuan gerak yang dilakukan :
Rosa :
Joging 500 m, sit up 20 kali, lari bolak- balik 10 kali.
Lisa :
Lari 50 m, sit up 10 kali, lari bolak-balik 2 kali.
Agust :
Lari 100 m, sit up 5 kali, lari bolak-balik 2 kali
Rolan :
lari 80 m, sit up 5 kali, lari bolak-balik 1 kali.
Siapakah anak yang tingkat kebugaran yang paling tinggi ….
A. Rolan
B. Rosa
C. Agust
D. Lisa
Gerakan yang ada pada gambardisamping bermanfaat
untuk melatih ….
a. Keseimbangan
b. Kecepatan
c. Kekuatan
d. Kelentukan
Bila kelas mu ditugaskan untuk bermain tikus dan kucing maka formasi berdiriakandiatur membentuk ….
a.Lingkaran
b.Berbanjar
c.Bersaf
d.Lurus
Posisi punggung yang tepat pada saat melakukan gerakkan sit up adalah
….
a. Keatas
b. Kesamping
c. Menyentuh
teman
d. Menyentuh
matras
Gambar diatas bertujuan untuk melatih kekuatan ….
a.otot Punggung
b.Otot dada
c.Otot perut
d.Otot kaki
Peran anak sebagai pendorong dalam gerakkan gerobak berjalan adalah
….
a. Menolak
punggung teman
b. Memegang
kaki teman
c. Mendorong
tangan
d. Mengendong
temans
|
C
A
D
B
C
A
D
C
B
|
|
|
|
|
C1
|
uraian
|
41.
42.
43.
44
45
46
|
UNTUK SOAL NOMOR 41 – 50.
JAWABLAH PERTANYAAN DIBAWAH INI DENGAN BENAR
DAN JELAS
Termasukpermainanapakahpermainansepak bola?
Apakahistilahbila bola
menyentuhtangandalampermainansepakbola?s
Sebutkanalat yang
digunakandalampermainankasti?
Sebutkantigatekhnikdasardalambeladiripencaksilat!
Sebutkantigamacamcara start dalamnomorlari !
Sebutkan start yang
digunakandalamlarijarakpendek!
|
|
|
|
|
|
|
|
47
48
49
50
|
Sebutkanlahtigajenislatihan yang dilakukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani!
Dari Negara
manakahasalsenibeladiripencaksilat?
Sebutkan latihan yang bertujuan melatih kekuatan
otot lengan
Tuislah dua macam gerakkan untuk melatih keseimbangan!
|
|
TABEL KUNCI JAWNABAN
No
|
Jawaban
|
Skor maksimal
|
Bobot
|
Skor Prolehan
|
Prolehan nilai
|
1
|
A
|
|
1
|
|
|
2
|
A
|
|
1
|
|
|
3
|
D
|
|
|
|
|
4
|
B
|
|
|
|
|
5
|
A
|
|
|
|
|
6
|
C
|
|
|
|
|
7
|
B
|
|
|
|
|
8
|
A
|
|
|
|
|
9
|
D
|
|
|
|
|
10
|
B
|
|
|
|
|
11
|
C
|
|
|
|
|
12
|
D
|
|
|
|
|
13
|
A
|
|
|
|
|
14
|
D
|
|
|
|
|
15
|
C
|
|
|
|
|
16
|
C
|
|
|
|
|
17
|
B
|
|
|
|
|
18
|
D
|
|
|
|
|
19
|
A
|
|
|
|
|
20
|
B
|
|
|
|
|
21
|
B
|
|
|
|
|
22
|
B
|
|
|
|
|
23
|
C
|
|
|
|
|
24
|
D
|
|
|
|
|
25
|
C
|
|
|
|
|
26
|
A
|
|
|
|
|
27
|
D
|
|
|
|
|
28
|
D
|
|
|
|
|
29
|
A
|
|
|
|
|
30
|
A
|
|
|
|
|
31
|
C
|
|
|
|
|
32
|
A
|
|
|
|
|
33
|
D
|
|
|
|
|
34
|
C
|
|
|
|
|
35
|
B
|
|
|
|
|
36
|
C
|
|
|
|
|
37
|
A
|
|
|
|
|
38
|
D
|
|
|
|
|
39
|
C
|
|
|
|
|
40
|
B
|
|
|
|
|
TABEL KUNCI JAWNABAN
No
|
Jawaban
|
Bobot
|
Skor Maksimum
|
Skor prolehan:
( total jawaban/bobot x skor Maksimum)
|
1
|
Permainan bola besar
|
|
1
|
...
|
2
|
Hand ball
|
|
1
|
...
|
3
|
Pemukul bola, bola, tiang hinggap
|
|
3
|
...
|
4
|
Memukul,menendang,tangkisan,langkah
|
|
4
|
...
|
5
|
a.star berdiri
b.star melayang
c.star jongkok
|
|
3
|
...
|
6
|
Star jongkok
|
|
1
|
|
7
|
Puss up,pull up,jongging,lari bolak balik,lari zig
zag,naik turun bangku
|
|
7
|
|
8
|
Indonesia
|
|
1
|
|
9
|
Puss up,
|
|
1
|
|
10
|
Berdiri dengan menggunakan satu kaki,gerakan
pesawat terbang,berjalan diatas balok.
|
|
3
|
|
|
Jumlah
|
|
25
|
|
No comments:
Post a Comment