Wednesday, March 28, 2018

kisi-kisi pjok kelas V SD


KISI – KISI SOAL PAS 1
NAMA SEKOLAH                 :  SDK KA REDONG
KELAS                                   :   V/ I
MUATAN                               :   PENDIDIKAN  JASMANI OLAHRAGA DAN  KESEHATAN
ALOKASI WAKTU               : …….. MENIT
JUMLAH SOAL                    :   40 NOMOR

NO
MUATAN/ KD
IPK
MATERI
INDIKATOR
TAKSONOMI
BENTUK SOAL
NO SOAL
BUTIR SOAL
KUNCI JWBN
1.
3.1








4.1
3.1.1. Menjelaskan kombinasi gerak lokomotor pada permainan bola besar dengan benar.
3.1.2. Mengidentifikasi kombinasi gerak non lokomotor pada permainan bola besar dengan benar

3.1.3. Meganalisis kombinasi gerak manipulatif pada permainan bola besar dengan tepat
4.1.1. Menunjukkan kombinasi gerak lokomotor pada permainan bola besar dengan terampil.

4.1.2. Memberi contoh kombinasi gerakan non lokomotor pada permainan bola besar dengan cekatan.
4.1.3. Memperagakan kombinasi gerak manipulatif pada permainan bola besar dengan terampil.
Permainan  bola besar
Melaluipernyataan yang disajikansiswadapatmenjelaskankombinasigerakdenganbenar.



Melaluipernyataan yang disajikansiswadapat menjelaskan gerak lokomotordalamsepak bola denganbenar


Melaluipernyataan yang disajikansiswadapat menentukansalahsatu gerakanmanipulatifdalampermainansepak bola dengantepat.


Melaluitampilangambarsiswadapatmenunjukkangerakkanlokomotorpadapermainansepak boladenganterampil











Melaluipernyataan yang disajikansiswadapat menyebutkancontoh kombinasi gerak non lokomotorpadapermainan bola kaki dengancekatan


Melaluipernyataan yang disajikansiswadapat menentukan gerakan mengayun tangandalampermainansepak bola denganbenar.


Melaluipernyataan yang disajikansiswadapatmenjelaskantujuanmengontrol bola dalampermainansepak bola denganterampil..

Melaluipernyataan yang disajikansiswadapatmenyebutkanpemain  yangbolehmenggunakantangandalampermainansepak bola denganbenar.

Melaluipernyataan yang disajikansiswadapatMenjelaskantujuangerakkanmengumpan bola padaposisi yang tepat.


C1





C2





C3





C3














C2





C3





C3




C3





C1





1.





2.





3.





4. 














5.





6.





7.




8.





9.
Gabungan dari beberapa gerakan menjadi suatu rangkaian gerak disebut ….
a.       Kombinasi gerak
b.      Gerak dasar
c.       Gerak lokomotor
d.      Gerak manipulasi
Gerak berjalan dan berlari dalampermainansepak bola termasukgerak ….
a.       Lokomotor
b.      Non lokomotor
c.       Manipulatif
d.      Lokomotordanmanipulatif
Manakah gerakan manipulatif dalam permainan sepak bola dibawah ini?
a.       Gerakanmelempar bola
b.      Menangkap bola posisi kaki ditempat
c.       Menahan bola ditempat
d.      Menggiring bola

Tampilangambardibawahinimenunjukkangerakan … dalampermaainansepak bola.



a.       Manipulatif
b.      Lokomotor
c.       Non lokomotor
d.      Kombinasigerak
Contohkombinasigerak non lokomotorpadapermainan bola kaki adalah….
a.       Membungkuk saat menangkap bola
b.      Menggiring bola
c.       Menendang bola
d.      Mengontrol bola
Gerakan mengayun tangan pada permainan sepak bola dilakukan oleh pemain pada saat….
a.       Memukul bola
b.      Menyentuh bola
c.       Lemparan ke dalam
d.      Menangkap bola
Mengontrol bola dalampermainansepak bola bertujuan untuk….
a.       Mudah menendang bola
b.      Mengatur pergerakan bola
c.       Supaya tidak mudah direbut lawan
d.      Memudahkan mengumpan bola
Pemain yang boleh menggunakan  tangan saat bermain sepak bola yaitu….
a.       Penjaga gawang
b.      Penyerang
c.       Gelandang
d.      Pemain belakang
Saat mengumpan bola tidak hanya kekuatan yang diperhatikan tetapi juga posisi teman, hal ini bertujuan untuk….
a.       Bola cepat sampais
b.      Bola bergerak cepat
c.       Sesuai keinginan pemain
d.      Bola dapat terarah ke teman
A





A




D




B
















A





C





B


A



D
2.
3.2
















4.2
3.2.1. Menjelaskan langkah – langkah  kombinasi gerak  lokomotor pada permainan bola kecil.
3.2.2. Menganalisis  bentuk – bentuk kombinasi gerak  gerak  non lokomootor permainan bola kecil dengan benar.
3.2.3. Mendeskripsikan cara melakukan kombinasi gerak manipulatif permainan bola kecil.
4.2.1. Melakukan kombinasi gerak lokomotor permaianan bola kecil dengan tramil.
4.2.2. Mempragakan kombinasi gerak nonlokomotor permainan bola kecil dengan cekatan.
4.2.3. Mempraktikkan kombinasi gerak manipulasi permainan bola kecil.
Permainan bola kecil
Disajikan gambar siswa dapat menentukan gerak nonlokomotor permainan bola kasti dengan tepat.












Dengan mengamati  gambar siswa dapat menyebutkan contoh gerak lokomotor pada permainan bola kasti dengan benar.








Melalui pernyataan yang disajikan  siswa dapat menguraikan gerak lokomotor pada permainan bola kasti dengan tepat.



Melaui bernyataan yang disajikan siswa dapat menjelaskan manfaat dalam menguasai gerak melompat dan meloncat pada permainan bola kasti dengan tepat.



Melaului pernyataan yang disajikan siswa dapat menentukan hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat melempar dalam permainan bola kasti dengan benar.


Melaluipernyataan yang disajikansiswadapatmenentukanakibatmemukultanpaayunandalampermainan bola kastidenganbenar.




Melaluipernyataan yang disajikansiswadapatmengurutkanlatihankombinasigeraknonlokomotordalampermainan bola kastidengantepat.

Melaluipernyataan yang disajikansiswadapatmenentukankemahiranmelempardanmenangkap bola permainankastidenganbenar.



Melaluipernyataan yang disajukansiswadapatmenjelaskantehnikmelempar bola padapermainankastisecaratepat.




 C3














C3












C2





C2






C3






C3






C3







C1






10.














11.













12.






13.






14.






15.






16.






17.






18.
Perhatikangambar!







Gambar di atasmerupakanlatihankombinasinonlokomotor … dalampermainan bola kasti.
a.    Mengelak dan memutar.
b.    Membungkuk dan mengayun.
c.    Melempar dan memukul.
d.    Melempar dan menangkap.

Perhatikangambar!
 






Gambar di atasadalahcontohkombinasigeraklokomotor … dalampermainan bola kasti.
a.    Berjalan dan berlari
b.   Berlari dan meloncat
c.    Berlari dan menangkap
d.   Berlari dan meluncur

Berikutini yang termasukdalamgeraklokomotorpermainan bola kastiyaitu ….
a.    melempar.
b.   mengayun.
c.   menangkap.
d.   meloncat.

Menguasaigerakmelompatdanmeloncatdenganbaikdalampermainan bola kastibermanfaatuntuk ….
a.    menangkap bola dengan benar
b.   supaya bola tidak direbut lawan
c.   mengumpan bola dengan tepat.
d.   melempar bola ke teman dengan tepat.

Hal-hal yang perludiperhatikanpadasaatmelempardalampermainan bola kasti, kecuali ….
a.    Harus mengarahkan bola ke sasaran.
b.   melempar ke arah bagian dada ke atas
c.   memperkirakan kecepatan bola
d.   tidak boleh melempar ke arah bagian dada ke atas.

Akibatmemukultanpaayunandalampermainan bola kasti, adalah ….
a.    bola melambung jauh.
b.   lawan kesulitan menangkap bola.
c.    bola jatuhnya dekat.
d.   Bola mudah dipukul.


Urutanlatihankombinasigeraknonlokomotordalampermainan bola kasti yang benaradalah ….
a.       mengayun, membungkuk, memutar.
b.   memutar, mengelak, membungkuk, dan mengayun.
c.    membungkuk, mengayun, dan mengelak.
d.   mengelak, memutar, membungkuk, dan mengayun.

Supayamahirmelempardanmenangkap bola, pemainharus….
a.    Membaca buku permainan kasti
b.   Berlatih secara rutin
c.    Makan yang banyak
d.   Melihat pertandingan


Bola kastidilemparsecaramendatarapabilaposisiteman ….
a.       Sangat dekat
b.      Sangat jauh
c.       Cukup jauh
d.      Tidak terlalu jauh


B







C






D


A



D


C



C


B



D

3.
3.3














4.3
3.3.1. Menjelaskan kombinasi gerak dasar jalan dan lari dalam permainan kejar -  kejaran
3.3.2. Menganalisis kombinasi gerak dasar jalan, lempar  dan lompat dalam permainan engklek.
3.3.3. Mengidentifikasikombinasi gerak dasar jalan dan lempar dalam permainan pande.
4.3.1. Memperagakan  kombinasi gerak dasar jalan dan lari dalam permainan kejar -  kejaran dengan semangat.
4.3.2. Mempraktikan kombinasi gerak dasar jalan, lempar  dan lompat dalam permainan engklek dengan sportif.
3.3.3.Melakukan kombinasi gerak dasar jalan dan lempar dalam permainan pande dengan terampil
Kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat dan lempar dalam permainan tradisional.
Melalui pernyataan siswa dapat Menyebutkan gerak lari dalam permainan dengan benar







Disajikan gambar Menentukan gerakan lompat pada permainan dengan benar



Disajikan menyebutkan gerakan melempar pada permainan tradisional  dengan tepat










Melalui pernyataan siswa Mengidentifikasi  lari jarak pendek dengan baik



Melalui pernyataan siswa Menjelaskan aba-aba yang digunakan dalam lari dengan benar


Melalui pernyataan siswa dapat Menerapkan sikap memasuki garis finis dengan benar



Melalui pernyataan siswa  Mengemukakan tujuan dari pemanasan dengan baik dan benar 




Sajikan gambar siswa dapat Memodifikasi gerak jalan langkah empat dengan baik dan tepat











Melalui pernytaan siswa dapat Menilai gerak jalan dan berlari  dengan bena


19.










20.






21.














22.





23.





24







25












26









27
Aktivitas yang menggunakan gerak berlari yaitu….
a.       Bermain kejar-kejaran
b.      Berenang
c.       Bermain bulu tangkis
d.      bersepeda
 






Gerakan apa yang dilakukan pada gambar..
a.       Gerakan melompat
b.      Gerakan Permainan tali
c.       Gerakan naik turun tali
d.      Gerakan lompat tali


Perhatikan permainan tradisional berikut ini!
Gambar;


Apakah nama dari permainan tradisional pada gambar diatas?
a.       Angklek
b.      Pande (BOIS)
c.       Terompah
d.      kasti
Star yang digunakan untuk lari jarak pendek adalah…
a.       Star berdiri
b.      Star jongkok
c.       Star melayang
d.      Star sembarangan

Aba yang didengarkan dalam  lari…
a.       “Bersdia”, “siap”, “jalan”
b.      “Bersedia, “jalan”, “lari”
c.       “Bersedia”, “siap”, “ya”
d.      Ya langsung siap berlari

Untuk memasuki garis finis, ada beberapa teknik yang harus diperhatikan, yaitu.....
a.   Bergembira karna menang
b.   Mendapat piala kemenangan
c.   Menyuruh orang supaya membantu
d.  Kecepatan lari sedikit ditambah dan dada diputar dengan ayunan     tangan ke depan sehingga bahu sebelah maju ke depan

Tujuan pemanasan sebelum melakukan latihan adalah sebagai berikut.
a.       Supaya tubuh menjadi indah dilihat
b.      Mempunyai badan yang kekar
c.       Menghindari cedera, meningkatkan suhu badan, dan menyiapkan fisik dan mental
d.      Menyiapkan senam yang lebih baik untuk memasuki gerakn inti
 







Perhatikan gambar !
a.     Sikap pertama berdiri tegak, kemudian melangkah ke depan 4 kali dan 4 kali belakang, melangkah serong 4 kali ke depan dan ke belakang 4 kali, dilakukan sesuai dengan iringan music.
b.     Berdiri tegak kedua tangan dipinggang, berdiri di atas kaki kanan ujung kaki kiri diletakkan di samping tumit kanan, lutut kanan ditekuk sedikit, lakukan dengan menggunakan kaki yang lainnya
c.     Berdiri tegak langkah kiri kedua tangan di pinggang, lagkahkan kaki ke depan diikuti pemindahan berat badan ke depan.
d.     Bermain bersama dengan memilih 4 orang untuk melakukannya

Supaya kombinasi gerak berjalan dan berlari teratur sebaiknya langkah kaki….
a.  Panjang-panjang
b.  Pendek-pendek
c.  Panjang pendek
d.  Teratur

 A










  B






  B



















B







 C






  D








  C















A















D















3.4 Menerapkan variasi dasar lokomotor dan nonlokomotor untuk membentuk gerak dasar seni bela diri
4.4 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor untuk membentuk gerak dasar seni bela diri
1. Peserta didik dapat menjelaskan variasi gerak lokomotor pencak silat


2. Peserta didik dapat melakukan variasi gerak nonlokomotor pencak silat
Pencak Silat
Melaluipernyataanyan,gdisajikansiswadapatmenyebutkancontohgerak non lokomotordalampencaksilatdenganbenar


Melaluipernyataan yang disajikansiswadapatmenyebutkansalahsatujenisolah raga beladiridenganbenar.




Denganmemperhatikangambarpadapernyataansiswadapatmembedakanketangkasandalampencaksilatdanketangkasangerakpadasenamdasardenganbenar.










C1




C1






C3
PG
28.





29






30.








Dalam latihan dasar pencat silat terdapat gerak nonlokomotor contohnya ….
a. menangkis
b. Gerakan menendang
c. Memukul
d. sikap kuda-kuda ditempat
Manakah dari jenis olahraga dibawah ini yang termasukolah raga bela diri
a. Pencak silat
b. Lari dan lompat
c. Renang dan menyelam
d. Baling-baling
Diantaragerakangerakanketangkasanpada gambar dibawah ini, manakah gambar yang menunjukkan seni bela diri pencak silat?.
A
 


B

C




 




D
D




A






A
3.5 Memahami aktivitas latihan daya tahan jantung untuk pengembangan kebugaran jasmani
4.5 Mempraktikkan aktivitas latihan daya tahan jantung untuk pengembangan kebugaran jasmani
1. Peserta didik dapat menjelaskan cara melakukan olahraga yang baik dan benar supaya memperoleh faatnya
2.Peserta didik dapat merasakan manfaat olahraga lari bagi jantung setelah rutin melakukannya
3.peserta didik dapat melakukan olahraga lari sesuai dengan gerak dasar yang baik dan benar
Latihan daya tahan jantung
Melaluipernyataan yang disajikansiswadapat mengidentifikasikan jenis gerakkan yang bermanfaat bagi daya tahan jantungdenganbenar.



melaluipernyataan yang disajikansiswadapat menentukan waktu yang tepat untuk berolahraga demi meningkatkan daya tahan jantungdenganbenar.



Melaluipernyataan yang disajikansiswadapat menjelaskan manfaat olahraga dilakukanpadapagi haridenganbenar.



Melaluigambar yang ditampilkansiswadapatmenentukan jenisgerakanyang bermanfaat bagi kebugaran dandayatahanjantungdenganbenar





















Denganmenyimakpernyataan yang disajikansiswadapatmembandingkan kemampuan gerak yang dimilikisetiapanakdenganbenar









Denganmemperhatikantampilangerakpadagambarsiswadapat menyebutkan manfaat latihan tarik tambangdenganbenar






Melaluipernyataan yang disajikansiswadapat membentuk formasi melingkardalampermainantikus- kucingdenganbenar.



Melaluipernyataan yang disajikansiswadapatmenyebutkancara mempraktekkan gerakan sit up yang benar.






Melaluigambar yang ditampilkansiswadapat menjelaskan manfaat gerakan sit updenganbenar.








Melaluipernyataan yang disajikansiswadapatmenyebutkanperananaksebagaipendorongdalammempraktekkan gerakan gerobak dorongdenganbenar.





C2





C3





C1





C3























C6










C5








C5




C1










C1





C3

31





32





33





34























35










36.








37.




38











39.




40.
Untuk mempertahankan kebugaran tubuh dan daya tahan jantung diperlukan latihan sebagai berikut ….
a. Lari sebulan sekali
b. joging setahun sekali
c. joging rutin dan teratur
d. Renang sekali sebulan
Olahraga paling baik untuk meningkatkan daya tahan jantung dilakukan pada ….
a. Pagi hari
b. Siang hari
c. Sore hari
d. Malam hari

Manfaat bagi tubuh bila kita melakukan olahraga dipagi hari untuk mendapatkan ….
a. Udaradingin
b. zat asam arang
c. Udarasegar
d. Zata sam
Amatilah gambar dibawah ini!
Gambar nomor berapakah yang paling bermanfaat bagi kebugaran tubuh ….
a.

b.

c.

d.


Kemampuan gerak yang dilakukan :
Rosa : Joging 500 m, sit up 20 kali, lari bolak- balik 10 kali.
Lisa : Lari 50 m, sit up 10 kali, lari bolak-balik 2 kali.
Agust : Lari 100 m, sit up 5 kali, lari bolak-balik 2 kali
Rolan : lari 80 m, sit up 5 kali, lari bolak-balik 1 kali.
Siapakah anak yang tingkat kebugaran yang paling tinggi ….
A. Rolan
B. Rosa
C. Agust
D. Lisa

Perhatikan gambar dibawah ini!
Gerakan yang ada pada gambardisamping bermanfaat untuk melatih ….


a. Keseimbangan
b. Kecepatan
c. Kekuatan
d. Kelentukan
Bila kelas mu ditugaskan untuk bermain tikus dan kucing maka formasi berdiriakandiatur membentuk ….
a.Lingkaran
b.Berbanjar
c.Bersaf
d.Lurus 
Posisi punggung yang tepat pada saat melakukan gerakkan sit up adalah ….
a. Keatas
b. Kesamping
c. Menyentuh teman
d. Menyentuh matras

 

Gambar diatas bertujuan untuk melatih kekuatan ….
a.otot Punggung
b.Otot dada
c.Otot perut
d.Otot kaki

Peran anak sebagai pendorong dalam gerakkan gerobak berjalan adalah ….
a. Menolak punggung teman
b. Memegang kaki teman
c. Mendorong tangan
d. Mengendong temans
C





A





D





























B













C




A





D





C









B











C1
uraian


41.
42.
43.
44
45
46
UNTUK SOAL NOMOR 41 – 50.
JAWABLAH PERTANYAAN DIBAWAH INI DENGAN BENAR DAN JELAS
Termasukpermainanapakahpermainansepak bola?
Apakahistilahbila  bola  menyentuhtangandalampermainansepakbola?s
Sebutkanalat yang digunakandalampermainankasti?
Sebutkantigatekhnikdasardalambeladiripencaksilat!
Sebutkantigamacamcara start dalamnomorlari !
Sebutkan start yang digunakandalamlarijarakpendek!







47

48
49
50
Sebutkanlahtigajenislatihan yang dilakukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani!
Dari Negara manakahasalsenibeladiripencaksilat?
Sebutkan latihan yang bertujuan melatih kekuatan otot lengan
Tuislah dua macam gerakkan untuk melatih keseimbangan!

TABEL KUNCI  JAWNABAN
No
Jawaban
Skor maksimal
Bobot
Skor Prolehan
Prolehan nilai
1
A

1


2
A

1


3
D




4
B




5
A




6
C




7
B




8
A




9
D




10
B




11
C




12
D




13
A




14
D




15
C




16
C




17
B




18
D




19
A




20
B




21
B




22
B




23
C




24
D




25
C




26
A




27
D




28
D




29
A




30
A




31
C




32
A




33
D




34
C




35
B




36
C




37
A




38
D




39
C




40
B





TABEL KUNCI  JAWNABAN
No
Jawaban
Bobot
Skor Maksimum
Skor prolehan:
( total jawaban/bobot x skor Maksimum)
1
Permainan bola besar

1
...
2
Hand ball

1
...
3
Pemukul bola, bola, tiang hinggap

3
...
4
Memukul,menendang,tangkisan,langkah

4
...
5
a.star berdiri
b.star melayang
c.star jongkok

3
...
6
Star jongkok

1

7
Puss up,pull up,jongging,lari bolak balik,lari zig zag,naik turun bangku

7

8
Indonesia

1

9
Puss up,

1

10
Berdiri dengan menggunakan satu kaki,gerakan
pesawat terbang,berjalan diatas balok.

3


Jumlah

25



No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV MATERI 1.5

  MODUL AJAR PJOK SD FASE B KELAS IV   Penyusun : Jenjang Sekolah : SD K KA REDONG Kelas : IV Materi : 1.5 A...